Aplikasi Ground Strap pada Koil Pengapian

Pada kebanyakan koil pengapian motor racing dilengkapi dengan “ground strap“, yaitu serat logam yang membungkus kabel. Tujuannya, meredam distorsi atau frekuensi-frekuensi liar listrik sepanjang kabel busi, sehingga api busi lebih terfokus. Sama halnya pada kabel data seperti kabel USB, kabel sinyal monitor, juga kabel sinyal TV, dsb, selalu dilengkapi ground strap.

Saya sendiri nggak sebegitu yakin, mengingat listrik yang dikeluarkan oleh koil pengapian merupakan listrik bertegangan sangat tinggi, hingga puluhan ribu volt! Apakah cukup pengaruh keberadaan ground strap? Beda dengan sinyal data USB atau TV yang bertegangan rendah yang masih mungkin mengalir melenceng ke sana kemari 😀
Tapi nggak ada ruginya tuk dicoba … toh nggak ada efek samping yang cukup merugikan 😀

Lantas, apakah koil standar bawaan motor atau koil-koil murah bisa dipasangi ground strap? Bisa!
Materialnya cukup mudah didapat. Ground strap bisa dibeli di toko-toko listrik/teknik. Mahal? Iya 😀 Mau lebih murah, cari kabel sinyal TV bekas … 20cm udah cukup. Kupas kulit kabel dan ambil ground strap-nya.

Sementara Anda mencari kabel bekas yang mengandung ground strap, saya cukup pakai ini aja:

gb1. Kabel ground strap buatan 3M Scotch

Ground strap ini berbahan tembaga berlapis timah yang umum digunakan oleh instansi kelistrikan di perusahaan 🙂

Oke, setelah Anda mendapatkan ground strap secukupnya, bungkus sepanjangan kabel busi dengan ground strap tersebut … serapat & serapi mungkin.

gb2. Membungkus kabel busi dengan ground strap

Lebihkan ground strap di dekat koil untuk dipasangi skun kabel. Saya saranin skun kabel model O-Ring agar mudah dibaut/disekrup.
Setelah terbungkus ground strap,  tutup/lapisi lagi dengan pembungkus kabel. Saya sendiri menggunakan heat shrink tube atau selang bakar ukuran 7mm karena lebih mudah digunakan dan lebih rapi 🙂

gb3. Lapisi ground strap dengan selang bakar

Jika Anda ikut menggunakan selang bakar, selanjutnya Anda cukup memanasi selang tersebut dengan korek api atau hot air gun. Ingat, dipanasi, bukan dibakar! Cukup sampai selang mengkerut rapat ke kabel busi.

gb4. Ground strap terbungkus & diberi skun kabel

Sementara sisa ujung ground strap tadi diberi skun kabel model O-ring (lihat gambar 4 di atas). Jangan lupa lapisi pula dengan pembungkus kabel atau selang bakar agar lebih rapi.

Setelah selesai, install kembali koil ke motor. Skun kabel ground strap dihubungkan ke rangka/ground.

gb5. Ground strap dihubungkan ke ground/rangka

Selesai!
Kini Anda tinggal mencoba menjalankan motor dan rasakan bedanya …. terasa kah? 😀

134 thoughts on “Aplikasi Ground Strap pada Koil Pengapian

    • pasti ada .. cuma, seberapa ngefek, saya gak tau, soalnya gak punya alat ukur yg jitu 🙂
      mungkin beliau2 yg komen di atas bisa bantu jawab (master2 ngebut tuh) 😀
      kalo yg saya rasain sih, t’rasa lebih padet tarikannya. sebelumnya, tarikan awal sering ada gap kosong (kayak sendat2 kehabisan bensin).

  1. om….pengalaman yng sngat menarik….tapi saya bingung….saya punya motor yamaja jupiter mx..pengennya sekali kontak lampu langsung nyala….ooomm…mohon pencerahannya…kemaren sudah bongkar tp ko malah bingung…saya tunggu om klo bs lngsung ke email saya ( trnpandoyo53@gmail.com ) trimakasih ya om..

