Fullwaving Honda Supra 100 / Grand / Revo 100 / GL Pro

Masih tentang modip fullwave, kali ini untuk jajaran Honda Supra 100CC (-X & -Fit), Grand, Revo 100, juga GL Pro.

Metodenya masih sama, cabut kawat spul/stator yang nempel di ground/massa/bodi stator dan kemudian disambungkan dengan kabel tambahan untuk dijadikan input ke regulator fullwave.

Ini bagan statornya:


Jangan lupa tutup sambungan tersebut dengan shrink-tube atau selang bakar (banyak di toko-toko elektronika).

Oia, jalur spul lampu (kabel kuning dari spul) dicabut dari soket spul dan diisolasi, karena jalur ini nggak dipakai lagi dan nggak boleh terhubung dengan kabel kuning lain.

Jadi nantinya input ke regulator fullwave cuma dari jalur kabel putih spul dan kabel tambahan.

Kabel-kabel lain, abaikan aja alias jangan diapa-apain :D

Selanjutnya instalasi regulator fullwave, misal regulator Tiger, sama seperti modip-modip fullwave lainnya … atau bisa lanjut ke artikel “Fullwaving: Instalasi Regulator Honda Tiger

Selamat berjuang :D

Foto hak milik gajah_gendut @ kaskus.us

About these ads

117 thoughts on “Fullwaving Honda Supra 100 / Grand / Revo 100 / GL Pro

  1. boss…
    kalo skema Supra X125 katanya sesuai dengan Karisma ya
    kok ane cari di link FW Karisma di web boss belom ada, he3x…
    ane bingung, keluaran spull cuma ada 3 kabel, biru putih – putih – hijau
    gimana ya? tengkyoo boss

    • ente perhatiin kawat spul yg tersolder di tap spul …
      mana yg 1 solderan ama kabel ijo, itu lah ground spulnya & itu lah yg bakal ente cabut dari solderan, sambung ke kabel baru yg ujungnya langsung ke regulator fullwave.

      putih-biru itu punya pulser, bukan spul …

      ane blom sempet bikin tuk karisma/hsx125, soale blom punya gambar/foto spul mereka … ada jg, tp punya orang laen, blom dpt ijin … xixixi :D

    • kabel mana?
      kalo di spul => putih = spul pengisian, kuning = spul lampu (AC), hijau = ground, biru/kuning = +pulser.

      kalo di regulator/kiprok => kuning = dari spul lampu & ke saklar on/off headlamp, merah = +aki, hijau = ground, putih = dari spul pengisian.

  2. Gan.. saya sdh pernah membuat fullwave untuk mio, vario tech, dan revo. semuanya berhasil karena pada dasarnya saya cukup paham dgn skema dan teori yggan beberkan. smuanya dipasangi lamp HID dan ga tekor

    pada revo groundingnya tdk saya lepas (sekedar coba2)..kabelnya lgsg disolder di slh satu tab(lupa tab yg mana)hehehe. dan ternyata berhasil, tegangan yg keluar sama dgn tegangan kabel pengisian (putih).

    knp bisa berhasil ya Gan??? apa tabnya ga terhubung ke ground?
    kl vario tabnya emg saya lepas sesuai skema. revo ga ada gambar spul jd takut salah lepas.

    skrg saya lagi buat pny honda supraXX. sdh dipasangi HID tapi tekor. hikz….
    saya pikir sama kyk revo jdnya ga lepas grounding. nanti saya coba seperti gambar diatas

    kemarin saya buat pny ninja. sdh saya ikuti skema yg ada, tapi setelah di ukur dgn AVOmeter malah tdk seperti biasanya. semakin tinggi RPM semakin turun voltasenya. salahnya dmn ya gan?
    akhirnya saya ber experimen, pin 2nya saya lepas dan ternyata bisa naik voltasenya.
    pengaruhnya apa kl pin 2 di lepas???

    bisa dibabarkan fungsi dan cara kerja pin 2 ?

