Bikin Sendiri Angle Eye Mini 8-LED

Sekarang ini Angle Eye (AE) LED udah banyak tersedia di pasaran dalam berbagai ukuran dan tipe LED … itu sekarang :D
Tapi waktu awal saya bikin (sekitar 20 Agustus 2010 lalu), belum ada yang semini ini :D

Modalnya sedikit … cuma butuh:

  1. 8 butir LED tipe tabung
  2. 1 butir resistor
  3. sekeping PCB polos
  4. Kabel secukupnya

Di artikel ini saya menggunakan LED putih tipe “straw-hat” atau tabung pendek. Straw-hat punya intensitas cahaya lebih terang dan wide-angle beam lebih lebar dibanding LED tabung biasa. LED ini punya spek “voltage-forward” (Vf) = 3.2VDC dan “Current-forward” (If) = 20mA … FYI :D

Lanjut …

Print dan sablon layout sirkuit ini ke PCB … Triknya bisa dibaca di sini :)

Layout PCB AE mini 8-LED

Layout PCB AE mini 8-LED

Potong dan rapikan PCB hasil cetakan sesuai sisi terluar jalur sirkuit … kurang lebih hasilnya adalah lingkaran dengan diameter 28mm …

PCB AE mini 8-LED

PCB AE mini 8-LED

Sisi bawah PCB adalah sisi yang ada lapisan tembaganya … sedangkan baliknya adalah sisi atas.
Lapisi sisi atas dengan stiker krom …
Pasang dan solder 8 butir LED di titik-titik tengah … pastikan semua searah, mana anoda (+) dan mana katoda (-) LED.

Skema AE mini 8-LED

Skema AE mini 8-LED

Kalo sudah selesai, kira-kira tampangnya bakal seperti ini …

AE Mini 8-LED

AE Mini 8-LED

Sekarang pasang dan solder kabelnya … satu tuk jalur positif (anoda) dan satu tuk jalur ground (katoda) LED. Sesuaikan panjang kabel!

Untuk kabel jalur positif, potong dan sambung dengan sebutir resistor di antaranya … ikuti seperti skema di atas!
Nilai resistor yang digunakan adalah 120 ohm / 1 watt untuk sekeping AE mini (asumsi suplai voltase maksimum 15V DC). Di sini saya memakai resistor 82 ohm karena suplai voltase yang saya pakai bakal diregulasi oleh IC LM7812 :D

Resistor AE mini 8-LED

Resistor AE mini 8-LED

Jika sudah selesai, AE mini siap dipasang :D
Contohnya seperti ini:

Review AE mini 8-LED

Review AE mini 8-LED

Di sini saya pasang AE mini di posisi lampu sein … fungsinya, sebagai DRL (daytime running LED) atau juga sebagai lampu senja :D
Dan ini penampakkannya saat dinyalakan …

Contoh pemasangan AE mini 8-LED

Contoh pemasangan AE mini 8-LED

Contoh pemasangan AE mini 8-LED

Contoh pemasangan AE mini 8-LED

Contoh pemasangan AE mini 8-LED

Contoh pemasangan AE mini 8-LED

136 thoughts on “Bikin Sendiri Angle Eye Mini 8-LED

    • Yup .. Bisa karena itu :D
      Pakai solder watt kecil aja … 15 atau 20 watt … Jgn tlalu lama nempelin mata solder ke kaki LED. Pakai flux (pasta solder) biar timah solder cpt cair & nempel, poles ke posisi dmn yg mau disolder.

