Penggunaan bohlam berdaya listrik (watt) besar — lebih besar dibanding bawaan pabrik — membutuhkan suplai listrik yang lebih besar pula. Sayangnya, jalur listrik lampu tersebut (kabel dan sakelar) belum tentu mampu meng-handle suplai listrik sebesar itu. Jika “dipaksa” kabel dan sakelar bisa panas, rusak, atau bahkan terbakar …
Solusinya, gunakan relay!
Penggunaan relay pada headlamp nggak bakal membuat cahaya lampu menjadi lebih terang! Relay hanya sekedar sakelar elektrik — yaitu sakelar yang diaktifkan dengan menggunakan arus listrik — atau tepatnya: relay digunakan untuk men”switch” sirkuit berdaya besar melalui sirkuit berdaya kecil. Sementara terangnya cahaya lampu tergantung pada spesifikasi lampu itu sendiri dan suplai listriknya.
Catatan: kalo pengen lebih jelas mengenal relay, silahkan search di internet š
Oke, gimana cara instalasi relay pada headlamp?
Perhatikan gambar di bawah … ini diagram wiring standar pada headlamp di mana listrik mengalir dari sumber listrik (aki atau alternator) -> melewati kabel -> melewati sakelar on/off -> melewati kabel lagi -> melewati sakelar hi/lo -> melewati kabel lagi -> menuju lampu.
Nah, abaikan jalur-jalur lain! Kita fokus di jalur kabel yang menuju lampu aja š
Potong kabel-kabel yang menuju headlamp. Pada gambar di bawah, tampak jalur lampu terbagi dua: [1] jalur A, kabel yang menuju sakelar, dan [2] jalur B, kabel yang menuju lampu …
Material yang perlu disiapkan:
1 buah relay 4-kaki lengkap dengan soketnya
1 buah relay 5 kaki lengkap dengan soketnya
Kabel ukuran 18AWG secukupnya
Kabel ukuran 16AWG secukupnya
1 buah fuse/sikring 15A atau 20A lengkap dengan holdernya
Untuk relay, bisa gunakan relay otomotif/mobil karena relay ini mampu meng-handle arus listrik yang cukup besar (30~40 ampere atau lebih). Kemudian instalasi seperti diagram di bawah ini:
Catatan: perhatikan bagaimana instalasi relay antara jalur A dan jalur B š
Jangan lupa kabel yang lebih tebal untuk jalur listrik utamanya (pada gambar, jalur tebal berarti kabel yang lebih tebal).
Bro untuk pemasangan Relay itu..sebelum atau sesudah saklar (switch)……?
jiaaahhhh … si om, gak baca bener2 š„
Om saya pasang flog lamp dilangsungin ke aki pake fuse tapi saklarnya panas lenapa yah om ??
mas bro, ini buat motor apa???
klo motor bebek yg menggunakan arus lampu depan dari spul, sama apa gak rangkaiannya?
gak bisa …
jalur lampu musti di-DC-kan dulu š
lagi2 tulisanya sip
thx …
Mas klo mau pasng hid di hnda beat apah ajah yg di rubah trmakasih
kalo udah di-fullwave, gak ada š
Om, ane ijin copy artikelnya y š
Sumber from KOTSK.wordpress tetep d cantumin ko š
blh kah?
id @kaskus : Denggol123
Permission granted š
ok
Klo pake satu relay aj bs nggak mas bro…jd lgsg memanfaatkan no/nc nya di dlm relay ;)Klo pake satu relay aj bs nggak mas bro…jd lgsg memanfaatkan no/nc nya di dlm relay š
Gak bisa om …
ngontrol LOW-HIGHnya gmn dong? š
Kyknya bisa, deh. Saklar low aja diputus. Jadi dalam keadaan relay off, lampu low yang nyala.
Keadaan on. Waktu saklar hi tertutup, maka lampu hi-nya yang nyala.
Pertanyaan saya, kenapa harus pake relay 5 kaki, kalau masih pake dua relay. Apa gak cukup keduanya pakai 4 kaki?
Mas bro, artikel2nya sipppp tenan
Kl motor ane CS1 sdh FW std bawaan pabrik kan 2*18W kl mau ganti 2*25W atau 2*35W perlu pakai rangkaian ini gak?
maksudnya bingung kategori watt besar tu brp?
Thx.
Perlu … fungsi rangkaian relay ini supaya suplai lampu ngambil dari aki langsung, tp kontrol ON/OFFnya tetep seperti pabrikan … kayak mobil gitu … serba relay š
dgn begitu saklar lampu gak kepanasan dialiri arus gede, cuma arus kecil aja …
kalo udah FW, 2*35W jg mampu kok …
gan.. klo pke 2*35W = 70W, jd mesti pke aki yg ampere nya gede jg ya gan???
klo pke aki standar 3,5 A, apa gak tekor tuh gan ??
aki cuma nopang kebutuhan listrik saat alternator drop di bawah voltase aki …
sementara saat rpm mesin naek, normalnya output alternator di atas aki …
maka aki bakal jadi beban listrik jg, karena ikut mengkonsumsi listrik, bukan menyuplai (di sinilah terjadi proses charging) …
jd gak selamanya aki handle kebutuhan listrik.
kalo pun mo upgrade, gak perlu segede gambreng …
6Ah kayak standarnya FU150 udah cukup tuk headlamp total 75W š
Tambahan Bro,
Biar irit… š
Kalau sudah pakai relay 1 (yang ada kaki 87A) relay 2 bisa dilepas tidak usah dipakai, jadi cukup 1 relay saja, lampunya tetep bisa jauh dekat sesuai saklar HI-LO.
Pastikan Relay 1 mempunyai kaki 87 (NO) dan 87A (NC) bukan kaki 87 yang ada 2.
Relay 2 dilepas
Kabel putih (LO) dari lampu yang ke 87 (relay2) langsung ke 87A (relay1)
Kabel dari saklar LO 85 (relay2) bungkus pakai heat shrink tube (selang bakar)
Salam,
bengkelsepedamotor
wew … ada suhu … thx udah mampir om š
btw kalo pake 1 relay, trigger relay (pin#30) ambil dari mana dong suhu?
Lihat gambar diatas (gambar yang ada relay-nya), cuma pakai Relay No 1
#30 sama, dari fuse aki
#85 sama, dari switch Lampu HI (setrum DC +)
#86 sama, massa-ground
#87a LO ke bohlam (NC-Normally Close PIN)
#87 HI ke bohlam (NO-Normally Open PIN)
Coba deh…
Salam,
bengkelsepedamotor
betul suhu …
cara seperti itu jg bisa … tapi, tuk bohlam dgn watt standar motor … biasanya maksimal 35W …
di atas itu, misal mo pake bohlam 55W, resiko sakelar lampu cepet rusak dihantam arus gede (karena rata2 sakelar lampu motor cuma bisa handle arus 3~4A) …
dan kalo cuma pake bohlam 35W, knp musti pake relay? toh jalur standarnya jg mampu …
iya toh? š
cmiiw š
Maaf, Pin #30 dari main switch….
gan, motor ane supra 125 th 2008 sudah ganti bolam osr… dan mika kaca, tp kog gak terang lampunya ya
aki juga masih fungsi.
sarannya gmn gan
trim.
om nova kalo beli rellay 5 kaki mudah ga yah nyari nya,kan biasanya rellay 4 kaki ajah š
di toko2 onderdil mobil om š
Permisi om suhu. Mtor ane beat tp lum fw. Tp apa bsa d pake i relay!