    NB: kiproknya pny tiger

    • revo mana? kalo revo cepek sama kayak supra.

      kalo spul, fullwave atau halfwave, output maksimum voltase bakalan sama di ukur di output kiprok. yg beda itu arusnya … standar pun, tetep keluar 14.5V :)

      selama ada 1 ujung kawat terhubung ground, semua tab bakal terhubung ke ground.

      ninja R / RR udah ada artikelnya. tinggal ngikut aja.
      kalo pin#2 terpasang, tp tegangan drop, itu pin#2 disambung kemana?
      kalo bener ke output kontak, berarti monitoring kiprok yg error.

      • Pin #2 konek ke output kontak. Saya sdh coba lepas skunnya dari kiprok trus saya jumper ke aki. Tetap aja error. Rpm naik voltase drop, berbanding terbalik.

        Saya sdh coba dgn kiprok yg laen ttp aja sama.

        Untuk supraXX nya uda jadi. Thx ya gan atas info2nya. Bnr2 sangat membantu !

      • hmmm …
        pastiin dulu kalo jalur2 kabelnya udah pernah diobok-obok apa gak sebelumnya.
        ane kok gak yakin kalo modipnya udah 100% bener … atau part2nya 100% normal.

        voltase drop secara kontinyu di rpm tinggi, ciri2 kiprok error.
        kalo kiprok udah coba ganti masih begitu, kemungkinan jalur2nya … atau spulnya … atau akinya.

        ane udah coba ke ninin R & RR gak masalah. jg ke motor2 laen dgn konsep yg sama.

  3. Pada saat Saya cek continuity. Pin #2 dan 3 nyambung. Kayaknya nyambungnya di sekitar speedo, soalnya kl socket speedo warna merah di lepas maka pin #2 dan 3 disconect.

    Kl kondisi kabel body masih mulus. Ga ada bekas obok2, termasuk kabel speedo.

    Tapi kenapa sekring ga putus ya gan?

    Ada lagi gan . .
    Knp kabel biru di putus di socket bawah, trus biru yg di socket kiprok di konek ke pin#1. Kabel birunya yg dr pin#1 menuju mana tuh?
    Apa pengaruhnya kl dibuat seperti modif FW pada umumnya, kabel biru dari spull langsung menuju pin#4/5

    Tengkyuuu

  4. Motor Ninja 150L gan. Sdh Di pasang HID dan ga tekor.
    Efek sampingnya apa gan? Kan pin#2 dilepas. Saya takut akinya jadi gendut.

    Akinya sdh diganti sm pemiliknya, pake GTZ5S

  5. Pas datang akinya emg sdh diganti sm pemiliknya. Iya ya mestinya GTZ7S

    FW Ninja RR, Knp kabel biru di putus di socket bawah, trus biru yg di socket kiprok di konek ke pin#1. Kabel birunya yg dr pin#1 menuju mana tuh?
    Apa pengaruhnya kl dibuat seperti modif FW pada umumnya, kabel biru dari spull langsung menuju pin#4/5

    Tengkyuuu

    • itu suplai listrik ke CDI :)
      aslinya CDI ninin RR ambil suplai dari spul … dijadiin DC di CDI.
      kalo jalur ini (biru) gak dipindah saat fullwave, CDI bakal batuk2 di rpm tinggi.
      makanya dipindah ke jalur +aki … istilahnya modip “pengapian total loss” :)

    • GL100 voltase outputnya 6VDC … kalo gak salah.
      modip aja pake spul+magnet motor laen … jupi mx, supra series, dll yg punya spek 12VDC, termasuk aki.
      bukannya gak bisa, tp output 6VDC gak bisa ngeladeni aksesoris modern, krn rata2 minta volt 12V.