      ¥ùdi¥án “Novaera” @ mobifone

    • tergantung spek part2nya om …
      merk & tipe ballast, proji, shroud, termasuk perhiasannya (ae, de), plus batok lampunya bisa kisaran 1jt’an ampe 2jt’an lebih :)

      mgkn bisa buka2 artikel “galeri retrofit headlamp projector” trus tanya yg empunya abis brp budgetya :)

    • reflektor mana ni om?
      kalo reflektor sein, gampang … kan ada takik2 (kunci)nya … buka 1-per-1 …
      tp kalo nyatu ama headlamp, butuh heater (pemanas) karena biasanya ada lemnya … dipanasin dulu biar rada lumer …

  1. gan numpang tanya, ane biasa bikin AE custom dr led flexibel( led cumi krn mirip tentakel gurita) tiap 3 led dipararel n diseri dgn R internal jd klu mati atau memotong musti kelipatan 3. masalahnya gan kenapa mudah skali putus beberapa bagian setelah pemakaian beberapa hari. pdhal sVin sdh distabilkan dgn ic 7812. ini yg bikin kesal gan harus bongkar lg headlamp.ada trik ngakali biar awet ga? ditambahi R 10 ohm nyala agak redup

  2. oh iya gan, thank ane lupa masalah itu, benar skali itu. ane sering bermasalah krn mengganti shroud AES 6. barusan sore tadi cutomer mio j complain AE putus 3mata pdhal baru 5 hari. di ruang yg sempit(batok mio j) sementara hid 55wat tentunya distribusi panas terakumulasi di tempat. aplg klu lg brenti. suwun gan

  3. nambah dikit gan, jawaban penjelasan agan menjelaskan kenapa DE dr neon ring jauh lebih awet drpd led. yah krn letaknya yg mendekati sumber panas tsb. thx gan

    • yup …
      CCFL (neon) jauh lebih tahan lingkungan panas ketimbang LED … tp minusnya, kaca CCFL lebih rentan benturan/lekukan/goncangan :)

      kalo LED cumi, desainnya tuk lingkungan adem, bukan lingkungan panas :)
      kalo mau pilih AE, mending AE LED dgn hard pcb, jgn fleksibel kyk LED cumi. dan posisinya jgn langsung berhadapan dgn bohlam/HID …
      proji saya jg pake DE dari LED, cuma posisinya gak segaris dgn bulb HID … jd gak langsung kena paparan panas HID …

  4. thanks gan atas penjelasanya. sedikit nyimpang dr topik. eh gan ternyata balast hid tuh tak ubahnya balas lampu TL/ neon or lampu2 hemat energi yg lain ya? cuma beda input dc n V rendah aja. alat fisioterapi ada yg namanya SWD (short wave diatermi) yg cara ngetes alat bekerja/tdknya dng mendekatkan lampu neon tanpa terhubung kabel. dr hal tsb ane terpikir balas hid jg bs menghidupkan lampu neon n SL. ane bongkar sbuah lampu SL n ane ambil tabungnya. tiap pole ada 2 kabel yg ane satukan. kalau neon batangan tiap pole cukup diwakili 1 tonjolan aja. ane conekan ke balast hid eh nyalanya spontan ga pakai kedip n lebih terang gan. ane pakai hylux 35 wat ngetes neon 40w n berbagai daya lampu SL. smua lampu yg ane test dlm keadaan sdh mati/putus. asal tabung ga retak so gas neon masih ada ternyata mampu hidup lg dgn balast hid. pertanyaan ane apakah pada dasarnya balast hid tuh jg balast neon n lampu2 hemat energi hy beda V input aja? Mau ngukur Vout balast neon n balas lampu hemat energi ga tau caranya. apa mngkin jg 23kv. pakai balas klas ecek2 jg nyala tuh gan.

    /

  5. asumsi/hypotesa ane balast lampu neon or lampu2 hemat energi lainya mampu menghidupkan bulp hid jg. tp ane blum coba coz sayang bongkar lampu yg masih hidup utk diambil balastnya. smua percobaan yg ane lakukan menggunakan lampu yg sdh mati tp tabung utuh/ tdk retak

    • weleh weleh …
      macem2 aja mainan om ady ini :hammer:

      iya om … basic’nya sama … sbg inverter, pengumpan voltase super tinggi (HV = high-voltage) … bahkan mirip2 koil busi jg :D
      cuma kalo koil busi high mulu dan pulse ngikutin timing pengapian ..
      kalo ballast lampu, HV (sekitar 23kilo volt) cuma ignition aja, a.k.a startup tok untuk ionisasi gas di dlm tabung …
      kalo di ibaratkan kyk mo bakar arang :D
      di-api-in dulu …ujung2nya membara doang :D

      kalo ballast HID rumahan ama ballast HID otomotif, bedanya di suplai aja … ballast HID rumahan (biasanya tuk lampu jalan raya, tol, dkk) sumbernya AC .. kalo HID otomotif DC.

