Bismillaah …
Setelah sekian lama meditasi di kaskus — cari-cari info & bahan biar lebih yakin, hehehe — sekarang saya launching artikel “Modifikasi kelistrikan fullwave Ninja RR” … doooohhh ๐
Awalnya artikel ini dibuat, saya sendiri blom pernah modip Ninja RR secara langsung, tapi saya yakin cara ini benar & berfungsi dengan baik … 1000% ๐
Dan sekarang, udah ada calon korban … hehehe ๐
Oke … langsung aja …
Setelah bahan dan material terkumpul — regulator fullwave 1-phase (di artikel ini saya pake regulator Honda Tiger), beserta soketnya (tipe soket 6-pin baring — bisa dibeli di toko onderdil/kelistrikan mobil), kabel secukupnya, selang bakar (heat-shrink tube — banyak dijual meteran di toko-toko elektronika/listrik), solder + timah, multimeter (rekomendasi yang model digital), juga perkakas buat bongkar-bongkar motor … saatnya mulai beraksi!
Tapi sebelum mulai modifikasi, sebaiknya cabut kabel-kabel yang terpasang pada terminal aki untuk menghindari resiko konslet apabila jalur “+” aki nggak sengaja terhubung dengan bodi/massa/rangka/ground …
——-
Posisi stator ada di balik bak mesin kiri. Kondisinya kering, alias nggak terendam oli. Jadi nggak perlu nguras oli dulu ๐
Buka bak mesin kiri, kamu bakal langsung nemu “stator” di balik bak mesin …
Perhatikan statornya … ada 3 tab solder di sana: LAMP, CHARGING, dan GROUND …
Syarat kelistrikan fullwave tetap sama … kawat spul/stator TIDAK BOLEH terhubung dengan ground (floated).
Jadi, sebagai langkah pertama, cabut kawat spul yang ada di tab GROUND.
Selanjutnya ambil kabel baru, serabut, minimal sebesar kabel spul — lebih bagus lagi seukuran 16AWG — dan sepanjang kira-kira 1 meter lebih) dan sambungkan/solder dengan ujung kawat yang telah dilepas tadi …
Jangan lupa tutup sambungan tadi dengan selang bakar (heat shrink tube) agar nggak mudah konslet ke mana-mana. Nah, jalur kabel baru ini bakal difungsikan sebagai jalur pengisian (charging) kedua. Sementara jalur pertama tetap jalur kabel pink yang ada (yang tersolder di tab Charging).
FYI, setelah modifikasi ini, jalur lampu sudah nggak digunakan lagi. Kamu bisa mencabutnya dari soket spul dan mengisolasi ujung kabelnya agar nggak musah konslet dengan jalur lain maupun rangka/ground (maaf, saya lupa jepret fotonya) ๐ฆ
Saya pribadi, lebih suka memilih tuk mencabut jalur spul lampu (kabel kuning) dan jalur spul ground (hitam-kuning) dari stator ๐ย Termasuk jalur spul charging (kabel pink), yang kemudian saya ganti dengan kabel yang sama dengan kabel baru. Jadi nantinya yang terpasang di stator tinggal dua jalur kabel baru (satu di tab Charging dan satu di ujung kawat yang telah dicabut dari tab Ground).
Selanjutnya, dengan multimeter digital, set ke mode continuity, ukur kedua ujung kabel baru tersebut. Multimeter harus berbunyi ‘beep’ tanda kedua jalur kabel terhubung sempurna. Kemudian ukur masing-masing ujung jalur kabel tersebut terhadap bodi stator. Multimeter nggak boleh bunyi, artinya kedua jalur tersebut nggak boleh ada yang terhubung dengan ground.
Lanjut, set multimeter di modeย ohmย (range terkecil) dan ukur resistansi kedua jalur kabel baru tersebut. Nilai resistansi nggak boleh lebih dari 4 ohm.
Kalo sampai langkah ini nggak ada masalah, rapikan posisi kabel pada stator agar nggak mudah kendur dan tersambar magnet …
Install kembali stator di bak mesin, dan install bak mesin kembali ke motor.
————
Setelah stator & bak mesin terpasang, pasang kembali soket stator. Perhatikan bahwa di soket stator nggak ada lagi kabel dari arah stator, kecuali jalur ground (hitam-kuning). Sedangkan dua jalur baru, rencananya akan terpasang sebagai INPUT di regulator fullwave, seperti skema di bawah ini:
Lanjut ke penggantian regulator …
Posisi regulator Ninja RR terletak di bawah tangki bagian depan. Jadi harus buka tangki bahan bakar dulu …
Selapas regulator lama dan lepas kabel-kabel dari soket regulator.