Bisa … kasih diode antara jalur HI & LO ke kaki #85 relay …
diode bridge jg boleh …
ms brow, kalau untuk 2 HID bisa diterapkan? thx
bisa …
mas brow, kalau beli relaynya dimana? toko elektronik apa toko onderdil motor/mobil? thx
di toko onderdil/variasi mobil …
karena relay otomotif model kayak gitu umum dipake di mobil š
om, mohon dibuatkan juga skema pasang relay untuk motor dg sistem AC. Makasih
Mas bro…buat yang cuma pke relay 1 (kaki 5)….jalur dari aki masuk ke no brapa??
kalo cuma 1 relay 5-kaki gak bisa ambil suplai dari aki …
karena kalo posisi NC (relay gak “nyala”) salah satu filamen bohlam pasti nyala mulu …
diatas dijelaskan sama bengkel speda motor…..
katanya bisa…….
klo gini jadi ngeh aq……
soale googling gk masuk tu teori dari “BENGKEL SEPEDA MOTOR”……
yang ada lampu ON trus……
pke 2 relay aja yang 4 kaki bisa kn nyala LAMPU DEKET n JAUH BERGANTIAN……???
ane gak vonis “gak bisa” š
bisa, tp input/suplai gak langsung dari aki, tp dari saklar on/off lampu.
nah, apa sih gunanya kita pake relay di headlamp? itu dulu musti dimengerti … dan udah ane beberin di artikel di atas …
pake 2 relay 4-kaki, bisa …
tp bbrp motor ada yg nyala low+high saat posisi high … kalo yg begini musti 5-kaki salah satu relaynya.
mas bro,gimana cara masang saklar lampu motor jupiter,,masalahnya lampunya hidup trus g bisa di matikan
beli sakelar jupiter lawas bro š
Bro, Kenapa Yang relay 2 kaki 30 tidak disambung langsung via sekring ke aki. tapi kok disambung ke kaki 87a relay 1? apa perbedaannya?
karena gak semua headlamp “Lo”nya padam saat “Hi” nyala … alias pd saat posisi “Hi”, filamen “Lo” & “Hi” nyala bareng …
tp nantinya terserah si user aja … mau “Lo” tetep nyala saat “Hi” nyala, atau mau “Lo” padam saat “Hi” nyala … tinggal ubah2 sedikit jalurnya š
mas brow, setelah sukses FW sekarang mo modif lampu pake relay nich. klo 2 HID rangkaian ini bisa digunakan tidak? atau harus 1 HID 1 rangkaian? jd klo tuk 2 HID saya harus buat 2 rangkaian? mohon pencerahannya…..
ada artikel sendiri tuk pengkabelan HID š
gan kl skywave stdnya kan 25watt x2 nah, kl pk bohlam 35watt x 2 pk relay bawaanya aja gppkan(katanya sih sdh pk relay dr pabriknya š ), ato kl belum ada relay langsung pasang aja itu bohlam 35w nya gak maslahkan
terimaksih sebelumnya
relay bawaan mana gan?
skywave setau ane gak ada relay2an di jalur lampu depannya …
kalo 2*25W trus diupgrade jd 2*35W, resiko jebol saklar lampunya …
Hallo Om Nova, nubie mw ikutan komen krn kebetulan jg pake Skywave & kemarin barusan bikin rangkaian relay utk headlamp & klakson.
Saya kurang faham apakah ini motor aslinya sdh pake relay atau belum, namun sy sempat menggunakan lampu Osram Silverstar 35/35 w x2 tanpa relay dalam skema DC full wave selama sebulan, dan alhamdulillah aman2 saja. Yg sy perhatikan sih, jalur listrik kedua bulb lewat kabel yg sama, dan ukuran kabelnya mmg rada tipis, malah kabel negatif bodi yg tebal.
Tp krn sy ingin mengoptimalkan pencahayaan headlamp, ya sy coba bikin rangkaian relay utknya. Namun so far, hasilnya kurang menggembirakan, alias sami mawon terangnya. Apa ini krn faktor kabel ground lampu yg kurang tebal (tdk setebal kabel arus + dari accu) ya ? Atau karena kabel + ke bulb yg masih ikut jalur orisinal via soket krn sy tdk mau merusak jalur kabel orisinal terlalu banyak ?
Suhu, apa ground dari relay bisa disatukan dgn ground dari bulb ? Pada skema saat ini, ground relay pake jalur ground orisinal bodi, sedangkan ground bulb pake kabel (rada tipis) ke kutub – accu. Mohon pencerahannya, terima kasih.
pertama, relay bukan “penguat” .. jd prinsip penggunaan relay bukan untuk menguatkan suplai listrik ke beban š
kedua, coba tes nyala masing2 bohlam langsung via aki. bandingkan dgn di jalur headlamp, tanpa atau dgn aplikasi relay. jika sama, itulah optimalnya bohlam. jika lebih terang yg di aki dibanding di jalur headlamp, berarti kurang suplai (ada drop di jalur tsb).
ketiga, ground bisa nyantol kemana aja, selama itu bakal berujung ke negatif aki.
Oya gan ada yg masih kurang paham, kl masih halfwave listrik headlamp kan dari spul jd ngikut rpmnya. Nah kl sudah fullwave headlam ngambil listrik hanya dari aki atau tetap dr spul juga (tergantung mana yg output lebih besar sebagai sumbernya)
semua dari aki š
semua dari aki maksudnya mau halfwave atau fullwave dari aki gitu gan?
kalo jalur lampu udah pindah ke jalur DC (misal: join ke jalur kontak), udah pasti bakal ngikut aki. lebih2 fullwave, karena semua output spul udah 100% cuma tuk charging.
untuk motor lawas seperti bebek honda grand bisa kah diterapkan sistem ini?
bisa bro š
Wah ktemu jg topik yg ginian… sebelumnya thanks buat mas novaera…
Mau tanya gan.. rencana fullwave motor skywave cuman ada hal yg masih bingung:
1. kl mau upgrade watt headlampnya kudu pakai relay kah?…coz kl gk pake relay redup, itu kata mekaniknya dia sdh pernah fullwaving di cs1 spt itu?
atau karena memang pernah baca juga di salah satu topik swimforum skywave di jalur kabel bawaannya ada kapasitor atau apa gitu yg ngejaga supaya gk kelebihan beban jd kl pk 35watt jd gk ngaruh, makanya pk relay/jalur sendiri br terang.
2. apa bener motor yg bisa di fullwave itu hanya motor yg cdi-nya tipe dc atau kl maupun diganti dl ke dc dulu?
sekali lagi terimakasih mas moga sukses selalu..aminnn…
[1] yup, lebih baik di-relay ke aki š
[2] gak ada pengaruh CDI apa yg dipake.
thx … amin jg š
Berarti kalo lampu 2 seperti Nouvo Z, harus bikin 2 rangkaian ya?? Sekalian mau tanya, itu yang kabel merah(aki), apa langsung ke Aki, atau bagaimana???
satu rangkaian cukup …
brp beban total 2 lampunya, setarakan spek relaynya … misal 2x35W, artinya total 6A, pake relay otomotif/mobil yg @ 12V 30A masih jauh dari cukup …
kabel merah yg ada fuse-nya langsung ke aki …
Kalo langsung dari aki, berarti walau kunci kontak off, lampu tetep nyala?
Jadi lampu senja dicuekin aja, atau ngikut dimana Gan?
kan pake relay om š
contact relay gak bakal “switching”/”ON” kalo koil relay gak “nyala” … koil relay ke jalur “hi/lo” standar, “switch/kontak” relay ke aki & beban/lampu. begitu saklar lampu ente klik ON, koil relay “nyala”, contact relay “switching”, jalur aki jd nyambung ke “low” lampu … begitu saklar hi/lo ente klik ke “high”, koil relay satunya “nyala”, contact swicthing jalur aki ke “high” lampu. begitu saklar lampu ente klik OFF, koil relay off, contact relay terbuka, aliran listrik aki ke lampu berhenti. lampu gak nyala.
saklar on/off lampu nyambungnya ke kontak … jd saklar ini gak bakal fungsi kalo kontak gak on. lampu jg gak bakal bisa nyala.
mudah2an bisa dipahami cara kerjanya š
Oke2 aisi2.. Mudah2an bisa segera diterapken.. Tapi FW ane semua lampu dan klakson lemes Om.. š¦
musti cek atu2 om …
mulai dari output spul, output kiprok, output aki, output di jalur kontak …
jd bakal ketauan di jalur mana2 yg drop …
Masalah udah terselesaikan Om.. Kiproknya yang parah.. š¦
Pas diganti, langsung oye..
hoho, manstab oom š
mas mau tanya klo untuk lampu tembaknya gmana cara pasangnya …. untuk penambahan gambar diatas apa yg harus di rubah… sblmnya trims atas pencerahanya….
pake relay 4-kaki aja …
kaki #85 ke switch/saklar, #86 ke ground, #30 ke aki & fuse, #87 ke +lampu.
om novaera, kalo motor mio kan saklarnya ada lampu senjanya..nah itu ikut nyambung dimana? apakah ikut relay ato bikin rangkaian lagi?
senja mah gak usah dipikirin š
kecuali kalo lampu senjanya mau pake halogen 35W š
om nova, klo kelistikan msh ac ga bs diterapin donk yah cara di atas?
bisa aja ..
