Modifikasi: Bohlam H4 bersoket H6

Ini tutorial modifikasi bohlam H4 yang menggunakan soket H6 dari suhu seppun@kaskus.us.
Jadi, buat motor bebek/matic yang headlamp-nya masih bersoket H6 tapi pengen aplikasi halogen H4 di motornya, bisa coba cara ini.

————

Pertama, tentu siapin bohlam H4 yang mau digunakan …

gb1. Bohlam H6 (kiri) & bohlam H4 (kanan)

Cabut bohlam H4 dari rumahannya … caranya? Hancurin rumahannya. Tp inget, jangan sampai bohlamnya ikutan hancur :D

gb2. Bongkar bohlam H4 dari rumahannya

gb3. Bohlam H4 sudah terlepas dari rumahannya

Kalo sudah, sekarang giliran bohlam H6 yang dihancurin. Tapi kali ini hancurin bohlamnya, karena yang mau kita pakai adalah rumahannya …
Inget, bohlam ini bisa mengandung tekanan gas. Memecahkan bohlam secara terbuka bisa saja bikin serpihan kaca muncrat ke mana-mana. Cara yang lebih aman, bungkus bohlam dengan kain, dan pecahkan di dalam kain.

gb4. Bohlam H6 diambil rumahannya doang

Selanjutnya, pasang bohlam H4 ke dalam rumahan H6 …

gb5. Bohlam H4 dipaksa masuk ke rumahan H6

Rapikan ujung-ujung rumahan H6 hingga bohlam terjepit sempurna … biar nggak copot kalo melibas jalan bergelombang & lubang jalan :D

gb6. Hasil akhirnya seperti ini

Selesai … seka bohlam tersebut dengan tisu + alkohol. Ini untuk menghilangkan bekas sidik jari dan lapisan lemak/minyak di kaca bohlam. Kalo enggak, bohlam akan mudah putus :D

Selanjutkan tinggal dipasang lagi ke headlamp … tapi inget, kaca bohlam jangan tersentuh tangan/jari :D

Hasilnya, hi-beam tetep sama seperti standar H6. Cuma lo-beam rada maju ke depan. Dan tentu aja terang. Yup, karena bohlam H4 punya spek 50~60W, jauh lebih tinggi dibanding H6 yang punya spek 35W.

About these ads

47 thoughts on “Modifikasi: Bohlam H4 bersoket H6

  1. gan, klo di beat kan spek lampu standarnya 32/32 Watt, klo diganti dgn H4 yg wattnya lbh gede, dgn kondisi kelistrikan msh standar, apa cukup buat ngangkat H4 50-60 watt ?

  2. om bro… ane ud nyoba alhamdulillah berhasil lampu terang tp panas, trus ane pasang d mio dan ane coba jln slama 1 jam lampu mati total tp saklar hibeam nyala trus padahal posisi saklar diposisi lowbem, trus ane ganti lg pake lampu standart alhasil mio ane normal lagi…… solusinye gmn ye bro

    • kebanyakan motor bebek & matik tipe soket H6 masbro … sementara tuk >35W rata2 tipe H4 semua :D
      kalo meleleh, seharusnya reflektor ori kuat ampe 75W, bahkan ada yg nyoba 100W gak masalah. cuma, apakah bohlam tsb diklaim “UV filter”? karena sebenernya radiasi UV lah yg bikin meleleh.

  3. pengen nyobain gak berani mecahin lampunya.
    Oh ya, bukannya lampu halogen haram buat terkena jari-jari manusia gan ? katanya ntar cepet redup/putus/pecah/dll ? jadinya gimana tuh apa dibersihin aja cukup ?
    terus ini khusus yang udah fullwave ya ? kalo masih pake kiprok original kayaknya gak kuat nih ngangkat lampu H4

    • karena jari biasanya mengandung minyak/lemak … & kaca bohlam halogen anti ama begituan :D
      dipegang gpp, tp dibersihkan lagi sebelum dinyalain.

      kalo blom fullwave kan masih ikut spul suplai lampunya om …
      cuma ya itu … bakal gak terang, terutama di rpm rendah ..

      • sukses dah pake halogen H4 di beat ane :D walau listrik lampu masih AC.. terang kok.. (tapi mesti buka gas dulu :hammer: )

      • hehe :D
        atau tambahin resistor 680ohm di jalur lampu yg nancep di kiprok om … jd sebelum nancep ke kiprok liwati resistor dulu … lumayan naik regulasi suplai lampunya :)

  4. Gan, ane pengen coba nih. Cuma ane takut relflektornya meleleh…. Ane pake relflektor asli. skrg ane pake H6 2x 35/35watt. Kalo ane mau ganti pake cara di atas berarti kan di hajar tipe H4 2x 60/55watt

    Kuaaat ga yaa tuh reflektor ???
    Takut meleleh kan berabe tar.. :D

    • adaptor gmn maksudnya om?
      adaptor soket H6 ke H4 maksudnya? kayaknya gak ada :D
      kalo ganti fitting H6 ke H4, mgkn bisa … tp nge-retrofit-nya yg rada ribet ……. kalo pasangnya miring, ya miring semuanya :D

  5. Omm, mau tanya.
    Kalo ganti H4 kayak diatas apa kuat reflektornya ? Terus aki standar 3Ah apa sanggup handle 60/55watt ???
    Kondisi udah fullwave motor ane.
    Trimakasih :D

      • Motor ane udah fullwave gan kondisi normal, beban cuma klackson hella 1biji sama lampu sein masih standar. Lainnya LED semuanya.
        Tapi kalo ane hitung aki standar 3Ah cuma bisa handle 36watt doang sedangkan lampu H4 60/55watt gan… Gimana tuuhh lebih dari kemampuan aki .. Ane bingung gan

  6. gan, ane pake hid H6 merk endleslite.. tp ane rasa cahayanya terlalu nyebar.. rencana pengen upgrade ke projie tp tetep make bohlam hid H6 ane.. bisa ga sih gan bohlam H6 Hid diaplikasi ke model proyektor? mohon jawabannya gan.. trims :)

  7. saran masukan ya pasti terang lampu tapi dalam kecepatan tinggi,asal suplai kiprok diganti sama arus dari standar h4,ples dibntu pake rilay biar aki ga tekor,pengalaman kalo ga pas jepitannya kena refektor pasti mleleh,ada kan lem anti panas beli aja sdikit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s