Kemudian pasang regulator baru untuk kelistrikan fullwave. Di artikel ini saya coba menggunakan regulator milik Honda Tiger.
Siapkan soket regulator Honda Tiger beserta skun kabelnya. Soket ini bisa dibeli di toko onderdil mobil. Kemudian instalasi ulang kabel-kabel hasil copotan regulator lama ke soket regulator baru seperti skema di bawah ini. Gunakan skun baru, karena skun lama nggak bisa terkunci di dalam soket baru:
Yang dimaksud “output kontak” adalah jalur keluaran kunci kontak. Pada Ninja RR, jalur ini berupa kabel berwarna coklat. Pasang kabel baru yang menghubungkan jalur output kontak dengan jalur lampu yang terpasang di pin#2 regulator Tiger.
Setelah terpasang, lakukan cek “continuity” untuk memastikan kabel-kabel di tiap-tiap pin regulator nggak saling terhubung (kecuali pin #4 dengan #5).ย Pastikan juga jalur pin#1 regulator terhubung sempurna ke +AKI. Begitu juga jalur pin#3 terhadap ground / -AKI.
Kalo sudah selesai, colok soket ke regulator Tiger dan rapikan kabel-kabelnya …
Pasang kembali kabel suplai aki dan tangki bahan bakar …
————
Sebelum mencoba menyalakan mesin, ukur voltase aki dengan multimeter … dan catat!
Nyalakan kontak & mesin pada posisi langsam/idle dan tanpa menyalakan beban lain (lampu dan klakson) … perhatikan nilai voltase pada multimeter … catat!
Tarik gas secara urut, hingga kira-kira mencapai 3000~5000RPM, dan perhatikan nilai voltase pada multimeter … jika modifikasi dilakukan dengan benar, harusnya tampak ada kenaikan voltase … nggak boleh lebih rendah dari 12.4V dan nggak boleh lebih tinggi dari 16V DC … jangan lupa, catat!
Balik lagi ke kondisi langsam/idle, tapi kali ini dengan menyalakan lampu utama (headlamp) … pada kondisi ini bakal ada penurunan voltase … catat lagi!
Kemudian tarik gas secara urut, hingga kira-kira mencapai 3000~5000RPM … jika modifikasi dilakukan dengan benar, harus ada kenaikan voltase … besarnya, tergantung beban listrik yang menyala … minimal nggak boleh di bawah 12.4V dan nggak boleh melebihi 16V DC (regulator secara otomatis membatasi besaran voltase output).
Beres-beres, dan lakukan test-drive … jika setelah dipakai jalan 1/2 harian aki nggak mengalami gejala tekor dan mesin nggak mengalami “batuk-batuk” pada RPM tinggi … selamat!
Modifikasi fullwave kamu berhasil ๐
thx to om dian_bulat untuk referensi foto statornya, juga mbokne.gajah (klonengan om gajah_gendut) & omย exc4l1bur73ย buat ilmu per-Ninja-annya ๐
——-
FYI:
Modifikasi ini berlaku untuk KR150K (Ninja RR), KR 150L/M/N (Ninja R) — karena sistem kelistrikannya sama ๐
Info by jintramtam & trit Ninja 150 @ kaskus.us … thx ๐ย
akhirnya release jg yg buat ninin RR
Gan saya mau nanya nih buat ninja R bisa ga gan
akhirnya rilis juga ๐
mantap om reviewnya….
ane nunggu yang bwt cs1….maklum masih newbie….klo panduannya jelas seperti ini,
ane pasti berani bongkar sendiri, karena penjelasannya sangat mudah dimengerti om..
di tunggu review untuk cs1nya.
CS1 ikuti panduannya vario/supra125. Spulnya sama aja.
Magnet ninja RR lebih bagus daripada bebeknya. Lebih kuat, kawat spulnya juga gede, 1mm. Setrumnya maknyoss. Pasangin HID 50W, RPM naikin dikit udah balik ke 14.5V.
