Fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Arashi

Sama kayak Honda Beat/Vario, modifikasi fullwave Suzuki Shogun NR, Satria FU150, dan Arashi musti “disconnect” ground spul. Tipe lain seperti Smash 110, Spin, dan Skywave juga sama — untuk Skywave dan Spin bisa baca artikel ini. Asalkan ketemu mana kawat stator yang nempel ke ground, tinggal ngikut langkah-langkah selanjutnya di bawah 😀

Lanjut, ini stator milik Shogun NR … Arashi juga punya desain stator yang sama …

Stator Suzuki Shogun NR

Dan ini stator milik Satria F150 …

Stator Satria FU150 (tab ground ditandai lingkaran merah)

Sesuai gambar di atas, kawat spul yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong …

Kawat ground spul dicabut/dipotong

Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang bakar atau shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa lihat skema di bawah ini:

Skema fullwaving Suzuki Shogun NR

Saya saranin pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi voltasenya lebih bagus, terutama tuk Satria FU150 yang pakai speedometer digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 16VDC, karena bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi) voltase di jalur suplai ke speedometer agar voltasenya nggak melebihi 16VDC, misal dengan menggunakan IC LM7812 atau LM7815.

Kalo kurang jelas, atau mau sharing, silakan join di trit “Kiprok” @ kaskus.us … http://www.kaskus.us/showthread.php?t=953217

259 thoughts on “Fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Arashi

  1. sdh lama ane mengamati artikel ini,…tpi blm bsa ksh komen,…skrg ane mo menanggapi Fullwave Suzuki shogun or smash 110,..disitu tertulis:
    point1. kawat yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong dan
    point2. soket spul dicut (X) langsung dihubungkan ke lampu

    pertanyaannya:
    point2. dilakukan sprti prosedur di atas
    tapi point1. tdk di potong,… apa yg terjadi?,..

    • ane gak ngerasa nulis point-2 spt itu lho 😀

      kalo pun lampu langsung dikasih arus spul tanpa regulasi, lampu bakal meletus begitu mesin nyala …

      dan selama ada bagian dari kawat spul terhubung ke ground, dia tetep halfwave 🙂

      • oh jadi intiinya klo msh ada kawat spul ke ground =halfwafe bukan fullwafe
        paham ane th x bro,..

        hehe utk point 2. maksudnya seperti di gambar hanya penulisannya singkat tanpa tanda baca, seperti begini maksudnya:
        point2. kabel kuning soket spul dicut (X). yg dari saklar lampu langsung dihubungkan ke aki dengan relay ikut kunci kontak
        (asumsinya : saat kunci on lampu bisa langsung nyala) tapi tetap aja halfwave ya?
        kira2 dampaknya apa neh? klo pake HID + klakson stable? terutama terhadap aki ato aksesori tambahan? termikasih skali lagi atas tanggapannya bro,…..

      • kalo beban listrik makin banyak, otomatis konsumsi listrik makin banyak jg.
        kalo pengisian aki < konsumsi listrik ke beban, aki bakal tekor …

        dgn spul standar halfwave, outputnya cuma 1/2x kemampuan fullwave-nya …

      • oke gan sip sangat membantu penjelasannya lbh masuk,….
        segera dioprak aprek lagi deh,…salam kenal bro,… sukses selalu

    • gan, buat fu150 kalo pake kiprok tigi yg dikasi hambatan ke spido di kabel mana yah? apa di kabel yg ngisi arus ke spido? jadi bebas yah ditaroh dimana juga?

  2. Om novaera ane mw tnya donk….

    Kalo kabel yg asal’ny dri spul menuju lampu utama d jdikan sbagai input strum k kiprok gmn om…??

    Maksud’ny ane mw pke reg vixion yg 3phasa, khn ad 3pin suplay setrum tu, yg satu dri bwaan motor (charging), stu lgi dgn cara un-ground, stu lgi pke kabel kuning yg d putus….gmn tu om…??
    Maap bahasa’ny belibet :hammer:

  3. Saya lihat skema-nya masih bingung.
    Di dalem spul itu kan ada 3 kawat ya (Ground, Charging, Lamp)
    1. Lamp kan diputus dari soket spul (saya ngerti yang ini)
    2. Kawat ground disambung langsung ke kiprol Tiger yg no.5 (saya juga ud ngerti yg ini)
    3. Charging ; nah unutk point yang terakhir ini kawatnya engga diapa-apain gitu ?

    Hal yang dilakukan di bagian spul itu cuma mutus kebel spul lampu & ngerubah jalur ground langsung ke kiprok ? Apakah hanya 2 hal itu aja yg dilakuin di bagian spul ?

    Terima kasih 🙂

  4. kemaren shogun sy gag idup om… ngikutin langkah2nya om nova.. ternyata ada langkah terakhir yah om yg harus dilakuin… socket biru yg keluar dr spul tetep harus ditancepin ke pasangannya.. br deh motornya nyala… hehehe… udah bener kan um langkah saya ini??

  5. gan tanya dung
    udah ngerubah smash 110 jd fw
    tuh kan yg d spull smash kawatnya da 3, 2 kwt dobel trus ada yg cuma 1, kawat yg cuma satu itu yg d potong trus sambung kabel baru k kiprok?
    1 lg gan
    d smash kan kabel kuningnya dobel tuh yg k kiprok aslinya, kalo 1 kabel kuning d sambung k kabel kunci kontak 1 nya lg d sambung k kiprok tigi yg pin 2 gimana tuh gan, bener gak kalo gitu gan?
    Maklum ane nubitol kalo masalah motor gan apalagi kalo kelistrikannya tuh kan yg d spull smash kawatnya da 3, 2 kwt dobel trus ada yg cuma 1, kawat yg cuma satu itu yg d potong trus sambung kabel baru k kiprok?
    1 lg gan
    d smash kan kabel kuningnya dobel tuh yg k kiprok aslinya, kalo 1 kabel kuning d sambung k kabel kunci kontak 1 nya lg d sambung k kiprok tigi yg pin 2 gimana tuh gan, bener gak kalo gitu gan?
    Maklum ane nubitol kalo masalah motor gan apalagi kalo kelistrikannya

    • yupi … kawat kumparan emang terbagi 3 titik … 1 terhubung ama kabel yg menuju kiprok, 1 terhubung ama kabel yg menuju jalur lampu, 1 lagi terhubung ama ground …
      nah yg konek ke ground yg ente cabut 🙂

      kabel kuning ada 2 cabang di kiprok, itu karena 1 jalur dari spul, 1 jalurnya ke arah lampu/sakelar …

      coba cek2 lg skema di atas 🙂

  6. om…
    saya mw tanya, skema kelistrikan saya sudah dirubah seperti gambar diatas, lampu yang saya gunakan HID.
    yang membuat saya bingung, lampu HID tersebut hidupnya cm sebentar ( gx lama ) setelah itu mati, gx lama dimatikan selang berapa menit saya hidupkan lampu hidup kembali.
    salahnya dmn ya om ?

