Fullwaving Honda CS1

Lagi, koleksi modifikasi fullwave … Honda CS1 πŸ™‚
Desain stator Honda CS1 pun mirip punya Beat dan Blade. Nyari tab ground juga nggak susah-susah musti bolak-balik stator dan ukur sana-sini pake multimeter πŸ˜€ Asal tampak di tab mana ada kabel hijau tersolder, di situlah kawat spul yang nyambung ke ground. Karena kabel hijau di Honda adalah standar warna untuk GROUND.

Oia, sebelumnya jangan lupa cabut kabel di terminal aki untuk menghindari resiko konslet.
Dan jangan lupa juga kuras oli mesin sebelum membuka bak mesin di mana stator terpasang. Karena motor ini tipe magnet basah, alias terendam oli mesin πŸ˜€

Stator Honda CS1 (tab ground ditandai lingkaran merah)

Selanjutnya tinggal cabut kawat spul yang tersolder di tab tersebut, sambung ujung kawat tadi dengan kabel baru menjadi input LANGSUNG ke regulator fullwave seperti kabel putih pada stator. Kalo bisa kedua output stator LANGSUNG ke regulator pake kabel baru.

Sementara kabel hijau yang satu tab dengan kawat ground spul biarkan aja. Ini ground punya pulser.

Selanjutnya tuk instalasi regulator Honda Tiger bisa baca diΒ artikel ini.

Selamat berjuang πŸ˜‰

66 thoughts on “Fullwaving Honda CS1

  1. kalo besar kecilnya kabel tambahan pengarug ga ya om
    /soalnya saya aplikasi di mx sukses pake kabel gede,tapi di cs 1 ko tekor melulu ya,bedanya pake kabel yg lebih kecil dari standar cs1?

    • kabel itu pengaruhnya ke arus listrik …
      makin tebal kawat kabel, makin memungkinkan arus gede tuk liwat … dan sebaliknya.
      kalo kabel tsb terasa panas, itu tandanya kabel kurang tebal/banyak kawatnya.

      coba search ttg standarisasi kabel listrik … di situ ada range AWGnya, milimeternya, plus range arus yg bisa di-handle …

  2. tolong langsung jawab y penting maklum newbe… ko pas ground spul ane cabut ko ga kluar strum….. tp pas ane tempelin k masa lg ada lg strumnya … apa emang kya gitu…. penting… tng d jawab y…

  3. Askum bro…
    Lam kenal nih, ane mau belajar yg beginian bro…tolong dibantu ya bro,hehe..
    Pertama itu kabel yg hijau dilepas dari solderan, nah setelah itu nyambunginnya kmn ya bro? maklum bro nyubi buta bgt nih masalah listrik tapi mau belajar bro πŸ™‚ thanks bro πŸ™‚

      • Oh bgtu bro…trus yg kabel ijo tadi disolderin lg ga ya bro? tadinya mau saya fullwave-in di bengkel cuma apa salahnya belajar n mencoba biar kita lebih maju gt bro n berbagi ilmu πŸ™‚
        kabel yg hijau ikut dicopot dari solderan ga bro atau kawatnya aja? Trus kabel yg baru itu selanjutnya dihubungin ke regulator/kiprok? bener ga bro,hehe

      • yup … kawatnya aja yg dicopot dari solderan & disambung kabel baru.
        kabel ijonya gak diapa-apain. biarin aja standar begitu.
        kabel baru & kabel putih spul LANGSUNG menuju kiprok (kayak di artikel instalasi kiprok tiger) πŸ™‚

      • Wah gampang bgt ya om ternyata…itu fullwave ya bro udah jadi apa digimanain lagi bro?
        Oh ya bro tadi sebut2 kabel putih,kabel putih yg itu udah ada dari sana nya standarnya begitu apa kabel putih yg mana ya bro?