Lanjut diskusinyaaaaa…. ๐
gajah_gendut
waaaaaaahhh …
lupa gelar karpet merah nih … suhu besar dateng …
thx infonya suhu ๐
iya suhu, kelistrikan kawoskaki KO di bebeknya …
gampang banget drop kalo dikasih beban headlamp ๐ฆ
magnet punya RR klo dipasangin di bebeknya athlete bisa g ya ???
bisa. tp kudu modif pickup pulser dan gir dinamo starter yg nempel di belakang magnet. serahin ke tukang bubut. mereka lebih paham ๐
wah akhinya nongol juga nie fw nininRR nya om ๐
yuk dilanjut
ciamik spull motor ane masuk blog om novaera….wkwkwkkwkwk
tq kang atas respon nya membahasa spull ninin 150
thx fotonya ya … hahaha ๐
ikut nongkrong ya suhu2..
iya benul kata pa’de GG.. ๐
magnet ama spulnya RR lumayan maknyus..
dgn kondisi std dari pengalaman sih 1 Projie HID semua LED aki 6A.. kalo sering JJS dibawah 6K rpm sebenernya voltase cepet naik ke 15v.. cuma kalo naik RR cuma buat sante2 ya gimana ya, cuma bikin SKIPS macet :p :p :p
keseringan maen rpm tinggi pengisian drop aki tekor HID byar pet deh.. ๐ฆ
mirip ama pengisian scorpio yg di rpm tinggi drop ( di kiprok std baik di RR ama di Pio )
so kliatannya saatnya FW ni ๐
ntar share hasil modipnya ya ๐
diagram kabel belom dimasukin kang?
kayaknya gak perlu om ๐
kalo butuh, ada di trit kiprok … di-upload suhu gajah …
wow mantat om, kalo cuma ganti regulator tiger tanpa utak-atik stator bisa?/efeknya apa?
gak da efek om ๐
malah, bisa gak ngisi akinya ๐
regulator tiger emang minta fullwave …
OOT ya..pertanyaan klasik saya dari dulu, klo bisa dibuat full wave, knp pabrikan sbagian besar ga langsung aplikasi seperti itu?apa kelebihan dan kekurangan masing2?
Ntah jg … itu trik perusahaan ๐
Tp kalo liat dari sisi ekonomi, jwbnya “efisiensi” ๐ Kebanyakan motor bebek/metik & bbrp motor laki gak punya beban listrik gede … paling2 cuma starter yg cuma dipencet kalo mo nyalain mesin tok … jg klakson, yg cuma sesekali dibunyiin. Sisanya, cuma lampu indikator & rem. Sementara CDI (DC) punya koil yg bakal nge-push voltase beribu kali lipat tuk disuplai ke busi. Jd kerja aki jg gak sibuk2 amat. Nah, kalo dgn spek begitu udah mencukupi, ngapain berlebih?
Next, regulator fullwave harga produksinya lebih tinggi ketimbang halfwave. Anggaplah selisih 100~150rb … itu tuk 1 unit motor … bayangkan tuk produksi ribuan~jutaan motor. Blom lagi harus ngerubah manufacturing (mesin produksi) yg …
faktor lain … blom ada tuntutan tuk itu. Selama konsumen puas dgn produk yg dikeluarin, produsennya anteng2 aja ๐
oh begitu ya…mungkin benar juga..
tampaknya skarang sbagian besar sudah mulai berharap klo motor laki harus fullwave gt…
oh ya, nanya lagi sedkit…OOT lagi…hehe… ๐
untuk fullwave standar pabrikan, konon fullwave triple phase pulsar 220 jauh lebih baik dari tiger punya..bedanya dimana ya?
terimakasih sebelumnya… ๐
dimana-mana, fullwave 3-phase lebih bagus ketimbang 1-phase …
tiger & new mega pro = 1-phase … vixion, thunder, cbr new 150 & 250 = 3-phase …
3-phase lebih kecil “drop”nya ketimbang 1-phase saat dikasih beban gede.
itulah knp sound & lightning system konser2 nuntutnya 3-phase … biar listrik gak drop waktu subwoofer bunyi (ini nyedot listrik gede) … jd gak nge-drop suplai ke unit2 lain jg.
owh gt ya?saya bukan org elektro si…jadi kagak ngerti bedanya 3 phase n 1 phase dari segi teknisnya…:mrgreen:
pantes aja p220 brani ngasi headlamp 55w standar…
btw, thx om buat jawabannya… ๐
Bro, ini pernah bener2 diaplikasikan/dicoba?
saya gak nulis artikel yg saya blom yakin 100% “bener/bisa” atau gak ๐
Cabling ke arah CDI ngga ada yang perlu dirubah ya?
seperti yg ditunjukin di artikel …
jadi lebih tinggi arus yang disupply ke aki dari spul charging soalnya fullwave
cdi LiTe
“mampu suplai arus lebih tinggi” .. bukan berarti ngeluarin arus tinggi secara kontinyu ๐
arus tinggi gak bakal ngalir kalo gak ada “permintaan” dari beban listrik …
Gan..yg kabel coklat d sambung kemana..?kurang jelas gan..