  2. Klo sy kabel businya sy lilit pakai tembaga kupasan kabel listrik 2×1.5 (niru diblognya Kilat Perak), tp waktu servis di bengkel si mekaniknya bilang bahaya tuh klo kabel businya bocor / konslet, tegangannya kan ribuan volt, bisa terbakar semua kelistrikan motor. Secara lilitan tembaganya saya biarkan terbuka. Baru kepikiran mo dibungkus pakai selang bakar setelah baca artikel ini. BTW, sy krng bisa merasakan efek dari percobaan ini. G tau saya_nya yg kurang sensitif atau emang tidak berefek. I Don’t Know.

    • tebul om …
      listrik selalu cari jalur terdekat menuju potensial rendah — ground.
      saat ada kebocoran, tentu lilitan ground strap ini yg paling deket.
      tp kalo dibilang bikin terbakar kelistrikan motor, kayaknya gak jg. tp entahlah …

      dulu, kalo kelupaan bawa korek api, saya sering nyalain api rokok pake listrik keluaran kabel busi … dgn deketin ujung kabel busi ke rangka/bodi motor 😀
      no problem dgn kelistrikan di motor … cuma, kadang kalo jaraknya rada jauh, loncatan api listriknyaa suka nyasar … apalagi kalo pake aksesoris anak metal kayak cincin tengkorak dari bahan logam, larinya bakal ke cincin … lumayan kayak kena stunt gun .. hahaha 😀

      • Masuk akal juga yach… Secara klo kita nge_chek koil ada apinya atau tidak khan ditempelin langsung ke mesin / ke rangka motor tuh. Nanti saya pasang lagi ach…
        BTW, nyalain rokok pakai api dr koil emang bisa yah… Baru tahu… Sambil di isep apa apinya dipercikin lngsg ke rokoknya mas… Pengen nyoba tp takut kesetrum… Haha….

      • hehe … mending beli korek api aja 😀
        gak langsung nempelin rokok ke api koil, tp pake kertas … api koil bakar kertas, kerts terbakar nyulut rokok. kalo langsung nyulut rokok ke api koil, pas pake behel gigi gmn coba? hihihi 😀

  3. 😆 😆 oh iya ya..ane ga nyadar.. :mrgreen: soalnya ada yg ngasi penjelasan ga lengkap, cuma bilang 1 ujung aja yang ke ground, ujung yang lain dibiarin n cuma main selotip..
    makasih om infonya


    • maksudnya bingung yg kayak gini, yang kembali ke ground cuma yang ujung kawat yg deket sama koil, ujung yang deket chop busi dibiarin gt aja n tinggal bungkus selotip…

      • baru2 baca nih… pertanyaan juga sama… misalnya mulai ngelilit pake kawat tembaga dr ujung dkt koil dan berakhir di dkt cop busi…
        nah, yg dkt koli kan disambung ke massa/ground… nah, yg dkt cop busi, didiemin aja terbungkus selotip, atau disambung ke massa/ground juga?
        makasih sebelumnya

      • Kalo lilit pake kabel saya gak tau seberapa signifikannya 😀 mending pakai ground strap eks kabel antena tv 🙂
        Dua2 ujungnya boleh digroundkan.

        ¥ùdi¥án “Novaera” @ mobifone

  4. gan, klo ane pke 9power dipasang diujung kabel busi, mirip ferrit bead bentuknya silinder yg suka nongol di ujung soket2 kabel data, USB dsb…
    prinsipnya sm buat meredam distorsi2 & sinyal liar2 dr kabel, cm ane gak tau komparasinya mana yg lebih baik antara ferrit bead dan ground strap ?
    mohon koreksi klo sy salah 🙂

  5. Bung, buat fw,slain kiprok tiger , bsa pakek kiprok apa?kalo pake kiprok kotak 10A kayak d amplifier ato di genset bisa ga, pembatas tegangannya gimana ya, suwuun

      • Mending pake bekas antena tv yak om,lebih gampang di cari..eijk uda pake..eh iya ada tambahan juga om..TDK yg biasa di pake di kabel monitor PC..semacam kaya magnet feritte gitu..ada jual di glodok 10ribuan,cara kerjanya mirip kaya 9p*wer..
        Pernah liat di kaskus harga 30rb (nyari untung banget yak)

  6. permissi..
    ohh yg ditempel di ground/body cmn satu ujung yg deket chop busi y?
    kl misalnya yg di tempel ke body yg deket koil gmn om? biar keliatan lebih ringkes ga keliatan banyak kabel.
    kirain yg ditempel ke body dua2nya [yg deket chop busi dgn yg deket koil].

