Fullwaving Honda Supra X 125 & Karisma

Modifikasi fullwave di Honda Supra X 125 (HSX125) dan Karisma lebih gampang … nggak ada jalur spul lampu … cuma 2 tap solder di stator … satu tuk jalur charging dan satu lagi tuk grounding. Identifikasinya gampang … tab ground ada kabel hijau tersolder di situ — kabel hijau di Honda artinya jalur GROUND :D — Jadi, kawat spul yang tersolder di tab itu, pasti “ground spul” …

Stator Honda Supra X 125

Stator Honda Karisma juga mirip-mirip …

Stator Honda Karisma (maaf fotonya burem)

Modifikasinya masih tetap sama … kawat spul yang nempel di ground/bodi (A) harus dicabut dari tab ground … trus disambung ke kabel tambahan untuk dijadikan input AC ke regulator fullwave, sama seperti kabel putih pada stator.

Langkah selanjutnya sama seperti modifikasi fullwave di motor-motor lainnya …
Ganti regulator bawaan motor dengan regulator fullwave, misal, regulator Honda Tiger …
Pindah-pindah sedikit jalur-jalur kabelnya (bisa lihat di artikel “Fullwave: Instalasi Regulator Honda Tiger“).

Ntar saya lengkapi lagi skemanya … kalo sempat :D

Wasalam

121 thoughts on “Fullwaving Honda Supra X 125 & Karisma

    • lumayan banyak …
      terutama pengisian (charging) jd lebih cepat & optimal … bisa handle beban ampe 10A per jam (tergantung spek spul & kiprok).

      kalo charging udah optimal, beban2 listrik seperti headlamp & aksesoris elektrik, bisa ngikut aki (DC) yg outputnya lebih stabil, gak ngikut rpm mesin … nyalanya bakal optimal jg … gak perlu tarik2 gas cuma tuk bikin nyala lampu jadi terang … dan tentu, gak takut aki tekor :D

      dan sebagainya :)

    • motor apapun, asalkan dia punya alternator, regulator/kiprok, dan aki, berarti punya kemungkinan tuk fullwave ….
      basic, semua sama … floating ground spul (disconnect spul dari ground) + mengganti kiprok yg diperuntukkan fullwave.

  1. ane dah make fullwave di motor bebek sama matic tuh.
    tarikan motor jadi lebih enteng,,lampu lebih terang dari biasanya apalagi pake halogen yg branded tambah ajib terangnya. hid apalgi. yg suka pake lampu led sangat recomen nih jamin awet lampu lednya
    kalau kiprok pake punya tigi bisa jadi rujukan.
    boleh juga pake yg aftermarket ada juga yg bisa disetel voltasenya
    yg paling enak bebek sama matik yamaha (keculai vega r dan new vega r harus modif spull) ga perlu modif spull tinggal pasang kiprok dc sama ubah jalur kelistrikan beres deh

  2. Makasih om ngebantu ane banget,Ane kira buat pindah ke fullwave hrs gnt mcem2 trnyata nggk ya om…
    Tp klo siang kan penggunaan lampu(yg sdh difullwave)hampir gk trpakai om trs kelistrikan yang lain jg gk banyak om,apa nantinya gk ngerusak akki nya sndiri om???

  3. gan katanya tukang hid regulatornya supra x 125 yg model lampu dua udah ‘otomatis’ jd ga usah ada pergantian ke regulator tigi
    Ane jg ga ngerti maksud otomatis itu apa
    Jd tinggal ubah ke dc pasang dah hid tp cuman satu biji hidnya
    Apa bener atau ada yg kurang tuh gan menurut agan ?

    • yg kita utak-atik dlm modip fullwave ==> sumber listriknya, alternator, biar outputnya lebih optimal.
      regulator cuma ngikut ganti karena spek spul udah berubah dari “earthing” ke “floating” …

      monggo dicoba, install HID gak usah modip spul + ganti regulator …
      saya gak bilang “gak bisa”, cuma “gak jamin” gak tekor :)

      • nah itu dia gan ane bingung jg
        Kalo si tukang hid mah tetep ngomong udah otomatis
        Mungkin agan paham otomatis maksudnya apa hehe :malu:

        Kalo pemahaman ane
        Kalo di FW otomatis regulatornya jg harus tipe dc kan yah gan di genti ama yg semacam punya tigi

      • haha .. ane jg gak ngerti maksudnya “otomatis” yg gmn :D
        ente perhatiin aja, kabel dari spul lampu ama kabel ke jalur lampu (kuning) masih join …
        trus otomatisnya dimana?

        regulator lah yg bakal konvert ke DC, semua regulator fungsinya begitu.
        cuma, punya tigi tuk 1-phase … kalo standar bebek 1/2-phase.

