Fullwaving Honda Blade

Nambah koleksi per-fullwave-an ๐Ÿ˜€
Kali ini Honda Blade … dapat sumbangan foto stator Honda Blade dari agan emeser & singgih22 @ kaskus.us ๐Ÿ˜€

Stator Honda Blade

Posisi tab soldernya mirip banget dengan stator Honda Beat. Nyari ground spul juga gampang … di tab mana ada kabel hijau tersolder — kabel hijau di Honda adalah jalur standar untuk ground — di tab itulah kawat spul nge-ground ๐Ÿ˜€

Posisi tab ground stator Honda Blade

Selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah modifikasi fullwave Honda Beat, di sini dan di sini … atau ikuti prinsip dasar modifikasi fullwave dengan regulator Tiger di sini.

Selamat berjuang ๐Ÿ˜‰

39 thoughts on “Fullwaving Honda Blade

  1. klo yg punyanya beat punya ukurnnya g suhu?klo miliknya HSX dlu pas FW-in sempat ngukur diameternya skitar 8,6cm&jrak antar baut skitar 3,9cm klo lebarnya lupa ngukur,,soalnya lgi penasaran mo ganti spulnya HSX pke punyanya blade/beat yg udh 12lilitan biar listriknya gede..he3

  2. om gan. kalau utk revo absolute gmn?
    aku rencana mau ngerjain FWnya sendiri.
    klw misal blade sama revo abs sama persis, gw ad masalah utk lanjutan yg ada di artikel FW utk honda beat.
    pada kalimat :
    “Sekarang perhatikan “soket” kabel yang menuju stator โ€ฆ di situ ada 3 jalur kabel: putih (spul pengisian/charging), kuning (spul lampu), dan biru-kuning (jalur pulser, untuk sinyal timing pengapian). Spul lampu nggak digunakan lagi, jadi lepaskan kabel kuning dari soket kabel tadi, lalu isolasi agar nggak konslet ke mana-mana.”
    kabel kining dari soket itu yg dimaksud yg mana?
    kalau bisa tlg dijelaskan n kasih pict sukur2. gw tnggu ya om thx.

    • gini oms ane critain dari awal.
      eksekusi dilakuin 1,5minggu yang lalu, menggunakan kiprok tigie yg merk MPM (generik).
      kabel2 yg terhubung sebelumnya langsung dari sekun ke kiprok, ga pake soket.
      setelah ane ukur voltase ada di dlm range aman sprti yg ada di artikel.

      setelah beberapa hari krn merasa ga aman ane beli dah soket mobil yg isi 6, kebetulan cocok. cuma 1 soket kn akhrnya ga kepake. nah setelah penggantian soket ini ane lupa ga ngukur lg apakah terisi dgn benar si akinya.
      setelah dapat 3 hari dari penambahan soket inilah tiba2 td siang lampunya pada redup smw. mhon bantuannya ya oms.

      • cek aja dari terminal aki … apa ada kenaikan voltase dari rpm idle ke rpm 3000.
        apa voltase stop naik di rpm 5000 ke atas.

        kalo gak ada peningkatan voltase secara signifikan (masih dekat2 voltase aki), kemungkinan kiprok gak fungsi dgn benar. cek pengkabelan, apakah ada yg short, salah colok/sambung, atau kendor.

  3. ko pas ane cabut trus ane sambung pake label baru ga keluar strum…?? apa emang dc gada setrum…?? pengisian di colek tespen ga nyala tuh tespen…. gmn…???

  4. mas brro..mau tny ni saya pny gl 100k cdi.tp aki saya g ad dr waktu beli..pgn d pasang aki lg biar lampu main lg.lampu dpn ambil dr dinmo lgsg..jd g trang
    1.apa yg mesti sy siapin alat2nya…./bahane
    2.instalasinya bgmna?
    3.coil.cdi.kiprock.sdh ada..

  5. mas, mau tanya, kiprok ori nya motor kan 4 pin, anggap aja saya kasih nomor 1 2 – 3 4 dari atas , itu posisinya kabel sama nggak dengan kiprok ori yamaha bebek/matik? thanks

  6. Fullwave Blade 2009 berhasil masbro, range tegangan masih seperti dalam artikel. Test drive dolo 3 hari ke depan….salam dari Riau

  7. motor saya absolute revo, beberapa hari lalu sy pasang HID dan lepas kabel kuning yg magnet, yg nancap cuma kabel putih/biru, apakah sdh cukup dgn langkah demikian? tks atas responnya

  8. gw punya blade udah konversi jalur beban kuning ke saklar lampu udah sy ubah ke dc dengan jumper langsung ke hitam/kontak.. tapi klo fullwaving sy blom pernah bongkar … !!