    • kalo pake serabut kan saling “sentuh” om 🙂
      jd kalo salah satu ujung nyentuh bodi/ground, semua lembar serabut bakal ground jg.
      mau kedua ujungnya ke bodi jg gpp … kalo pengen lebih yakin, hehe

  7. begini pak, misalkan ada 3 asumsi.
    1. ujung yg ditempel ke ground/body yg deket dgn cop busi[seperti punya bapak].
    2. ujung yg ditempel ke ground/body yg deket dgn koil.
    3. ke dua ujung[yg deket cop busi dgn yg deket koil].
    diantara 3 asumsi tsb mana yg paling sempurna percikan bunga apinya?

  8. om msh bingung 😦

    kn serabut dr kbel antena tipi tuh mlingkari (lurus2 mlingkari, bkn melingkar-lingkar mlingkari) kabel inti..
    nah itu ada cr khusus ga dlm pngggulungannya, apa ngikutin pola yg dr kabel antena?
    mulai gulungnya dr koil trs ke chop, trs gulung balik lg ke koil, trs dsatuin en dkasih skun type O-ring, gtu yah om?
    – maaf banyak nanya 🙂 –

  9. intinya lebih mudah pake grounding strap wire ya om??biar yang di skun yang deket ama koil???
    bener2 bagus infonya..tapi masih susah nyari groundingnya niiii…..
    soalnya kalo pake kabel yg dililitkan harus ada 2 skun buat di baut ke ground… jadi jelek nantinya….

  10. kalo 22nya dililitin gima om,.bisa ga
    ato memang harus salah satu dari kabel antena TV itu.,
    oya itu yang diujung cop busi kabel tambahannya ga konek kemana mana ya om.,
    hanya yang dekt koil aja yang dipake
    thanks

  11. kog perasaan ga ngefek ya,.
    Kabel udah d lilit tembaga ,agak berantakan sih tapi sudah ful dari deket cop busi sampai koil,trus sisa kabel nempel d body..
    Tau ah.. :bingung..

    • saya jg gak bisa ngerasakan efeknya 😀
      karena saya bukan orang mesin 😀
      mungkin kalo ada alat ukur khusus tuk itu, bisa diukur seberapa peningkatannya …
      bisa jd karena kawat yg digunakan, karena itu bukan spesial fungsi sbg ground strap 🙂

  12. Suhu ane mau nanya nih, ane liat kabel (+) buat koil ada 2 y, satu warna hijau satu warna kuning hitam tp digambar ane liat yg dipake cuma warna hijau

    Kenapa suhu make kabel yg hijau bukan yg kuning hitam? apa besar tegangannya sama atau beda y?

    Klo dikoil asal kan kedua kabelny kepake klo make koil lain soket (+) nya ada yg satu doang, mohon pencerahannya suhu:D

  13. maaf nih agak oot, saya posisi di surabaya cari heat shrink tube/selang bakar dimana yah ??
    di toko elektronik gak ada, ditoko yg jual2 kabel juga gak ada, malah bingun klo saya bilang kabel bakar –”

    dimana ya bisa didapet ??
    pake selotip item takut rembes ama air 😀

  14. haduh ini yang bener pake tembaga atau serabutnya? disini liat pake serabut di sebelah katanya makin gede tebaganya + makin banyak lilitannya lebih bagus.
    **bingung

    • kalo untuk lilit kumparan dinamo/generator/alternator, makin banyak lilitannya makin tinggi output voltasenya, makin tebal kawatnya makin tinggi output arusnya …
      sedangkan untuk aplikasi ground strap, intinya, masbro musti “mengurung/membungkus” sepanjangan jalur “line” kabel busi dengan “dinding” ground.

      terserah mau gmn aplikasinya …
      mau pake tubing tembaga boleh, tp kaku & gak fleksibel 😀
      mau pake lilit kawat tembaga boleh, rada fleksibel tp lumayan capek ngelilitnya 😀
      mau pake ground strap khusus jg boleh, lebih flesibel, tp mahal 😀

      • makasih bro pencerahannya… tapi baca baca kok ada yang ngeluh kabel businya bocor ya :-S
        kalo dikasi isolator dulu kabel businya ada pengaruh ga ya?
        maap banyak tanya… 😀
        maklum nubie pengen tau dulu sebelum nyoba 😀

    • gak ada hubungannya antara ground strap pengapian ama lampu om 🙂
      karena ground strap sendiri sama sekali gak nyentuh jalur positif apapun, termasuk jalur positif lampu …

  15. mas,kl untuk nyari ground di koil tu sih mudah ya.. tp kalo untuk ground di rangka/bodi motor gimana cara nyari ato nentuinnya?? salah2 bs konslet tu motor,hehehehe… Pengen nyoba nih…

    • apapun yg tersentuh rangka, itulah ground … karena terminal [-]aki terhubung ke rangka 🙂
      kecuali kabel2 yg terhubung ke terminal aki dicopot, maka rangka gak berfungsi sbg ground.

      jd, apa susahnya nyari ground?

