Saklar Klakson untuk Pass Beam

Kmaren-kmaren ada yang nanya, gimana caranya fungsiin tombol/saklar klakson sebagai tombol pass beam …

Jadi, beginilah caranya:

 

 

Secara default, begitu kunci kontak ON, indikator LED1 menyala, menunjukkan kalo saklar klakson (SW1) berfungsi untuk membunyikan klakson. Pada saat saklar toggle (SW2) di-switch, indikator LED2 menyala dan LED1 padam, menunjukkan kalo saklar klakson sekarang berfungsi sebagai tombol ‘pass-beam’ (kalo bahasa kampungnya, menyalakan lampu jauh sesaat).

Material yang diperlukan nggak banyak … seperti yang tertera pada skema di atas🙂

Indikator LED1 & LED2 boleh dipasang boleh tidak … Relay, minimal punya spek 10A, lebih bagus pakai relay mobil biar kuat tuk handle klakson keong ama lampu halogen 100W😀

28 thoughts on “Saklar Klakson untuk Pass Beam

  1. untuk beban kejut kayak itu terutama di motor yang menganut arus lampu yg ngambil langsung dari spul, kira2 ada efeknya gak Om?, masalahnya buat wiring ama relay mungkin gak terlalu masalah, cuma buat spul ama kiproknya atau mungkin juga bohlam lampu utamanya gak ada kemungkinan berumur pendek?

  2. sekedar usul om…
    lebih sip plus safe kalo saklar electric starter yg dioprek “hemaprodit” om, sensor “switching” bisa ambil lampu indicator netral (skubek ga ada ya,hehe)
    jadi polanya, saat indicator netral nyala, saklar berfungsi normal, tp ketika masuk gigi (netral modar) secara otomatis relay ngaktifin saklar “mod” pas beam light. ga perlu saklar manual (khusus motor bergigi). soalnya, biar bagaimanapun, klakson ntuh kadang2 urgent jg dipakai, dan biasanya perlunya dalam waktu singkat dan tak terduga (ga bakal sempet dengan alur mindah2 saklar “option” dl).
    beda dengan tombol electric stater, sekali pake aja, saat mesin nyala bisa di alih fungsikan… tp berhubung letaknya dikanan, perlu trik khusus dan biasanya hanya rider pro yg sanggup melakukannya tanpa ngefek ke throtle RPM, hehe…
    trik khusus buat skubek, saklar “option” bisa minjem dari switch rem depan
    jadi idenya, kalo mo klaxon, kudu narik handel rem depan plus pencet tombol klaxon, kalo tombol klaxon di pencet tanpa tarik rem depan, saklar default ke pass beam…
    asumsinya, rider nge klaxon tuh kan ada rintangan bergerak di depan, jadi otak secara default pasti refleks mengurangi kecepatan (tarik rem depan)
    meski sekarang faktanya banyak yg kehalang malah banting kemudi tanpa ngurangi laju, hahaha…..

    +Seppun+

    • huihihihihi😀
      nice tricks om😉

      tp kalo dipindah di kanan pastinya kagok banget ya😀

      emang sih lebih enak saklar independen … pass beam sendiri, klakson sendiri😀
      tp ya apa mo dikata, permintaannya begitu🙂

  3. Terima kasih buat inspirasinya Gan,
    klo ide saya gimana klo manfaatin tombol stater disbelah kanan, tombol ini kan cm sekali pake aja, pas mesin idup kan gk dipake lg tuh, smpe mesinnya berenti. lagian kan lbh praktis gk usah ganggu saklar klakson…
    jadi di switch aja fungsinya pke saklar pindah, bisa sistem manual / otomatis pindah fungsi klo mesinnya udh jalan:
    1. ke stater
    2. ke pass beam
    kira2 bisa gak ya gan ?

  4. gan…..
    kalo menggunakan tombol sndri (tidak menggunakan tombol klakson) apa masih perlu relay??
    trus ap bisa klo cuma m’cabang jalur HI-beam dari switch HI-Low tuk d gunakan tombol pass-beam??

  5. wah, top banget kak nova, kayak gini yg aku pengen.
    tp lebih pengen nya, wkt bunyiin klakson, lampu dim selalu ikut nyala.
    lampu utama msh standar kak, yg 12v 35/36.5w.
    kira2 apa yg perlu diubah dari skema nya kak nova?
    makasi kak nova.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s