Mohon bantuanx..
loh, udah jelas di gambarnya ๐
kalo di-klik bakal gede gambarnya ๐
coklat ke output kontak …
Gan..z sdh mengikuti semua petunjuk di gambar..tp kok aki z msh tekor..seperti nggak ada pengisian ke aki..
kalo 100% ngikut gambar mustinya sukses bro ๐
mungkin ada yg “miss” … coba cek ulang pelan2 & teliti.
pastiin jg kiproknya normal … soale kadang ada jg yg cacat produk.
Gan punya no hp atw pin bb..z mau nanya langsung nih..
mantab sekali petunjuknya gan, tapi sayang sekali motor ane kawasaki kaze, kagak nongol-nongol ulasannya, msalahnya nih motor ga mo ngisi aki, dah ganti kiprok, aki, terakhir spul, pas dibuka spulnya cuman ada 6, n emang rata2 spul gulungannya berantakan, pertanyaannya bisa gak di jadiin fullwafe, mohon pencerahannya gan?
bisa … tp kaze kurang signifikan kalo modip fw bro …
ane lupa, spulnya apa magnetnya yg lemah …
Gan punya no hp atw pin bb..?z mau nanya langsung nih..
bro kalo full wave untuk Kawasaki zx Ada gak yah? thx udah share…
ane blom punya foto spul ZX yg bagus ๐ฆ
kalo ente punya, bisa kirim ke yynovaera@gmail.com ๐
Bang, saya udah ikutin semua, dr ubah bagian pulser dan gnti kiprok dan ubah kabel ke kiprok baru, tpi knapa arus yg mengarah ke coil saya cek ngga keluar api/ tegangan istrik, jdi pengapian ke busi mati,
Itu gmna ya? Bagian apa yg harus saya cek lgi ya?
Mohon bantuan penjelasnnya bang..
Tutorial yg sangat bermanfaat nech bos, kebetulan kiprok standar udah lemah/matet , sekalian ganti kiprok rencana mo sekalian praktekin jurus FW. by the way, gimana ngatasin klo muncul brebet di RPM atas nya bos ?
modip yg ini kayaknya gak mbrebet om … CDInya udah total-loss, suplai dipindah dari spul jd dari aki.
tp gak tau jg yak .. gak berani geber sekenceng itu … hehehe.
kalo kata orang2 yg punya sih gak da masalah ๐
bongkar spul ninja mesti pake kunci tracker gak bos ?
gak perlu bro.
magnetnya di belakang spul kok ๐
jd gak perlu buka magnet ๐
Kalo kiprok ninja RR soket Kotak seperti punya grand, dipsg di motor Ninja RR soket gepeng gimana caranya. ato warna kabel disoket itu apa aja?
ganti soket ๐
om kabel pink dr stator kalo di sambung kabel baru lewat soket stator bisa gak?jd gak usah lepasin solderan dari stator?
bisa …
gan…fullwave nya mampu untuk proyektor dgn 55 w g”….ane udah lama banget nyari ulasan mengenai fullwave kyk gni….sekalian mau nanya velg nya makek velg apa broo..bsa dibuat dd gitu….apa harus dibuat dudukan buat dd nya lalgi atau emang udah ada dudukannya…soalna ninin ane mw dijadiin dd….mohon di repost ya bro…thnx …..
tuk 55W, saya saran gulung ulang spulnya pake kawat lebih tebal & lilitannya diperbanyak …
saya gak tau itu pake velg apa … motor temen sih … hehe
Om sy sdh berhasil modip ninin RR saya,kemudian sy pasang HID 35w,ฦณฤ jd masalah lampu jauh tdk โยชฮฐ main pdhal sdh 2 bulb brikut balas Bยชยฎร sdh saya coba,saklar baik2 saja kira2 dimana permasalahannya om,mohon petunjuk,trims
HIDnya spek lo/hi (bi-xenon) gak?
kalo iya, biasanya ada jalur kabel tersendiri di sekitaran lampu HID tuk trigger hi-beam-nya.
Om saya mw coba aplikasiN d RR saya.
Saya mw tnya neh, kabel spul lampu yang warna kuning itu dicabut aja ya? Ga d pake lagi berarti ?
Kabel warna pink nya knp diganti kabel baru ?
yup kabel kuning dicabut … dari soket spul jg gpp.
sebenrnya gak ganti kabel jg gpp … tp saya lebih seneng ganti dgn diameter kabel yg sedikit lebih tebal … dan kadang kita gak gak tau masih senormal apa kabel yg dulunya … kalo ganti baru berasa lebih yakin dari resiko error dsb ๐
Sudah jd om. Ga ada msalah dg kelistrikan.