  4. Pingback: Fullwaving Supra X 125 PGM Fi | Forum Indonesia
  5. aduh bentar gan takut salah nyambung nih
    Jalur lampu ama output kontak tuh yg warna apa nih gan ?

    Oia gan
    Pas kemaren bongkar spull nya ane nemuin 3 kabel gan
    Putih ama ijo 2 biji
    Nah ane jd ga pake kanel tambahan gan
    Jadi ane make aja satu kabel ijo yg ada 2 ntu gan
    Kabel ijo yg satunya nyambung ke bagian kotak kecil gt. Kata temen itu sensor katanya..
    Jad kabel ijo itu ane gabungin awat kawat lilitan spul
    Di cek continuiti oke gan
    Cek ga pake aki jg bisa nyala
    Trus pengisian normal
    Kontak on 12.8an vol
    Langsam 12.9-13.00 vol
    Mesin full + beban 14.8 vol mentok gan
    Gmna tuh gan ?

  6. suhu tanya donk..baru2 ini saya fullwavein supra x 125d saya.
    semua berjalan lancar
    cabut baterai bisa start
    kontak on no beban 12,5v sekian
    kontak on mesin on lampu 2x 35watt 12v sekian (idle)
    full gas(12v an aja) ga sampai 13 volt

    pertanyaan saya kenapa ga bisa lewat dari 13volt ya apakah spull saya lemah?apakah kiprok tiger saya yang ga bagus?

    kebel pin 2 uda langsung dari kunci kontak on punya dan disambungkan dengan kabel kuning yang untuk lampu utama.

    sekring sudah saya ubah ke 15A semuanya
    kabel soket spul ke kiprok uda diganti dengan kabel yang tebal dan kabel positif dan negatif sudah langsung kebaterai..

    ketika berjalan agak lama suara klakson keong mulai menciut suaranya.

    NB : Kiprok Tiger Bin* Part*
    Kondisi Aki Kering Asli bawaan motor.

    thanx before

      • nah uda ada pencerahan ni..tadi baru beli kiprok Fuku**** dan pasang test jalan untuk sementara blom tekor baterainya..tapi tadi test geber pake avo meter masih tetep 13v mentok no beban dan klo ada beban lampu di 12.7v gt..

      • nga.. aku tarik kabel baru trus di hubungin ke relay.. jadi jalur asli cmn buat trigger si relay tsb..klo nga ga tahan kurasa kabelnya klo langsung dari kabel asli nya.. kemaren pemasangan FW sempat kebakar kabel ku karena terlalu tipis isinya dan karena kena panasnya rangka mesin untung ga nyamber ke perangkat lain..hehe..jadi buat yang mau FW harap perhatikan lokasi perkabelan dan besarnya kabel..

  7. suhu, nanya ya. saya sudah fullwave Supra X 125 R sekitar sebulan tiga bulan maknyus. beban terberat kayaknya cuman hid projector 35w ber-ballast 35w hylux (konon “katanya” nyedotnya lebih dari 35w). Aki upgrade 5A.
    sekitar 4 hari yang lalu saya di jalan bau seperti air kena kenalpot panas, setelah itu gejala bunyi mesin mau mati di putaran rendah (kayak motor harley yang sehat atau bisa juga motor honda yang filter bensinnya kotor), biasanya nggak kayak gt.
    2 hari yang lalu projector udah kiyip-kiyip dan off. curiga di voltase, saya ukur 11.6 volt. kemudian ke buka spool ada gosong dikit banget di beberapa tempat, tapi diukur ohm meter ga ada short.
    ketika mesin on, bila sekring aki dicabut dah mati total.
    kiprok dah coba diperbaharui, produk AHM. tapi adem, ga ada reaksi heating. sama dengan kiprok sebelumnya.
    dari spul diukur AC 19Volt, dari kiprok out diukur DC 18V.
    tapi ke kalo dihubungkan ke aki, ketika gas dinaikan, voltase turun 11.4 v (mungkin dari kiprok dah ga ada tenaga ngisi, walopun dicek ada out DC 18V tanpa dihubungkan ke aki).
    lama-lama aki abissss jadi 9.8v.

    pertanyaannya, suhu :
    - kira-kira memang spulnya yang udah lemah, atau faktor sebelum spul (pengapian lain misalnya coil), karena di voltmeter masih ada tegangan AC.
    - berapa tegangan AC spull tanpa beban kiprok yang normal?
    - berapa tegangan DC kiprok tanpa beban aki? apakah sama 14.8 max?

    mohon bantuannya suhu. motor ane dirumahkan saat ini. bingung apa mau beli spull, apa faktor lain.