      • yup, kabel putih bawaannya om …
        di honda & bbrp tipe motor, kabel putih spul = output charging πŸ˜€

        dan kabel tambahan (yg disambung ke ujung kawat spul yg udah dicopot dari solderan), itu jg jd output charging … jd ada 2 output yg GAK BOLEH NYENTUH ground sama sekali πŸ˜€

        tebul … gampang banget … asal mau sedikit berkeringat baca2 dgn seksama & gak nyerah coba2 πŸ˜€

  4. Mas bro, casey ane ni membingungkan.
    Motor masih standart, blum di utak atik sm skali kelistrikannya.
    Tp lampu tiap kali dipakai nge rem, lngsung redup.
    Apalagi wktu pkai lampu sein, lmpu depan kok dugem kedipnya.
    Pertanyaannya, msalahnya dmn? lampu pke 12v/25w dua-duanya.
    Kmren smpet liat regulatornya, agk sdikit meleleh d pojok kiri atas.

  5. Nambain dikit bro nova..
    Lampu dpn standar cs1 18w, jangan kaget klistrikan standar pk 25w langsung redup, klakson sumblep kecuali pake satu bohlam 35w kaya ane.
    Di buku manual halaman terakhir coba ente baca, ada ko jelas tuh kapasitas dari lampu depan 2*18/18, sein 4*10, ampe lampu rem 18/5w.

    • itu kan kalo standar bro πŸ™‚
      permasalahannya, ini konfigurasi gak standar … jelas butuh modifikasi suplai kelistrikan (spul+magnet+kiprok) tuk dapetin output listrik yg lebih gede … dgn tujuan bisa meng-handle beban yg lebih gede … misal mau pake lampu 2x35W, atau HID 35W, 50W, dll …
      kalo pake konfigurasi standar aja, ya gak perlu modif kan? πŸ™‚

      dan kalo udah begitu, gak bisa pake jalur & konfigurasi standar. lampu 2x35W musti di-relay ke aki. jalur asli gak bisa optimal handle beban di atas 2x18W … suplai listrik pun harus dioptimalkan supaya bisa handle beban tsb … dan untuk itulah knp modifikasi fullwave πŸ™‚

      • mas e, tau regulator DC selain puny tiger gk?
        puny tiger terlalu keren harganya, mngkin ad yg sdkit lbih murah.
        apa mahal jga pngaruh ke kualitas?

      • kebetulan kiprok’e tiger paling mudah nemu πŸ˜€
        kalo nyari yg non-genuine (di luar AHASS), ada merk Fukuyama, Yamakawa, MPM … itu masih <100rb.
        pake kiprok motor laen jg bisa … asalkan buat kelistrikan fullwave … byson, new megapro, kymco (lupa tipe apa) … ini sama.
        bisa jg pake punya vixion, thunder, new cbr, new ninja 250r .. ini tuk 3-phase, dan harganya di atas punya tiger πŸ˜€
        bisa jg pake aftermarket kayak Cheetah Power, VRT, atau Siput (homemade) …

  6. mas e, sdah tak fullwave dn berhasil, lampu terang dn ambilnya lngsung dr aki.
    tp stelah skitar 2 mngguan klo gk salah, aki nya jd tekor. Lampu ttap nyala tp dbuat starter tangan malah gk kuat. Kmren akinya sya cek pke multimeter, cm tnggal skitar 10-11 volt aj, dg lmpu dlm keadaan nyala.
    Yg pngen tk tnya, apa ad yg salah waktu masang kabelnya (misal ad yg korslet atau salah sambung kabel) atau memang aki nya yg minta di charge?

    • lah, salah pasang atau tidaknya mustinya mas’e yg tau πŸ˜€
      dicek aja lagi …
      yg jelas, kalo aki mpe drop begitu, tandanya pengisiannya gak lancar … atau, bebannya lebih besar daripada pengisiannya …

      pengisian gak lancar, faktornya bisa macem2 …
      bisa karena akinya yg emang gak mau nyimpen listrik lagi
      bisa karena kiproknya yg short
      bisa karena spulnya yg keok
      bisa karena jalur2nya / kabel gak terpasang/tersambung dgn baik …

  7. mas’e tolong saya

    Awal..
    Motor ane H*nda CS1 standart, mau pake HID,
    udah Ganti aki FU.
    lanjut ane ganti ke FW, altenator OK

    Setelah ngikutin skema
    * Lampu On, Kontak Off (kayak tigi)
    * Mesin nyala

    Masalah MUNCUL
    * Setelah Mesin On, kontak di OFF, Mesin gak mau mati.
    * Pada suatu ketika, lampu ane On, mesin Off, Sekering 15A putus..