      cmiiw

    • Sori gan gw punya mtr gl 100 mau di robah ke cdi cuman mentok di instalasi antara spul, pulser dan cdi. Perlu di ketahui spulnya pake gl pro terus cdi punya honda grand. Tks ya

  6. intinya ane cuma cabut jalur ground dan di sambung ke regulator tiger,,, yang aku bingung.. kbel putihnya dari jalur mana apa dari spul pengisian seperti gmbr di atas,”’

    dan ini ?
    [Oia, jalur spul lampu (kabel kuning dari spul) dicabut dari soket spul dan diisolasi, karena jalur ini nggak dipakai lagi dan nggak boleh terhubung dengan kabel kuning lain]
    tulisan di ats ane copas,, biar gampang<

    maksudnya di isolasi gimana,, napa gak di buang aja tuh kbel?kan tinggal solder kawatnya aja,…. bener gak nie??

  7. motor ane megapro engkol tahun 2002, kabenya dari spul ada 5.. klo modif fullwave apa perlu ganti kiprok dan CDI? klo pake bawaannya bisa ga. makasih bgt sebelumnya gan buat pencerahannya.

  8. om motor gl saya kan gk pake pulser,
    jd pngapian langsung dari spul ke cdi
    .ntu kira2 ground pengapiannya bradu nggak dgn ground dari lelistrikannya
    trus klo pake aki 12v tp amperenya 2,5 apa bisa om

    • pasti ada pulser … toh itu buat timing pengapian :)
      btw modip fullwave disini cuma ubah jalur charging aja, gak ampe pengapian.
      jd gak da masalah, spul pengisiannya ungrounded, spul pengapiannya grounded.

      • punya ane juga gl100 n gak pake pulser.
        sama kayak punya Gonief, ntu kira2 ground pengapiannya bradu nggak dgn ground dari kelistrikannya, soalnya cdi-nya AC gan?

  9. Sharing ilmu yg sangat bermanfaat sekali bagi awam. Aku punya cb 125 om, pake spul supra. Untuk kabel pulser di hubungkan kemana om?
    Trus di kiprok volt monitor ni di hubungkan kemana om. Makasih sebelumnya atas jawaban

    • pulser tetep ke CDI … tuk modip fullwave gak ada ubahan di sistem pengapian kecuali ganti fullset spul+magnet …

      monitoring kiprok ke keluaran kontak … bisa ambil dari input switch rem blkg …

  10. mas saya mau tanya. kalo honda win kan spulnya batangan. bisa nggak dibuat fulwave? kalo misal nggak bisa, gimana supaya bisa dibuat fullwave?

  11. pusing mikirin si supra fit. stelah di kasi doble kiprok elektrik stater jd error. kalo starter di pencet kelistrikan langsung mati..tp aki ttp di vol 12. kelistrikan br bisa idup kalo motor meraung d rpm tinggi. dan aki cuma mampu angkat headlamp 35×2..tak mampu angkat elektrik starter. mohoh pencerahannya ka. thanks sbelumnya
    maklum newbie

  12. mikum..mat siang
    langsung aja.
    ane dah siap mw bikin fullwav dah beli kiprok tigr ori tp ane mumet nyari coloknya tu kiprok sana sini gk ada.
    ane perna bc artikel katanya colok kiprok tigr sm ama punya colok d bgian stir mobil. kalo boleh tau str mobil ap tuh yg punya colok gituan yg pas buat kprok tigr.
    soalnya ane mw mengusung kerapian.
    1 lg. apa kalo bak spul supra d buka gak keluar olinya bos?
    thanks ntuk jwabanya.
    5f mngganggu.