    • gosong dari mana bro?
      short di spul kadang gak “keliatan” di multimeter kalo ngukurnya thd ground. karena blom tentu short ke ground. kebanyakan short ke kawat di sebelahnya/di bawahnya. otomatis panjang kawat berkurang. ini bikin voltase output turun.

      [1] tegangan AC dari mana? setau saya voltmeter tuk kendaraan cuma bisa baca DC. kecuali voltmeter yg dimaksud adalah multimeter :)

      [2] tegangan AC tergantung regulasi kiprok jg. biasanya >16VAC, tergantung rpm.

      [3] tegangan output kiprok tanpa aki, variatif. yg jelas regulasi gak kerja normal karena gak ada referensi. output kiprok bisa melejit >16VDC.

      coba dilap spulnya, di bagian yg gosong. apakah email kawat kumparan terkupas?

      • o ok, short blm tentu dgn ground ya suhu. kmrn sih cuman liat sekilas di beberapa spot ada kabel gosong (dibanding dengan waktu mbuka dulu sblm fullwave), nggak ngerti bahwa langkah selanjutnya dilap dulu dan cek apakah ada yang kelupas atau tidak.

        1. tegangan AC diukur pakai multitester sih, suhu. saya mau pasang voltmeter motor deh, kapok ngga ada indikator.

        2. dan 3. yang agak heran, kl output kiprok ngga disambung ke + – aki, masih ada output, tapi begitu ke aki, kayak ada kabel yang kendor diantara soket dan penjepit (soket-soket sudah dicek semua). tapi kemarin pagi saya sedang pesen gulung spul. semoga saja bener tebakan saya. jadi ngga ada cek lagi komponen lain. kasian liat motor saya curumut nungguin rumah.

        nanti saya laporkan ke suhu kalo sudah pasang spul pesenan.

        trim’s, suhu.

      • oke om … ditunggu hasil pengobatannya :D
        gulung ulang gak mubajir kok … asal minta spek kawat yg lebih tebal dikit & lebih panjang (gulungan per kren diperbanyak). langsung minta gulung fullwave tanpa sambungan.
        hasilnya, output bakal meningkat dibanding spul dgn gulungan pabrikan.

        install voltmeter, rekomen sih. jd bisa mantau fluktuasi kelistrikan kpn & dmn aja :)
        di fjb kaskus banyak yg murmer & bagus tuh … hehehe

  8. wadoh suhu, kok sama ya.
    apa aki kalo udah drop ke 11,6 Volt, sama kiprok tiger nggak mungkin bisa full lagi ke 12 Volt (dalam keadaan pengisian sempurna) setelah diajak jalan kira-kira ngebut (rpm tinggi) selama 2 menit?
    saya udah cek keluaran spull bisa sampai AC 58 Volt (bila tanpa sambung ke kiprok).
    keluaran kiprok pun ada 18 Volt bisa naik terus tergantung rpm (tanpa output yg disambung ke aki). tapi kalau udah sambung aki, duh… 11,8 Volt.
    rpm dinaikkan, voltase turun nol koma sekian.
    kenapa terjadi setelah tiga bulanan ya.
    kalo hid dihidupkan, terjadi drop voltage tapi lampu masih bisa hidup.
    suhu, apakah aki harus saya charge dulu sampai full ? gimana cara mengecek spull dan kiprok bekerja dengan sempurna (selain dari multitester) ? kiprok sendiri saya dah beli yang AHM kemarin waktu menyangka kiprok dingin yang terpasang itu dah ngga bekerja lagi. rupanya kiprok baru pun dingin.
    mohon petunjuk suhu.

    • meski aki empty (9V) masih bisa di-charge di motor. rada lama memang …

      kalo voltase turun sementara rpm naek, yg error kiproknya …
      btw, ati2 om, yg “cap AHM” pun blom tentu original …

  9. Bro, ane mau tanya : Supra x125 (double lamp) ane udah pake kiprok fullwafe, aki udah ane ganti yg 5A. Lampu yg 1 ane pake HID. Sekring yg cocok ukuran brp ampere ya,bro. Soalnya sekring ane meleleh. Padahal sekring baru ane ganti sekitar 1 bulan yg lalu. Mohon bantuannya,bro. Terima kasih.

