Fullwaving Yamaha Scorpio

Modifikasi kelistrikan fullwave Yamaha Scorpio musti bongkar stator🙂 karena salah satu ujung kawat kumparan tertanam ke bodi/massa/ground.

Ujung kawat kumparan terhubung dengan ground

Karena syarat fullwave adalah “nggak boleh ada bagian kumparan yang tersentuh dengan ground“, maka ujung kawat tersebut harus dicabut dari solderan … dipotong juga nggak apa😀

Selanjutnya ujung kawat tadi disambungkan ke kabel tambahan … atau bisa pakai kabel/jalur spul lampu (kabel warna kuning pada stator) karena jalur ini nggak dipakai lagi nantinya.

Ujung kawat kumparan disambung kabel tambahan

Nah, kabel tambahan ini nantinya sebagai jalur pengisian (charging) seperti kabel putih pada stator.

Prinsip modifikasi halfwave ke fullwave

Jangan lupa sambungan tadi dilapis/ditutup dengan heat-shrink tube (selang bakar) supaya nggak tersentuh kemana-mana …

Sambungan diisolasi dengan selang bakar

Nantinya kabel kuning dari arah kabel bodi, yang menuju stator, dicabut dari soket dan diisolasi … ini supaya arus AC dari stator nggak nyampur dengan arus DC dari aki (karena suplai lampu nantinya diambil dari aki).

Kalo udah kelar, tinggal rakit lagi stator ke tempatnya semula. Nantinya ada 2 jalur dari stator sebagai input pengisian (charging) lansung menuju regulator, yaitu kabel putih dan kabel tambahan tadi.

Langkah selanjutnya, instalasi regulator fullwave … lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Wasalam😉

Pics are courtesy of Wirajaya@kaskus.us

62 thoughts on “Fullwaving Yamaha Scorpio

  1. permisi om, mo minta bantuan nih untuk tunder 250. pengisiannya 3 kbel kuning nah klw di rubah pake kirok tiger bagaimana. Soalnya sy pernah pake kiprok tunder 125 malah jebol kiproknya.

  2. maaf gan tny2 trus ini,sy awam mslah mesin tp elektro agk faham krn mantan SMK Elektro.
    Sy pengen lht gambar spul ymh jpiter Z 2007 biar jls sy mo bongkar sendiri gan.
    Mhon bimbingan nya gan,,,

  3. om,#2 di reg tiger kan kabel kuning dr soket reg lm di gabung sm kbel coklat out dr kontak.klu sy ambil kan langsung +aki tak gabung kbel kuning msuk ke #2 reg tger bgm om?apa ini aki q yg soak,udh 2hr buat kliling sby stlah di FW tdk ada mslh di headlamp nya.prtnyaan sy kok indiktor spido kedip saat lampu rem nyala,tp tdk redup.klu redup kan ada yg short y om.lha ini ndak,trus gni ni langkah apa yg q krjkan om?ganti aki,apa #2 tak conek +nya aki?
    -msin rpm rendah dpt 12,8V
    -msin rpm sedang dpt 13,8V
    -msin rpm tinggi dpt 14,6V

    Bgm ini om,,mksih jwban nya.

    • gak ada masalah dgn fullwavenya.
      wajar aja, kalo pake bohlam sutandar, emang makan listrik🙂
      mending ganti LED aja buat rem + sein + senja … toh gak butuh terang2 amir kan?😀
      lagian kalo bohlam, listriknya lebih banyak kebuang jd panas drpd jd cahaya.

      • ok om,di mengerti.1 lg om,klu psang lampu 35W/12V di head lam bgm ini om?kok chy nya msih kurang kyk pnya mobil gt itu lo om kan ada itu lampu senja yg terang sekali.pdhal lampu headlam q 35W kok msh klh,apa aH aki q kurang besar om.aki sattria FU kisaran hrg brp om?

      • harusnya terang … asalkan suplai listriknya optimal ampe ke lampunya.
        coba ukur voltase di jalur lampu … mungkin drop (voltase di aki ama voltase di lampu gak sama).

        aki FU saya beli dulunya 160rb … gak ampe 200 lah .. hehehe

  4. Terima kasih atas ilmu dan sharingnya dari Om Novaera,

    saat ini saya sedang mempraktekan ilmu yang Om ajarkan dan hari ini saya sudah menyelesaikan tahap penyambungan kabel kuning dan kawat ground di spul pada motor scorpio saya.

    Mohon bimbingannya untuk tahap selanjutnya :

    – kiprok dan soket tiger sudah tersedia, pada soket tiger jalur input dari spul dan output ke aki sdh saya pahami namun untuk pin tengah volt monitor / output kunci kontak, maksudnya apa ya Om mohon penjelasan yg lebih rinci.