    buat master mending buat tutor di perbaharui dengan tampilan gambar contoh yang HD/kualitas gambar bagus.

    terima kasih

    • trims sarannya bro ๐Ÿ™‚
      kebetulan blom punya gambar yg bagus … bbrp masih pinjem hasil jepretan teman2 ๐Ÿ˜€
      nanti saya coba perbagus kalo ada gambar yg lebih bagus ๐Ÿ™‚

  9. hallo mas bro… saya pasang hid di revo absolut kiprok sdh saya ganti dengan kiprok tiger dan spullnya sudah saya robah…. dan kawat spull yang nempel di graund sudah saya cabut lalu kawat yang saya cabut sambung dengan kabel baru v kenapa pas sy taruh di kiprok posisi pin #4 aki jadi tekor…

  10. Suhu mau tanya, saya pakai Absolute Revo dulu pernah gulung ulang spul, tp setelah beberapa lama HID agak redup, lampu speedo jg klo baru hidup ikut putaran mesin terang redup, sudah ganti aki tapi ga lama kumat lg, cek output kiprok posisi tanpa beban (lampu mati) digas dikit bisa 14.8V.

    Nah terakhir saya ganti HID 35W sama HID 55W karena HID 35W yg lama dah mati, tapi ternyata aki malah tekor n HID nya mati pas dah jalan sekitar 30 menit. Saya coba gulung ulang spul lg, karena waktu cek continuity ternyata kabel hijau dan putih dari spul ga bunyi. Eh pas selesai saya cek lg ternyata tegangan masih drop sampai 11.80 klo semua lampu nyala, lampu yg nyala itu 1x HID 55W, 2x LED 10W, 2x lampu senja LED 3W, lampu tail 11W, lampu panel LED 3x 3W, lampu high beam LED 40W (jarang nyala). Saya tambah lampu LED 2x 10W buat cadangan klo HID mendadak mati, tapi belakangan saya malah cm pake LED nya n HID jarang saya nyalain soalnya takut tekor. Klo cm pakai LED 2x 10W aki sampai rumah biasanya masih 12.8V.

    Akhirnya karena penasaran saya cek lg ternyata kabel hijau masih konek ke ground. Padahal tab ground rasanya sudah dilepas. Pas lanjut cek lebih lanjut ternyata dulu itu konfigurasinya beda, ga sama kayak yg suhu terangin di sini.

    Begini penjelasannya:
    Kabel dari spul ada 4: putih, hijau, kuning, biru kuning. Kabel putih dan hijau masih satu socket, begitu jg kabel kuning dan biru kuning.

    Sama yg modif dulu ternyata kabel hijau saya tes masih konek ground, kabel putih masuk ke socket kiprok #5, kabel kuning yg buat lampu malah masuk ke socket #4, kabel biru kuning ke pulser, kabel hijau masih konek ground.

    Pertanyaannya, apa beban saya kelebihan suhu? Terus itu dulu waktu dimodifikasi berarti masih belum full wae ya, cm minding jalur lampu dari spul aja? Apa itu yg buat daya charging ke aki tekor? Klo full wave yg suhu jelasin bisa menghasilkan output yg lebih besar dari konfigurasi yg sekarang atau sama saja? Maaf klo banyak tanya, biar belajar jg supaya ga salah lg suhu. Soalnya saya waktu gulung sama modif kan saya percaya aja sama yg ngerjain, ga taunya beda sama yg suhu ajarin di sini. Makasih suhu, saya tunggu balasannya.

  11. Slam knal om. Sblmnya mksih buat ilmunya.
    Ane mraktekin d honda blade ane. Tpi ane msih pke kiprok bwaan. Ane smbungin kwat ground spul tdi pke kbel trus ane lngsung smbung k soket regulator bekas pin kbel wrna kuning (kbel kuning nya ane putus).
    Posisi pke Head lamp LED 35 W (input dri output kontak). Alhamdulillah ada knaikan voltase hngga 13,3 V pas motor beban pnuh d RPM atas, sblumnya wktu msih standar tgngan hnya brkisar 12-12,5.
    Yg jd mslah wktu mnyalakan msin dngan mnggunakan kick stater, posisi kabel aki/fuse d cabut msin ga mau nyla. Tpi klau kbel aki/fuse d psang msin bru nyala.
    Apkah itu normal, krna regulator msih bwaan??
    Terima kasih sblumnya…

  12. maap umm numpang tanya. motor ane kan revo absolute 110 nahh pengin ane FW in trusss kabel apa aja yang harus ane lepas.. kabel ijo nya aja?? atau kawat spull nya aja. ?? atau kedua nya ane lepas dan ane sambungin ke kabel tambahan menuju socket kiprok

Leave a comment