Ini diagram pengisian (charging) & pengapian (ignition) standar pada Ninja 150R …
Sama seperti lainnya, modifikasi “fullwave” Ninja 150R harus meng-unground-kan kawat spul yang nyantol ke rangka/bodi/massa. Pada diagram di atas saya tandai sebagai “grounded spul” yang nyantol di bodi spul pengapian.
Setelah dilepas, selanjutnya tinggal disambungkan dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian (sama seperti kabel PINK) langsung menuju kiprok/regulator fullwave.
Jalur spul lampu juga harus dilepas dari soket dan nggak boleh terhubung dengan jalur lampu di kabel bodi. Karena rencananya lampu bakal ngambil suplai dari aki, jadi listrik DC (dari aki) nggak boleh “nyampur” dengan listrik AC (dari spul) supaya spul nggak hancur terbakar 😀
Kalo bagian alternator sudah kelar dimodifikasi, tinggal instalasi regulator/kiprok fullwave dan sedikit modifikasi jalur-jalur kabel. Instalasi & modifikasi jalur kabel bisa ikuti skema di bawah ini:
Selesai 😉
boleh diterangkan om bagaimana cara kerja Coil+CDI pada ninja ini, karna tidak menggunakan pulser sebagai pengatur timing pengapian. thq om.
Hmmm … ane gak ahli jg dlm pengapian & mesin 😀
Mungkin si spul pengapian udah berfungsi jg sbg pulser sederhana …
karena ini motor 2-tak yg sistem kerjanya gak se”heboh” motor 4-tak …
yang ninin rr belom bikin om 🙂
kalo di kepala sih udah om …
cuma lagi malez mindahin ke corel & photoshop 😀 😀 😀
untuk ninja rr beda ya mister?
keren
kang, salam kenal ane shima dari ciledug mau belajar bikin fullwave sendiri. ane mau tanya neh…
1.spul nya ninja R dan RR nempel di mangkok magnet atau harus copot magnet dulu??
2.emang nya kelistrikan ninja R dan RR beda ya??
3.apa bener ninja R type L reflektor batok nya dah ciamik,,,jd ga perlu pake projector lagi?
rencana ane mau pasang HID 55watt + fan radiator 12v 2A…dgn menggunakan kiprok tiger.
4. apakah perlu ganti aki yg lebih besar? krn default nya cuma 3A
tq kang
1. gak nempel
2. beda
3. blom pernah perhatiin type L
4. boleh2 aja … buat handle kebutuhan listrik saat kondisi langsam 🙂
tq kang…jd ane ga perlu pake tracker utk copot spull nya.
lalu ada lagi kang…
1, klo aki basah di pake buat fullwave…skala pemeriksaan air nya lebih sering donk…krn supply en demand nya lebih besar. bener ga tuh kang?
2. bgmn mnurut ente dgn kualitas kiprok tiger fukuyama dilihat dari sisi price en performance nya?
1. gak rutin2 amat lah … 1~2 minggu sekali 🙂
2. kayak beli kucing dlm karung 🙂 kadang dpt bagus, kadang dpt apes 😀
TAMBAHAN GAN, KALO LIHAT DARI SKEMA DIATAS ADALAH NINJA R, BERARTI SAMA KELISTRIKANNYA SAMA NINJA RR, COZ ANE DAH BONGKAR PUNYA RR KAYA DIATAS SKEMA NYA.
SATU HAL LAGI GAN, TAMBAHKAN KOMPONEN ELCO (CAPASITOR ELECTROLIT MINIMUM 2200 uF/ 25 vOLT ATAU LEBIH) SUPAYA KALO ADA MASALAH DI AKINYA GA BIKIN BREBET TUH MESIN AKIBAT SUPPLY KE CDI NYA TIDAK STABIL.. AWAS JANGAN AMPE KEBALIK MASANG ELCO NYA (+) KE (+), (-) KE (-)/BODY.
