“Pass Beam” Tanpa Nambah Saklar

Pass beam” atau “hi-pass beam” adalah menyalakan lampu jauh sesaat atau beberapa kali sebagai tanda “minta perhatian” untuk diberikan prioritas menyalip, mendahului, atau memotong kendaraan yang ada di depan. Kadang juga sebagai tanda “tegur sapa” kendaraan lawan arah :D Kalo bahasa kampungnya: “nge-dim” … hihihi :D

Tapi gak semua motor punya fasilitas ini … Gak semua motor dilengkapi tombol/saklar “pass-beam”. Jadi musti modifikasi dikit dengan memasang tombol/saklar “pass-beam”.

Tapi ada juga yang minta, “Bisa gak pake saklar LO/HI bawaan? Gak usah nambah saklar sendiri?” … Bisa! :D
Materialnya: sebutir relay 12V 4-kaki (ukuran minimum 5A), soket relay, dan kabel beserta isolator kabel secukupnya …

Maaf, saya gak tau harus ngasih nama apa untuk skema ini :D

Skema "hi-pass beam"

Skema “hi-pass beam” — kontak relay sebenarnya C-NO, bukan C-NC seperti pada gambar

Sistem kerjanya, relay gak aktif ketika headlamp dalam kondisi OFF. Kontak relay pada posisi C-NC. Jalur lampu jauh mendapat suplai dari input saklar OFF/ON headlamp. Dengan nge-klik saklar LO/HI ke posisi “HI”, lampu jauh menyala.
Pada saat headlamp dinyalakan, relay aktif dan posisi kontak relay berpindah ke C-NO, membuat saklar LO/HI kembali ke fungsi standar.

About these ads

37 thoughts on ““Pass Beam” Tanpa Nambah Saklar

  1. salken om..
    maaf sebelumnya kalo salah tempat abis bingung mau tanya dimana..

    saya mau tanya soal aki nih..
    kalo “mengupgrade” aki dari standar pabrikan itu bisa ga sih..
    misal 12V 3Ah ke 12V 7Ah
    ada plus minusnya ga sih..
    dan kalo dalam 1 unit motor terdapat 2 aki apa diperbolehkan?

    maaf sekali lagi nih kalo salah tempat nanyanya..

    • plus minusnya tergantung kemampuan charging spul+kiprok …
      secara teoritis makin besar kapasitas aki, tentu aja durasi chargingnya makin lama.

      pake 2 aki, gak ada yg larang …
      tp kalo aki gak identik, pengisian & suplainya jg gak sama. bisa aki yg satu lebih cepet full/kosong duluan dibanding aki satunya.

  2. mantep mantep bisa diaplikasi khan ini motor bebek dirumah, Bro Novaera oot dikit ya, untuk retrofit mobil HID Projie+AE kira2 maharnya berapa ya ada rekomendasi nggak workshop seputaran jkt, selatan. Mobilnya R3 terimakasih sebelumnya

    • bisa … bisa …
      tinggal nambahin diode bridge …
      masing2 “~” ke plus & minus aki pertama, “+” ke plus aki kedua, “-” ke minus aki kedua.
      spek ampere diode brigde > spek ampere aki kedua.

      http://www.facebook.com/CoretanNovaera/

      btw, kalo 1 kaki bisa handle semua beban, knp musti pasang 2 aki?

  3. om kalo motor hf.trus jalur lampunya di kasi dioda(disearahkn arusnya) trus di kasi powerbank(elko) apa pengaruhnya buat lampu?klo di klakson suara lebih kenceng yg penah ane coba.

  4. permisi om
    mau sedikit nanya untuk material di tulisan ni mungkin maksudnya relay 4 kaki ya bukan 5 kaki

    maaf newbie takut salah om :malus

  5. Om kemaren ane coba kasi dioda 3A x2 di jalur lampunya biar jd searah,tp kok redup nyalana om. Klo dioda d lepas terang lagi.apa yg salah ya! Biar pasbeam g bentrok ma listrik standart klo nyala bareng

    • Setau saya, dgn skema di atas gak perlu dioda …
      dan gak perlu mengkonversikan AC ke DC … apalagi dgn kondisi kelistrikan standar (halfwave) yg banyak jedanya — terlalu sering drop ke 0V. Kecuali musti mempercepat frekuensi listriknya, alias naikin RPM mesin :)

      kalo mau ubah ke DC, ubahlah secara total … modip fullwave … it’s better :)

      • Nggu dana buat nebus rr tiger om.saklar pass bikin sndri om lngsung dr aki. G pkek rangkaian d atas emang om. Takutnya sort saat sklar hi/lo posisi hi trus saklar pass lupa d pencet jg,ac n dc jd nyatu tu om. Modul seinsenjahazard(ssh) bgus om ane aplikasiin d motor ane yg seinnya custum engeleye.tanks

  6. masbro,,motor ane old ymha mx,,klistrikan g pernah drubah,,,tp knp ya wktu sikringx d cbut saat mesin nyala,,,mesin ga mti,,,pdhal,,sebulan sebelumnya mati.apa ga pa” dibiarkan ??trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s