    • kalo pake bohlam biasa bawaan motor, nyala normal gak?
      coba hid-nya test pake aki langsung … nyala normal apa gak.
      biar ketauan yg salah itu instalasi hid-nya atau di modifikasi fullwave-nya …

  7. Permisi om mau tanya.
    Saya mau rubah Satria FU jadi fullwave, nah katanya perlu ditambahin ELCO biar lebih mantep.
    Nah itu ELCO yg jenis apa ya yg harus saya beli ?
    Trus buat nyambungin ground ke Kiprok Tiger kan pake kabel, nah enaknya pake kabel serabut atau tunggal yg jenis apa ?
    Terima kasih 🙂

    • bolaeh nambah elco, tp gak “wajib” 🙂
      elco biasa, yg biasa dijual di toko elektronika … 33000 uF 25V udah cukup …

      kabel, ya bagus serabut dong … kalo tunggal kan susah nekuk2 😀
      usahakan kabel otomotif, karena emang didesain lebih tahan hawa panas (mesin, dll), gak gampang putus kalo ketarik … biasanya yg serabut warna silver yg bagus …

      • Oh begitu ya.
        Barusan saya habis ngobrol sama mekanik kelistrikan, katanya harus lilit ulang spull.
        Perlu gk sih sebenernya lilit ulang spull ?

      • coba dulu cara di atas … seberapa mampu spul+kiprok tigi menghandle beban listrik di motor.
        kalo mampu, ngapain gulung ulang 😀

        btw udah banyak jg user FU yg modip FW tanpa gulung ulang …

      • elco terserah mau berapa butir … total mencapai 33ribu uF, 16V atau 25V …
        jadi kalo beli elco 3300uF, butuh 10 butir, rangkai paralel …

        instalasinya, kebanyakan gandeng paralel ama aki …
        tp kalo mo lebih afdol, lebih dekat ke beban listrik, misalkan lampu, klakson, dll.
        lebih bagus lagi … tiap beban kasih elco 😀

        suka2 aja bro, mo inovasi gimana 😉

    • Ouh gitu ya…
      berarti ane bisa aja ya naro elco di aki… o iya, masangnya di salah satu kutub aja gitu ?
      Misalnya dipasang di kutub (+) aki ?
      hhe, maklum nubie soal beginian …

  8. wew, ane jajal fullwave ini dulu deh….

    sama ada pertanyaan lagi kang…klo modif ke fullwave bgt,,,,apakah pulser harus di set ulang…(koq rasa nya rada aneh harus set pulser)

    kmrn temen montir bilang bgt,,,,kata dia harus di bawa ke bengkel utk set pulser -_-

    trus pertanyaan by aldy on Tuesday, 21 June 2011 – 12:04 pm , yg mana sih yg dimaksud “socket biru yg keluar dr spul tetep harus ditancepin ke pasangannya”….ane perhatiin kaga ada soket warna biru deh

    sori banyak tanya kang….

    • gak ada setting pulser … ini cuma ngerubah suplai listrik ke aki & part2 yg ngambil listrik dari aki.
      gak ada ubahan magnet dan gak ada ubahan listrik pulser 🙂

      soket biru, maksudnya kabel pulser, tentu musti tetep terpasang/terkoneksi 🙂
      karena ini satu “bundle” ama kabel pengisian spul …

  9. permisi om…
    saya mw tanya, saya udah mengubah lilitan spul dari standar ke tiger punya suzuki titan dan saya pakai kiprok tahu ( kotak 35A ) serta saya menggunakan 2 aki basah yang standar ( 3.5A ).
    yang jadi permasalahan ketika saya menggunakan lampu HID, lampu gx tahan lama ( kurang lebih 1o menit ) dan stater gx kuat karena kurang setrum setelah menggunaka lampu HID dan saya menggunakan lampu variasi 7 buah lampu LED semuanya.
    mohon solusinya a om….

    • kalo mo ubah spul kayak tiger, 1-phase, musti gulung 1 kawat sepanjang kren spul. tiap2 spul terdiri bbrp lilitan (ane blom pernah itung brp lilitan di spul tiger) … arah lilitan berlawanan tiap2 kren … searah jarum jam, lawan jarum jam, dst …
      makin banyak jumlah lilitan (makin panjang kawat kumparan yg dipakai) makin besar output voltase yg dihasilkan.
      makin tebal kawat kumparan, makin besar arus outputnya …

      saran saya, ikuti dulu tutor modip fullwave di atas … kalo blom mampu handle beban listrik yg ente pake, baru gulung ulang dgn spek lebih tinggi (biasanya tukang gulung dinamo ngerti, bawa aja kesono) 🙂

  10. Oh gt ya gan, continuitas antara titik spul.
    Trus ane mau tny lg gan, biar lampu motor satria fu terang gmn gan, apa pake hid? Trus kalo pesan kemana? Maaf gan soalx ane di kaltim…

  11. Om untuk skywave sama gak tipe spulnya dengan yag difoto diatas, letak titik2 kabelnya? Jadi bisa niru plek gambar diatas?
    oya selain dari warna ada trik gak untuk mementukan mana itu titik keluaran untuk lampu, cahrging dan ground?
    kl untuk skywave selain rubah jalur spul, ganti kiprok ada yg lainnya yg dimodif? coz katanya ada yg pake jummper, relay gitu?

    terimakasih oom novaera….