    • sekring yg mana bro?
      bawaan motor atau bawaan HID?

      cara nentuin brp ampere sekring yg diperlukan adalah dgn mengukur total arus yg mengalir di terminal sekring. dpt brp A jika semua beban listrik menyala? dari situ kita bisa prediksi brp A sekring yg diperlukan.

      saya biasanya naek +5A … misal, kalo awalnya pake 10A, diganti jd 15A …

  10. saya abis jalan2 di website ini mas. Artikel tentang instalasi kiprok tiger sangat bagus berikut tanggapan2 saudara atas pertanyaan pembaca. Saya bener2 bersyukur bisa nemuin blog ini. Prinsip elektro juga g lepas dari semua jawaban komen teman2. Bener2 bisa meluruskan banyak orang yang tersesat dalam mitos2 fullwave. Secara saya juga orang elektro, ada beberapa thread di kask*s yang sedikit saya benci. Dengan modal panggilan suhu, banyak orang yang sepihak membenarkan argumen mereka yang tanpa dasar. Di sini, semuanya tertata rapi dengan tetap berpegang pada prinsip dasar elektrik. Dan pasti thread di kask*s yang saya benci itu bukan thread anda mas.. .

    Hehehe, mumpung lagi online, sekalian saya mau tanya mas. Setau saya, MF aki itu punya charging (current) rate yang sedikit dibawah aki basah. Trus, apakah aman aki MF standar Supra125 maupun MF lainnya menerima tegangan charging kiprok tiger yang defaultnya dirancang untuk aki basah yang charging rate nya lebih tinggi?

    Menurut mas, aki MF merk dan type apa yang direkomendasikan untuk dapat menerima arus pengisian yang gede?

    Semoga saya gak terlambat posting comment di blog ini :-O

    • wah, saya mah cuma jawab yg bisa saya jawab kok bro :D

      btw, ttg aki & arus charging …
      bukankah spul+kiprok gak bakalan ngeluarin arus yg lebih tinggi dari permintaan beban?
      sama kayak listrik di rumah, meski kemampuannya 10A, biar cuma dipasangi lampu 18W sebiji, toh gak bikin lampu putus/jebol kelebihan arus listrik :)
      atau katakanlah genset rumah, spek 3000W, dibebani cuma sebutir lampu 18W (dgn voltase 220VAC, berarti kebutuhan arusnya cuma kisaran 81mA) … toh gak bakal jebol lampunya :)
      begitu jg dgn kelistrikan & sistem charging di motor/mobil.

      kiprok tiger, mampu handle arus 15A, bukan berarti ngalirin arus listrik 15A secara kontinyu.
      begitu jg spul …
      jd, nyatai aja mau pake aki ber-”Ah” kecil … yg jelas makin tinggi spek “Ah”nya makin tinggi jg spek arus charging-nya … betul begitu?
      Dan jgn lupa … aki gak selalu handle kebutuhan listrik di motor. pada saat masuk ke rpm dimana voltase_output kiprok > voltase_output aki, aki bakal jd beban … disinilah “mode charging” dimulai. biasanya kondisi konstan output listrik spul+kiprok mulai di rpm 3000~5000. selebihnya, aki menjadi buffer, meratakan fluktuasi listrik dari spul+kiprok.
      ntar, begitu di rpm rendah, dimana voltase_output spul+kiprok < voltase_output aki, aki kembali jd penopang kebutuhan listrik.

      serahkan aja pd kiproknya … krn dialah yg bertanggung jawab thd besaran output yg harus dialirkan. itulah kenapa kiprok disebut “rectifier-regulator” … dan saya rasa masbro tau definisinya …

      Kalo brand rekomended, saya gak bisa pastiin … denger2 Mottobat jg bagus … Yuasa jg bagus. GS pun saya pakai jg gak masalah :) saya pribadi justru lebih "fokus" ke kemampuan arus maks. yg bisa dikeluarin aki. Meski punya spek "Ah" sama, blom tentu arus output maks.nya sama … katakanlah "CA (cranking amp)" , "reserved capacity" sbg spek sebrp kemampuan aki di kondisi tertentu …

      Cranking Amps (CA) atau Marine Cranking Amps (MCA) adalah nilai yang menyatakan sebrp besar arus listrik yang bisa dialirkan oleh sebuah aki selama 30 detik pada suhu 0°C dan voltase masing2 sel tidak kurang dari 1.2V (atau total 7.2V untuk aki 6-sel).
      ini penting kalo masbro tinggal di lingkungan dingin kyk di puncak gunung bromo misalkan … hehehe.

      Reserve Capacity adalah nilai yg menyatakan sebrp lama aki bisa menghasilkan arus listrik sebesar 25A pada suhu 27°C hingga voltase masing2 sel aki turun di bawah 1.75V (atau 10.5V untuk aki 6-sel).