      btw jgn dipakai buat nyetrum ikan om :D
      pamali …. mending pakai pukat harimau aja :D :D :D
      husss … jgn ah …

  6. mantap mas bro..
    bro kalo saya jadikan 3 led seri lalu di pararel menjadi 4 lalu saya gunain resistor 82 ohm 1 watt,,dan saya regulasi pake ic lm 7812, lalu ini saya pasang di lamu plafon mobil..
    kira kira bisa panjang gak umurnya?

    • kalo pake LM7812, berarti voltasenya nanti jd 12V kan?
      3 LED seri dgn voltase input 12V, butuh resistor (12 – (3*3.2V)) / 0.02A = 120 ohm 1/4 watt

      kalo rangkaian 3-LED tsb diparalelkan sebanyak 4 rangkaian, berarti resistornya 4×120 ohm kan?
      4 resistor 120 ohm paralel = 120 / 4 = 30 ohm … watt’nya = 4 x 1/4 watt = 1 watt …
      jd tuk rangkaian 3×4 LED seperti itu butuh sebutir resistor 30 ohm 1 watt tuk running full 3.2V 20mA di suplai 12V …

      kalo misalkan, LEDnya pengen dirunning 3V aja, gak full 3.2V per LEDnya …
      R = (12 – (3*3V)) / 0.02A = 150 ohm 1/4 watt
      Rp = 150 / 4 = 37.5 ohm => nilai tertinggi terdekat adalah 39 ohm …

      nah, kalo om pake resistor 82 ohm, bakal lebih redup dari spek di atas :)
      jadi mending pake 30 ohm 1 watt atau 39 ohm 1 watt …

      • saya takud terlalu kecil bro.
        kemarin saya buat gak pake ic saya pake 100 ohm setiap baris led seri. pake 1/2 wat punya..
        umurnya tak lama bro?
        kira kira petunjuk agan yang di atas bisa buat tahan lama gak?

      • mas kalau misal saya pke LM7812,,tpi dalam pemakaian e itu di paralel lebih dari 4,,misalnya 6..cara menghitungnya watt pada resistor bagaimana ??
        terima kasih banyak mas ..

  7. mas kalau itu di print make kertas foto apa ukurannya tidak berubah atau berubah ?? trus cara mengecilkannya gimana ? takut kegedeaan nanti ? itu gambar original sizenya kan ?

  8. mas saya pake yang resistor 39 ohm /…
    sudah jadi..
    makasi yah mass…
    mas numpang tanya lagi ni ..
    kalo untuk led 0,5 watt yang ukurannya 8 mm yg putih..
    kira kira kalo mau di buat jadi rangkaian menjadi 4 led..
    kira kira resistor nya brapa ohm?
    lebih baik 4 buah di seri langsung?
    ato 2 seri kemudian di pararel?

    • tiap LEDnya makan brp volt?
      kalo tiap LED makan 3.2V, maka kalo diseri bakal 3.2V * 4 = 12.8V butuh voltasenya.
      ya gpp sih, toh kalo di motor voltasenya kisaran 12.4 ke atas …. gak keliatan di mata kalo pas dpt 12.4V :D

      • led nya saya gak tau nilai voltnya?
        yg saya tw pass saya beli orgnya blg 0,5 watt,
        kalo sya seri jadi 2 led
        kemudian dipararel pke resistor bro ohm mas?