MUDAH-2 AN BERMANFAAT…
sip 🙂
bro Novaera, makasi berat ya, gw udah praktekin sendiri ilmu bro novaera di Ninja R gw, dan sekarang dia udah fullwave, lampunya nyala begitu kontak dan lampu ON..:D
Aki udah upgrade ke 7A, Tinggal beli HID, angle eyes dan neon blink2 nya neh, tapi nggak ada duit..:p
Nanya nih bro, gw baca baca di internet, trus si penulis nambah bridge regulator, dan voltage limiter di jalur spull sebelum masuk ke kiprok sehingga katanya kelistrikannya lebih mantep, menghindari kiprok kena suply berlebih.
Yang jadi pertanyaan, apakah pemasangan regulator tersebut berlebihan?? atau jurus bro novaera di atas udah cukup untuk pemakaian sehari hari???
1x lagi, makasi yak…ilmunya manfaat banget…:)
Penulis mana yg nulis kayak begitu bro? 😀
Regulator sendiri artinya “pembatas” … dan kiprok skrg yg bisa kita sebut2 ini sebenernya “rectifier & regulator” … jd fungsinya tuk mengubah arus listrik AC ke DC (recitifying — sama spt fungsinya diode bridge) dan melimit/membatasi voltase yg keluar (regulating — yg ente sebut “voltage limiter”) 🙂
beda dgn kiprok jaman jebot yg emang bener2 CUPROX … sekedar mengkonversi arus DC ke AC …
btw, kalo ada yg rancuh2, tanya aja dimari bro … moga2 ane bisa bantu kasih penerangan (senter kaliiiiiii) 😀
ada di kaskus broo…jualan juga beliau ini..:o
serem banget dah warningnya, kalo misal produk regulator jualannya itu kagak dipasang di spull sebelom masuk ke kiprok, maka kiproknya bisa bisa hangus terbakarrrrr…:takuts:
😀
So, meskipun gw anak listrik tapi gw baru belajar kelistrikan motor, jadinya gw bingung dah…kok masa iya, produk kiprok aka rectifier yang harganya 250rebu selemah itu, ampe kudu dimanja rangkaian bridge, dan rangkaian voltage limiter…hihi…
dannn…sementara ini jelas suhu, belum ada yang disenterin lagi…:D
thx…..
bro ane mau tanya! knapa ya otor ane lapu na tiba2 putus seua dapn n blakang. agak laa keudian otor na jg ati ndadak kira2 apa y bro?
kayaknya over-voltage/current …
pin tengah kiprok udah bener terpasang sesuai skema gak?
coba cek fuse dulu, mudah2an cuma fuse yg putus & blom sempet nyamber kmn2 🙂
cek jg jalur2 kabelnya, yakinkan gak ada yg short/salah konek … dan jgn sampe ada jalur DC yg nyenggol jalur AC … yg rusak bakal spulnya.
Bro Novaera, request fullwave’in ninja RR donk. Kemarin pas liat spullnya RR beda sama spullnya R. Bingung bagian mana yang mau diubah. Thx sebelumnya.
ane blom nulis FW ninin RR karena ane blom pernah garap RR secara langsung 🙂
tp spulnya RR mirip beat/vario … dan tetep “angkat” ground spul jg …
sisanya persis kayak modip FW motor2 laen dgn reg. tiger ….
cuma di RR, kabel hitam-putih & biru-putih di soket reg. RR lama dijoin/paralel …
Udah rilis …
https://kotsk.wordpress.com/2011/11/02/fw-ninja-150rr/
Waaaaah.. thank you very much bro.
Udah diaplikasikan ilmunya, hasilnya memuaskan. Akhirnya lampu HIDku bisa dinyalain terus, aki gak pernah tekor. Maklum sekarang harus nyalain lampu di siang hari juga kata om polisi 😀
thank’s bro…..klo bisa skalian buat ninja rr
https://kotsk.wordpress.com/2011/11/02/fw-ninja-150rr/
Bos.tlong ane dong.ane blom nyampe fullhave ajaa udh kbingungan ngatur jalur dc nyaa.