  16. Kabel ground strap buatan 3M Scotch itu dijual per meter berapa ya gan?
    dipakainya berapa meter gan? biar belinya gak kelebihan bahan 😀

      • 30cm gan? ane pake kabel tembaga(diambil tembaganya aja) beli 2.5meter gak nutup rapet(jarak antar lilitan jadi lumayan renggang).. kirain 1m aja ckup,, trnyata bli 2.5m msh gak cukup jg.. motor ane dl megapro 06 tarikan jd lbh enteng diputaran bawah,,atasnya kyakny sm aja ky gak pke.. skg pkd byson,belum coba pasang.. iseh eman-eman om..iseh kinyis-kinyis perawan ting ting.. belum genap 1bln..hehe

    • Bro and sis untuk kabel ground strap bila susah mendapatkannya, coba beli ke toko elektronik kabel RG6 atau RG11..(diameter berbeda)tinggal yg mana akan bro and sis aplikasikan..dikuliti buang kabel kulit luar pakai cutter maka akan terlihat serat ground yang akan diaplikasikan ke kabel busi sebagai ground strap.

  17. Omm bro mau nanya nih..
    Kalo pake bekas kabel tv, material serabut strapnya sama seperti strap yg om bro pake gak?
    Trus klo ane pake dua2nya, pertama ane lilitin tembaga, setelah itu baru ane bungkus pake serabut strapnya, kira lebih terasa pengaruhnya atau cukup di bungkus pake serabut strapnya aja ya?

    Minta pencerahannya ya omm.. 🙂
    Maklum, awam nih 😀

  18. pernah coba tesla coil?
    prinsipnya pengapian cdi niru tu. dimana ada spark gap(celah antara elektroda yang cukup besar)
    klo pke ground strapping di kabl busi juga sbnrnya ga ngaruh banyak. malah untuk motor sport (approx <20kv) menimbulkan kebocoran arus, kecuali anda sekalian menngunakan label sangat tebal atau berbahan silikon.

  19. Om nova….sy dah pasang di vega r saya….ternyata…ruaar biasa…atas bawah nyaut….padahal std habis vega r saya….speed jg nambah…tadinya 110 skarg 115…cepet lagi….trims ya om….jd ga kpengen beli koil racing….saya cuma pake kabel kawat aja….lupa ukurannya…hehe…btw tengkiu om nova ya…..

  20. Mas di koil beat injeksi kan ada 2 kabel warna hitam strip putih ama kuning strip dan semuanya postif. Yg saya tanyakan yg keluaran dari ECU warna apa ya? Atau yg dari kontak warna apa? Saya mo pasang CDI booster Zona 13 produk mas joe(jogja produk), harus pasang di koil yg kabel dari kontak. Thanks

  21. itu kalo ada arus bocor dibuang ke rangka dan lalu masuk ke negatif aki dan negatif di seluruh kelistrikan motor,,, istilah ground di motor ane bilang aneh,,, padahal yg dikatakan ground pada motor ya sebenernya (-) pada aki,,,

    ane lebih suka pakai ferrite dan braided wire strap, ya sejenis pembungkus (ane pake yg dikabel bawaan bohlam HID merk Yeaky) tp tidak dihubungkan ke rangka/ground,,, soalnya koil sendiri ane udh pake Koil Ultraspeed, yg tanpa beginian juga udh powerful banget koil nya,,,

    • Ada yg ngalamin sih pake beginian trus arus bocor di cop busi, ngalir ke ground strap, trus ngebung ke rangka,,,, mesin mati mendadak, sekring putus,,, kalo gk ada sekring mungkin udh sort dimana2,,,

      Apalagi motornya injeksi,,

      So, Do It With Your Own Risk,,,

Leave a comment