      *aki 12V, punya 6 sel …

      dan jgn terlalu terpukau dgn merk "luar" :)
      blom tentu speknya sesuai dgn iklim di sini …

      wah, maap kepanjangan :(

      • Mantab mas penjelasannya. :-) Saya penasaran, soalnya dulu waktu kerjain skripsinya teman saya, arus chargin itu tergantung sama tegangan chargingnya. Jadi untuk mempertahankan arus charging perlu feedback arus pengisian dan yang di maintain tetep tegangannya. Soalnya regulator harus ngikuti resistansi dan tegangan aki open circuit selama charging. tapi belum ngecek juga sih karakteristiknya apakah sama antara aki basah dan aki kering.

        But dari penjelasan mas novaera, kayaknya kiproknya lebih pinter daripada skripsi temen saya :-D
        brarti intinya, ga ada keluhan umur aki kering lebih pendek dengan modif FW yah?

      • wah, gak tau ya kalo secara skripsi, hehehe :D

        btw gak da hubungan & efek dari mod fw ke usia aki :)
        selama dlm range “normal” charging & discharging, part2 dlm kondisi baik (spul, kiprok, konduktor/kabel), aki aman2 aja …… hingga waktunya tutup usia :D
        banyak motor2 yg udah fw dari sononya — vixion, tiger, ninin 250, dll … apalagi mobil … gak da kendala … gak ada “ritual” wajib nyalain lampu dgn alasan supaya gak overcharge :)

        modip fw, tujuannya bikin “lebih baek & praktis” … bukan bikin repot … iya gak? :D

    • aki MF spertinya punya tempat ntuk penguapan akibat proses chrging, yg akan dikmbalikan ke penampungn saat bj kembali normal, balik kesitu-situ juga. so far sy pakai FW aman lancar jaya, lum pkai hid sih..

    • vixion udah fullwave masbro … 3-fasa malah :)
      meski lebih baik & efisien dibanding halfwave, fullwave bukanlah suplai tanpa limit …
      jg pasanglah beban listrik sesuai kemampuan …

  11. Gan ane nimbrung ye,.. juga mo nanya, ane midif mio tapi bukan fullwave hanya kabel kuning spul dilangsungin ke kiprok asli bawa an mio, apa aki bisa over charge jika mesin hidup lampu mati !! smoga bang novaera diberkahi oleh Alloh !

  12. om bro
    3hari yg lalu ane ud rubah hsx 125 r jd fw sesuai skema dan kiprok ud d gnti tiger punya merk thailan accu pake satria fu 6 amper trus ane pasang hid 1 + klakson keong hella.
    hari prtama ok punya, stelah bberapa jam sikring pd motor angis smua trus ane ganti yg 10 amper jd 15 dan yg 15 ganti jd 20 amper, kondisi kmbali ok.
    tadi sore pas prjalanan pulang kerja, klakson mati, hid + headlamp + lampu senja mati tota lampu indikator pada dash board mati total. trus accu d ganti, kirok ganti fukuyama ttp aj smua gak pungsi.
    slanjutnya klistrikan ane rubah lg sprti sebelumnya/ standart pabrik, alhasil klakson ok, indikator jg ok, tggl headlamp + lampu senja ga bsa nyala smua…….
    prtanyaannya gmn nih solusinya bro…..thank

  13. gan mau tanya saya,,,,supra x 125 injeksi saya udh pasang lampu hid 2 tapi dpakai 30 menit udh mati padahal udh tak ganti aki dgn 6 ampere trus udah ganti arus DC……pertanyaanya apa bisa supra injeksi pakai kiprok tiger…trus apa dtambahi relay dan ganti sekring lebih besar misalnya 15 A

  14. bos ane mo tnya, motor ane jupiter mx mati total, ane bngung mo gnti yg mn dl nih!! pa yg hrs d cek, apa spul atw CDI? ane cek di kabel item pas soket dr spul angus,,, apa ya pnyakit y? thnks bos!

  15. bang,kan saya punya mtr supra x 125 ,ya sdkit di rubah . bleh tanya,knpa mtr saya harus pake lampu trus, klo lampu gk d nyalain mtr saya jdi kaya limit . tpi mnurut saya bukan limit . apa itu pengaruh spull? klo pengaruh spull ,hrus d gnti spull mtr apa biar pengapiannya bagus. saya coba pke aki kering tpi tetep aja kaya gtt .
    mhon bntuannya ,,,

  16. Bos kawat spul yang nempel di ground/bodi harus dicabut dari tab ground … trus disambung ke kabel tambahan untuk dijadikan input AC ke regulator fullwave, sama seperti kabel putih pada stator.lalu bagaimana dengan kabel yang hijau?