      • Om saya sdh bawa printout hires 2lembar hvs foto2 om novaera diatas (pasti jelas lah ya) ke beberapa beres suzuki tapi gk ada yg berani sampe saya bilang kl ada apa2 saya yg tanggung jg gk mau 😦
        terakhir ada yg ngomong pas liat gambar spul itu jalur pulsernya mana? kl pulsernya di cabut skywave gak bakal jalan..jd bingung oom ada hubungannya ke jalur pulser dan cdi kah?
        ada yg saranin bawa ke tukang gulung spul ada saran om? maaf om gak ngerti elektro 😉

    • beda letak aja … tp prinsip pengkabelannya sama tuk semua spul …

      perhatiin aja spulnya, bolak-balik, liat kabel2 di spul ujung2nya kemana semua … ntar ketauan mana tab solder jalur lampu, jalur charging, dan ground …

  12. Misi gan, saya kan kmrn dah baca2 artikel agan, mtr saya spin,saya kira letak sepul sm kaya pny beat,dah siap2 eh taunya d dalem drndm oli,hadeuh repot dh,skalian mau tanya kalo sy pasang 1 hid 55 watt,dtambah led skitar 100 biji,msh kuat ngankat ga gan pk skema diatas?, Satu lg,bwt spin bth kunci yg aneh2 g?,semisal tracker magnet gt?, Thx b4

    • lho?
      kalo tau kerendam oli, berarti udah pernah buka dong?
      pasti tau bakal pake treker apa kagak 🙂
      tp rata2 gak perlu treker … posisinya di depan magnet …

      cuma 55W + 100 butir LED …. masih sanggup lah 😀

  13. Pingback: Fullwaving Suzuki Skywave « KoTsK
      • oh youmand.,. beraarti isinya setengah dari fullwave kl ga dicabut.
        nah iya om ane ada fenomena alam nih 😀 . ane kan pk HID dua hari pertama ane normal2 aja tuh eh pas besokanya kagak kuat nyalah, bisa nyala tp gas ane geber trus sekalinya nyalah idupnya kriep kriep kyk motor yg belom diubah kelistrikannya itu kiprok ane yg rusak ato emang akinya yg tekor?
        oh ya tambahan ane kiprok di dobelin yg atu tiger yg atu msh yg asli.
        maaf om nanya mulu 🙂

      • coba pencet klaksonnya, mesin kondisi off…
        kalo gak nyaring, berarti aki tekor 🙂

        useless pake kiprok fullwave tp spulnya masih nge-ground 🙂
        dan useless jg pake dua kiprok kalo punya kiprok fullwave …

  14. gan, ane ada pertanyaan nih,,, kalau yang di atas kan kebanyakan aki pada tekor tuh,,,,
    nah, punya ane ni malah overcharge,,,,,
    yang udah ane lakuin
    1.cek tegangan aki standby 12,7V
    2.sambungan kabel yang benar sesuai gambar di atas
    3.pakai kiprok ori tiger sesuai recommended agan…..
    nah , pertanyaan ane nih gan,,,,,,
    pada saat stasioner aki dah ngisi berkisar 13,3V & terus naik secara signifikan , kalu di gas malah pernah sampai 18v ,
    sampai cdi ane rusak……mohon pencerahannya gan…..

    • pin#2 kiprok disambung ke jalur mana gan?
      kalo voltase output kiprok terus naek berarti fungsi regulasi di kiprok gak kerja.
      bisa karena pin#2 gak dipasang dijalur yg tepat, bisa kerusakan internal kiprok.

  15. pin no 2 kan jumperan dari output kunci kontak & ke arah sklar headlamp gan….
    nah, ane sampai bela2in beli kiprok lagi,,,tp hasilnya tetep sama……
    apakah aki jg berpengaruh gan ???
    soalnya mungkin aki tersebut udah gak ada batas charging , yang memungkinkan pin socket no 2 gak detect kalau aki udah full charging…

  16. barusan ane coba pake akinya vixion gan,…
    tapi hasilnya malah lebis fantastis,,,,,,,
    stasioner bisa sampe 14v……..
    trus apa yang salah ya,,,,, tp ni mw pinjem akinya satria tmend, cuma belum plang kerja…..

  17. Bro, lg ngerjain fullwave skywave. Ground udah dicabut dr spul, (kan ada satu kabel keluaran spul warna kuning yang digunting ditutup solatip) kalo ane jadiin kabel yang sambung ke ground spul bisa ga? Jadi ga bikin lubang baru untuk kabel lagi. Gmn bro?

  18. bro nova,
    pada stator Shogun NR..kabel kuning-putih yang ke Center Tap stator kan di putus..dan kabel ini dihubungkan ke kaki 2 dari Kiprok Tiger….

    nah yang saya ingin tanyakan…kondisi sewaktu Half Wave…headlamp sama lampu panel speedo baru nyala setelah motor distarter/dinyalakan….apakah setelah diupgrade jadi Full Wave….masih sama sistem utk nyala kedua lampu tadi…

    btw nife info bro…thx…. 🙂

    • Bisa … tp gak murni 100% pnp … butuh sedikit penyesuaian. paling gak timing pengapian karena posisi & ukuran jendolan magnet (reluctor) mungkin gak sama dgn magnet bawaan. reluctor ini yg trigger pulser tuk ngirim sinyal ke CDI sehingga CDI tau itulah saatnya dia ngirim listrik ke koil busi.

      tp kalo gak mau repot, bawa aja ke bengkel, minta setting ulang timing pengapiannya.
      kalo masang spul ama magnet sendirian kan bisa 🙂

      tp tuk FU, kebetulan ada menunya 😀
      cobain spul punya shogun injeksi, magnet FXR, kiprok 3-phase punya shogun FI, thunder, vixion.
      tanya aja di sini:
      http://www.kaskus.us/showpost.php?p=609030394&postcount=2025

  19. weheeee dahsyattt 😀 manteb. nah trus misalnya perlengkapan udah ada dan udah dipasang, itu perlu disesuaiin ga seperti ngefullwave motor2 kayak yg diatas ? misal ada kawat tembaga yg ke ground dicabut dll.

    • kan udah pake spul shogi FI … udah ready dari sononya … hehe 🙂
      paling2 kabel2 menuju kiprok yg disesuaikan … karena posisinya di soket bawaan blom tentu sama spt posisi kiprok 3-phase yg bakal dipake.

    • 3-phase udah lama kok om … kebanyakan di moge & harley.
      di indo diterapin di vixion, thunder, cbr new 150 & 250, dsb …
      karena lumayan banyak macem2 regulator 3-phase, ane blom punya referensi 😀
      kalo thunder & vixion/byson sih ada.
      kebanyakan punya 5-pin, yg jejer 3 pin itu biasanya input dari arah spul. sisanya ke +aki ama ground.