  13. wuiih sungguh jwaban yg memuaskan..
    thankyu sa^durunge.
    mungkin besok ato lusa ane siap oprasi tu motor butut supra.
    and pastix ane jg akan datang dgn pertanyaan2 yg lbih rumit.
    jgn bosan yo om.
    matur nuwun yo om he he he…

    • aki MF aktualnya sama dengan aki basah, tp sealed (terisolasi), jd gak ada gas & air terbuang keluar. di dlmnya ada valve yg bakal terbuka karena tekanan gas & uap air akibat proses elektrolisis … gas & uap air ini dialirkan kembali masuk ke sel2 aki … jd kayak “refill” dengan sendirinya … makanya aki tipe ini gak pake isi ulang … cukup sekali ngisi di awal (tp biasanya udah diisi & di-charge oleh distributor).

      kalo posisinya gak memungkinkan buat valve tuk bisa terbuka, bisa dibayangkan, gas & uap air gak teralirkan dgn baik … dan plat2 elektroda dlm sel2 aki bisa gak terendam sempurna ama caian aki … dan ini bisa merusak sistem kerja aki … dan mungkin aja meletus karena tekanan gas di dlm makin gede …

      kalo mau aman, yg bisa miring2 posisinya, pilih yg “gel” …

  14. bener juga tuh om,
    coz ane jg pengen masang aki mf tp dlm posisi di tidurkan apa no problem.
    coz ane takut ada elemen penting d dlmnya yg gak terendam jel dlm aki itu sndiri..
    thanks om before..

  15. misi om, ane lancik
    motor udah ane operasi/bedah spul..
    smua sesuai dgn artikel yg om tulis..
    awalx ane cukup lega karena ane kira udah beres..
    ane matikan tuh motor sktar 5 menit pas nyalain lg aki drop..
    cuma di tinggal k warung beli marlboro

    yg bikin ane heran aki yg tadinya ada stromnya ko malah tekor,
    napa ya om..
    tolong dunk om tolong..

  16. halo om..
    ane dtng lg nui dgn 1pertanyaan 2masalah.
    langsung aja..
    ane rasa slama ini modip fullwave dah brhasil, ternyata kmaren sore ane tengok tu kiprok tiger kabel putih buat pengisian terdapat hangus pd sambungan di dkt kiprok.
    napa ya om..?
    ko bisa, pdhal ane gak utak atik tuh kabel putih..
    .
    2 ane iseng pasang alarm di motor smua sistemx berfungsi kecuali tombol starter dr remot control kalo tuh tombol star yg gambar petir di remot ane pencet yg nyala cuma lampu sein doang kanan kiri tp nyalanya ga berkdip layakx lampu sein sdangkan mesin kagak bunyi.
    padahal ane dah ngikutin di buku manual cara pemasanganx.
    mereknya TAD-2 racing
    motor ane supra fit
    mohon pencerahanya donk om ane rada bingung nih,.
    lumayanan lah motor jadul pake alarm.
    (biar tua gak mati gaya)
    hehehe…
    salam,. thank om sbelumnya.

  17. misi om ane datang lg.
    kiprok tiger untuk pin nomor dua ane gak pake alias di biarin kosong.
    apa gapapa itu om..?
    emang si slama ini gada masalah..
    truz kalo ane pengen pake tuh pin nomor dua gimana caranya..
    coz agar kinerjanya maksimal..
    thanks om before..

  18. mas nova gl ane udah fw, awal nya lampu depan nyala terang konstan, kenapa udah di pake sebulan eh nyala nya lampu malah ngikut putaran mesin, apa yg rusak y? kiprok udah diganti tetep aja, apa aki nya yg minta ganti?

  19. salam kenal juragan juragan.. ane mau tanya ni. pada agan agan.. kalu gl new teck di ful wave kiprognya apa harus punya tigor . kalu pakai aslinya bisa ga ya gan?? terus qiprog tigor sama honda grand sama ga ya gan?? misal pakai kiprog grand kuat ga ya?? dan mau tanya selain kiprog ory tigo yang sedengan apa ya gan merek lain yang murah tapi kuat, rencana mau ane ubah gan.. kalu misal di pasang 2 qiprog gimana ya gan tigor dan aslinya..?? yang aslinya untuk pengisian aki saja matur nuwon masgan