  9. Katanya pengaruh ke ICU,ICU itu apa sih gan,ane gak ngerti.ma’af gan tanya,AHOnya ane kasih saklar,saklar 10A punya kaki 3,yg ada lampunya,yg 2 wrna pth yg st kuning tmbga.masang e ane ptus kbel warna kuning dari kiprok yg menuju saklar dimmer,saklar ane pasang tp lampu saklarnya kok gak nyala gan.truz ane jg pasang lampu led mdel cumi,ane konek lewat lampu belakang,+lmpu led ane smbung pd kbel hijau(ground) truz min lampu led ane sambung ke kbel kning,tp kalo ane balik kok gak mau nyala gan led nya.knpa kok bs gt gan.truz lampu belakang yg asli ane ganti ma lampu accesoris led kedip2,tp gk mau nyala kalo mesin dihdpin,nyala kalo direm aja.mhon infonya gan.klo bs mnt almt rmh gan,ntr ane bs lngsng krmh gan.

  10. trus gimana caranya gan ngatur jalur lampu belakang kalo dipasangin lampu led kedip2.tidak ada pngaruhnya kan gan kalo ane pasang pernak pernik lampu led.

    • pertanyaannya gak usah multiposting … saya bingung bacanya :D

      Dari jaman purba ampe sekarang LED gak bisa terbalik polaritasnya … kalo terbalik gak bakal nyala :D

      LED jg gak bisa dihajar arus AC (kebanyakan motor metik & bebek, jalur senjanya masih AC). Karena AC bolak balik … plus minus, minus plus, dst … saat plus di jalur anodanya, LED nyala … tp saat plus di jalur katodanya, LED gak nyala … hanya saja frekuensi bolak balik listrik AC terbilang cepat, jd nyala-mati-nyala-mati LED gak begitu kentara di mata …

      Jadi, baiknya diubah dulu arusnya ke DC … salah satu caranya dgn menambah dioda di jalur plus senja yg menuju LED …

  11. gimana dimensi untuk sablon gambar seperti yang di atas mas bro.?? itu seukuran koin 500 kan ? kalau di print apa gak kegedean mas ? apa perlu di rezise lagi ?

  12. gan . ane pngen blajar ni bikin lampu senja sama stoplamp pakai led di motor supra x 125 r ane,, tp ane msih bingung sama cara2nya ,, ane mohon bimbinganya donk gan,, hehehe
    thanks ,,

  13. tadi siang . saya sempet utak atik motor saya honda blade lawas . saya udah ganti speedo jadi indiglo . pake pcb angel halo yang isi 30 led. lednya saya series .

    biru baris 1
    merah baris 2
    kuning baris 3
    hijau baris 4
    putih baris 5
    biru baris 6
    merah baris 7

    saya kasih resistor 20ohm total keseluruhan led ada 24 soalnya sisa 6 nya saya potong. dan saya kasih regulator lm7812 bisa nyala warna yang lain. tetapi warna merah aja gak nyala ?? kenapa ya?

  14. bole request nga mas .. bole minta source data nya yang buat AE ini .. soalnya butuh edit sendiri buat sein megapro temen . soalnya kemaren make pcb002 itu salah .. puyeng harus pake yang baru lagi??

    kira2 klo di edit pake adobe susah nga mas .? aku dulu pernah bisa photoshop sekarang udah lupa.

  15. bang ini gambarnya kemaren saya save trus saya edit di open office .. sy print.? kok jadinya buesar ya gambarnya 3x lupat ?? nga seperti yang mas buat ? padahal ndak saya resize ???

    klo di kecilin pake software apa lagi ya ?

      • ya klo disini kan di warnet mas ? di print langsung nga isa . harus ke save data dari cpu client ke cpu operator untuk ngeprint nya ??
        kalau page setup nga isa di mspaint . di disable ama admin ?
        kalau mas tau presisi nya size aktual nya berapa ? maklum warnet jadul nih nga ada microsoft office adanya open office !! takut ketahuan microsoft mungkin make microsoft office. klo sudah tau aktual size nya yang asli seperti milik mas ? nanti tinggal di copy di office draw ? tinggal print sebanyak2 nya ?

        yang saya tau koin 500 perak itu presisi tinggi dan lebar sekitar 27 mm.