      • oh ya om lupa :D, kalo pk kiprok tiger misal aki udah penuh dia nggk buang arus ke ground setau saya, kalo 3 fase aman2 aja kan ga kaya fullwave 1 fase mulai dr aki soak, cdi jebol. mohon pencerahanya bener ato nggk 🙂

  20. gan,, saya sudah ngikutin trutorial yg d atas, Tp koq masih ada masalah yah,
    motor satria FU 150 saya ganti kiprok tiger dngan cara pemasangangan yg seperti di atas, tp koq naiknya cuma 14 volt, trus tanpa aki pengisian cuma 11volt, kan seharusnya pengisian 15volt.
    tolong sarannya ya gan TERIMAKASIH

  21. halo bos,kmrn sya udah coba FW satria fu tp bgtu di ukur voltase dpt 16 vdc,sya mo pake ic LM 7812 tp bingung apa cukup pasang di input speedometer or lgsg dr accu…???
    thank’s bos

  22. mo nanya om…..rencana khan saya mo modif FU saya jd FW, kemarin saya ke bengkel gitu, katanya harus gulung ulang spul, yg mo saya tanyakan, apakah wajib gulung spul supaya bs FW ? rencana saya pengen modif fullwave otodidak, kira2 terlalu beresiko atau tidak? terakhir, waktu pengerjaan FW itu rata2 brp lama? thanks be4

    • cobain aja dulu tanpa gulng ulang … kalo beban HID 35~45W masih bisa diladeni kok 🙂

      durasi pengerjaan tergantung yg ngerjain 😀
      kalo udah nguasai dasar kelistrikan & paham jalur2 listrik di FU, 2 jam paling banter 🙂

  23. Lam kenal Bos, mo nanya nih, klo langkah2 diatas dah dilakukan, apa gak bikin lampu HID nya putus krn menerima banyaknya arus, atau memang dah terkontrol oleh kiprok tigernya itu… mohon pencerahannya… makasih…

  24. om mo tanya donk, ane mau modif skywave, nah kan menurut skema kabel ground diputus kemudian disambung ke kiprok menggunakan “kabel baru + lobang baru di seal karet”, sedangkan kabel “spul lampu lama” diputus dan ga dipake… apa ga sebaiknya daripada bikin bolongan baru mending “kabel ground disambung ke kabel spul lampu lama trus sambung ke kiprok baru”…
    ga ada masalah kan, maksudnya daripada ngebolongin seal karet…

    • yup … bisa begitu.
      asal kabel kuning td bener2 cuma hubungi spul ama kiprok tok … sementara cabang ke jalur lampu musti diputus 🙂
      tinggal pilih, mo putusin cabang di kabel bodi, atau pasang kabel/jalur baru … hehe 😀

  25. om, hari ini fullwave sudah diimplementasikan… cuma ada keanehan sama persis dengan post yang diatas…

    idle kalo ga ada beban antara 14-16v, full rpm bisa 18-19… kalo hid dinyalain baru bisa 12koma…

    pas pemasangan ada satu kabel dari kiprok tiger yang ga di dipasang kemana2, pin no. 2 menurut skema diatas ane ga sambung kemana2 karna kunci kontak skywave katanya jalurnya beda, dan di tes memang pin no. 2 hanya berupa ground, ini masalah ga? kalo memang masalah seharusnya disambung kemana? ke ground kunci kontak apa gimana?

    • jiaaah … kok disambung ke ground?? pantes over ampe 18~19V …
      pin#2 sambung ke jalur output kontak … output kontak bisa ente ambil dari mana2 aja yg bersumber dari kontak …. input flasher sein, input switch rem, dll.

      di mana2 kunci kontak pasti ada outputnya … wong fungsinya sama kayak saklar … dari aki masuk ke kontak, trus keluaran kontak ada yg ke flasher sein, switch rem, dll …

      • fiuh udah om, buru2 balik ke bengkel, setelah berdebat dengan mekanik akhirnya dia pasang ke jalur lampu kabel kuning yang diputus dari jalur spul, hasilnya stabil di 14.6-14,7

        jadi prinsipal dia kalo kabelnya di gesret di bodi mesin ga ada percikan, di putuskan kalo itu ground, gue berkali2 bilang bukan ground dan massa, tapi itu sensor makanya ga ada percikan, akhirnya dia manut dan dipasang dah…

        usut punya usut ternyata dia pernah masang kiprok tiger ori di honda beat, dan pin 2 itu dia sambung walhasil kebakar, gue yakin sih dia salah jalur…

  26. bagus nih blognya, tiap yg tanya diladeni dg baik,
    mg2 aq jg, mau tanya,
    mtrq smash lama, tertarik bikin fw,
    1. Stl jalur spul, kiprok + kontak dirubah, apa ada yg lain? Seperti kabel htm-pth yg nempel dibaut kebody apa perlu di lepas?
    2. Adakah komponen laen yg nempel ke body motor(ex:coil, kiprok kan jg nempel ke bodi) yg perlu di lepas dan hrs disambung ke kabel gnd warna htm-pth?
    3. Pemahaman sy bahwa dlm fullwaving itu body motor tidak ter aliri arus apapun apa benar?

    • 1~3. gak bro. pengertiannya bukan begitu… yg dimaksud “disconnect ground spul” adalah “membebaskan” kawat kumparan spul dari ground, alias, kawat kumparan gak boleh terhubung ke ground (alias “floating” ground).

      tuk lain2nya tetep butuh ground. tanpa ground gak ada yg namanya “voltase” 🙂

  27. thks atas pencerahannya, skr sy punya pemahaman baru, ternyata tidak seribet yg sy bayangkan, selama perkabelan msh standar, begt kan?
    Sy punya pertanya an lg,
    1. Pas sekali karna sy mw ganti kiprok baru sekalian aja di fw pake kprok tigi,
    pd wkt pake osram 35w baru pake 1 bln dah redup lg( g seterang barunya), yg lama pun gt, kata bengkel ganti aja kiproknx, apa betul ciri kiprok dah jelek begitu?
    2. Bwt perbandingan biar gak dapet brg aspal, harga kiprok tigi yg ori di tpt bro nova brp? aq jg di luar jawa jg, tp di riau
    3. Pd saat merubah motor mjd fw,
    adakah Kesalahan yg dapat menyebabkan terbakarnya kiprok, spul? Contoh?

