Fullwaving Honda Vario

Modifikasi fullwave Honda Vario (semua varian) persis kayak modifikasi fullwave pada Honda Beat yang pernah saya beberkan sebelumnya … Bedanya, cuma di desain statornya dan … lebih ribet bongkarnya karena posisi alternator Vario ada di balik radiator 😀

Singkat aja …

Ini stator Vario …

Langkah-langkahnya sama persis kayak fullwaving Honda Beat … Part-1 dan Part-2 🙂

Atau baca cara Instalasi Regulator Fullwave

58 thoughts on “Fullwaving Honda Vario

    • gak perlu om … toh kita gak maen2 ke pengapian 🙂
      cuma optimizing suplai listrik ke aki tok 🙂
      lagipula CDI Beat udah DC … ente ubah ke fullwave, suplai listrik ke CDI jd lebih stabil & optimal … tarikan motor jd lebih ringan …. sugesti? ntah jg … tp bbrp user yg udah di-fullwave ngomong begitu 😀

  1. mlm om, mo tnya untuk karisma sama kh triknya?
    klo misalkn ada yg salah dlm rangkaian, resikonya ap y?
    sy mo cb psg hid, ap bs d tes dulu dgn bohlm biasa OK ato nggknya krjaan saya?mau nyoba utak atik sndri gt om..thx bgt

    • tuk fullwave, gak musti harus pake HID bro 🙂
      bebas …
      resiko salah instalasi? paling terburuk spul ente terbakar … itu jg kalo ada jalur DC masuk ke spul (AC).
      makanya ane saranin semua jalur spul ke kiprok usahakan LANGSUNG ke kiprok … jgn liwat kabel2 laen.

      • brarti cara modipnya sm ky beat ya om?saya mo pasang HID, soale sering jalan malem gt om,maklum masih di desa, kurang lampu jalan:D
        O y om, buat stria 120R kl ubah k FW ngikutin tips yang mana ya Om? thx banget

      • mirip2 … 🙂

        satria, ngikut suzuki di halaman sebelah 🙂

        btw sebenernya prinsip dasarnya sama semua kok … ciri fullwave, kawat spul gak boleh terhubung ama ground. jd ujung2 kawat/kumparan musti langsung menuju input kiprok fullwave … kalo ini bisa ente pahami, modip motor apa aja, asal ada spul, kiprok, aki, jd gampang 😀

  2. Om klo melihat wiring Vario.. berarti jalur kuning bisa dipake dong tuk FW.. tinggal yang kearah saklarnya aja di tutup/isolasi… tinggal ngambil jalur hitam dari output sikring 10A diparalel ke kiprok jalur 2#… ner gak om…

    • jalur kuning gak dipake dlm “fullwave”.
      jalur kuning cuma di-paralel-kan ke output kontak supaya lampu bisa ON jika kontak dlm kondisi ON, tanpa mesin menyala 🙂
      dan jalur kuning tsb nantinya teraliri listrik DC … makanya yg ke arah spul harus DISCONNECT, karena DC gak boleh ketemu AC … yg AC bakal kalah & spul bisa short/terbakar.

      • Klo melihat wiring vario yang om postkan… jalur asli kuning kan mengarah ke RR trus cabang ke saklar kan om..? nah disini jalur kuning saya pake cuma yang disoket mengarah ke saklar saya matikan/isolasi…. jadi input disoket menuju saklar saya paralel sama kabel hitam/kontak… bisa gitui ga om….jadi cuma nambah kabel dikit ga panjang ….gimana ?

  3. siang om nov…bisa minta no hapenya ngk? mana tau saya nemui kendala wat FW vario..posisi sy d batam trus bengkel servis motor byk ug ngk paham pembuatan FW ini..itupun klo om nov ngk keberatan sy nelp minta bantuan ilmunya..hehehe thank om

    • Om depri coba aja sendiri ,,, beli stator baru,,, rakit pasangnya minta tolong sama bengkel… trus rakit dah jalur kelistrikan sendiri lagi… kan om Novaera juga pernah posting wiring vario…. selamat mencoba

    • tebul 🙂
      spt saran bro anto, artikel modip fullwave vario udah ada … step2 lengkapnya bisa ikutin artikel “instalasi regulator tiger” atau “fullwave beat”.
      silakan di save, print, dan tunjukin ke temen yg paham ttg kelistrikan. gak musti orang bengkel kok. saya pun bukan orang bengkel. bongkar karbu aja bingung … hahaha 😀

      oia, maaf, saya blom bisa share no.tlp krn sesuatu hal … 1000x maaf 🙂

  4. Om… klo nyicil bisa ga om…..???
    Spul dulu dikerjain… tapi kiproknya ori vario punya,,,,, jadi pengisian ngegantung 1…. ( cuma bongkar pasang spul di bengkel…. selebihnya kerjaiin sendiri)
    Tar klo dah ada dolang lagi, baru pakein kiprok macan…… bisa ora om… ada efek dimana??? 😀 ditunggu jawabannya dan terima kasih..

    • bisa ..
      spul ente modip “ready” fullwave … ntar kabel “ekstra” yg nyambung di kawat spul eks. ground, dicantolin ke ground/rangka di luar spul. jd intinya mindahin ground spul di luar spul, kayak spul2nya yamaha bebek/metik.
      instalasi kabel ke kiprok tetep, gak diubah.
      ntar kalo udah ada kiprok tiger, tinggal lepas tu kabel dari ground & pindah ke kiprok. trus sesuaikan jalur2 kabel ke kiprok tigernya.

      ane jg awalnya begitu kok 😀
      blom sempet beli kiprok tiger, tp udah pengen modip … hehe

  5. permisi om, saya mau tanya nech. Vario ane dah di rubah menjadi FW sesuai dngan panduan di atas, skrg telah dipasanag lampu HID 2 buah dan aki telah diganti menjadi 7A. yg ingin saya tanyakan:

    1. Setelah dipakai jalan selama 2 jam full knp aki menjadi drop ( tekor, dipakai buat stater gak kuat) dan fuse yang 10A selalu meleleh???

    mohon pencerahan nya ya om.

  6. Gan, klo cbr dii buat fullwave. Kawat stator nya. Dii cabut dari ground, trus dii kasi kiprok tiger, klo semuanya beres dii pasang lampu HID 2bisa nggag!! Apaa masih kuat pengisian nya!!! Tolong penjelasan nya yåå gan!! Makasi 🙂

  7. Sy yg bli lampu led cree gen2x om.. mau nax nih.. kalau beat fi sy ngak mau repot rubah spulx bisa ngak pke spul vario 110 fi yg dah fullwafe.. atau ada recomendet bengkel ndak buat rubah jd fullwafe daerah makassar.. mohon pencerahanx..

Leave a comment