Seberapa Efisien Kinerja Ballast HID?

Benar nggak sih ini ballast 50W? Benar nggak sih outputnya real 50W? Ngaruh nggak sih kalo bulb HID 35W dinyalain pakai ballast 50W? Seberapa efisien kinerja ballast HID yang saya punya?

Pertanyaan ini kadang muter-muter di dalam kepala :D
Nah, kenapa nggak diukur aja?

Klik untuk memperbesar

Klik untuk memperbesar

Peralatan ukur seperti pada gambar …

VDC meter untuk mengukur voltase (DC) input ballast
VAC meter untuk mengukur voltase (AC) output ballast
A1 meter untuk mengukur arus (ampere) input ballast
A2 meter untuk mengukur arus (ampere) output ballast

VDC meter
Set multimeter ke range “20VDC”. Probe (tester) merah multimeter terpasang di jalur positif input ballast, sedangkan probe (tester) hitamnya di jalur negatif input ballast. Kabel input ballast adalah kabel dari suplai menuju ballast.

VAC meter
Set multimeter ke range “600V AC”. Probe (tester) merah multimeter terpasang di jalur “hot” output ballast, sedangkan probe (tester) hitamnya di jalur “return” output ballast. Kabel output ballast adalah kabel dari ballast menuju bulb HID. Jalur “hot” adalah jalur yang menuju elektroda bulb, sedangkan jalur “return” adalah yang keluar dari bulb … jalur “return” biasanya berupa kawat berbungkus pipa keramik yang ada di sisi luar bulb HID.

A1 meter
Set multimeter ke range “10A” atau “20A” — biasanya ada colokan khusus untuk range ini (baca manual multimeter). Probe (tester) merah multimeter terpasang di jalur positif suplai, sedangkan probe (tester) hitamnya di jalur positif input ballast. Ini berarti arus listrik akan mengalir dari suplai, melewati multimeter, dan menuju ballast.

A2 meter
Untuk meteran ini, sebaiknya gunakan tang ampere (clamp meter). Tinggal kalungkan aja tang ampere ke jalur “hot” output ballast/bulb HID. Set meteran ke range “Ampere AC”.

Mengukur input ballast
Alat ukur “VDC meter” dan “A1 meter” dalam posisi terpasang.
Nyalakan HID, dan baca hasil meteran … volt DC dan ampere DC. Catat!

Mengukur output ballast
Untuk mengukur volt AC output ballast, sebaiknya TIDAK dilakukan pada saat bulb “start-up”. Pengukuran dilakukan setelah bulb dalam kondisi menyala normal. Kenapa? Karena pada saat “start-up” voltase yang dikeluarkan ballast bisa mencapai 23~24 ribu volt! Kecuali alat ukur Anda bisa membaca dengan range melebihi itu, jangan PERNAH memasang alat ukur pada saat kondisi bulb “start-up”!
Setelah bulb dalam kondisi menyala normal, ukur voltase AC dan amperenya. Catat!

Menghitung input ballast
Daya listrik yang dibutuhkan ballast untuk menyalakan bulb HID bisa dihitung dari hasil bacaan VDC meter dan A1 meter.

Daya input ballast = VDC meter × A1 meter

Daya input ballast: Watt
VDC meter: Volt DC
A1 meter: Ampere

Contoh:
Hasil pengukuran input ballast, terbaca di VDC meter = 13.2VDC dan A1 meter = 4.2A
Daya input ballast = 13.2V × 4.2A = 55.4W

Menghitung output ballast
Daya listrik yang dikeluaran ballast untuk bisa menyalakan bulb HID bisa dihitung dari hasil bacaan VAC meter dan A2 meter.

Daya output ballast = VAC meter × A2 meter

Daya output ballast: Watt
VAC meter: Volt AC
A2 meter: Ampere

Contoh:
Hasil pengukuran output ballast, terbaca di VAC meter = 98.4VAC dan A2 meter = 0.48A
Daya output ballast = 98.4V × 0.48A = 47.3W

Menghitung efisiensi kinerja ballast
Selisih antara daya output dan input ballast menunjukkan seberapa persen tingkat efisiensi kinerja ballast. Ballast dikategorikan efisien jika persentase efisiensi kerjanya 75% ke atas.