  28. Om, misi om.. Saya mau tanya?.
    Fu saya kan udah Fw.. Ngikuti lngkah2 di atas.. cara pasang IC LM7812 di jalur suplai ke spedo meter gmna om??.. Kan ada IC nya ada 3 kaki.. Trim’s

    • gini bang, itu ic kan 3 kaki, Input Ground Output.. cara bacanya, pegang ic nya, tulisan IC nya d harapkan d dpn mata, terus dari kiri tgl dibaca I G O.. pasang dehh..
      dari aki masuk ke Input, yang tengah alias ground nya d ikutkan ke body, O nya d masukin ke spedo.. sip2.. semoga membantu

    • mustinya, kalo part2nya normal & modip + instalasinya bener, outputnya gak bakal lebih dari 16V 🙂 cek dulu koneksi jalur “volt_monitoring” udah terpasang dgn benar (pin#2 kalo pake kiprok tiger) …

      kaki2 IC LM7812, kalo nampak dari bodi depan, kiri = #1 (input), tengah = #2 (referensi), kanan = #3 (output).
      #1 ke suplai (kontak), #2 ke ground, #3 ke speedo.

  29. Om, ma’f om… Nanya lg dong om.. Fu Saya udah pake elco tpi cuma pake 1 elco yg 10.000mf 50volt apa msti di tambahin elco nya apa udah cukup om?.. Trim’s

  30. askum mas.
    maf ni mas sya ktinggalan jaman..bru tau FWave skarang2. ada sedikit pertanyaan.
    untuk pin 2 pada kiprok tiger yang dimaksud jalur ke kunci kontak itu gmna mas..?
    apa sebagai pemutus arus ( masuk-keluar ),bagaimana jika tidak melalui kunci kontak lagi?
    mhn maaf mas,,untuk menambah pengetahuan.
    terimakasih

    • pin#2 di kiprok tiger fungsinya sebagai “voltage-drop monitor” … jd musti pasang di jalur output kontak (jalur yg sama yg dipakai lampu rem, input flasher sein, dkk) sesuai standar jalur kelistrikan honda tiger.
      tanpa itu, output kiprok bakal liar gak ada limit … resiko over-voltase 🙂

  31. om novaera punya susunan pin kiprok ori satria fu gak??soale fu ane udah fw pake kiprok tiger n soket orinya dilepas jadi gak tau gimana konfigurasi kabel di soket kiprok orinya…Thank’s b4

  32. kalau mo cabut stator fu,, apa aja yg perlu diperhatikan???
    Ane mo coba sendiri,, tapi lum pernah lihat,, cara bongkar bak magnet..
    Itu musti buang oli dulu yach?? Atau??? 🙂

      • meski kondisi standar pabrik pun, kalo spul rusak, pasti bakal mogok karena gak ada lagi suplai listrik. fungsi spul kan sbg pembangkit listrik, kayak genset … itulah nanti yg bakal nge-charge aki setiap saat sekaligus nyuplai listrik ke komponen2 elektrik yg membutuhkan …

        kecuali jika sistem pengapian AC, spulnya terpisah secara sirkuit dgn spul charging.

  33. selamat sore gan, ane ada niat ngerobah buat satria fu anen nih. bayangan ane seperti ini gan bener apa ngga?

    kondisi normal:
    – kabel white-red dari spul ke regulator
    – kabel red dari regulator ke kunci kontak+positiv accu
    – kabel yelow-white dari spul ke regulator + saklar lampu
    – kabel black-white dari regulator ke ground

    setelah di rubah:
    – kabel white red dari spul ke no 4 regulator tiger
    – kabel red dari kunci kontak+positiv accu ke no 2 regulator tiger
    – kabel yelow-white dari spul diputus gantinya solderan ground spul dibuka dan sambung kabel ke no 5 regulator tiger
    – kabel black white dari ground ke no 3 regulator tiger
    – no 1 regulator tiger ke positiv accu

    Dalam kasus seperti ini no 1 dan 2 regulator tiger sama halnya seperti di satukan…
    apakah benar kondisi seperti ini atau ada yang harus diputus lagi kabelnya…..
    termakasih……

    • bukan jalur +aki yg di pin#2 kiprok, tapi “output” kontak, yg warna coklat kalo gak salah …
      cara kerja pin#2 kiprok tiger adalah dgn membaca “drop voltase” di jalur kontak … bukan langsung +aki …

      meski “output kontak” & “+aki” dlm satu jalur seri, posisi kunci kontak yg lebih jauh dari terminal aki & banyaknya aneka beban listrik yg nyantol di sono (klakson, rem, dkk), tentu jalur kontak punya peluang mengalami “drop voltase” dibanding terminal aki.

      tuk output spul, terserah mau pake kabel baru atau kabel yg ada, tp ingat, LANGSUNG menuju pin#4 & pin#5 kiprok … gak boleh cabang ke mana-mana.

  34. Bro Novaera, sya baru sempet FW nih..
    -Shogun 125R (2005)
    -Kiprok Fukuyama
    -aki standar 3.5AH
    -spul barusan ganti yg orisinil soalnya udh lemah strumnya.
    -pemasangan sesuai petunjuk gambar..

    pertanyaan :
    1.Mengapa setelah pasang FW d cobain kq makin d gas makin redup lampunya?
    2.apakah kawat gulungan tembaga pada ground yg di putus harus d amplas dulu sebelum di
    solder ke kabel tambahan menuju pin#5?
    3.dalam kondisi spul,Kiprok dan aki berfungsi baik, kira2 daya maksimal/optimal yang dapat
    dimanfaatkan hingga brp watt ?

    Regards,
    Wieds

    • 1. kalo makin drop seiring naiknya rpm, biasanya kiproknya yg bermasalah.
      2. wajib 😀 kawat spul punya lapisan email biar gak short antara lilitan. jd musti di”kerik” dulu sebelum disolder ke kabel tambahan.
      3. voltase output maks. 14.5~15.0V DC (regulasi kiprok) … amperenya tergantung … biasanya sekitar 6~7A … so, tinggal kalikan aja voltase output x ampere output.
      kalo gulung ulang pake kawat spul yg lebih tebal & jumlah lilitannya diperbanyak, outputnya bisa lebih tinggi lagi …

  35. Oom Novaera, mau tanya. Yg saya tau kabel Suzuki (punya saya smash) ngga ada yg warna coklat, kabel yang terhubung ke kunci kontak cuman merah ama orange (merah itu dari aki, orange itu ke CDI).