  17. mas bro…, sebelumnya Aq minta maaph nambah2 komen..

    bisa ga nunjukin skema gambar cara fullwaving Supra X 125.., trus Aq mw nanya boleh ya.., :).. spul di Supra x 125 kerendam oli ga.., biar tau mengantisipasi nya law bertumpahan oli nya.., terimakasih sebelumnya mas bro

  18. mas, mau tanya nih
    3 hari yg lalu supra125 2 lampu udah berhasil difullwave.namun di hari ketiga skrg ini kok akinya ngedrop ya?
    ditandai kalo lampu kota saya nyalakan, mesin menjadi tersendat.

    saat awal mula difullwave, ketika motor jalan lalu saya nyalakan klakson, si klakson malah tdk nyala sama sekali.
    saya pake kiprok fukuyama, lampu kota 2 @25W, lampu lainnya standar pabrikan

    ada solusi untuk mencegah aki ngedro?butuh bantuan nih,mas :D

  19. Mau tanya nich om.

    Menurut anda apa yg harus dan perlu di perhatikan jika qta mau buat fullwave?supaya hasilnya bisa maksimal.
    Perlu referensi ni om
    Saya ucapkan trima kasih sebelumnya.

  20. Nanya dong mas bro ..
    Motor ane Supra X125R, nah crita nya mau diganti kiprok nya pake kiprok BRT. Karna cari2 gada kirpok BRT yang buat karisma ane coba beli kiprok buat Jupiter (karna ane pikir arus nya sama2 DC). Nah permasalahannya muncul ketika ane coba ganti tu kiprok, setelah ane ganti pake kiprok BRT yang buat Jupiter, motor ane jadi ga nyala lampunya, tapi kalo dicolokin ke kiprok asal nya jadi nyala lagi.
    Ada tips nya ga biar kiprok BRT yg udah ane beli bisa nempel di motor ane + jalan. Ada kabel2 yg harus di rubah jalurnya ato gmn?

    Makasih sebelumnya :)

    • kiprok BRT, susunan kabelnya (dari kaki ujung kiri atas searah jarum jam — posisi pengunci di atas):

      1- ground ===> di soket kiprok lama honda, kabel hijau
      2- spul pengisian ===> di soket kiprok lama honda, kabel putih
      3- +aki ===> di soket kiprok lama honda, kabel merah
      4- lampu ===> di soket kiprok lama honda, kabel kuning

      • Ohh berarti ane mesti beli oli lagi, gpp deh sekalian ganti oli :D
        Gan ane juga mau tanya, kalo misalkan kabel di spull supra 125 kan cuma 2 ya ? Kayak di gambar.
        Nah kalo kabel yang ground ane cabut aja gimana. Jadi tar yang keluar cuma kabel charging (bawaan motor kalo ga salah putih warnanya) & kabel tambahan (kabel baru yang nyambung ke kawat spull)
        Gimana kayak gituu bisa gan ?
        Jadi cuma 2 kabel aja gitu yang dipake. Kabel yang dipake mau ane cabut aja takut korslet kemana mana tar :D

      • Maksudnya ane kan kabel standar spull kan ada 3 ya gan. Kuning buat lampu, putih buat charging & hijau buat ground.
        Nah kalo dijadiin fullwave berarti kabel hijau (ground) di spull ga kepake, nah pengen ane cabut aja tuh biar ga nampang disitu soalnya ga kepake juga. Sama juga kayak kabel kuning (lampu) kan jadi ga kepake pengen ane cabut juga. Gituu gan :D
        Gimana , bisa ga ?
        Kalo selain kabel kabel 2 tadi (hujau ground & kuning lampu) mah ga ane cabut, tar motor gamau hidup ane jalan kaki kalo kemana mana :D

      • ya perhatiin aja dulu kabel tuk pulser larinya kmn mn?
        selama dia gak nebeng di spul, boleh ente cabut kabel2 yg gak dipake … karena ada jg pulser yg groundnya sendiri, ada jg yg nebeng ama groundnya spul :)
        sedangkan kabel hijau di spul, fungsinya sbg penguat ground. krn kadang kontak bodi-ke-bodi bisa aja ada kendala … ntah korosi, dll …

        di beat ane pun kabel kuning (spul lampu) ane buang :D

      • Ohh gituuu :D
        Okee deh gan, makasih yaa . Waaah bener bener bermanfaat nih artikel . Ane tadinya gatau apa apa ttg fullwave pas blogwalking di blog agan, jadi ngerti. Hahahaha :D