Efisiensi kerja ballast = Daya output ballast ÷ Daya input ballast × 100%

Contoh:
Dari hasil ukuran dan hitungan di atas, daya output ballast adalah 47.3W dan daya input ballast adalah 55.4W … maka efisiensi kerja ballast = 47.3W ÷ 55.4W × 100% = 85.37%

Masih termasuk kategori “ballast efisien” :D

Ini contoh pengukuran ballast Hyluxtek 35W + bulb Philips LS 35W 4200K:

Hasil baca arus input ballast

Hasil baca arus input ballast

Hasil baca voltase output ballast

Hasil baca voltase output ballast

Hasil baca arus output ballast

Hasil baca arus output ballast

About these ads

24 thoughts on “Seberapa Efisien Kinerja Ballast HID?

      • kalo udah nyala normal voltasenya turun om …
        saya dpt 92V AC di ballast 35W + bulb 35W

        ini test saya pake aki 12V 6Ah + ballast hyluxtek 35W + bulb Philips LS 35W 4200K:

        VDC = 11.80V ===> ini kondisi aki lg drop :D
        A1 = 3.87A =====> makanya amperenya melejit naik buat ngejar voltase normal ballast
        VAC = 92V ======> kondisi normal
        A2 = 0.40A =====> kondisi normal

        P_in = 11.80V x 3.87A = 45.67W
        P_out = 92V x 0.40A = 36.80W
        Efisiensi = 36.80 : 45.67 x 100% = 80.57%

      • ballast DC kyknya udah jarang diproduksi om …
        karena secara part-to-part dia lebih mahal ketimbang AC_output.

        Untuk sementara ini ballast dgn output AC masih lebih baik … bulb HID lebih awet.

  1. gan,ane mau tanya…
    ane pasang HID tpi hidup lampu na kok sush yaa??kadang pas d ketek’kn sklar na bsa lngsung idup kdang2 jga sush idup na…
    d bolam HID na ad bercak kuning sperti karat gtu,kondisi barang udh lama d lemari n baru t’pasang b’brpa hari ini…
    motor ane JMX old n kondisi motor udh fullwave…
    makasih sblom na gan…. :)

    • coba langsung konek ke aki tanpa kabel set …
      kalo bisa langsung nyala, berarti masalahnya di kabel set atau relaynya …

      bercak kuning di dlm bulb HID itu endapan garam metal … dan memang begitu karena di dlmnya ada gas xenon + garam metal …

    • ok,nanti sya coba gan…
      kmaren iseng2 pas HID na gk nyala sya coba bawa motor agak ngebut/rpm tnggi gan,trus sya ketek’kn lgi skalar na HID bisa nyala gan….
      apkh maslah na pada arus listrik yg d hasilkan mtor sya kurang gan??
      makasih sblom na gan….

      • o0o0o….
        kmaren kabel set udh sya cek n sya ushakan serapi n sebaik mungkin pemasangan na gan,tpi masih aj sush hidup na….
        klo relay na mau KO,bagaimana solusi na gan??
        oiaa…relay yg d maksud,relay yg ikut set HID na gan??maklum gan neubiee… :D

  2. Mas Novaera, test output lebih enak kalo kabel ditusuk jarum pentul kecil sampe tembus, lalu jarum pentulnya yang dijepit pake jepit buaya.. Cuma masukan saja biar enggak ngerusak isolator luar kabel…

    • bisa jg begitu …
      cuma setelah saya coba malah bikin listrik melompat ke kabel sebelahnya :D
      hasilnya power suplai short karena overcurrent …

      entah knp lebih safe dgn kondisi seperti di gambar atas …

  3. sbenernya kalau ballast lebih besar dari watt HId, bikin HID cepet wafat ga sih?misal ballast 50watt dan bulb HID 35watt?
    trs pengaruh ke warnanya atau intensitasnya gmn ya?

    • Kalo cepet wafat, gak jg …
      Kalo ke warna, biasanya ada penurunan suhu warna …. misal bulb 35W 4300K pake ballast 50W, suhu warnanya turun ke 4100K alias lebih menguning … tp di bulb OEM macam Philips, OSRAM, gak terlalu kentara perubahan warnanya.

      Intensitas, jelas bertambah …. tp gak full 50W (kalo HID 35W pake ballast 50W, misalkan) … paling banter di kisaran 45W’an … karena ballast jg melimit outputnya …

  4. Agan novaera, ane mau tanya tentang HID projie AES MH1 yang 55 watt.
    Itu tahan ga sih dihajar 55watt ????????
    Soalnya ane bingung pengen beli cuma takutnya ga kuat gan ga tahan lama projie nya meleleh atau cat chrome di bowl nya ngelotok :(
    Menurut agan gimana ?
    Mau pake FXR tapi ke gedean satu satunya cuma MH1 , ane juga udah liat outputnya juga oke laah.

    Sebelumnya makasih gan, ane tanya buat referensi soalnya
    (⌒˛⌒)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s