    Kalo kayak gini yg saya sambungkan ke Pin 2 di kiprok Tiger apakah yg warna orange ini ??? thx

  36. Om, malm om.. Ane mau tanya.. FU ane udah d full wave ngikutin langkah2 d atas, pas ane nyalakan lampu emang mantap dah ga lg kata aki tekor tpi yg ane bingung kan, klaksonnya konslet, sikring lampu jg ikut mati.. Herannya pas d starter nyala sama sein, apa kiproknya yg mesti ane ganti?.. Tolong pencerahannya om, trima ksh

    • lah, kok bisa ampe ada acara konslet2an?
      mungkin ada jalur kabel satu ama lainnya yg senggol2an om … cek aja dulu atu2 …
      kiprok mah gak mungkin bikin short … kecuali kabel2 yg nancep di kaki2nya gak pake soket, bisa aja saling senggol 🙂

  37. Udah beres om.. Trnyata kabelnya putus di grogotin tikus, nanya lagi om, knapa ya, voltase aki FU saya selalu mencapai 17 volt, ada masalah apa ga apa2 om..

    • >16V?
      coba cek ground dari kiprok udah fix apa blom … kabel, terminal, terikat kencang, dll.
      cek jg jalur di pin#2 kiprok bener2 ke jalur kontak … atau coba2 pindah ke +aki …

      kalo ente paksa >16V, spido digitalnya bakal nge-reset 🙂
      dan jg gak baek buat aki 12V karena selisih voltasenya jauh banget … 12.4V vs. 17V …
      tuk aki 12V, voltase chargingnya rekomen 14.7V … di atas itu aki bakal gerah 🙂

  38. Knapa ya om, FU aku tiap di RPM tinggi selalu sencapai 17~18, volt.. Low ngangkat beban HID baru 12,2 volt.. Jalurnya udah bener.. Apa spulnya yg ada masalah om.. Bingung euy..

  39. Om mau tanya ane pakai projie hid 50w 1buah, motor skydrive, udah fullwave, aki double pakai FU dan standarnya,, tapi knapa yah kadang kalau nyalain projie nya sering kedip2.. dan kalau narik rem belakang kadang suka kedip jg.. oiya bohlam udah ane ganti ke LED semua.. bohlam standar udah ndak ada.. tegangan normal di 14,3v.. tp kalo kondisi lg kedip2 hid idup jd 10,2v dan kalau hid idup normal jadi 9,1v / 9,0v

    Need your advice.

    terima kasih. om.. 🙂

    • coba pake 1 aki aja yg punya FU.
      yg jd masalah adalah pasokan listriknya kurang. nambah aki bukan solusi klop.

      pertama, pastikan dulu semua koneksi kabel & ground udah kuat & perfect.

      trus pastikan akinya masih normal. setelah dipake jalan tanpa beban, dgn kondisi tanpa terhubung kabel, aki masih bisa nyimpen listrik 13.2V … trus turun ke sekitar 12.8V …

      trus cek jg output listrik dari kiprok gak ada masalah.
      kalo kondisi langsam tanpa beban, voltase aki bisa mencapai 14V lebih, berarti spul & kiprok gak masalah.

      cek jg ballast gak bermasalah. kadang ballast error suka bikin drop voltase.

  40. Malam, begini ceritanya, saya baru saja bikin fullwave suzuki tornado, dan bisa saya katakan sukses, tetapi yang mau saya tanyakan mengapa tegangan dari kiprox pada saat keadaan putaran mesin langsam dengan dibebani 1 HID 35 watt langsung drop pada titik 11,8 volt ?? sedangkan tanpa beban HID bisa bertahan di 14 volt, akhirnya dalam keadaan langsampun aki tetap tekor…. namun sebelum saya memfullwave, saya lihat jumlah kumparan pada anker CDI dan anker disebelahnya sangat sedikti sekali, hanya berjumlah 1 lapis lilitan kawat sedangkan 6 anker yang lainnya tebal sekali. Apakah hal ini yang menyebabkan fullwave saya kurang sempurna ? Terima kasih…..

  41. om nanya dong kenapa ya lampu depan ane nyalahny ga terang,padahal dah ane gulung tp tetep aja blm ada perubahan apany yg salah ya…..?????makasih

  42. Motor saya satria Fu belum lama pasang lampu HID 35watt 1biji
    dan kelistrikanya sudah d ubah Fulwave dengan mengganti kiprok tiger(Merk Fukuyama) dan mengubah jalur Sepul Motor.
    Masalah mulai muncul pada saat motor melaju di RPM 4000an Spidometer mulai berkedip2 dan Mati
    pada saat RPM di bawah 4000 menyala normal kembali…
    dah lampu riting juga error (berkedip lebih cepat dr normal)

    apakah denagn mengubah fulwave berbahaya juga untuk CDI??
    lalu bagaimana cara mngatasi masalah yang demikian???
    agar lampu HID bisa terpasang normal tampa tekor aki…
    Mohon Share bantuanya…
    Terimakasih Banyak… 🙂

    • biasanya gejala begitu karena over-voltase …
      udah pernah ngukur blom brp output kiprok / voltase aki saat rpm >4000?
      kalo >16V, berarti over … cek jalur yg nancep di pin#2 kiprok, udah bener blom ke jalur output kontak? atau coba pindahin ke +aki … ada perubahan gak?

      • blom pernah saya ukur berapa voltasenya saat rpm 4000an..
        Tp saya sudah memasang IC LM7812 di jalur suplay ke speedo ( Tujuan saya agar Voltase yg masuk ke speedo tidak lbh dr 12V)
        Tp masalah yang sama tetap ada…
        pada Rpm tertentu Speedo tetap berkedip2…

        Namun ketika lampu HID di hidupkan (artinya ada beban listrik yg dihidupkan), speedo satria F sama sekali tidak berkedip alias normal walaupun RPM nya di atas 10rb…

        sampai saat ini untuk mengatasi masalah speedo yg berkedip saya harus menyalakan lampu HID setiap kali berkendara baik pagi siang maupun malam…
        dan sampai saat ini saya masih binggung mengenai masalah ini…

        mungkin Agan Novaera bisa membantu supaya HID tidak perlu menyala spanjang hari…. 🙂
        Takut cepat rusak broo Nova klo spanjang hari menyala… hehe 😀
        Terimakasih Banyak… 🙂

  43. bung nova, mau tanya, rencana mau buat motor fu saya jadi fw, nah kiprok saya udah ganti brt, kalau kiproknya tetep pake kiprok standard atau brt-nya, jalur jalur serta penomeran pin.nya bagaimana?
    Saya lampu depan pake autovision 25w dan 18w, elco jga sudah terpasang 2 x 50v/ 10.000microfarad.

