RSD (Relay Switching Delay)

Relay Switching Delay (RSD) — bukan istilah standar dunia elektronika … ini cuma istilah karangan saya aja … hihihi

RSD, sirkuit berbasis “monostable” IC Timer 555, berfungsi untuk mengendalikan RELAY di mana kontak C (Common) berpindah dari posisi NC (Normally Close) ke NO (Normally Open) dalam durasi sekian detik.

Skemanya seperti ini:

relay switching delay with 555 monostable

Durasi switching RELAY bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan dengan kombinasi nilai kapasitor C1 dan resistor R1.

Contoh cara kerja sirkuit RSD:

 

Contoh manfaat sirkuit RSD — sebagai autoswitching dual klakson :D

dobel-klakson-dengan-rsdDi contoh skema di atas, sirkuit RSD dipakai sebagai “auto-switching dual klakson” … di mana saat tombol klakson dipencet dalam durasi yang singkat (tidak melampaui durasi RSD), maka klakson standar (kiri) doang yang berbunyi. Tapi jika tombol klakson dipencet terus-menerus hingga melewati durasi RSD, maka klakson keong (kanan) lah yang berbunyi setelah klakson standar.

18 thoughts on “RSD (Relay Switching Delay)

  1. om nov, aku tanya di kaskus banyak yang ga paham je, koq bohlam hs1 byson vixion ga terang buat ujan atau kabut ya? solusi? :D sama tanya, lampu 35 watt aho pngen tag kecilken dayanya pake apa ya? biar bohlam awet

  2. rencananya gitu om tapi stelah di fullwavin motor ane. oia om kabel klakson tu nyambungnya sbelum saklar klaksonkn?apa g bunyi trus klakson standartnya om!!saklar push onnya apa g diletakin sebelum percabangan ke pin common relai ja!!maaf bukan menggurui om.

  3. maaf om baru ngeh saya.kabel klakson d sambung di sebelum soket ke klakson ya!!di skema ad saklar push on saya kirain tu ddlam sirkuit SRD dlm gambar wiringnya tu, jd saya kira ad 2 saklar. besok coba bikin ahh… ada ne555 nganggur soalnya

  4. Maaf om, setrum nya ngambil dri aki atw dr kabel lakson yang asal? Atw dri aki trus buat lagi sw1 dan kabel klakson asal g d pakai? Mohon pencerahan nya!!!

  5. Udeh ane coba 3x hasil nya yg k1 sikring putus trus,,,,yg k2 sikring putus lagi,,,dan yang terakhir,,,,ttep g bisa nyala…Ά̲̣̣̣̥ρ̩̩̩̩̥ά̲̣̣̣̥ ada yg salah dengan skema sirkuit nya?

  6. Bro .. cara buat RSD nya bsia dibuat lebih detail ga? soalnya gw buta elektro. Atau kalau bisa bro buatin rangkaian RSD nya yang uda jadi, nanti saya ganti berapa gt? Thx ^_^

Leave a Reply