jalur yg masuk ke pin#85 tiap2 relay, dikasih diode 1-2 ampere …
tulisan yg sangat berguna jadi inspirasi buat ane š
cuma ane punya kendala om, ane mo pasang dua buah foglamp projector di vixion ane
pengennya kalo pake lampu dekat yg nyala salah satu
kalo pake lampu jauh yg nyala dua duanya
ane udah coba skema diatas kabel untuk Hi dan Lo dipisah ke masing2 projie jadinya yg nyala cuma salah satu
trus ane coba pake dua relay 5 kaki, salah satu relay 87 + 87, bisa nyala dua duanya tapi kabel kaki 85 dari kedua relay harus disatukan sedangkan kalo disambung ke switch kan cuma salah satu yg bisa on
mohon pencerahan om…mudah2an narasi dan pertanyaannya tidak membingungkan hehehe…
simpel …
output (pin#87) dari relay 4 kaki ke salah satu lampu …
output (pin#87) dari relay 5 kaki dicabang ke kedua lampu …
tuk relay 5 kaki, pastikan speknya lebih dari cukup tuk handle arus/volt ke kedua lampu.
sudah dicoba om, hasilnya…
kalo lampu dekat dua duanya nyala
kalo lampu jauh mati dua duanya, dan relay cuma ada suara cetak cetak aja
ane coba pake dua relay 5 kaki, salah satu 87a
kalo lampu dekat nyala satu
kalo lampu jauh bisa nyala dua duanya
cuma kalo dibalikin ke lampu dekat lagi masih tetep dua yg nyalanya
apa masalah di relay 87a nya ya?
maaf om jadi ngerepotin š
yakin om udah spt yg saya bilang di atas?
output relay langsung ke lampu lho ya, bukan jalur lampu …
lapor om…
sekarang udah bisa dua foglamp projie ane nyalanya sesuai keinginan
LO : salah satu nyala
Hi : dua duanya nyala
pake skema sesuai arahan om TS, cuma ane modif sedikit dengan tamahan dioda
makasih ya om atas share ilmunya, semoga menjadi kebaikan dan semakin bermanfaat
sip om š
trims jg udah sempat2 mampir di blog nan butut ini š
masbroer, kalo wat projie khan karena emang gak ada mekanisme hi-lo di projie itu (yang masbroer mangohan pakai), nah kalo kasusnya begini gimana nih masbroer novaera?
dua headlamp, penginnya pas lampu kota yang nyala cuma satu LO (lampu kiri), tapi pas switch ke lampu utama arus dari lampu kota tadi mati sehingga arus yang masuk kembali normal dari lampu utama (lampu kiri-kanan nyala normal).
ada pencerahan?
motor apa om?
bisa aja. tp banyak pake relay & rombak jalur …
Cara masang satu buah relay 4 kaki buat lampu depan honda supra x 125 R gmna caranya mas ?
Bantuin saya mas..
kalo sebiji gak bisa mas š
musti hi sendiri, lo sendiri …
kalo sebutir, cuma cukup tuk suplai tok … arus gede masih liwatin saklar.
Bro,, itu jalur ground dari lampu dan ground dari relay itu bisa di gabung nggak ke kabel hijau dari aki…? thx
bisa š
sorry kelewatan,, jalur merah itu ke out put kontak ?
+aki
gan, kl pake 1 relay kaki 4 dan pasangnya antara sebelum saklar hi/low dan sesudah saklar utama gimana gan ?
tuk apa masbro?
kyknya gak da gunanya pasang relay di situ š
met malam mas, mau tanya. Untuk penempatan relay apakah ada perbedaan efektifitas jika relay dipasang lebih dekat ke beban/lampu ( kabel output relay/87 lebih pendek) atau misalnya relay lebih dekat ke saklar (kabel output yg dipake lebih panjang)?
Di kalimat terakhir tertulis ” gunakan kabel yg lbh tebal untuk yg dari relay ke lampu”. Berarti kabel input standar yang sebelah kiri garis merah pd gambar 2 sudah tidak terpakai lg dong? Setau saya untuk sebagian besar motor feting lampunya sudah dibikin menyatu dengan kabel,Agak repot jika harus bongkar2 sambungan kabel di fetting lampu. berbeda dengan di lampu h4 yg fettingnya model soket, lebih nyaman jika harus ganti kabel tinggal copot terminalnya.
yup … tipe H6, kabel2nya udah tertanam di soket lampu. memang harus potong š atau gimana caranya lah š
posisi relay gak ngaruh … toh 87 & 30 cuma kontak switch, sama aja dgn saklar. hitungannya adalah brp panjang total kabel dari aki=>relay=>lampu …
asumsinya, makin tebal kabel, makin besar arus yg bisa dia handle/distribusi. kalo sekiranya pake lampu dgn watt standar, gak perlu ampe ganti kabel š
bro saya pasang 1 buah relay kaki 4 akinya tekor trus
apa harus ada tambahan relay kaki 5 biar aki stabil?..
matur suwun..
relay untuk apa bro?
bisa lebih detail?
Mau tanya master Relay.,
rencanaya saia mau pasang projie di motor MX tapi yang single beam karna dananya terbatas terpaksa dengan bantuan halogen philips H1 55W untuk low beam, sementara yang high beam pake foglamp H3 55W
apakah bisa pake cara yang master berikan itu, ato kalo ada yang lebih simple lagi dengan mengunakan 1 relay soalnya dari tadi mantengin baca baca blom mudeng juga hehehe š
oya apa resiko jika bohlam H1 langsung dipasang di jalur asli headlamp, bohlam akan putus ato kabel kabel yang akan terbakar
thanks master mohon bimbingannya
pake cara di atas bisa …
output low keluaran relay bisa ke hid, sementara yg hi-nya ke halogen …
hid gak bisa di jalur bawaan lampu, karena bebek & matik kebanyakan lampu utamanya sistem kelistrikan AC (dari spul), sedangkan ballast HID minta DC š
om motor saya satria f., gimana ya cara pasang relaynya.,. apa harus pake 2 relay?
tp mz brow yg q butuhin bwat mtor bebek, yg msih dri arus spuul,
da g’brow rangkainya??
cara di atas sama bro …
tinggal cari spek relay yg bisa “main” di listrik AC aja …
secara rangkaian, gak ada beda …
+aki, diganti spul_lampu …
om kalo gw masang rilay sesudah saklar on/of dan sebelum saklar hi/lo,gw pake relay 4 kaki,tu berpengaruh kg ya om?? :d
fungsi relay di jalur itu tuk apa dulu?
brow
kalo relay yg d elktronik ama yg d bengkel bedanya apa
ane ada masalah nih
ane mw bkin siskam d mtor ane
ane udah bikin rangkaian mikronya
terus outputnya udah ada
tpi ane bingung pas masan ke cdi nya
kan pke relay tuh
minta saran dong
tujuannya buat on/off kelistrikan motor
kalo yg di toko elektronik, biasanya tuk PCB … jadi musti solder …
kalo yg otomotif, pake soket2an … cara kerjanya mah 11-12 …
ada skemanya gak, jalurnya ke mana2?
yg mau direlay di CDI tuh apanya? ngerelay ke mana?
Mas brow,
minta skema pemasangan saklar high pass beam motor supra x 125 dong..
hi-pass beam cuma nambah saklar “push-on” …
satu terminal saklar ke arah lampu hi, satu terminal lainnya ke kabel menuju saklar hi/lo …
saya ingin bertanya.boleh atau tidak pasang relay pada lampu depan motorcycle?.
boleh2 aja š
Mas, mau nanya nih. motor saya supra x 125 yg headlampnya dobel 18/18w. ada rencana mau ganti yg 25/25w. yg ingin ditanyakan, kalau sy ingin mematikan salah satu lampu depan (kiri), jadi hny yg kanan saja menggunakan 25/25w apa bisa mas? dan apa terang untuk digunakan?
atau kalau saya gunakan 25/25w 2x, apa perlu saya matikan lampu senjanya supaya beban tdk terlalu banyak?
untuk tambahan, saja modifikasi klakson dgn hella (+relay). trima kasih bnyak dan mohon jawabannya.
spek maks. standar headlampnya = 36W … di atas itu, resiko saklar & jalur lampu terbakar karena dialiri arus yg lebih gede.
jd kalo pake single 25W, masih dlm range aman …
mau pake 2 biji 25W jg bisa … tp biasanya kurang “ngangkat” … jd hasilnya malah lebih redup dibanding standarnya, kecuali kalo rpm tinggi (karena output listriknya naik). tp ya itu, resikonya, apakah jalur lampu + saklarnya bakal kuat dilewati listrik 2x25W (50W) š
Bagi yang sedang kebingungan maswalah head lamp di Honda New Supra X 125R, Bisa juga konsulltasi langsung di blog saya. trims
bisa lihat posting/ video dimari : http://akhfauzan.wordpress.com/2012/06/04/membuat-lampu-hi-pass-beam-honda-nsx-125r/
om ane mo bikin lampu tembak2an hhe. tapi pake sakelar sendiri yg kyk toge gt buat on offnya, trus masalah hilo ane abaikan, jadi filamennya nyala22nya pas di ON. itu pake relaynya sama ga om ama skema yg diatas ?
langsung jg gpp …
tp pastiin tuh saklar toge bisa handle ampere yg setara ama total lampu yg bakal ditembakin š
oh gt om.. ya misal pake diatas 60 watt kn mesti pake relay tuh.. skemanya kyk gini bukan om. accu–fuse— relay–saklar ?
relay setelah saklar … persis skema di atas. tinggal pilih tuh relay mau di-trigger liwat mana.
misal mo pasang saklar sendiri, berarti dari output kontak ke saklar trus ke relay (kaki #85).
kaki #86 relay ke ground (-AKI) … kaki #30 relay ke +AKIm dan kaki #87 relay ke +lampu.
