Ini tutorial modifikasi bohlam H4 yang menggunakan soket H6 dari suhu seppun@kaskus.us.
Jadi, buat motor bebek/matic yang headlamp-nya masih bersoket H6 tapi pengen aplikasi halogen H4 di motornya, bisa coba cara ini.
————
Pertama, tentu siapin bohlam H4 yang mau digunakan …
Cabut bohlam H4 dari rumahannya … caranya? Hancurin rumahannya. Tp inget, jangan sampai bohlamnya ikutan hancur 😀
Kalo sudah, sekarang giliran bohlam H6 yang dihancurin. Tapi kali ini hancurin bohlamnya, karena yang mau kita pakai adalah rumahannya …
Inget, bohlam ini bisa mengandung tekanan gas. Memecahkan bohlam secara terbuka bisa saja bikin serpihan kaca muncrat ke mana-mana. Cara yang lebih aman, bungkus bohlam dengan kain, dan pecahkan di dalam kain.
Selanjutnya, pasang bohlam H4 ke dalam rumahan H6 …
Rapikan ujung-ujung rumahan H6 hingga bohlam terjepit sempurna … biar nggak copot kalo melibas jalan bergelombang & lubang jalan 😀
Selesai … seka bohlam tersebut dengan tisu + alkohol. Ini untuk menghilangkan bekas sidik jari dan lapisan lemak/minyak di kaca bohlam. Kalo enggak, bohlam akan mudah putus 😀
Selanjutkan tinggal dipasang lagi ke headlamp … tapi inget, kaca bohlam jangan tersentuh tangan/jari 😀
Hasilnya, hi-beam tetep sama seperti standar H6. Cuma lo-beam rada maju ke depan. Dan tentu aja terang. Yup, karena bohlam H4 punya spek 50~60W, jauh lebih tinggi dibanding H6 yang punya spek 35W.
yen rung tau bongkar pasang dijamin H4 bisa pecah kaca bolame waktu jepit ke rumah H6
Aki tekoooorr……
Reflektor leleeeeeehh……
60w dipasang di reflektor bebek apa kuat tahan panas ?
Wah… bahaya nih lek gak ama ahlinya….
gak perlu ahli …
yg penting paham, sabar, teliti 😀
Sip2… beli bolam 20 biji gitu…
Trial n error… wkwkwk
huehehe 😀
kadang pengalaman butuh pengorbanan 😀
belum nyoba,,,,,…..tapi ane dah ganti h4 sekalian
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/17/harga-cbr-250-di-wonogiri/
infonya bagus gan, biar kaca H4 gk pecah & lbh kuat, mungkin bs ya klo dilem aja pke lem tahan panas
lem dimananya?
Oyah… tu nyambungin kawat dari tabung bolam h4 ke rumah h6nya gimana?? Disolder atau dijepit aja..??
kalo bisa disolder, ya disolder … kalo bisa dijepit, ya dijepit …
pilih mana yg enak & aman aja 🙂
bisa tolong bikinin ga bro ?
ane udah nyoba, tapi gagal..
gan, klo di beat kan spek lampu standarnya 32/32 Watt, klo diganti dgn H4 yg wattnya lbh gede, dgn kondisi kelistrikan msh standar, apa cukup buat ngangkat H4 50-60 watt ?
gak 🙂
misalnya ditambahin pke rangkaian inverter gan, biar wattnya nambah ?
inverter tuk nambah voltase, tp arusnya bakal turun …
WATT_awal = WATT_akhir ==> VOLT_awal x ARUS_awal = VOLT_akhir x ARUS_akhir
jadi kalo voltasenya dinaikin, otomatis arusnya jd korban, alias turun, dan sebaliknya …
itu udah hukum energi 🙂
om bro… ane ud nyoba alhamdulillah berhasil lampu terang tp panas, trus ane pasang d mio dan ane coba jln slama 1 jam lampu mati total tp saklar hibeam nyala trus padahal posisi saklar diposisi lowbem, trus ane ganti lg pake lampu standart alhasil mio ane normal lagi…… solusinye gmn ye bro
good idea gan
ini idenya om seppun kok bro 🙂
saya cuma mindahin ke blog …hehe
wah,, awas,, reflektor ledeng,, 😮
Gan, kalo bohlam H4 ato H6 Dicabut trus dudukannya pake T10. Aman kagak yah? Soalnya kan kawatnya deketan.
biasanya soketnya yg gak kuat 🙂
Bisa angus gituh maksudnya gan?
Kalo untuk tingkat kePanasan lampu(bohlam) lampu yang dinyalakan dengan kondisi lampu ngikut putaran mesin(msh AC) ato lampu yang stabil (DC).
Panasan mana itu gan?
sama aja masbro …
asalkan range dayanya tercapai (watt), saya rasa sama efeknya 🙂
Nyimak sekalian komen brat…
Klo kita pakenya led bukan pake bohlam apa jadinya ya??
kira2 meleleh gak soket t10-nya…
Mau test nie….