Aki ane ga charg knapa yah.
Jalur mana ajaa yah yang hrus diputus dan disambung
Ninja r 150.
gan , terminal “o” ring itu yg kabel kuning ya ?
tolong donk poto in gambar sambungan nya 😮
kayaknya udah jelas tuh artikelnya gan 🙂
yg kudu di”cut” ujung kabel kuning yg ada ring “O”nya yg nyambung ke bodi spul pengapian …
kabel kuningnya ntar disambung kabel tambahan …
ujung lain kabel tambahan td langsung ke regulator tiger …
salam kenal bro novara, maaf lgsg tnya yah, untuk cdi nya di ganti gak yaa?, thanks ‘
kalo niatnya cuma fullwave, gak perlu bro …
tp kalo mo ganti pun jg gpp 🙂
untuk d tracker 150 gimana gan?
thx b4
blom pernah intip isi d tracker 150 gan 🙂
Novaera, lam kenal ma orang baru tunben komen2 di duniya net,.. tolong ya Gan. !
Nunpang nanya brow,mtorku knap ya hbis ganti ring seher kok lariny kurang ya,,,
wah, saya gak ngerti permesinan bro 😀
Wah mantabs gan, HID manteng terus tanpa aki tekor, cuman ada sedikit masalah gan, bisa tolong di bantu..
Karena semua lampu motor ane diganti led, maka konsumsi watt nya sedikit sekali, sehingga pada waktu RPM tinggi, voltase naik sekitar 16-18 volt, sedangakan balast HID dibatasi sampai 16 volt, jadi kalau diatas 16v lampu ane mati terus, terpaksa deh jalan pelan2.
Mohon solusinya gan ada gak komponen buat ngebatesin volt(max15volt), ane dah coba pakai ic 7812/7815 tapi amper nya turun jd 1 amper.
Terimakasih sebelumnya.
seharusnya, jika kiprok berfungsi normal & koneksi jalur “monitoring voltase” di kiprok terpasang benar, kiprok bakal melimit voltase output. bahkan tanpa nyala lampu sekalipun di kondisi rpm tinggi outputnya gak bakal lebih dari 16V DC.
Tuk kiprok fullwave macem punya tiger, byson, new mega pro, pin#2 kiprok harus terhubung ke jalur output kontak.
Untuk instalasi ane cek lagi dah bener gan (pin#2 ke output kontak), kiprok pun baru punya tiger ori (260 rb), ane pasang voltmeter di motor (output dari aki) dan pada saat rpm tinggi masih 18v, dan pada saat stop 12.8v, yang mau saya tanyakan :
1.Apa mungkin karena aki-nya kecil 3.5A maka aki cepat penuh sehingga voltase naik sampai 18 vol?
2.Apa ada kemungkinan kiprox baru bad product?
3.Apakah kiprox selain tiger lebih bagus(kymco, byson, megapro) dan kira2 berapa harganya?
Terimakasih sekali atas pencerahannya.
Bro Nov, saya mo klarfikasi aja, ternyata benar yang dikatakan bro Nov, ternyata masalah nya ada di sekun output kiprox yang ke kontak, padahal cuma kendor dikit, awal nya cuma di jepit doang, setelah sy kencengin make tang sekun, hasil nya Joss bgt..
Sekali lagi makasih bro…
Oh iya saya mo nanya lg ya bro, setelah review sana sini akhirnya saya tergoda juga untuk membeli semacam voltage stabilizer nama nya XCSR Hurricane, harga nya lumayan 400 rb an, kira2 menurut bro Nov apakah berlebihan atau memang ada manfaat nya juga ya?
Makasih sebelum nya…
nanyak nih om nova, dengan adanya FW di ninja AC ini, kira2 ngaruh ke performa mesin ndak? kira2 seberapa %? thankksss 🙂
gak ada pengaruh om 🙂
karena yg diubah cuma sistem pengisian (charging) listrik aja dari spul->aki.
sementara pengapian gak tersentuh sama sekali.
nanya ni om Nova,motor ku pakai hid yg biasa.tp bola aku pakai merk gartner yg hi/lo nya maju mundur,kok ngak fungsi hi/lo nya,tp pakai bola aslinya fungsi.hi/lonya turun/naik.kira2 salah di mana ya om?
di bohlam HID hi/lo biasanya ada 4 jalur kabel.