1. om motor saya supra NF100 sudah ubah FW dan lampu udah di jumper ke output kontak, apa harus dilepas jumpernya ? Karena sumbernya khan langsung ke accu klo pake 2 relay seperti skema diatas ?
2. jika saya pasang relay sebelum socket lampu bisa gak om ? jadi yang dipotong kabel fitting lampu nya saja ?
1. gak … ntar relaynya gak bisa nge-klik dong š
2. emang relaynya musti ditaroh antara saklar hi/lo & soket fitting lampu kok …
1. om saya masih bingung nie, khan di relay nanti mengambil daya dari + accu langsung ya ? apa gak tabrakan nanti dengan kabel jumpernya khan klo di jumper menurut pengertian saya udah da daya langsung ke accu …(maaf klo keliru karena saya gak paham urusan listrik)
relay itu isinya “koil” dan “saklar” …
saklarnya nge-klik saat koil teraliri listrik … makanya relay bisa disebut saklar elektrik.
yg menghubungi antara +aki dan +lampu adalah “saklar relay” … sementara koil relay ngambil sumber dari jalur lampu keluaran saklar lampu …
jadi, begitu saklar lampu di-ON-kan, koil relay teraliri listrik, dan saklar relay terhubung, akibatnya menghubungkan si lampu dgn aki …
knp pake relay?
karena tuk menggunakan beban gede, misal lampu dgn watt lebih besar, jalur2nya musti mampu handle arus listrik besar yg dibutuhkan lampu. sedangkan jalur2 bawaan (saklar lampu dan kabel2nya) cuma didesain tuk beban standar, misal 1*35W (anggaplah ~3A, 35W / 12VDC). jika instalasi standar ini dipaksa tuk lampu 55W misal, berarti bakal dialiri arus ~5A. resikonya, saklar & kabel2nya bakal terbakar.
kalo mau ganti kabel yg lebih tebal & saklar yg mampu handle arus 5A, kan repot. blom tentu nemu materialnya. makanya diakali dgn relay. gak perlu banyak rombak jalur bawaan, cuma nambah dikit jalur baru dgn kabel yg lebih tebal …
btw, yg dimaksud nge-jumper yg mana ya?
maksud saya jumper atu adalah waktu kita modif Fullwave khan kabel yg kuning kita jumper dengan kabel hitam output kontak supaya bisa nyala lampunya klo kontak di posisi ON.. Nah apa gak tabrakan nanti arus listriknya klo kita pake skema diatas ? Karena ambil daya dari + accu ?
oooo … š
gak om. kan jalur “jumper” td cuma tuk “nyalain” relay aja … begitu saklar lampu di-ON-kan, relay aktip, dan listrik dari aki langsung ngalir ke lampu.
Om, maaf ya sedikit koreksi. rangkaian diatas apa sengaja dibuat saat HI nyala bersama sedangkan semestinya nyala bergantian. Jadi kl mau bergantian pin 87a pada relay no. 1 seharusnya disambung ke pin 30. mohon dikoreksi kl ada salah maafin tks sukses selalu
masalah hi/lo bergantian sebenernya tergantung saklar “hi/lo”nya masbro.
kalo saklar di set “hi”, biasanya “lo” terbuka (terputus) & “hi” nutup (terhubung) dan sebaliknya. dan umumnya saklar hi/lo motor seperti itu.
tp jika ternyata saklarnya beda, saat “hi” yg “lo” jg terhubung, emang musti ubah skema dikit dari skema di atas š
ok om thanks atas infonya saya akan coba pasang dengan skema tersebut..
om kl diterapkan di hsx 125 cw saat lamp off tegangan aki bisa 13,5 v kondisi stationer n saat lamp on tegangan aki jadi 12,5 v . Yg saya tanyakan apakah itu msh normal atau termasuk drop, lampu yg digunakan 2 x 18 watt halogen. Mohon penjelasan tks
mustinya tambah lg tes di setiap kenaikan rpm … brp rpm terendah bisa bikin voltase naik >12.8V dgn beban nyala semua …
btw asalkan di rpm 2500~3500 bisa dpt antara 12.8~15V DC kondisi beban nyala, itu udah gak masalah.
gan ane beli relay yg 5 kaki, tp terminal 87a nya kok gak ada ? dua terminal nunjukin 87 doang …. gmana nentuinnya gan ?
itu relay dual output … 30, 85, 86, 87, 87 …
yg musti dipake yg ada nomor 30, 85, 86, 87a, 87 …
memang sama2 5-kaki, tp beda peruntukan …
om, ane pngen modif lampu vixion jadi 2foglamp 2x35watt, tp yg terang malah salah satu.
ane coba pake relay dengan rangkaian diatas, output relay 87 yg 5-kaki dicabang kedua lampu, relay 87 yg 4-kaki langsung ke slh 1 lampu.
yang jadi pertanyaan, kabel fitting lampu ug satunya lagi dipasang kmna om??
mohon pencerahanmya…. trims
pertanyaannya,
apa kedua lampu fog musti nyala dua2nya? posisi lo-beam, posisi hi-beam?
kalo iya, instalasinya sama kayak artikel di atas, cuma kabel2 yg menuju lampu di paralelkan (2 kabel, 1 tuk ke masing2 bohlam).
kalo mau independen, misal 1 tuk lo & 1 tuk hi, tinggal pisah aja kabel keluaran relay yg menuju bohlam. keluaran relay 4 kaki tuk lo-beam, yg 5-kaki tuk hi-beam.
jdi gitu ya bro ,klo saklar dan kabel ga panas ,musti kasih relay dan nyala lampu jadi lebih terang krn suplai’a optimal , krn ngambil langsung dari accu ,makasih infonya bro nanti sy beli relaynya .
AKU DAH APLIKASIKAN KE TIGI ANE, KOQ GA BISA YAH , ?
mungkin masih ada kekeliruan om. coba cek ulang.
alhamdulillah atas ilmunya pak. saya suka dgn blog ini, sangat bermanfaat.
amin … trims udah sempat mampir & baca2 š
mudah2an ada faedahnya š
kalo untuk pulsar 200 udah DC tapi masih pake BCU masih bisa pake jalur ini om??
saya kurang ngerti jeroan pulsar om …
blom pernah nyentuh soalnya š
btw, kalo jalur lampunya udah DC, sebenernya gak masalah dipasangi relay kayak di atas.
maaf gan….saya dah mengaplikasikan relaynya….
ground dari relay saya sambungkan ke body. .trus ground yang di soket lampu saya ikutkan yang ada di kabel soket lampu.
tapi ketika di idupin yang nyaka kok hanya yang Hi dan ketika di posisi LOW gag nyala…..tapi ketika di PASS kok nyala smua knapa ya gan…apa salah merangkai
(motor saya megapro)
kayaknya ada keliru instalasi jalur2 dari & ke relaynya gan š
sory gan baru komen.
sudah kelar ternyata relay yang kaki 5 kaki2nya bukan 87 & 87a tapi 87 & 87
dan 87 & 87 itu sama aja ma relay kaki 5. hehheheheh makasih gan
eh keliru
sama aja ma rrelay kaki 4
gimana om caranya pasang relay lampu buat FU 150., apa harus menggunakan 2 relay??
tolong bantu dong om .
cara di atas bisa diaplikasikan š
Mas bro bolh mnta nmr hp nya ajh ga biar lbih jlas n gmpang.
kalo cara merubah arus AC ke DC gmn Gan????
ane awam Gan ma yg begituan…
cara simpel, kasih dioda š
Mohon jgn capek njwb ya agan suhu…, nnya neh, cr psng dioda tuk lstrik ac gmn dong..kan supri 100 ms ac tuh, brp bh diodanya, arah mana msngnya ? Tx berat gan…
seperti biasa …
cut jalur “+”nya, dan sambungkan lg dgn dioda di antaranya š
dioda tersedia dlm kemampuan handle arus (ampere) yg berbeda2 …
jd gunakan diode dgn spek ampere yg sesuai dgn ampere lampu š
mas saya dah aplikasi skema pemasangan relay dengan benar tapi kenapa lampu ga nyala
sedangkan relay yang saya beli kebetulan transparan dan terlihat saat saklar On relay bekerja atau conect tetapi lampu tetap tidak mau menyala kirai-kira kenapa ya?
kalo relay aktip saat saklar dimainkan, berarti kerja relay udah benar.
cuma, mungkin pemasangan jalur ke lampunya yg keliru …
coba perhatiin lagi skema di atas š dan perhatikan jg spek relaynya š
mana yg kaki NO, NC, COM š
g bsa mas brow,,,,pedah,q matic vario gmn cra.nya
Bro, mtr ane megapro. sdh psng H4 skema sdh sesuai anjuran diatas.