    • peruntukan-nya udah beda.
      kiprok tiger & sekelasnya tuk kelistrikan 1-phase. jd ada 2 input dari spul.
      kiprok sutandar grand, gl, tuk kelistrikan 1/2-phase. cuma 1 input dari spul (kalo pun ada 1 lagi, itu tuk lampu dan terpisah secara sirkuit di dlm kiprok).

      kiprok tiger jg gak musti yg brand AHM :)
      dan gak musti kiprok tigi … kiprok apapun, asalkan tuk kelistrikan fullwave, bisa dipake selama tau fungsi masing2 kaki kiprok.

  20. gan ane barusan cobain FW di motor supra lama,tapi kq pas dihidupin konci kontak nya kq jadi gak fungsi,,
    pas posisi off motor tetep bisa hidup,kenapa ya gan,,,
    apa karna ground dari aki blom ane bikinin kebodi motor??
    jadi tu fungsi kontak cuma buat on/off lampu aja,ga bisa matiin mesin kaya awalnya???

    apa setelah dicabut ground spulnya harus dibuatin ground sendiri dari aki,,,
    thanks buat jawabannya???

    • lah, kok bisa? :D
      jgn2 ada jalur suplai CDI salah nyasar. masuk ke input kontak (aki), bukan output kontak.
      coba cek lagi jalur2 kabelnya gan …

      aki udah ada jalur ground lamanya, gak diubah-ubah.

  21. salam kenal bro…
    motor ya GLpro cdi…..saya dah ikutin jalur fullwave sesuai kondisi gambar spullnya, angker spull yang ada kabel hijau dan kawat gulungan sudah lepas soldernya, kemudian disambungkan. KAbel kuning yang keluar dari bak magnet sudah saya solotip supaya aman. Jadi yang dipakai tinggal 3 warna :
    1. kabel hijau berubah fungsi dari masa menjadi jalur pengisian,
    2. kabel putih jalur pengisian,
    3. kabel hitam merah jalur ke cdi…..
    untuk tes mesin nyala pertama, saya coba colokkan kabel hitam merah………saya coba kick stater tidak ada tanda hidup mesin, lalu saya cuka kabel busi tidak ada api yang keluar setelah dikick stater.
    Mohon pencerahannya, mungkin ada yang perlu dicek lagi sebelah mananya ya…….??
    terimakasih

  22. mat siang mas… ini mau nanya.. klo pro neotech gmna mas?? apa sama aja dengan gambar yg ada di halaman ini apa tidak.. dah tuh spec accu yg harus di pake yg bgmna, coz saya mau beli aki baru biar gasalah beli.. dah itu bgmna dgn kiprok nya,, klo saya install kiprock megapro ga ppa kan..

    klosempat tolong di balas ke alamat ini yo mas.. thejawak@yahoo.com

    trims

      • Ikuti lampu sein standarnya bro :)
        Biru muda = +kanan
        Orange = +kiri
        Hijau = ground

        Biru muda & orange ke saklar ki/ka sein, saklar terhubung ke flasher sein via kabel abu2, dan flasher ambil input dari keluaran kontak (hitam).

        ¥ùdi¥án “Novaera” @ Blackberry

  23. halo mas, saya punya motor BSA tahun 1939 yang saya ubah pengapiannya menjadi CDI dengan punya Grand (magnet, spul, cdi, koil, dll). Kok tetep tekor ya ? Mungkinkah karena putaran mesinnya rendah maka pengisiannya tidak optimal ? Mohon pencerahannya.

  24. Gan mau nanya
    Motor ane gl max neotech rencana ane mau ubah kelistrikan FW dan pasang CDI shogun kebo yg katanya DC. Kira” apa aja yg harus di sesuaiin ? Apa tinggal ikut langkah di atas saja ? Di surabaya ada gak yg bisa bantu ngerubah kelistrikan kyak gtu ? Maaf ane masih awam jd bnyak nanaya :)

  25. gan mau nanya nih, motor ane revo 100 cc, pas ane udah ganti full wave malah akinya jebol mulu udah gitu pas di gas headlampnya putus kaya kelebihan arus, tolong ya di bantu agan agan..
    thanks.