2 buat ke ballast, dan 2 buat motorize (fungsi hi).
nah 2 kabel motorize ini musti terhubung ke jalur hi & ground motor.
om udah saya pasang soketnya,tp hanya bisa hi aja tidak bisa low,tidak berfungsi.atau emang beda tipe bola hid nya,atau salah pasang.
coba tes konek 2 kabel td langsung ke aki …
harusnya bulb/bohlam bakal gerak maju/mundur …
udah saya tes om.bolanya maju tp engak mundur.tp kalo psitib di jdikan negatif bola mundur.dan sebaliknya.bola maju.tp kabel hrus di bolak balik.g mana om kira2.atau bola nya rusak?
ouw … berarti harus “reverse” ya …
musti ada pembalik polaritas listrik 😀
ntar saya coret2 dulu gimana skemanya …
oke om.saya tunggu corat coretnya.he2x.makasih om…
silakan buka artikel yg ini masbro 🙂
https://kotsk.wordpress.com/2011/03/13/xenon-hid-controller/
skema kabel-set HID/Projector G2-G3 …
om nova bagai mana si cara kerja hi/lo lampu hid itu.?
arc bulb (pentol kaca dlm bohlam) HID posisinya berubah maju/mundur secara motorik/magnetis. jika koil bulb HID diberi arus listrik, terbentuk magnet yg bakal menarik badan bulb. dan begitu arus listrik distop/putus, bulb kembali ke posisi semula. atau, dlm kasus masbro, polaritas (plus & minus) dibolak-balik tuk menggerakkan bulb maju/mundur.
mirip relay stater ya om……
om artikel nya udah saya baca.kyaknya engak ada pembalik polaritas listriknya.itu hanya memutus arus aja.bola aku butuh pembalik polaritas listrik.min jadi plus,,plus jadi min.gimana ya kira2.trimah kasih.sory ni om jadi banyak tanya.
yg bener gak ada? 😀
relay yg 8-kaki, fungsinya buat ngebalik polaritas 🙂
sory om.aku liat yang gambar pertama.sip om……..artikelnya.sangat membantu..makasih om……..
om nova aku mau tanya,apa ngak rusak solenoid hid kalo di aliri listrik terus.kalo pakai relay 8 kaki kan listriknya jalan terus.kan listriknya hanya untuk menggerakan bola maju atau mundur,
saya jg kurang tau.
sayangnya saya gak punya set HID/proji dgn sistem solenoid begituan. jd blom bisa tau detail wiring-nya …
nunggu wejangan dulu ……………..
udah aku pasang menurut diagram om nova.udah berhasil,cuma kaki relay ada yang aku pindah2,karna beda relay kayaknya.
oke .. sip om 🙂
met mlm om Nova,saya mau tnya,bisa ngak pasang hid di motor f1zr tanpa full wave,hanya cabut kabel kuning di kiprok standar…kira2x drop ngak?
klo mnurut aku ya psti drop dong, secara karna kurangnya pengisian ke aki, sdangkan HID kan buth tenaga kelistrikan yang full, tpi tolong ya om nova koment ini di btulkan bila salah,,,,
gan…klo pakai kiprok motor viar lampu bs makin terang ga ya.atau hts pkai kiprok tiger.makasih jawbanya
apa itu motor viar?