Lampu udah bisa nyala semua, tp pd wktu high beam cahaya lampu malah jadi redup.
Kalo Low sih no problem, umur aki msh seminggu.
Tlg Mas bro, kira2 kena gejala apa….? Tq
Pertanyaan sama kayak mas Widodo. Mohon penjelasan mas.
Masalah dah ditemukan…. ternyata kabel min salah pasang…. sekarang udag mantap lampu motorku….
mas bro,,,,,,,,,,,motor aq.NMP….Accu dah tak ganti jadi 10 Amp…………aq pasang horn hella dan 4 lampu halogen………………untuk lampu halogen dah tak pasang rellay…………..ternyata kalo dah jalan……………accu jadi tekor dan klakson gak bisa bunyi………….kiprok masih ori ,,,,,,,,,,gimana cara ngatasinnya………..
berapa kapasitas (watt) semua beban yg terpakai saat motor dipake jln?
total watt lampu dkk ….
Mau tanya nih mas broo š
Motor ane supra x 125 thn 2006 (yang tipe satu lampu) kan bohlam standar motor 35watt.. Kalo ane ganti jadi 55watt kira kira mesti pake relay ya gan ???
Terus itu reflektor nya kira kira kuat ga ya pake bohlam 55watt… š
musti pake relay …. kalo gak, saklar lampunya yg terbakar š
kuat gaknya reflektor tergantung kualitas lampunya … cari bohlam yg “uv filter/protection” … bukan panas yg bikin reflektor rusak, tp radiasi UV si bohlam …
cuma, biasanya bohlam dgn UV filter harganya rada mahal š
Waduuuhh…. Berarti ane mesti rakit relay biar saklar ga hangus terbakar š
Oohh gituuu š
Kira kira bohlam merk apa gan yang ada UV protectionnya biar reflektor ane ga meleleh, standar pabrikan 35watt. Ane pengen ganti jadi 55watt.
Tipe bohlam motor ane H6 š
Sayangnya gak ada 55W tuk H6 š
Ā„Ć¹diĀ„Ć”n “Novaera” @ mobifone
Jiaaahh…… š
H6 cuma sampe 35watt doang ya gan ????
Wakakakakak š
Ane kira ada yang 55watt… š
om..motor ane XEON..ud pake kiprok tigi..kan bohlam standar 25w nah sekarang ane pake 35w autovision,,brrti ada tambahan daya lampu 20 wat kan?(kanan ma kiri) perlu g pake relay gitu?
pengaruhnya kmn aja om?thx
kalo modip fw, mau gak mau lampu utama ngambil jalur kontak bukan?
ini bakal beban buat jalur kontak … krn udah cukup buanyak yg nebeng di jalur ini … kalo dipaksa, kabel jalur kontak bisa panas & mudah putus ….
kalo saran saya mah, kasih relay aja š
iyaaa….kontak on lampu lgsung nyala….biasannya kl FW juga gitu kan?lampu ksh relay bisa membuat lampu jadi awet g om? oya kl lampu 35w x 2 trs klakson 4 ampere (ori kijang),,akinya harus brpa ampere om?
Gak langsung ngefek ke lampu sih š
Relay itu fungsi dasarnya sama aja kayak saklar, tp gak di-mati/nyala-in pake tangan, tp pake listrik. Bs disebut jg saklar elektrik š
Bedanya kalo pake relay kita gak perlu ubah semua jalur kabel dgn kabel yg lebih tebal … Termasuk saklar lampunya. Jd cukup kabel dari aki ke relay & relay ke lampu aja yg tebal.
Lampu 2x35w makan arus skitar 6A. Ktambahan klakson 4A, jd total 10A. Jd ente butuh aki 10Ah, itu kalo mau nyalain dgn aki tok š
Toh kenyataannya suplai listrik gk cuma dari aki tok, tp jg spul (setelah di-dc-kan oleh kiprok). Aki cuma nyuplai saat daya spul+kiprok di bawah daya aki, biasanya saat rpm rendah š
Ā„Ć¹diĀ„Ć”n “Novaera” @ mobifone
bro kalo relaynya berisik itu kenapa yah dan efeknya lampu engga nyala sama sekali
kemungkinan koilnya rusak om …
saya pengguna pulsar 220.. head lamp nya itu ada 2 (lampu dekat & jauh) kira2 kalau dipasang cuman 1 relay untuk keduanya aman gak? apa perlu relay sendiri-sendiri..soalnya lampu dekat sering mati 1 tahun ini saya sdh ganti 2x untuk yg terakhir ini saya mau coba pasang relay sapa tau bisa awet..(relay 12v/30A) ini bener ya?
terima kasih
Electrical System : 12 Volts DC
Head Lamp : 55/55 W-H7 (for F)
Battery : 12V – 9 Ah
selama spek ampere & voltase relay sesuai, gak masalah š
Gan.. ane mau nanya..
kalo honda revo bawaam pabrik uda fullwave dc blom? Kalo belum gmn caranya biar jadi fullwave dc…
Thanks…
blom …
artikelnya ada di seputara blog ini … buka2 aja gan, hehe š
mlm gan,. Mo tnya, mtr ane mio sdh FW.. Kl jlur + ke akiny drbh ke jlur output sklar gmn??.. Kan kluaran output sklar sdh + dr aki..
maksudnya gmn gan?
+aki ke output saklar? atau +aki menuju saklar? saklar apa?
maaf pertanyaan newbie..” ground” itu kita tempel ke body motor yg besi apa cari kabel ground motor? kabel yg sudah dirakit pabrik… cara mengetahui kabel ground gimana ya?
bisa cantol ke rangka, bisa tarik kabel baru langsung ke minus aki š
mana yg enak aja … hehe
cara cari tau mana jalur ground?
cek pake multimeter … set ke “continuity” atau “ohm”
salah satu probe/tester ke kabel yg dimaksud, satu probe/tester lagi ke rangka atau ke “-” aki. kalo multimeter bunyi (continuity) atau nunjukin angka 0.00~ (<1 ohm), itulah jalur ground.
Maaf mau tanya, untuk arus buat nyalain/gerakin coil relay itu arus AC (dari headlamp motor bebek kan AC). Relay nya ga geter ya? kan g stabil tuhh..
Thanks
kalo AC, musti disearahkan dulu pake diode … trus ditambahin elco tuk koilnya …
Dioda yang brapa dan elco nya yang brapa juga tu mas, n cara pasang nya gmana mas?
Thank’s mas
Tlg bantuan nya mas, mav mas ngerepotin mas, bnyak tanya
sudah saya coba pasang di pulsar 220 relay 4 kaki untuk lampu dekat. bisa nyala tapi kemudian mati dan ganti ke lampu jauh. BCU bawaan pabrik otomatis membaca kalau lampu dekat mati… maka lampu jauh nyala. ada cara gak buat ngakalin si BCU biar gak detect lampu deketnya yg dikira mati?.
ada sebenarnya … tp saya gak nguasai pulsar om ^_^
kalo mau mampir ke trit kaskus, ada kok disitu … cari aja postingan “gajah gendut” …
maz mau tnya…motor tiger revo betmen saya mau ganti lampu h4 apa perlu relay jg maz.supaya ngga tekor akinya.sedangkan lampu senja,rem saya maitin semua apa kuat dengan lampu 55/90w.kalo da yg dirubah apanya yang dirubah pa tinggal pasng aja
tlong maz pencerahannya…..
relay gak ngaruh ama tekor tidaknya aki …. karena fungsinya sebagai “saklar elektrik” …. relay menghubungkan lampu langsung ke aki, tp penyalaannya dikontrol via saklar & jalur lampu standarnya …
lampu senja & rem jgn dimatiin dong š
kan bahaya … ntar pengendara lain gak mudeng kalo si om liwat š
mending ganti aja ama LED biar lebih rendah konsumsi listriknya …
Gan, ane udah pasang relay buat motor ane supra x 125 tipe lama yang cuma 1 lampu. Cuma nih kan ane rencana mau rubah headlamp motor ane pake yang supra 125 tipe baru yang 2 lampu. Nah pertanyaan nya.