Yg jd mslah setelan angin karburator jadi lebih gede, yg bysa x 1,5 putaran jd 2 putaran. Apa gpp gitu om ?
Kalo aki ny RR kan 6A, aku ganti pny Fu yg 7A efek ny ap mas ?
hmmm … masa’ ampe ngaruh ke setelan karbu sih? ๐
ganti aki 7A gak masalah … btw FU 6Ah … serinya GTZ7S ๐
Iya mas. Ngefek ke setelan karbu ane.
Tapi setelah jd fullwaving setrum d busi jd gede.
Atas RPM ampek lewat 13000
Mantap dah
wah, tembus 10K ๐
mantap om penjelasannya, tapi apkah sama ninja rr sama klx 150 ?
mirip … tp pada prinsipnya sama ๐
om, saya udah bongkar punya klx 150, hampir mirip dgan zx130, tpi saya coba ukur dengan multimeter, kabel kuning tersambung langsung ke kiprox, kabel putih malah gak tahu kemana, yang letaknya dibawah stator.
dan yg saya maw tanya, kabel minus dari stator yg kehubung dengan kiprox dan minus di aki, itu di potong apa dibiarin aja ? terus, kita mau tahu mana yg grounded dri mana ya ??
coba ditatap spulnya om … depan & belakang … ntar ketauan korelasi antara kabel2 ama tab solder / ujung kawat kumparan …
atau foto & share di mari …
om ane baru aja masang projie n HID di ninja L ane,
kelistrikan n kiprok dah fullwave, cuman ane gak liat kemaren proses FW nya
karena ane tinggal motornya di bengkel, dan begitu ane dateng motor dah jadi
dah diukur pake multimeter tegangannya berkisar di 12,5 – 15,8 baik saat motor idup/mati
lampu hid dinyalain atau matiin, voltagenya di range situ2 aja, apa itu aman om?
nah permasalah baru muncul kemaren pas ane mau ngebut
begitu masuk RPM atas mberebet2 dah tuh ninin ane hehehe
kira2 kenapa ya om? apa yang mesti di cek?
rencananya sabtu ini ane mau ke bengkel itu lagi sambil bawa diagram fullwaving
yang dari blog om ini ๐
kayaknya jalur suplai CDI blom dipindah …
awalnya ada suplai dari spul tuk CDI … kalo modip fullwave, suplai ini pindah, ambil dari aki.
kalo bahasa anak ninja: “total-loss ignition” ๐
silakan dicopy & print ๐
Mtor ane ninja RR, klo kabel biru/putih itu nyambung ke putoh/hitam brrti kabel biru/putih yg ke CDI posisi hidup trs dong? Ada pngaruh g ke CDI?
yup …
tp fungsi ON/OFF CDI ada di kabel hitam-putih …
biru-putih itu jalur suplai pengapian …
jd, selama hitam-putih OFF (ini dari engine-off switch & kunci kontak), maka CDI gak bakal nyala, meski jalur biru-putih nyambung langsung ke aki (putih-hitam).
sya mau tny,, sya udh ikutin cra d atas,, nha slma 2 hr mtor msh mau hdup,,stlh itu tau2 mtor mau d pke gak nyala, ap ngaruh k CDI,, tkutnya CDI sya jd mati,,
mhon bntuannya
mbah ๐
kalo new rr ada perbedaan skema/warna kabel ga yah ?
mengingat kan kiprok nya beda
beda kiprok doang … kabel kayaknya sama semua ๐
iya udah dapet info dari mas didik juga
katanya sama
hehee
kanjutkan mbah . . .
cemunguth
wakwkawkak
Kaltimnya dmn om soalnya saya di kaltim juga
Om saya mau fullwave motor vario saya,katanya om lokasinya di kaltim,saya tinggal di balikpapan mau langsung ke tempat om cozx takut lau modif sendiri
Om saya mau fullwave
motor vario saya,katanya
om lokasinya di
kaltim,saya tinggal di
balikpapan mau langsung
ke tempat om cozx takut
lau modif sendiri
Bang.. New ninja rr ane maw dibikin 3 phase.. Bisa bantu g?
pagi om
ane newbie mo tanya nih :
-menganti dgn lamp HID pada ninja R/RR harus kah merubah jalur saklar hi/low beam nya?
(soal nya ane pnya pengalaman,pd saat putaran atas ane beam hi/low,balast langsung meleduk om,apa jalur saklar hi/low beam nya harus ada di ubah?)