  16. rencananya sih mau bikin strobo mas dengan ae ini mas . tapi katanya pake power transistor yg kuat buat ngangkat 8 series led ? maklum mas klo make relay2an aku kurang paham klo make ic dan ngerangkainya mungkin saya rada paham ^^

  17. sekali lagi maaf merepotkan mas untuk menjawab pertanyaan saya .. saya kemaren minta operator untuk print foto yg mas kirim di imel saya . saya coba print tapi pake original size!! ukurannya gede mas 3x lebih besar dari koin 500 perak??

    klo mas tuh make software apa untuk print ke original size nya ? disini ada photoscape tapi saya nga tau bagaimana untuk mengukur menjadi koin 500!!

    sekali lagi maaf merepotkan dari pertanyaan saya yang kurang ilmunya ini :)

  18. saya disini ada nya Acdsee, photoscape, openoffice, Gimp 2. nah ke 4 tool diatas tuh yang hanya disediakan warnet. klo di flashdisk saya adanya cmn corel draw !! itu juga corel draw download dari internet . dan juga saya kurang belajar dan memahami corel draw??

  19. oh ya mau tanya lagi mas ?? klo vektor nya ini kira2 saya print dengan ukuran normal nya setelah saya save .. bisa nga di bawa ke tukang sablon di perkecil trus di sablon.??

    saya sudah coba berkali² dengan cara fotocopy trus saya setrika . hasilnya selalu kurang bagus.. dan banyak tembaga yg masih terlapisi kertas jadinya tembaganya kurang terkorosi oleh ferit cloride.

    bisa nga kalau buat per 2 buah led dengan resistor . di remake ulang vektornya ? thanks

  20. Aslm. Gan, ane mau cb buat untk lmpu senja. Kalo pake led bekas lampu emergency it led yg brp watt n brp ampr y gan. Cz bnyk ni bks lmpu emrgncy drmah. N pke R yg brp klo klstriknny msh stndar (tnpa regulator tmbahan). Mtor ane mio sporty gan..

    1 lg gan, kloane buat untk bntuk yg lurus n semuanya paralel pke 5 led dg led bkas lmp emrgncy juga, pke R yg brp gan?
    Mhon bntuanny..

    • tergantung gan . klo led merah.kuning.hijau biasanya volt nya 1.7 sd 2.0 klo biru dan putih biasa nya 3.0

      coba cari di google led calculator parrarel. klo menurut saya putih 5 baris parrarel pake resistor 100ohm 1/4 watt ngangkat kok. cari yang aman aja jangan lebih rendah nilai resistornya

  21. Gan, mau tanya skalian minta bantuan pencerahan, mumpung masih ada hubungannya dg LED :D
    smoga gak keberatan..
    saya kmrn beli LED yg model jagung 9 titik utk lampu senja T10 tancep, warna putih 2 n biru 2,
    biru saya pasang ke senja n indikator lampu jauh, yg putih utk lampu speedo n indikator FI, masalahnya stlh saya pasang n putaran mesin tinggi, warna biru 2-2nya putus, sedangkan warna putih msh aman, padahal 2 biru n 1 putih sama2 dapet dr sumber AC kiprok, kalo 1 putih yg FI kan aman dr Aki.
    cara mengatasi biar lampu senja n indikator lampu jauh tdk putus dikasih R brp ya tp biar tetep terang? saya pernah baca katanya dikasih dioda tmbhn, tp kalo dipikir arus dr kiprok kan udah DC walau halfwave.
    Terima kasih sebelumnya.. :)

  22. gan, nyari pcbnya dimana ? ane udh beli papan pcb polos dan udh di tempel skemanya tapi bingung mau motong gk bisa.. solusi ada gk gan…. kalo gk dmn gitu tempat beli pcb bisa mesen….. ada gk gan ? atau sodara2 di sini ada yg bisa potong papan pcb tolong kasih tau dong gan… udh buntu nih…

  23. gw bkin powersupply tanpa trafo dg c 534j 400v dan r 470ohm. gw nyalain 4 led diseri, kok gk nyala? ada yg putus. gw nyalain paralel, redup cahaya nya.

Leave a Reply