    Dari keluhan ane diatas mohon bantuannya…
    dengan sangat sekali lagi mohon bantuan..

  8. mas sama mau nanya kalau bengkel cs one daerah jakarta selatan khususnya ciledug yang bisa ngerubah jadi fullwave gitu dimana ya?
    soalnya ane udah ganti aki hampir 3 kali tekor mulu. terus ane juga mau pake hid
    kalau ane sendiri yang ngerubah takut salah.
    terima kasih. tolong dijawab ya mas perlu banget

  9. gan,, saya mau tanya dong,,,
    cara untuk ngecek ampere, gmn ya gan?
    coz saya udah lama ngikutin cara FW yg om novaera ajarkan dan sampe skrng,normal2 aja..
    hasilnya :
    dalam kondisi idle di dapet 13.33 volt
    dan di geber smpe 7000rpm, di dapet 14,65 volt.
    tapi saya masih penasaran, berapa amper yg di hasilkan kiprok tiger. ???

    • kiprok tiger bisa handle arus ampe 15A …
      tp seberapa besar aktual arus listrik yg ngalir, tergantung spulnya & beban listrik yg ada.
      biar kata spulnya mampu ngeluarin arus 20A, tap kalo bebannya cuma sebutir lampu 35W, ya arus yg ngalir cuma sekitar 3A kurang πŸ™‚
      dan pada saat voltase naek, di rpm lebih tinggi, arusnya menurun … sesuai takdir ==> watt = voltase x arus πŸ˜€

      • hoo,,,, okeh gan, saya paham,,
        oiya, mau tanya lg dong om,,,
        setelah di FW, indikator lampu jauh nya jadi mati nih,,, saya cari2 di google katanya
        ” cs1 klo di FW indikator lampu jauh mati,soalnya ada dioda terpasang terbalik alias butuh teg minus” http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=953217&page=193
        tapi, disitu gak di jelaskan cara mengatasi nya…
        apa om novaera tau supaya indikator nya bisa nyala lagi ???

      • hmmm … saya kurang paham maksudnya “butuh tegangan minus” … “dioda terpasang terbalik” … dsb …
        kalo diode terbalik dari sononya, mustinya kondisi normal pun gak bakal nyala karena listriknya di-blok ama diode …

  10. halloo ms bro…
    ane ada masalah dg cs1 ane, bro…
    cdi cs1 ane mati, trus cocoknya di ganti pake cdi punya apa ya, ?!
    masalahnya, di daerah ane gag ada yang jual cdi cs1.
    Makasih atas petunjuknya, mas bro…

  11. mau tanya nech om, cs 1 udah di rubah sesuai dgn anjuran di atas,tp knp aki nya masih tekor juga ya??? kira2 apa penyebab nya??? soal nya saya udah ngerubah FW di vario berhasil.

      • Masalahnya gini om, pas saya tanya ke bengkel mau fullwave dia nya ngotot musti ganti ini itu, katanya harus ganti CDI,SPUL,KIPROK Dll lah..
        udah saya kasih tau seperti penjelasan diatas dia tetap ngotot harus ganti ini itu πŸ˜€

        Jadi kalo cuma ganti kiprok tiger dan ubah jalur bisa ya om?

  12. bro… mo tanya..kabel ijo di dalam bak spul cs1 kan ada 2 ya.. yg 1 ground & 1 menuju pulser, yg menuju pulser berarti ikut di lepas juga? trus saya pake kiprok handmade 4 kaki, untuk jalur + & – yang menuju aki,bisa lewat jalur soket ori nya ga? ato harus dari soket langsuung menuju aki? thanks..

    • kawatnya yg di”angkat”, bukan kabelnya πŸ™‚
      kabel ijo biarin aja, jgn diganggu gugat, hehe.

      tuk ke aki, bisa pake jalur bawaannya … mau bikin jalur baru dgn kabel lebih tebal jg boleh πŸ™‚

      • hoalah…kawatnya toh yg d angkat,,,hehee maklum nubi bgt.. thanks bgt infonya mas bro.. nanti ku bongkar lg bak spulnya, benerin”salah jalur” πŸ˜€

Leave a comment