Apa perlu satu lampu satu rangkaian relay atau satu rangkaian relay cuma dipake buat nyalain 2 lampu. Kalo skrg di motor ane satu rangkaian relay buat satu lampu. Nah kalo mau ane ganti pake yang supra 125 baru kan 2 lampu tuh. Jadi ane mesti bikin rangkaian relay lagi atau di pararel aja sama lampu satunya.
Ngerti ga maksudnya ane ??
Maaf rada belibet pertanyaan. Heheh š
kalo niatnya mau nyala bareng, paralelkan aja 2 lampu … yg penting total ampere tuk lampu masih di bawah spek ampere relay š
mau satu relay satu lampu jg gpp … hehe
Mw tanya nih mas bRo..,
pada kondisi R2 off, relay nya panas trus setrum aki’y jg habis, kenapa ya??
short / konslet …. mgkin dlm relay, mgkn kabel2 yg menuju relay …
Gan, ane mau tanya… Ane kan udah jadi fullwave buat HSX 125
Ane udah terapin sistem relay buat headlamp di motor ane. Udah sukses juga masangnya. Cuma ko pas ane ganti. Lampunya jadi 35watt @2x (70watt totalnya) ko malah redup yaaa . Padahal kan 35watt harusnya terang , kalo ane pasang 2 @35watt harusnya juga terang banget kan… Eh Tapi ko malah redup yaa š¦
Tolong solusinya dong gan. Makasih banget sebelumnya nih š
bebannya over …
tp coba ganti kabel2 yg dari aki menuju lampu, dgn kabel yg lebih tebal …
jg kabel dari spul ke kiprok & kiprok ke aki …
biar arusnya lebih lancar ngalir …
Ane udah dari awal pasang relay udah pake kabel kabel yang tebel gan š
Apa mungkin bener ya bebanya terlalu over
Ane mau tanya lagi nih gan
Kalo aki kapasitas 3.5Ah bisa ngehandle sampe berapa watt total beban ??
Kalo pake aki tiger yang 7Ah sampe berapaa watt ??
Terimakasih š
kalo secara hitungan, 3.5Ah itu berarti 3.5 ampere dalam 1 jam …
tinggal kalikan aja ama voltase akinya … anggaplah voltase aki dlm kondisi full = 12.8V
berarti 12.8V x 3.5Ah = 44.8W dlm 1 jam …
Gan kl pasang ni Relay apa akan berpengaruh pada cahaya lampu? (apakah Lampu akan jadi tambah terang?). sedangkan sistem kelistrikan pada Lampu Fullwave(DC) itu kan dibebankan langsung dari Accu. kalo ditambah Rellay berarti semakin bertambahnya beban pada Accu yg menyebabkan semakin berkurangnya arus di Accu. trs kalo masalah Tebal/tipisnya konduktor pada kabel itu berpengaruh juga ga pada cahaya lampu itu sendiri. Trim’s sebelumnya š
gak …
relay gak ngaruhin terang redupnya lampu …
relay cuma sebagai “saklar elektrik” … relay men-saklar-i lampu langsung ke aki … sementara untuk aktipkan relaynya via saklar lampu bawaan … jd arus listrik besar ngalir dari aki via relay langsung ke lampu, gak melintas ke saklar spt sebelumnya … tujuannya, saklar gak panas & resiko jebol karena besarnya arus listrik yg ngalir …
relay gak nguras aki … kebutuhannya tuk “aktip” cuma kisaran <1 ampere …
konduktor jelas pengaruh … fungsinya ibarat "jalan raya" bagi arus listrik supaya bisa ngalir dari suplai ke beban listrik spt lampu …. kalo konduktornya sempit/kecil/tipis, arusnya sesak, bahkan bisa panas & terbakar kabelnya …
makin besar/tebal konduktor, makin lega jalan raya si arus listrik …
Malam mas, saya mau tnya nich,saya mau pasang bola lampu vixion di motor saya,gmna cara pasang relay nya ya mas, motor saya vega r 2008, arus nya kan ac tu, tanpa harus ngrubah arus nya gmana ya mas, tlg bantuan nya ya mas
Malam mas bro tlg donk bantuan nya mas, ane mau pasang lampu h4 di motor vega ane, vega new 2008, tanpa mrubah arus gmna ya mas4elain diode kan pake elco, elco yang brapa tu mas,ane newbie tlg bntuan nya mas,
Sukses slalu buat mas
penambahan relay tuk headlamp di kelistrikan AC bisa dibilang gak ada fungsinya om.
karena besaran output listriknya masih ikut spul & terbatasi oleh kiprok …
Malam om saya tu mau pasang lampu pnya vixion d motor vega r new 2008, kalu ikuti cara om kan mesti rubah tu jd fw, kalu gak rubah gtu gmna om cara pasang nya,
Powered by Telkomsel BlackBerryĀ®
simak!
Gni mas bro saya kan mau pasang lampu spti vixion, tu lampu kan mesti pake aki, gmana toh cara pasang nya d motor ane, motor ane vega r new 2008, tlg bantu cara pasang nya ya om novaera
Thank sebelum nya
Malam om saya tu mau pasang lampu pnya vixion d motor vega r new 2008, kalu ikuti cara om kan mesti rubah tu jd fw, kalu gak rubah gtu gmna om cara pasang nya,
non-fw gak begitu signifikan hasilnya om … karena suplainya terlimit oleh kiprok š
penggunaan bohlam dgn watt lebih tinggi malah lebih redup dibanding watt standarnya.
prmisi oM,,numpang nanya,,kalo di tiger perlu ganti reflektor gak yah,,,,mksh oM,,
gak pelu om ..
yg penting pastikan bohlamnya punya “UV filter” dan terpasang kencang dgn soketnya.
yg paling sering bikin reflektor gosong adalah radiasi UV berlebih & “fong” (percikan api listrik) akibat koneksi bohlam=>soket gak kencang.
.sorry nih gan ane mau nanya ….??
.kalo cra itu di terapkan ke motor v-ixion 2008..???
.di tunggu gan jawabannya …
.oiya gan kalo cuma ada 2 buah relay 4 kaki & semua kelengkapan lainya sdah lngkap gan ,, tpi tnggl masangnnya yg bikin bingung gan ..!!
.kan seharusnya 1 relay 4 kaki ,1 buah relay 5 kaki tpi ane adanya 2 buah 4 kaki ane takut mau nyoba takut ntr malah lampunya nggak mau nyala ….
.gimana nih gan solusinya…masih bisa kan..
.motor ane yamaha v-ixion 2008…
tinggal ikuti skema di atas š
1 relay 4 kaki + 1 relay 5 kaki …
kalo dua2nya 4 kaki, saat lampu jauh, lampu dekatnya jg nyala …
.thank’s yah gan …
klo g pake relay tpi kabel dari aki ke lampu d bikin lbih tebal gmana mas?
nyala terus dong lampunya?
om minta skemanya buat hi low n hi nyala breng dong. buat speda bebek standart, klo 1 bolam lo dri listrik bwaan motor(ac) trus yg hi dari aki via relay triger dri sklar standrt,ap perlu di searahkn dulu arus sbelum saklar hi lo! buat lampu ada resiko gak klo searah dulu gtu!!klo nyala breng bisa n aman gak om?jlasinnya dlm bentuk skema bsa lebih mudah saya pahami om.maaf merepotkn. trims
mmm ….
saya gak rekomen kalo nyala hi & lo sekaligus om …
terlalu gede kebutuhan suplai listriknya š
gini om mksud saya. filamen lo @25w knan kiri ttp jlur standart ikut mesin.yg filamen hi @25w knan kiri dikasi relay arus ambil langsung dari aki. berarti dalam 1bohlam ada 2 arus ac n dc,klo lagi nyala bareng ap listriknya g bentrok om? untuk relay elektro yg 15A/12v dc masi sanggup handle kn om?
asalkan jalur kabel kedua lampu terpisah, gpp …
tp kalo listrik spul tercampur listrik aki, spul bakal kalah dihantam arus DC …
g di buat on trus mo. cuma kalo ngeduluin mobil klo mlm hari. klo cuma andelin klakson standart kurang bisa ngasi tanda ke kndaraan ddepan. pengennya pasang foglamp tp belum punya dana.