  21. gan
    di spull suprax 125 (dua lampu) kan ada 2 tap kawat dan 1 tap yg isinya 2 kabel ijo jadi 1

    nah yg 1tap isi 2kabel ijo itu gk usah dimacem macemin kan ? dibiarin aja gitu

    sedangkan yg tap yg dicabut itu salah satu dari 2 tap kawat itu ? bener kan

    nah, berhubung ane galau banget nentuin yg mana tap groundnya, gimana kalo 2 tap kawat itu ane cabut semua, terus narik kabel keluar spull (jadi ada 2 kabel baru, kabel putih jadinya gk kepake buat pengisian, so pake yg kabel baru)

    jadi yaaa, dua kabel baru itu, jadi pengisian di kiprok :D
    nah ada kelemahan gk gan ? atau gpp tuh ?

      • pertama, ente pasti gak tau gmn kualitas kabel sebelumnya … udah berumur? udah getas? udah korosi? saya yakin kebanyakan user lebih tau kondisi mesin & bodi motornya ketimbang kelistrikannya … kecuali listriknya bermasalah, baru deh ketauan ada yg gak beres :D

        dgn mengganti kabel baru di jalur spul, ente udah “membuang” satu resiko ke-tidak-optimal-an kelistrikan karena kondisi kabel sebelumnya ….

        kedua, kabel itu konduktor listrik … alias “jalan raya” bagi arus listrik.
        sama kayak jalan raya yg sering ente liwati, makin lebar jalan raya, makin leluasan ente tuk melintas … makin pendek jarak asal ke tujuan, makin cepat ente nyampe …
        listrik jg begitu … makin tebal kabel yg ente pake, makin kecil hambatan listriknya & makin leluasan listrik mengalir … makin pendek jarak spul ke kiprok, makin cepat listrik nyampe ke kiprok … walau hitungan kecepatan aliran listrik mirip2 kecepatan cahaya :D

  22. maaf ni mau nany, salah satu fungsi kiprok termasuk mengubah arus AC ke DC kan, trus kalau di Supra x125 bukanya udah ada kiproknya y? Kenapa harus ganti? Trus lampu headny di paralel dg kabel charging? Ap harus di tambah resistor ap gmn?
    Makasih

    • yup, mengubah AC ke DC sekaligus me-maintenance voltase output DCnya …

      sistem konversi AC ke DC di sistem kelistrikan supra x125 standar masih secara halfwave … artinya cuma 1/2 gelombang per siklusnya yg diubah ke DC … 1/2nya lagi terbuang percuma …
      dgn merombak sistem kelistrikan ke fullwave DC (harus ganti kiprok jg yg didesain tuk kelistrikan fullwave, gak bisa pake punya bawaan supra karena cuma halfwave), berarti semua gelombang AC diubah ke DC … otomatis charging jd lebih cepat & limit ampere output DCnya naik … makanya bisa pake lampu high-power yg butuh suplai listrik konstan macam HID/projector HID Xenon :)

      Ntar headlampnya ngambil listrik langsung dari aki via relay …
      lengkapnya bisa liat di sini:
      http://kotsk.wordpress.com/2011/05/22/memasang-relay-untuk-headlamp/

  23. Gan, ane udah sukses fullwave HSX 125 ane nih cuma pertanyaannya kenapa ya kan supra 125 kan headlampnya 2 lampu. Ane ganti pake 35watt x 2 malah kurang terang, terus ganti pake 25watt x 2 tetep kurang terang. Alhasil pake lampu standarnya 18watt x 2 tapi lumayan dibanding 35watt & 25watt.
    Kenapa ya gan ??
    Ane bingung ko bisa begituu padahal kalo udah DC lampu makin gede watt nya makin terang kan ini malah redup kayak AC :(
    Mohon pencerahannya dong gan :(

  24. kang novaera sy dr bandung nih,,supra125holic bandung,,hhe

    sy baca2 diblog ini wuiihh seru kang,,,jd pgn di pulwep,,setelah baca2 berarti kita bisa bongkar sendiri kan kang?? tanpa harus ke tukang pulwep,,soalnya mahal amir kang 350rb belum kiprok,,
    rekomen kiprok yg non ORI kira2 merk apa kang??
    kang kirim no HP/pin BB via email sy ya (haripermadiaja2@yahoo.com)

    hatur nuhung kang :)