    – kabel kuning (yang dilepas dari spul) kl saya urutkan diujungnya ke soket (ada 3 kabel dalam 1 soket) dan terhubung ke kabel body jika kabel tersebut dikeluarkan dari soket dan dimasukan ke soket yang baru (soket tiger) , lantas sebagai pengganti (yg di soket pada kabel body) diambil kabel apa Om apa dibuatkan kabel baru yang bersumber dari aki( kutub +) atau dibiarkan saja tidak terhubung kabel apapun dan dikeluarkan dari soket serta diisolasi.
    Mohon bimbingan dan pejelasan dari Om atas pertanyaan saya, terima kasih atas bantuan Om Novaera.

  5. Setelah membaca ulasan dari pertanyaan yang ada :

    – Kabel posisi pin 2 pada soket tiger (output ke kontak) bisa diambil dari jalur kabel switch rem belakang ya Om.

    – Kabel kuning yg di soket kiprok (soketnya warna hijau) ngak dipake ya Om

    -Kabel kuning strip merah yg dikabel bodi disambung dengan kabel baru menuju aki (+).

    Mohon dikoreksi Om

    Terima kasih.

    • tebul …
      tp kabel kuning-merah (jalur lampu) musti relay ke output kontak (cokelat), supaya lampu cuma bisa ON kalo kontak ON.
      kalo langsung ke aki, lampu bisa ON tanpa kontak ON.
      suka2 aja mau pilih yg mana, hehe🙂

  6. Om instalasi sudah selesai, kabel body kuning saya gabung sama kabel output kontak (ambil dari saklar / switch lampu rem belakang dan masuk ke pin no. 2 di soket u/ nyambung ke kiprok

    Pin no.1 kabel merah dari soket pio dipindahkan ke soket tiger
    Pin no 3 kabel hitam dari soket pio dipindahkan ke soket tiger

    Pin no 4 kabel putih dari soket pio dipindahkan ke soket tiger
    Kabel kuning dari spull (sambungan dari kawat spull) masuk ke pin no.5 di soket tiger u/ nyambung ke kiprok

    Saya test tanpa kiprok = (kontak posisi on saklar lampu posisi on lampu nyala, kontak on saklar lampu off lampu juga ikut off ; kontak off dan saklar on lampu tidak berfungsi ) saat pengetesan posisi mesin tidak menyala.

    nah ini problemnya timbul : ketika soket saya colok ke spull (baru nempel) ada percikan api dari soket kiprok, langsung soket saya cabut kembali (saat itu posisi aki dalam posisi tersambung, kontak off dan saklar lampu off mesin juga off).

    Mohon bantuannya Om apakah ada yang salah pada penyambungan kabel yang saya lakukan ?

    Terima kasih.

    • hehe …
      biasakan mencabut fuse / kabel + & – dari terminal aki sebelum bongkar2 kabel🙂
      abis tuh baru konek soket ke kiprok.

      instalasinya udah bener … tp yakin lho a, kabel kuning yg nyambung ke kawat spul, ujung satunya langsung ke kiprok, jgn liwat kabel bodi lagi, apalagi nyambung ke kabel kuning di kabel bodi.

      dan satu lagi, headlamp sebaiknya di-relay. karena jalur kontak gak dirancang tuk ketambahan beban headlamp.

  7. Sorry Om ternyata terbalik pin 1 – & 3 + , sekarang sudah benar pin 1 + & 3 – setelah memakan korban 2 sikring putus .

    Ane pake HID tapi skrg pake bohlam standar dulu untuk tester jadi ngak perlu relay lagi krn output dari saklar lampu masuk ke relay HID (betul begitu ya Om.

    tadi test stationery 13,4 volt, rpm 5000 dapet 14.8 (kiprok imitasi).

    Mantap…….. lampu lebih terang,

    Terima kasih atas ilmu dan bantuannya Om Novaera.

  8. maaf mas bro,mau tanya tentang fullwaving.motor pio tak bikin fullwaving,posisi kabel udah sama seperti foto,regulator belum di pasang motor di nyalain kok kabel putih+kabel tamban yg 1nya ga ada arus nya,apa perlu di sambungin ke regulator dulu atau gmn,,
    mohon bantuannya&terimakasih

  9. maaf mas bro banyak tanya,udah tak cek AC/DC jg ga ada arus mas bro,coba tak balikin hallwave dr kabel ada arusnya,tp tak balikin FW ga ada arus lg,,mohon pencerahanya mas bro+ngeceknya soket avo dpt mana+mana?

    • cek dulu spulnya …
      kalo modip fullwave, kan jadinya cuma 2 output. nah, ukur ohm di 2 output tsb. jarum multimeter gerak gak? kalo gerak, dpt brp ohm? maks. gak boleh lebih dari 4 ohm.

      trus ukur ohm masing2 output spul thd ground/rangka. semua output gak boleh short ama ground.

      cek jg masing2 kabel yg hubungi output spul ke kiprok, sapa tau putus tengah.