1lg om tp maat oot, fw dual r/r hf ama r/r kusus fw hsilnya lebih bgus yg mana om? motor saya new blade
FW + kiprok FW …
kalo pake kiprok HW, gak bakal fullwave … tetep halfwave …
Bos nova
Motor ane jupiter z 115 cc
Mau tny kalo lampu HI nyala tp tanpa on saklar lampu bisa ga?
Jadi kalo mau dim lgsg teken hi / lo gt (hi : pass dim, lo off) trs saklar lampu lgsg on lampu lo..
Kalo bisa ajarin dong boss š
Tks before..
Bisa aja …
ntar saya coba sket modip jalurnya ….
ok boss..
sekalian tanya aja dah, saya coba menjadikan lampu dpn dc tapi tanpa ganti kiprok tigi; (cuman cabut kuning dr spul & gabungin coklat dr lampu rem blkg dg kuning di kiprok) saya coba jalan malem2.. head lamp nyala (2) saya coba bunyiin klakson gak ngangkat.. mau ganti kiptok tigi tkt sama aja kayak gitu,,, (maklum modal pas2an)
+++ ajarin cara yang bener pake tang crimping dong bos š mkasih……
Jalur kabel coklat udah penuh beban listrik …. termasuk klakson jg nebeng disitu … kalo ketambahan lampu utama, jelas bikin drop listrik …
musti nge-relay dgn cara di atas š
Ok dah, saya relai aja.. Di tggu sketsa tombol on off – lo, tombol hi – lo (pass beam) š
Sementara tanpa ganti kiprok ga masalah?
mudah2an gak …
tp saya gak jamin gak tekor š
utak atik skema, gak ada cara yg lebih simpel & murah dibanding nambah 1 tombol ON/OFF tuk pass-beam om š
gak bisa pake tombol hi/lo bawaan … musti nambah 1 tombol ON/OFF. Tombol ini nantinya menghubungkan jalur input saklar ON/OFF lampu ama jalur HI lampu …
ok lah kalo begitu om…
hihihi. trims
om, motor ane tiger2000, pke lampu H4,
skema udah ngikutin anjuran di atas,
saat lampu Low nga da masalah, tapi saat posisi High kok lampu’y nyala semua Low sma Hi..
kira-kira salahnya dimana ya om? trims
“kira-kira” udah bener gak ngerangkainya?
om, motorku scorpio..
arus lampu yg awalnya lgsg dr kiprok (ac), udh ku pindah dr aki (dc) via 2 relay prsis rangkaian di atas.
yg jd mslh,
klo lampu nyala, pass beam jd ga fungsi om.
klo mati, pass beam fungsi normal.
kira” apanya ya om??
apa urutan relay diatas ngaruh ya?
mksdnya ada efek ga kalo dari aki ke relay 4 kaki dulu, baru relay 5 kaki??
mohon bantuannya om..
harus sesuai skema di atas om š
Boss nova.. Udah ane praktek & berhasil š
Skg saya mau pasang relay buat klakson, itu positif (30) dari aki juga atau boleh numpang dr 30 yang lampu di atas??
tuk klakson, baiknya nge-relay sendiri … jgn gabung relay lampu š
instalasinya gampang …
kalo pake relay mobil yg 4-kaki (85, 86, 87, 30):
kaki #30 ke aki via fuse 10A
kaki #87 ke klakson, kaki klakson yg satunya lagi ke ground
kaki #85 ke kabel positif klakson bawaan
kaki #86 ke kabel ground klakson bawaan
Bang nova, jd ntar di positif aki saya ada tambahan 2 sekering y? 1 untuk lampu 1 untuk klakson…
Terus – sebaiknya ambil dari negatif aki / nebeng ground yang terdekat aja??
yap … fuse sendiri2 …
kalo barengan, klaksonnya short, lampu jg ikutan mati š
tp kalo sendiri2, yg short ya mati sendirian … & cepet ketauan š
ground boleh nebeng, boleh langsung ke -aki, boleh ke rangka …
tp pastiin nilai ohm ground nebeng ama -aki dapetnya NOL …
Siap laksanakan
Bos nova.. Agan mickey tanya lagi..
Yang dilakukan hari ini..
1. Buat jalur + & – dari aki ke lampu depan pake relai.
2. Cabut kabel kuning dari sepul (Kuning, Putih, Hitam), kemudian yang dikiprok (4 macam) saya cabut kuning digabung dengan coklat pny lampu rem belakang.
Abis dibawa muter.. Jupiter z 2010 ane jadi gak bisa double stater.. Abis itu mogok 1x. (Mogok itu pengaruh pengubahan tadi gak ŃƤ bos nova)
kabel coklat itu DC, bersumber dari aki via jalur kontak ….
kabel kuning itu, masih terhubung ke spul lampu …
kalo DC ente campur ama AC (spul), yg spul bisa kalah/terbakar š
Bos nova.. Yang dari sepul (kuning hitam putih) udah cabut yang kuning gak dipake. Apa isa terbakar sepul-nya??
Makasih gan..
ngikut skema di atas, lampu jd beban tambahan buat aki š
kayaknya aki ente tlambat ngisi … atau … kecepatan ngisinya lebih lamban dibanding nyuplainya …
musti modip kelistrikan ala fullwave mode š
Jadi solusi nya pake kiprok tiger ŃƤ?
yap
relay 2 kok ada 5 kaki. .. apa relay yang di beli juga beda.. relay kaki 4 dan relay kaki 5 . yang bener yang mana !!
Bantu jawab…
Emang pake 2 relai
1. Relai kaki 4.
2. Relai kaki 5 (relai pemutus), pas ane beli dibengkel mobil ini kata nya dipake buat relai power window mobil..
Kalo pake tigi.. Artikel bos nova yang ini… https://kotsk.wordpress.com/2010/11/21/fw-yamaha-bebek-skutik/
Masih berlaku kan?? Ato ada inovasi 2013 š
selama motor & sistem kelistrikannya identik, berlaku seumur hidup … hihihi.
gak ada inovasi om … metode fullwave dari amrik ampe eropa, dari motor ampe PLN, ya sama š
Hahahahaha.. Oke dah agan nova. Sabtu ane beli kiprok tigi..
oke om …
selamat berjuang š
tanya bos nova..
rencana motor sy mo buat agar pda saat posisi high lamp,low lamp nya tetep nyala.apa msh tetap pakai 2 relay ?
balon 35/35w apakah beban listrik ngga kegedean klo nyala bersamaan (70w),new mx udh fullwave )
trus berapa tegangan minimum (ngukur di aki,rpm sedang ) agar aki tidak tekor ?
Tetap pake 2 relay, tp keduanya relay 4-kaki … Relay#1 tuk low & relay#2 tuk hi. Kaki #30 kedua relay ke +aki, kaki #86 kedua relay ke ground, kaki #87 relay#1 ke lo lampu, kaki #87 relay#2 ke hi lampu, kaki #85 relay#1 ke lo saklar, kaki #85 relay#2 ke hi saklar.
Tp kalo kedua filamen bohlam dinyalain bebannya jg nambah, 35+35W š
Voltase minimum tuk maintain aki 12V supaya gk tekor adalah >13.2V … Voltase minimum tuk ngisi aki 12V tekor adalah >14V … Dan keduanya gak boleh >15V
trims pencerahannya bos…
sy sdh ikuti petunjuknya tp sy masih bingung krn lampu hi dan lo msh menyala bergantian.
posisi saklar low >> low lamp nyala/high lamp padam. (OK),tapi pada
posisi salar high >> high lamp nyala/low lamp masih tetep padam.
( maunya sih pd posisi saklar high,maka low dan high lamp nya nyala bersamaan)
Oke … Berarti secara saklar lo/hi di motor emang terpisah jalur low ama high’nya … Ntar saya oret2 skemanya om …. Siang ini lg gk dpn komputer … Hehe
sy liat dan cermati kembali diagram di atas.apakah bisa lo&hi nyala brsamaan klo d ubh menjadi :
kaki#30 kedua relay ke +aki.
kaki#87A relay#1 ke kaki#87relay#2
mohon penjelasan bos..maklum nubi…trims..