    • saya gak begitu hapal merk2 kiprok non-ori kang :)
      denger2 kisaran 100rb’an … di bawah 250rb’an … pas’nya gak tau :D
      kalo denger2 cerita banyak yg pake merk ‘FUKUYAMA” …

      • Okee thx kang,,
        Btw sy udh di pulwep kang,,
        Oia Recomend buat rider laen yg mau di pulwep cobain pake kiprok handmade nya mas nanang siput,,ajib tuh,,sekali pasang langsung joss,,ane udh 1 minggu alhamdulillah ga ada problem,,hehe
        Oia kang novaera, makasih buat ilmu nya,,blognya bermanfaat,,oia kang kalo spul sy lilit ulang semua pke kawat email ukuran 1,2mm merk jerman kira2 ada +/- nya ga kang??
        Minta penjelasannya ya kang,,setau kang novaera aja,, :D

      • plus & minusnya tergantung hasil pengerjaan om :)

        teoritis, panjang kawat = output voltase & tebal kawat = output arus (ampere)nya …
        faktor lain yg menentukan: kekuatan magnet, kecepatan putaran magnet, suhu dan kualitas kawat.

        1.2mm bagus tuk menghasilkan output ampere lebih gede. cuma permasalahannya, dgn ketebalan kawat segitu, seberapa banyak jumlah lilitan yg bisa didapat? karena tuk jumlah lilitan sebisa mungkin gak kurang dari lilitan aslinya …

      • Kang novaera,,hsx ane udh di lilit ulang pke kwt jerman 1,2mm,,
        Kondisi awal sblm di lilit ulang output max pengisian ke aki itu 13,6V (Ampere nya kecil, lupa brp ampere hehe)
        Kondisi setelah di lilit ulang kwt jerman 1,2mm, output ampere mentok di 15A,,tapi output voltase masih di angka 13,85V (dengan gaspol + beban HID 35W),,

        Pertanyaan : Kira2 apa yg salah ya kang??pdhl pengerjaan udh mantap bgt,,rapih,,hehe

        Terus sy coba ukur output voltase di jalur kiprok gaspol mentok di 14,90V,,
        Terus sy coba lagi ukur di kabel +/- yg di aki gaspol mentok di 15V (kondisi kabel tanpa di pasangkan ke aki)
        Kesimpulan nya output dr kiprok nya besar kan kang,,cuma kalo udh sy sambungkan kabel2nya ke kutub2 aki,,voltasenya cuma bisa nyampe 13,85V (dgn beban HID)…

        Apakah aki sy berpengaruh kang??
        Aki sy aki yuasa 5A,,

        Mohon penjelasan nya kang heehe

    • kok ribet.amat. pake ganti kiprok segala. astrea star dan supra 125 tr ku aja pake lampu. helogin 2 ukuran 55watt kalo 2 jadi 110 watt aja kuwat. langsung dari accu. dan lampu utama nya jg mash nyala terus. ada triknya memutus salah satu kabel pada kiprok. agar arus pengisian accu bsa lbh maksima. tanpa merubah dan menganti apapun.l

  25. Bang Novaera, saya mau tanya, baru-baru ini Supra x 125 yang sudah saya Fullwave-in sering mengalami tekor, setelah diukur, hasilnya seperti berikut:
    1. Langsam = 11v
    2. Langsam + Headlight on = 10v
    3. Gas Setengah = 13v
    4. Gas Setengah + Headlight on = Kurang dari 12v
    5. Gas Full = 13v
    6. Gas Full + Headlight on = Kurang dari 12v
    itu hasil yang saya dapatkan dari mengukur tegangan langsung dari baterai.
    kira-kira untuk menaikkan tegangan bagaimana ya selain gulung spull ulang?
    saya ada baca pake dioda bisa ya? (kalau bisa bagaimana caranya)

    Nb. Headlight 2 x 35w.

    • gak ada pengaruhnya dioda masbro :)
      coba pasang relay dulu tuk headlamp’nya … bisa baca2 artikel relay headlamp di halaman sebelah tuk tutorialnya …

      kedua, coba gunakan kabel yg lebih tebal tuk koneksi spul ke kiprok ….

      ketiga, gulung ulang kalo mau lebih optimal …

    • Misi bang,HSX125 anda difullwave akinya brapa Ampere? Koq g stabil gt,btw nih q jg dah fullwave HSX125 dicek pake multimeter hasilnya stabil,ga naik turun drastis,lampu on – off jg stabil voltase akinya, info : q pake aki ori HSX125 3,5A + aki ori Supra X 5A dipasang pararel + volt stabilizer/capasitor bank 20rb mf/50volt (bikin sendiri),kiprok ori Tiger

Leave a Reply