  44. Numpang tanya, Saya mempunyai suzuki shogun 110. (Kalo ditmpt saya disebut shogun KEBO). Saya sudah mengaplikasikan ilmu yang bro NOVAERA bagikan secara gratis. Berikut ini hal yang saya lakukan.
    1. Membeli kiprok honda tiger revo.
    2. Membuka blok spul dan memutus ground seperti petunjuk.
    3. Merangkai kabel seperti ini:
    a). Pin no.1 disambungkan langsung ke aki (+).
    b). Pin no.2 disambungkan ke output kontak (kabel warna orens).
    c). Pin no.3 disambungkan langsung ke aki (-).
    d). Pin no.4 disambungkan dari spul, kabel warna putih.
    e). Pin no.5 disambungkan kabel baru dari spul, (ground yang diputus).
    Setelah selesai, kontak diposisi on yang terjadi adalah semua lampu hidup normal. Mesin pun nyala seperti biasa. Tetapi lampu utama kenapa tidak nyala? Apakah ada yang salah dari tata cara yang saya lakukan? Atau mungkin ada yang kurang? Mohon bimbingan dan pencerahannya. Terimakasih dan saya tunggu jawabannya…

  45. maaf kalo sebelumnya salah kamar, setelah FW otodidak gak berhasil di cs1 saya, akhirnya bawa ke bengkel, pas udh dirumah saya diemin, pas besok paginya, kok begitu saya bawa, tiba tiba speedometer mati kalo saya geber sampe rpm 4000, pas saya coba cek pake multi meter, begitu di geber bisa diatas 16 v. apa bener kiprok nya yg udh gak bagus? soalnya kalo beban penuh, kontak dinyalain turun terus voltagenya aki…

  46. Kang, mohon nanya dong motor saya shogun nr 2007 tapi spul nya seperti nya udah di ganti sama bengkel pake spul shogun sp thn 2004, pertanyaan nya apa bs spul itu di rumbah kyk akang yang di ajarin di atas?terima kasih sebelum nya kang…mohon bantuan nya..

  47. gan minta pencerahan donk lagi bingung nih…
    satria ane dah ane fw sesuai tutorial diatas smua…pertama ane nyalain normal starter,lampu, klakson lancar tapi ko setelah beberapa menit lngsung drop smua
    ga bisa starter, klakson kecil lampu agak redup…kaya aki nya ga ngecharge???
    nah klo pertama kontak on speedo, lampu nyala normal begitu di starter ato klakson lsg redup tp begitu ane matiin trus diemin bentar kontak on lagi speedo sama lampu normal lagi(tapi tetep ga bisa starter sama klakson kecil) kira2 dmana ya permasalahannya mohon bantuannya
    oh iya ujung kawat spul ga ane kerik ane lupa

  48. lam kenal dulu ach,, monnya motor ane satria f udah ngikutin smua yg di atas, pas mesin d nyalakan ko voltase nya cm 14an ya trus kl lampu di nyalakan turun ke 13.4 pake HID, kira2 itu normal ga?

  49. mas mau tanya.motor saya shogun 125,udah saya modif pake booster lampu utama,kiprok ganti pake merk BRT,tambah paket audio dipasang capasitor bank 2.0 farrad. aki pake GS MF baru.trus yang saya mau tanyakan kenapa aki tekor g sampai 2 bln.apa yang harus saya rombak supaya aki lebih awet?,ada rencana mau ganti pake aki lithium ion.gimana solusinya?thanks

    • sikonnya, kapasitas listrik yg diisi ke aki kalah cepat dibanding listrik yg disuplai oleh aki … alias charging < pemakaian … jd permasalahannya bukan di aki … tp pengisian listrik (charging) ke akinya.
      coba modif ke kelistrikan fullwave, gulung ulang spul dgn kawat yg lebih tebal & diperbanyak gulungannya … syukur2 kalo bisa pake spul 3-phase 🙂

    • yap … jalur pengisian tok … tp 2 kabel … persis jalur listrik di rumah 🙂 ada “pass” ada “neutral” 🙂 karena kalo 1 kabel tok, listrik gak bisa ngalir karena gak punya “jalan pulang” 🙂

  50. Malm om.. Nanya dong.. Motor FU saya coba di bikin FW.. nah di spul kan ada 3 kawat yg nacep 1 ground, 2 lampu 3 carging.. Yg saya potong 1 kawat yg ke ground & di sambung ke kiprok tiger.. Trus 2 jalur kawat yg ke lampu sama carging ga di apa2in apa msti ada salah satu lagi yg di potong.. Trimakasih pncerahan nya om nova

  51. salam sukses bro novaera, mohon bantuannya…sy ingin mem FW kan suzuki hayate, apakah bro novaera sdh memiliki skema FW nya, trimaksih bnyak untuk pencerahan nya.

    • coba cek ulang lebih teliti om … wiringnya, koneksi2nya, groundingnya, spulnya …
      soalnya kalo udah ngikuti 100% seperti di atas harusnya ada hasilnya 🙂

      coba cek kawat spulnya masih nge-ground apa gak …
      coba cek jalur spul=>kiprok, pake kabel baru atau nebeng kabel bodi (saya lebih pilih bikin jalur baru, gak thubung kemana mana selain spul=>kiprok)
      coba cek pin#2 kiprok tigernya, udah terhubung ke jalur kontak apa gak

  52. Permisi Om, nih kan ane mau ubah spul Satria ane menjadi FW dan ganti kiprok tiger untuk pasang HID 55w
    bisa ga Om Nova, saya minta no Hp/pin BB nya Om buat menghubungi saat melakukan perubahan itu
    terima kasih banyak dulu ya Om
    Sukses selalu 🙂

  53. sore gan.. ane udah coba di shogun sp. tapi knapa sekring lampu hid saya kok putus mulu ya sekringnya 15 A, trus klw kabel dari kiprok yg untuk kunci kontak sama lampu, ngga di pake pengaruh ngga ke kinerja kiprok, makasih gan

    • kalo sikring HID yg putus, berarti yg over-current di seputaran HID …

      kalo jalur kontak gak dipake (tuk kiprok tiger), kiprok gak bisa monitor voltase output … resikonya bisa overcharge …

  54. Agan Nova,
    mo tanya untuk FW skaywave 1 phase, apakah bisa menggunakan kiprok suzuki shogun 125 injection? atau apa tetap harus menggunakan kiprok Tiger (ori/kw)

    • shogun 125FI, bisa dipake kiproknya …
      tp itu kiprok tuk 3-phase … mirip kyk kiprok vixion 🙂
      jd nantinya ada 1 kaki yg gak dipake karena cuma 2 input dari spul, bukan 3 spt kelistrikan 3-phase.