-kiprok sudah diganti dgn tiger pnya dan spul pun sudah ikuti petunjuk diatas,tp knp pd saat posisi netral(motor keadaan langsam) lampu berkedip seperti aki tekor?(padahal kondisi aki baru di charger)
-bagaimana cara memeriksa kiprok dan aki yg sudah mulai lemah/rusak?
mohon pencerahannya ya om^^
wah ini si om yg kemarin itu nanya di thread ya ?
udah cek blom FW nya ?
apakah arus nya bener ? sambungan nya bener ?
kalo FW bener HID ga akan kedip2
maka ga aneh kalo ballast meleduk
gan novaera. pertanyaan ane saa ama agan NININ MANIA
yang soal
“kiprok sudah diganti dgn tiger pnya dan spul pun sudah ikuti petunjuk diatas,tp knp pd saat posisi netral(motor keadaan langsam) lampu berkedip seperti aki tekor?”
ninin RR lebih enak gulung ulang spulnya pake kawat lebih tebal ๐
trus, setelan rpm langsam, coba set sesuai standar pabrikan …
Gan ane mau tanya, sebelumya ane mau kasih tau speknya ninin L ane ni. Udh fullwave Projie + led Sen + led speedometer + balast 50w + ewp + aki standard 3 ampere. Kenapa ya kl macet projie ane jadi genit alias kedip2
Gan ane dah coba bikin fullwave new. Ninin ane tapi ane gulung ulang dengan kawan sama dan jumlah lilitan ditambah semua normal banget gada masalah gan
Makasih atas caranya gan
Jadi bisa fullwave sendiri diruma
@AB Santoso
pd saat langsam, biasanya putaran mesin rendah … putaran magnet jg ikutan rendah, hasilnya output spul gak mencapai optimal …
pd kondisi ini lah aki berperan … pd saat voltase output kiprok < voltase output aki, maka aki lah yg memasok listrik … makanya, biasanya orang pd ikutan upgrade aki ke kapasitas yg lebih gede, supaya bisa menghandle kondisi saat langsam …
@fajar
trims balik udah mau mencoba ๐
Gan mau tanya nih
Kmaren saya kabel yg soket no 1 dan 4 nyatu terus dia ga ngisi tapi saya cek kabel smuanya gada masalah gada yg putus
Apanya ya?kira2 bisa bantu??saya ganti kiprok baru tetep juga apa spulnya?
benerin dulu jalur2 yg saling short … abis tuh periksa spulnya … periksa tahanan/ohm kawat spul dari ujung output yg satu ke ujung output yg satu lagi.
pin#1 itu +aki (arus DC), pin#4 output spul (arus AC) … kalo ada arus DC masuk ke spul, spul cenderung kalah (terbakar/short) …
Udah benerin smuanya gan
Nah dia ga mau ngisi
Di cek kawat smua pada nyambung gada yg putus cek pake alat tadi tapi pas dinyalain lampu malah jadi kaya ngikut ac lg redup2 ikutin puteran mesin
Kalo di gas manteng
Apa spulnya mesti gulung ulang?
Ato aki ga mau ngisi?sblumnya aki drop dan di chas ke tukang aki dan nyala lagi tapi ga mau ngisi dr spul
Tlg masukannya.n
.,Makasih
cek voltase AC keluaran spul … di kondisi langsam paling gak jgn 4ohm …
saya pernah ngalami begitu di ninin RR jg .. pas buka spul, ternyata kabelnya sobek & grounding ๐
Jadi kalo grounding balik lagi ke ac??kalo ganti kabel masi tetep?inimah jaga2 hehehe
Bingung ni jadi takut dipake jauh
Gan saya dah bongkar smua dan spull saya cek bner2 ga ada yg nyambung sama ground trus pasang ulang tapi lampu ikut ac lagi ikut puteran mesin dan anehnya ngisi juga tapi kedip2 kaya putaran mesin gtu
Knapa ya saya bingung banget sekarang udah cek kelistrikan motor gada yg kelupas tapi tetep ga mau dc lagi
Kalo ada yg tau info ato masukan bbm ajah ke 25abe840 saya bingung gmana lg
gmn bwat kabel saklar lampunya Gan,ada tmbhan kabel pa gak,,trus kabel lampu yg di soket hrus di gmna’in Gan,,,
salam, saya sudah ganti kiprok tiger pada motor ninja L
dan merubah jalur kabel dari spull seperti
pada gambar di atas, setelah mesin di idupin pada rpm 4000
voltmeter menunjukkkan nilai lebih 18 v, pertanyaan saya apa iitu normal
dan bagai mana solusinya,………… terimakasih
pin#2 (tengah) kiprok tiger apakah udah terhubung ama jalur output kontak om?