Terima kasih udah berkunjung mas, ini adalah kunjungan balik! artikelna keren!
tu H4 ya ad 3 kawat yg d’pake yg mn j gan
tiga2nya … 1 low, 1 high, 1 ground.
mantep nih…
knapa ga pake h4 35W aja bro seperti philips yang dipake kawak athlete??
kalo pake 55/60 w pasti meleleh reflektornya n aki tekor..:)
kebanyakan motor bebek & matik tipe soket H6 masbro … sementara tuk >35W rata2 tipe H4 semua 😀
kalo meleleh, seharusnya reflektor ori kuat ampe 75W, bahkan ada yg nyoba 100W gak masalah. cuma, apakah bohlam tsb diklaim “UV filter”? karena sebenernya radiasi UV lah yg bikin meleleh.
pengen nyobain gak berani mecahin lampunya.
Oh ya, bukannya lampu halogen haram buat terkena jari-jari manusia gan ? katanya ntar cepet redup/putus/pecah/dll ? jadinya gimana tuh apa dibersihin aja cukup ?
terus ini khusus yang udah fullwave ya ? kalo masih pake kiprok original kayaknya gak kuat nih ngangkat lampu H4
karena jari biasanya mengandung minyak/lemak … & kaca bohlam halogen anti ama begituan 😀
dipegang gpp, tp dibersihkan lagi sebelum dinyalain.
kalo blom fullwave kan masih ikut spul suplai lampunya om …
cuma ya itu … bakal gak terang, terutama di rpm rendah ..
sukses dah pake halogen H4 di beat ane 😀 walau listrik lampu masih AC.. terang kok.. (tapi mesti buka gas dulu :hammer: )
hehe 😀
atau tambahin resistor 680ohm di jalur lampu yg nancep di kiprok om … jd sebelum nancep ke kiprok liwati resistor dulu … lumayan naik regulasi suplai lampunya 🙂
jd pgn nyoba, dh pke halogen trsa msh krg trang
it filamen Hi or Low ny yg gmn gan?
Gan, ane pengen coba nih. Cuma ane takut relflektornya meleleh…. Ane pake relflektor asli. skrg ane pake H6 2x 35/35watt. Kalo ane mau ganti pake cara di atas berarti kan di hajar tipe H4 2x 60/55watt
Kuaaat ga yaa tuh reflektor ???
Takut meleleh kan berabe tar.. 😀
om kalo ngakalin di reflektornya gmana, ada gak yg jual adaptor buat h4 ? jd adaptor h6, diganti h4….
adaptor gmn maksudnya om?
adaptor soket H6 ke H4 maksudnya? kayaknya gak ada 😀
kalo ganti fitting H6 ke H4, mgkn bisa … tp nge-retrofit-nya yg rada ribet ……. kalo pasangnya miring, ya miring semuanya 😀
Omm, mau tanya.
Kalo ganti H4 kayak diatas apa kuat reflektornya ? Terus aki standar 3Ah apa sanggup handle 60/55watt ???
Kondisi udah fullwave motor ane.
Trimakasih 😀
reflektor masih kuat …
aki sutandar 3Ah jg kuat asal udah sistem fullwave …
Motor ane udah fullwave gan kondisi normal, beban cuma klackson hella 1biji sama lampu sein masih standar. Lainnya LED semuanya.
Tapi kalo ane hitung aki standar 3Ah cuma bisa handle 36watt doang sedangkan lampu H4 60/55watt gan… Gimana tuuhh lebih dari kemampuan aki .. Ane bingung gan
Kayaknya ane udah pernah jelasin arti “Ah” pd aki & gmn sistem kerja kelistrikan di speda motor 🙂
jepitannya apa kuat klo kena goncangan
ya pinter2 ngejepitnya 😀
kalo abis dijepit trus dilem power glue, bisa gak om??
gan, ane pake hid H6 merk endleslite.. tp ane rasa cahayanya terlalu nyebar.. rencana pengen upgrade ke projie tp tetep make bohlam hid H6 ane.. bisa ga sih gan bohlam H6 Hid diaplikasi ke model proyektor? mohon jawabannya gan.. trims 🙂
saran masukan ya pasti terang lampu tapi dalam kecepatan tinggi,asal suplai kiprok diganti sama arus dari standar h4,ples dibntu pake rilay biar aki ga tekor,pengalaman kalo ga pas jepitannya kena refektor pasti mleleh,ada kan lem anti panas beli aja sdikit
Pake Halogen H-4 LED aja sederek2 hehe, sudah ada neh barangnya. Top Markotop mas Bro idenya.
modifikasi berhasil, tapi kok jadi redup ya mas bor. w pasang 100/90watt di supra. (jalur lampu utama ane ambil dari jalur cas aki) kalo pasang halogen 30/35watt super terang. salah dimana ya mas bro…??
bagaimana kalau kuping/ sayap H4 nya saja yang dipotong atau dipapas ?, masuk nggak ke rumahan H6, jadi tinggal mikirin gimana caranya agar bola H4 tidak lepas saat di pasang di rumahan H6, kalo main pecah-pecahan bola H6 kayanya terlalu beresiko, hehehehehe
gan, kawat ground pada bohlam h4 yg menempel pada kedua filamen ya (jauh & dekat)? yg ground cuma nempel di bodi lampu kan?
alhamdulillah udah berhasil masang lampu H4 55/60 W di motor bebek jadul, tanpa main pecah-pecahan, cukup lepas kuping lampu H4, pasang di rumahan lampu H6, tinggal kasih penahan agar lampu terkunci. beress