  55. Om sy mau tnya ni!sy udah ikut lnagkah2 sprti diatas,mtor sy satria FU,tapi kok kabel kuning kelampunya jadi panas,veting bohlamnya jg pnas sehingga reflektornya cair om,kiproknya jg panas.. Kira2 apa masalahnya om.. ?Mohon solusinya

  56. siang om nova.. Nanya dong om..
    Untuk satria fu, Dari kiprok tiger pin #2 mesti di jumper kabel lagi ya om ke kunci kontak??.. Soalnya fu ane voltase nya nyampe 17 volt kadang lebih di RPM tinggi..

  57. klo HID gg mau nyala tp stater mau hidup .. pas udah berapa lama HID bisa nyalah . kadang nyala kadang mati .. kira” kerusakan’a apa ya ? apa aki yg tekor apa kiprok’a yg udah lemah . ?
    mohon pencerahan’a ..

  58. met malam, mau tanya di spul satria fu kan ada tiga titik, yang ada kabelnya berarti jalur lampu sama pengisian dan yang sendiri ground. saya sudah lepas dan sambung kabel tapi pada saat konek ke kiprok tiger kabel lampu, pengisian sama ground koq ada setrum semua tapi kalo ground tadi gak disambung kemana2 malah gak ada setrum semua. pas kabel bekas ground dikonek dan jalur pengisian dikonek ke kiprok kog spido malah merem2? kira2 apa yang salah ya. makasih

  59. om nova, kawat yang ada di spul yang di cabut dari solderan kawat yang di lingkari merah aja?..
    Trus kawat kumparan yang nempel di jalur lampu sama yang di kawat yg di jalur pengisian ga di apa apain om?.. Motor ane satria fu om?..

  60. Solenoid itu apa mas novaera itu yang nggak paham….tuk skema kabel set semua jelas tapi selenoid itu yang nggak ngerti mohon penjelasanya….thanks banget dah bagi ilmu dah di test buat fullwafe vario pake dobel hid sukses dan aman ter pasang

  61. om ane mau nanya deh, kalo lampu hid gk bisa langsung nyala pas swith lampunya dinaekin itu kenapa yak? motor tornado gx, udh diganti kiprok tiger

  62. selamat siang..
    artikelnya sangat bermanfaat. saya sudah coba ubah mx, spin, beat, dan skywave, nah yg treakhir skywave ini yg bermasalah,
    setelah semua proses dilakukan setelah motor di pake dengan headlamp 2 led 18w malah aki drop. cek tegangan di aki cuma 12v kadang kurang,
    coba cek ngikutin langkah dari artikelnya.. ternyata pas cek kabel output dari spul arus ac nya aman sekitar 19 volt, setelah kiprok di pasang dan mesin nyala coba cek arus ac di socket pin 4 dan 5 kiprok malah dibawah 10 v. kiprok tiger ori sudah coba 2 biji sama aja. ini yg sy pikir buat ngedrop aki karena pengisian kurang, kira2 mslahnya dmn ya? apakah short di sambungan kawat graoun di spul? mohon bantuannya.. thx

  63. Pingback: FULLWAVING SUZUKI SHOGUN NR / SATRIA FU150 / ARASHI | lilik van persie
  64. Pingback: FULLWAVING SUZUKI SKYWAVE | lilik van persie
  65. om shogun aq kmrn mogok lantaran fusenya putus, trus setelah dioprek ma tmn skrg biarpun fusenya g dipsng ttp bs hidup, kira2 yg diobok apanya y, trus lampunya jg klo digas bknnya malah terang tp malah redup, ktnya ada yg konslet? kita2 konsletnya dmn y?

  66. Gan, motor ane satria f150, kabel kuning (lampu) yang dari spul ane putus, lalu disambung ke kabel kontak, tanpa merubah susunan kabel kiprok, kiprok, dan cdi. Jadi sekarang lampu ane kalo kontak on, lampu bakalan on. Pertanyaannya apakah ini udah termasuk fullwave? Terus kira-kira spul, kiprok, cdi, dan aki ane bakalan aman gak?

  67. Setelah baca-baca komen, liat2 kabel motor, Trus baca-baca lagi, Ane rada-rada ngerti. Tinggal nunggu budget aja buat dipraktekin. Nice article gan Novaera. Thanks

  68. Nice inpohh gan!! Bermanfaat Sekali Artikelnya!! :v
    Saya sudah praktekkan cara diatas di Fu saya dan itu 100% Berhasil masee, tanpa menggunakan IC/ELCO diSpeedometer, tapi Speedometer ttp Lancar Jaya tidak ngeReset atau Apalah Apalah :v Sebelumnya masalah saya ketika ngeSein lampu LED saya kedip2 dan klakson DENSO saya kaga bunyi kalo udah jalan jauh dengan LED menyala terus. Tapi sekarang udah Josss masee,, Matur Sembanewun..😉

  69. Wahhh makin joss pakdee Novaera!!, setelah saya pasang Voltmeter, Accu Voltage makin terkontrol, kondisi mesin mati 12.4v kondisi saat idle 13.8v saat diRPM tinggi dan dibawa ngebut 100kpj+ 14.5v – 15.2v udah mentok kaga nambah lagi😄dan itu sesuai sama yg om Novaera bilang kiprok tiger bakal ngebatasi sampai 15V😄 Sekali lg makasih om artikelnya sangat bermanfaat.

  70. ane dh ikutan skema di atas,jalur kayanya bner smua……yg pasti lampu jd lbih terang,tp klo motor di geber kabel di bgian soket kiproknya jd pnas sampe kebakar.ane masih pusing gan

  71. Pingback: Wiring Diagram Cdi Shogun | TheMckitTricks.net

Leave a comment