gak musti kiprok tiger … kiprok apa aja boleh asalkan untuk kelistrikan fullwave. Mau Regulator Cheetah Power (RCP), regulator VRT, regulator SAT, regulator Tiger, Shogun FI, Vario 125 FI, new CBR, Vixion, Thunder, New Mega Pro, Harley Davidson, kiprok Naga, dkk …
kiprok gak ngaruh secara langsung ama terang/redupnya lampu. lampu bisa terang kalo:
[1] speknya emang terang — lumens-per-meter (nilai intensitas cahaya)
[2] desain reflektor mendukung — reflektor lah yg memantulkan & melempar cahaya lampu keluar / jalan … makin banyak cahaya yg dipantulkan keluar, makin sempit luasan jatuhnya cahaya, makin teranglah cahaya tsb
[3] suplai listriknya terpenuhi — biar kata lampu SUPER halogen 55W tp kalo suplainya gak nyampe 55W, ya gak bakal nyala 55W
bro nova ty jawabanya.mau nanya lagi.ninin ane udah fullwave n ganti hid.klo pakai aki 3.5A masih tekor ya.apa hrs ganti aki yg lbih besar lg..?n apa hrs pakai anti tekor atau kapasitor bank.klo ada ulasan soal kapasitor bank.tolong djelasin.ane buta maslah elektro
kabel om …
pake kabel yg bagus, sambung yg bagus … mulai dari spul ampe kiprok …
makasih saranya.n ada pr lg nih.kontak on lampu depan nyala tanpa mesin dihidupin tpi cuma bertahan 5 menit.dgn lampu hid 5watt.wajar atau ada yg salah om…?
HID 5W? 35W? 45W? 55W?
tanpa mesin ON aki gak dpt charge dari spul … jd aki kerja sendiri … bisa bertahan seberapa lama itu tergantung brp sisa kapasitas aki …
mas bro nova ane pgn donk jd fullwaving,biar lampu ane manteng trs,soalnya lampu gk bgtu terang klo gk d gas,mlh yg ada mesin suka mati,,ane sm sekali gk paham nih,,,, klo lari kebengkel ngeri suruh beli ini itu,
tinggal ikuti aja tutorial di atas …
materialnya bisa ngikut tutorial di atas apa2 aja yg diperlukan …
Bang nova, ninja rr ane kalo di gas lampunya tambah redup, kalo ane tes kiproknya lewat jalur kabel ke aki voltasenya ga lebih dari 5-7 volt, itu yang perlu ane cek lagi apa ya bang?
thank you..
https://kotsk.wordpress.com/2013/02/03/fw-checkup/
Ass….
Om tolong dong gmna cara nya fulwave rx-king dan skema nya gmn?
instalasi kiprok tiger kok gx jadi om
Gan slam kenal,,maaf gan ane mau nannya,,klo diatas kan skemanya pke kiprok tiger,,gmna klo pke kiprok motor smash gan,,,,apa ada efeknya lain gan,,,trus skemanya apa ngikutin yg diatas gan,terimaksih gan
Om mw tnya ninin ane klo gk psang aki msin gk mw naik y..msin sinjal digas mlah mati..klo pakai aki bgus aja..padhal swbelumnya ninin sya gk pke aki jg gk ppa..ap yg prlu diganti y om
Baca dari awal sampai komen terakhir..jadi pengin nyoba sendiri di R 2004 ane..
Tapi ada beberapa hal yang harus ditanyain biar makin jelas nih om Nova..
1. Aki bawaan kan 3A. Kalau sudah di-FW apa perlu dinaikan lagi ampere nya? (ane ga nambahin aksesoris lampu/klakson..semuanya standar pabrik)
2. Ane baca di FW RR, itu kan mesti dicek pake multi tester segala..sedangkan di R langsung aja tanpa perlu dicek. Apakah aman tanpa di cek? (secara ane ga punya multitester..hehe)
Udah gitu aja om Nova.
Mohon dibantu yah…Terima kasih
Mas spul pengisian dan carging udah tak bongkar lilitanya tpi lupa pas mau gulung ulang bisa gk saya dikasih penggambaranya
Cara menyambungkan kabel spul ninja lama pakai cdi+tegulator+coil ninja 2015 bro
Min maaf nii aku udah bikin sesuai diagram diatas tapi aku binggung jalur kon taknya gimana ya soalnya saya matiin kontaknya mesin masih idup mohon solusi min