    • dicek aja kabel hitam di soket spulnya …
      copot koneksi soket spulnya, trus cek ohm/continuity antara kabel hitam dari arah spul terhadap rangka/ground. kalo multimeter bunyi/buzzer atau nilai ohm “infinity”, berarti spul gak terhubung ke ground secara langsung … artinya cukup modip spt di artikel fullwave yamaha bebek/matic …

  10. Gan ane mau tnx…spd ane vega 2000 trus pas aneh lht dr kbel mesin tu g ada yg wrma htam..adax cm kuning+pth jd satu soket dan yg lain soketx sndri warnax kuning strip merah,coklat trus kuning ada 2 ..sya mau tx kl pngn fw mest bongkar spul dlu ato lngsng bsa ambl dr slah stu kbel tdi..kl emg hrus bngkas ..wrna apa kbel groundx yg mst dcbt..trms mhon pnjlsanx om..kl bs krim detailx k email ane..

    • cabut soket spul, cek continuity (via multimeter digital) antara jalur kabel putih (dari arah spul) terhadap ground … kalo bunyi berarti kawat spul nge-ground via bodi spul, artinya musti cabut kawat spul yg ngeground.

  11. mastah, nanya lagi….

    kemaren abis operasi fullwave di scorpio. kalo dari hasil ngukur di kluaran dari r/r kliatannya ud memadai tapi kadang hid nya suka ngedip2 bukan ngeblits. kira2 itu knapa ya mastah?

    r/r nya pake yg kw, ballast 35watt.

  12. apik gan.thx postingna.oy.kalo kelistrikan /pngapian bwt mtor honda GL/Cb.mu d pasang boster dc kira2.pemasangana gmn yg bgus.trs kalo Cdi na pake supra.pengaruh lari mtor g?mhon pncerahan

  13. om Nov sya px vega jadul thn 2000 yg warnax merah semua……trus dsoket spul ada kbel kuning strip merah dan ptih dlm stu soket…..dan yang lain ada hijau,merah,cklat dan pth itu soket sndiri2..knpa kuning stip merah dan pth kok dbdain soketx ..??..yg sya txin

    1.sya hrus bka bak sepul ato ptng kbel lngsng utk input kiprok

    2.kl buka spul??kbel ground yg dptng dan dsmbung kbel bru it warna apa.(setelah buka bak kiri spul)

    2.kq ada dua kbel pth.yg mana yg pengisin dan yg pth satux it utk apa

    mhon pnce

  14. mohon pencerahannya om, pio ane udah jadi fullwave kelistrikannya nah sekarang timbul masalah yaitu lampu, stater sama kelistrikan lainnya mati, dan setelah di cek ternyata tidak ada konslet ataupun kabel yg ngelupas, mohon pencerahannya om🙂

  15. Permisi gan…. Numpang tanya???
    Motor Pio ane dah Full Wave dan pake kiprok tiger. Seputaran spull, kabel groundnya yang hitam perlu di lepas apa ngga ya? Soalnya di motor ane kabel groundnya di lepas.
    Apa pengaruh ke jalur kelistrikan ga??
    Makasih infonya…

    • Ikuti seperti di artikel masbro🙂 yg dicabut cuma ground di spul besar …
      Atau gmn caranya yg penting gak ada secuil pun kawat spul yg terhubung ke ground🙂

      ¥ùdi¥án “Novaera” @ Blackberry

  16. Oooo… Gitu ya Gan. Jadi ngga harus ngelepas kabel ground hitam yang ada di spullnya ya….
    Selama 8 bulan ini ngga ada masalah dengan akinya sich!!!
    Kawatir aja kalo konslet karena groundnya ngga nyambung.
    Makasih sharingnya.

  17. Bro saya agak bingung untuk scorpio, dalam gambar kawat yang email nempel di ground dan juga kabel abu-abu, padahal persyaratannya ga boleh ada kabel yang nempel di ground, kalo kabel kuning yang dilepas, trus di sambung dengan yang kawat email berarti kabel abu-abu masih nempel di ground, sementara dikatakan kabel kuning tidak dipakai lagi. tks

    • jalur kuning emang gak dipakai lagi …
      cuma, kebetulan di foto, kabel kuning dipake tuk jalur pengisian, drpd harus tarik kabel baru.
      btw, ujung lain dari kabel kuning ini di-disconnect dari cabangan kuning di kabel bodi …

      kalo bingung, mending tarik kabel baru …

      kabel abu2? atau kabel putih yg udah burem?😀
      itu jalur pengisian standarnya … tetap dipakai … bersamaan kabel tambahan yg kesambung ke ujung kawat yg dicabut sebelumnya.

  18. Pingback: FULLWAVING YAMAHA SCORPIO | lilik van persie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s