masbro semua ane mau nanya dong ada yg tau ga cara masang voltmeter di ninja rr 2011? kalo bisa si penjelasannya bertahap. ane masih awam bongkar2 motor nih. makasih ๐
voltmeter cukup mudah instalasinya masbro ๐
cuma 2 kabel toh? jalur positif dan negatif/ground …
untuk kabel positif dari voltmeter bisa dihubungkan ke positif kontak … cari aja kabel warna coklat di motor, itu jalur positif kontak …
sedangkan kabel negatif/ground di voltmeter bisa ke rangka, atau jalur ground … kalo gak salah kabel warna hitam strip kuning di motor …
om kalo buat klx 150?
gan bontangnya mana to. mbox aku maen kerumah sambil sharing2 di waktu luang
soalnya ninin anemasih upnormal padahal udah ane FW sesuai tutor
gan.. klo kiprok rusak di ninja r itu apa bisa bikin motor gak nyala ?
SKIPS?
kalo yg pernah saya alami, iya ๐
Mz,klw ambil jalur pengisian yg 1 lg dari spul lampu trus dipasang kiprok lagi bisa gk ya Mz ? tanpa ambil dr kbel ground.
Mohon ilmu_a Mz ..
dual kiprok?
bisa … tp gak efisien ๐
Oh ya lupa,mtor saya Ninja R 2008, tp wktu saya coba psang di Ninja RR 2013 Lmpu normal2 aja. apa krn dah beda kiprok y Mz ?
yap..mksd saya dual kiprok,oh kurang efisien ya.
ok deh ni saya mw cba di dr ktrangan Mz diatas wlwpun telat hehehe. .
oya, mw tnya lg ni Mz, saya kan psang lmpu model dioda 7 warna (+)lgsung ambil dari output k.kontak dan (-) dibody ,wktu kntak on lampu idup normal kelap kelip tp mesin blum hidup,
Stelah msin hdup kq lmpu jd wrna biru doank kyk kurang daya gtu. kira2 knp ya Mz ?
Mas. Saya ud ikutin cara diatas. Tp ttp aja ga mau ngisi. ngisinya lambat bgt klo ga buka lampu. Klo buka lampu hid.. lgs drop.
Kira2 apa yg salah ya? Utk pemasangan saya ud cross check ga ad yg salah..
Salam kenal..
Mw tnya nih om,apa kekurangan n kelebihan fullwave?
Satu lg,brp ampre aki standar ninja rr 2007?
kekurangan fullwave? nambah biaya ๐ ganti kiprok, dsb …
kelebihan fullwave? efisien … gak ada hasil produksi spul yg gak terpakai. pengisian aki gak terlimit di rpm tinggi … aki selalu dlm kondisi charging selama mesin nyala, tanpa tergantung rpm, ampe aki full …
salam knal mas, &mau tanya. Itu beli regulator tiger yg ori +alat” itu habis berapa om?
Malam bro…saya mau nanya nih motor saya ninja RR,kmrn baru pasang projector n saya ikutin langkah” fullwave d sini…yg saya tanyakan knapa ya klo hid udah hidup n mesin hidup angel eyes yg besar redup”(posisi d rpm 1000) tp tar klo udah di gas jadi terang,sedangkan utk hid n angel eyes tidak redup”…mngkin kira” ap ya penyebabnya bro?mohon pencerahannya…terima kasih
coba tuker inverternya om …
Misi om mau tanya..kmren ane ikutin sesuai yg dirilis si om…tp ko aki kaya ga nampung,itu knp yaa?pdhl udh ikutin petunjuk di atas..awalnya ga ada masalah tp skrang malah motor sering mati knp yaa mohon penjelasannya…terimkasih
sya mau tny,, sya udh ikutin cra d atas,, nha slma 2 hr mtor msh mau hdup,,stlh itu tau2 mtor mau d pke gak nyala, ap ngaruh k CDI,, tkutnya CDI sya jd mati,,
mhon bntuannya
coba bantu jawab ya om. coba periksa jalur2 yg ke cdi om, kabel warna hitam/putih sama biru/putih pake tespen DC, pastikan ketika posisi kontak on dua kabel itu ada setrumnya, kalau ada setrumnya tapi msh ngga nyala periksa ground cdi, coil sama yg dikaki pulser, kalau tidak ada masalah lanjut ke pulser, kalau normal lanjut ke kabel output cdi yg warna putih dgn cara dikonsletin ke rangka, kalau ternyata ngga ada apinya berarti bisa dipastikan cdinya jebol.