  26. mau tanya lur…apa sih fungsi kaki ground pada kiprok tiger…
    apkah untuk membuang output pengisian aki ke ground ketika aki sudah full?
    kalau kaki ground itu gak d pasang ap dampaknya lur…
    #maklum lg bljar…haha

  27. Gan mau nanya ni, mtor sya supra 100cc
    Udah fullwave, cma kbel yg bwat nyambung kawat ground dri spul cma kbel biasa yg d bngkus pake slang bkar,..
    Trus masalahnya gini gan,kan lampu rem sya pake led variasi yg kedip2 ,kalo kontaknya di on ,switch lampu dpan d nyalakan, lampu rem blakang kdipnya lambat (normal), tapi kok pas mesin dinyalakan lampu rem blakang kdipnya mlah cpet,.jdi bngung sya gan, dh 2 hari sya utak atik gk ilang2 masalahnya,..trus lampu dpan kn dh pke h.i.d ,litsriknya sya ambil dri socket lampu dpan asli supra tapi kok agak rdup kalo mtor di gas dkit,kalo litriknya sya ambil langsung dari aki mlah gk rdup gan , kira2 apanya y gan, mhon bantuanya..thnkz,,,

  28. Agan nova ane mo tanya, kemarin ane fullwave supra fit new pake kiprok tiger fukuyama dan cabut kabel ground di spul, dalam kondisi mesin langsam voltase 12.80volt kalo mesin digeber nyampe hampir gas penuh voltase mencapai 16.80volt. Menurut agan gimana normal apa tidak gan? kalo tidak normal kemungkinan apanya yang salah? mkash.

  29. mau tanya om jadi input fullwave cm dari kabel putih dan kabel tambahan.
    jadi bagaimana dengan kabel hitam (spul api ) dan kabel biru ( pulser ), tolong penjelasannya ?

  30. ma tnya om… megapro thn 2000 kan belum fw, kiprok lama ada kabel warna putih,merah,hijau,kuning, gmana caranya nyambungnya di kiprok tiger, setelah modip spul? makasih atas pnjelasanya nanti sy tunggu…

  31. Gan, saya puny motor grand thn96, yg mau saya tnykn knp dri seepul hnny kluar 3 kabel 1 sepul jalan 1 sepul lampu dan 1 pulser, seddang kn yg sering saya baca dri sepul keluar 4 kaabeel, tolong di bntu y, klo jawaban nya kirim ke BB saya aj ni pin nya 23AE5D11

  32. Om nova saya mau nanya…
    Kan kabel ground di supra 100 udah di cabut trus saya solder dan udah pake selang bakar nah itu langsung di hubungkan kmana ke kabel putih dari sepul ato kmana..
    Kalo ke kabel putih dari spul berarti tang nyambung ke kiprok cuma kabel putih doang ya…
    Mohon pencerahan nya om…

    • Kabel putihnya tetep ke kiproks om.. barengan sama bekas ground yg dganti pake kabel tambahan ( yg di heatshrink tube..atau selang bakar ). 2 kabel ini jadijalur charging ..kalo pake kiproks tigi..pin 4&5..

  33. Halo mas Novaera, mau tanya untuk merapikan kabel supaya bisa melekat erat dengan kumparan sepul grand, cara yang baik bagaimana ya? apakah harus di lem supaya bisa melekat rapi atau bagaimana? soalnya saya tarik sebisa mungkin, tetap saja ada jeda jarak , takut kesamber magnet :( misalnya di lem, pakai lem apa ya? kl bisa si merk nya sekalian yg rekomended, hehehehe :D trims sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s