Gan ane pengen rubah kelistrikan motor ninja ane jadi full wafe, tapi ane ga bisa
mungkin ada yg bisa bantu ane
bisa hubungi ane ke nmr 08999889974
ijin share mas bro…
Om knpa yah angel eyes saya kelap kelip tp sebelum2x ndak apa2
Tp hid en starter normal aja
Terima kasih
Kami telah merubah Ninja RR saya, ketika saya cek Voltase tanpa beban aCCu Tengansangat Besar, Vol Sebelum Regulator maupun sesudah regulator, namun jika di beban Accu maka Vol out nya 13, 4 Vol, tetapi yang terjadi regulaor/ kiprok cepat panas, tegangan drop melebihi, batas kemapuan regulator Tigger tsb Bagaimana Cara mengatasinya. kiprok panas dan cepat mati Harga kirprok Rp 260. 000,-
sorry bro ane mau tanya, itu buka magnetnya perlu kunci tracker gak? masalahnya klo di motor2 bebek perlu kunci tracker, tlong bantuannya. dan klo pke kunci tracker butuh ukuran berapa, n bli di mna kunci trackernya serta kisaran berapa harga kunci trackernya? sorry bro banyak nanya, maklum masih awam soal gitu2. hehehe
Baru sy alami suhu lampu philip 12/55 volt udah 6 kali ganti ttp ja lampu utama mati terus
udh gnt kiprok ttp aj mati lagi
spul n lain nya d cek normal smua kira2 apa nya klo g djdkn fw
Kalo kbel charging sma lampu ori d lpas dr spil mtor gak bkal nyala
permisi om saya lagi bingung cara nya gmna ya om klo untuk klx 150 pake kiprok tiger.mohon pencerahannya om sbelumnya terima kasih
gan itu kan ada 2 jalur baru dari spul ke soket regulator (yg warna ijo) , 1 nyambung di kawat ground, 1nya lagi itu kbl apaan gan dan kbl ini nyolder di spulnya pas di bagian yg mana gan?
mohon di jawab ya gan ๐
udah ane cuba…….. bagus.. lampu makin terang……… pengapian makin jozzzz.. makasih artikelnya
bisakah teknologi acg honda diapkikasikan ke ninja 150rr
Gan, kalo buat athlete bisa ga ya? Mohon bantuannya
Dulu saya pernah rubah Ninja R saya menjadi fullwave karena pemasangan HID, namun karena adanya problem yaitu motor berebet dan lampu HID flicker (kedap kedip) saat digeber di RPM atas maka saya memutuskan untuk kembali meng-orisinilkan sistem kelistrikannya sehari setelahnya (gak sempet cek n ricek).
Namun sekarang setelah saya membaca blog nya mas Nova saya kembali ingin merubah sistem kelistrikan ninja saya menjadi fullwave kembali karena ingin menggunakan HID lagi.
Pertanyaannya, dari permasalahan yg saya ceritakan kira-kira menurut dugaan mas Nova apa yang bermasalah yang membuat motor saya pada saat itu berebet dan HID flicker di RPM tinggi? Karena pada saat itu saya merubah sistem kelistrikan menjadi fullwave di suatu bengkel di daerah rumah saya di Bandung. Saya mengajukan pertanyaan ini karena saya takut masalah itu terulang kembali.
Mohon ketersediaannya untuk membalas pertanyaan ini, terima kasih.
Gan mau tanya,
1. kalau pakai kiprok nmax penyesuaiannya apa ya?
2. Sekarang motor saya ninja 150R L sudah full wave pakai kiprok tiger. Kalau lampu nyala terus digas, kenapa voltase di aki jadi lebih besar daripada di gas tapi lampunya gak nyala. Jadi waktu digas pada range 3000-5000 rpm, voltase terbaca 14,5V waktu lampu mati. Nah ketika lampu dinyalakan, voltase terbaca 14,7 V. Apakah ini normal?
Terimakasih atas jawabannya
Gan… Mau nanya ninja saya klo ga di pasang aki.. Hidup tapi ga mau di gas… Klo di gas malah mau mati… Trus klo akinya low, atau ga ada casnya juga kaya gt.. Dan mtr saya akinya ga mau ngecas… Itu yg lemah kiproknya atau spul pengisiannya?
mau tanya nih bang ninja 150c / ninja r 2011 bisa hidup ngak kalu enggak memakai kiprok, thnks ya bang. . .
punya ane cdi ngambil dari spul,bukn total los