Gak bs … Pas low beam bakal nyalain hi beam jg š
Skema kyk di atas, kaki #85 kedua relay dijoin (paralel)
ok bos,..entar sy coba dulu..trims
Om nova, lupa tny… Jupiter z 2010, pake metode ganti kiprok tigi tanpa bongkar spull ya?? Ngikutin tutor agan lgsg kan??
gak bongkar spul …
Oke tinggal colok ya
Terima kasih agan
bro,,ane minta tlong buat rangkaian relay klo pke 2 lampu,kya motor vario,,,tlong dibantu y,,,
sama kyk skema di atas bro …
kasih aja relay mobil yg 30A, udah lebih dari cukup š
toh lampu 2x35W cuma makan 6A doang kok …
mau tanya kalau misal ini di pasang di motor honda .. kan tuh ada 2 saklar . saklar kanan off/senja/lampu utama . saklar kiri bawah low beam/atas high beam. klo tidak merubah perkabelan nya gimana ya mas ?
dulu saya pernah bongkar tuh motor saya .saklar kanan klik 2x jadi lampu utama. di situ ada kabel kuning tebel ama biru strip putih?
saya pengen menganut 1 saklar untuk low beam dan high beam aja .kalau misal nih relaynya kaki yang mana yang akan di masukkan ke saklar kanan yang warna kuning telbal . yang pasti 30 ke aki dan 86 ke massa kan mas ? jadi ada solusinya nga ?
maksud nya mas . saklar kanan tetap di gunakan untuk perantara off lampu aja dan perantara on bila di klik 2x ke lampu utama . dan saklar kiri untuk pengaturan low beam/high beam ?
bukannya standar pengkabelan lampu utama emang begitu om?
input (via kabel kuning) masuk dari saklar OFF/ON/ON kanan — ON pertama tuk senja, ON kedua tuk headlight.
Pada saat klik ke ON kedua, outputnya menuju ke saklar LO/HI (via kabel biru-strip-putih).
Dari masing2 output saklar LO/HI ini, putih LO dan biru HI …
dan semua motor Honda begitu …
kalo maksud pertanyaannya ‘tanpa mengubah kabel’, maksudnya kabel mana?
sebab tuk aplikasi relay headlamp ini kita cuma ubah pengkabel dari saklar LO/HI menuju lampu headlamp doang.
kaki 85 dan 87 bisa di join nga mas ? alias di sambung ? buat 1 jalur keluar saja ? niat saya sih kabel kuning dari kiprok beban menuju saklar kanan saya potong di sambungin ke kabel + aki .. kabel biru strip putih yang ada di saklar kanan menuju saklar low beam/hi beam saya potong dan saya masukan kaki 30 . lalu kaki 85 87 saya sambungin ke saklar kiri low beam / hi beam ? kiraĀ² bisa nga ya ???
maklum nih lagi muales bongkar2 motor soalnya di hariĀ² puasa wkwkwkwkw.
Nih mas bro contoh kasaran yang ane buat .. bisa nga ya itu kaki 87 di gabung ama 85
klik nih gambar http://s17.postimg.org/rokl4f4i7/image.png
kalo skema begitu, gak ada fungsinya relay š
alias gak pake relay pun tetap begitu …
baca & pahami dulu tulisan artikel di atas … fungsi relay disono adalah tuk mengakomodir listrik dari aki langsung ke headlamp dgn kontrol via saklar lo/hi …
jd tidak ada arus gede melewati saklar karena fungsinya cuma tuk nyalain relay.
otherwise, kalo suplainya ngambil dari kontak, berarti menyimpang dari tujuan pemasangan relay spt tertulis di atas š
Om nova maaf oot neh, abis ga bisa buka link yang fullwave yamaha..
Ane uda terapin kiprok tigi merk A**ira, sesuai skema nya.
Klakson nyaring, double stater kuat, tp kalo pas stasioner (gak digas..) Itu lampu indikator persneling (Netral / 1 / 2 / 3 /4) ikut bergetar (kayak kurang daya) tp pas digas kembali terang..
Kira2 karena apa y? Ato emang aki nya dah jelek? Makasi bantuan nya om nova
ada monitor voltase gak?
brp volt langsamnya?
kemungkinan rpm idle terlalu rendah … frekuensi listriknya ikutan rendah …
Ada avometer biasa..
Kemungkinan rpm kecil y, krn klo ga digas gampang mati tuh mesin..
Cek pake avometer biasa ada link nya ga om?
kalo cek pake avo biasa, set aja avo ke “voltase dc” …
probe merah ke aki+, probe hitam ke aki- …
Oom novaaa….
Uda saya rakit…
Pake relai buat lampu; fullwave tigi; lampu osram cool blue 2 x 35 watt.
Tapi kadang double stater ga bisa… Ga ngangkat… Bantuin dong om
sebenernya gak ada hubungan antara relay lampu ama starter elektrik š
dobel starter ambil pemicu dari kontak via saklar starter … pemicu ini mengaktipkan relay (biasanya bodi besi, dekat aki) & meng-switch aki ke motor starter …
coba cek jalur2 tsb & pastikan gak ada yg kendor / putus akibat gak sengaja tersenggol pas install relay lampu …
Oke bro. Saya coba ntar
Kalo feeling aki sih ga mampu nampung, jd kurang maksimal š¦
Gan mw tanya,kan motor ane new juviter z,jd lampunya nyala terus.nah kalo ane pasang rangkaian rielay d atas terus kbel 30 yg ke aki ane jdiin saklar bisa ngaruh ga atw msh te2p nyala terus.
masih tetep nyala š
Tapi bakal awet ga yah sama lampu y cos tiap bulan ane ganti tu lampu mtor,.
Boss nova, ane uda beli avometer digital neh š
Test aki
Off : 12.5 vdc
On. : Ā± 12.3 vdc
Lampu on mesin off : dari 12.3 Ā» 10.0 vdc, pencet dobel stater sampe 4 vdc, abis itu balek lagi Ā± c vdc..
Mesin nyala idle (lampu off) 12.5 – 13 vdc
Mesin nyala digas 14.5 – 14. 9 vdc
Mesin nyala lampu nyala Ā± 13.05 – 12.9
Ini masalah aki / pemasangan kiprok / kiprok ya?
Nb : jupiter z 2010 (lampu salip), lampu 2 x 35 watt o*ram
Makasih bantuan nya boss nova…
Om,
Kalo ada yang sudah sukses dengan Scorpio nya tolon di sharing donk di mari
Om Nova,
Maren ane uda test rakitan kaya yang ente bikin cuman kenapa ya pas di nyalain tuch hanya lampu Deket aje yang nyala dan lampu Jauh mati. Terus juga pas di DIM malah sama sekali kaga ada yan g nyala baik deket atao jauh.
Catatan : pas Lampu Deket nyala itu hanya wolfarm deket doang yang nyala dan wolfarm jauh sudah Mati, dan ada kejadian yaitu sambungan soket antara HI and LOW beradu/dempetan nah apakah itu bikin Relay korslet/short ??
So far wolfarm kaga putus.
Mohon pencerahannya donk Om Nova
salam,
Bowie Milys 879
om nova….apik tenan postingannya… mau tanya tapi belum beli alatnya,, wkwkwkwk…. ntar aja tanyanya klw udh beli & ada masalah.. heee, sippp…sippp..
kalau di pake di motor tipe AC gmn mas . kaya motor sekarang yg masih make putaran magnit ??
kalau honda beat lama dan juga blade lawas kan masih make putaran magnit ?
malem bang ntu buat honda tiger ya?
Bisa š
bru sempat browsing2…hehhehehehehe
lampu supra ku , da apa in lagi y biar bagus,,hwheheheheheehe
Projector lamp š
Bos nova, uda pake kiprok tigi. Tp 2x ganti sekering. 15 A. Karena leleh. Skg saya ganti 20 a. Amankah?
Bismillah
mas, motorku supra x 125r (2007) aki GS 5A. Dah ganti dr yg asli ditaun 2012. Lampunya redup buanget. Pdhl pake bohlam 2x25w. Halogen osrm uv flter. Karena membahayakan, ku akali dengan menambah kabel dr ktub aki”+” ke lampu. Dan kabel td ditambah sekring biar aman. Lampune nyala lumayan terang tp dikasih saklar sndiri diluar (diatas saklar hi-lo. Model saklar toge yg on-off-on gitu. On keatas untk high . Tengah mati, on kebwh low.
prtnyaan, apa perlu dioda untuk penyearah agar bisa dipasang relay-relay tsb?
apa efek buruke untk kelistrikan dr rangkaian saya tsb? Apa bisa bohlam diganti 2x35w?
ana khawtr sklar luar pas ditinggal dibuat mainan anak2. Mhn solusine. Jazakallahukhoir
Di halaman sebelah ada artikel “memasang relay headlamp” …. bisa pake cara itu …
bismillah
om nova tanya lagi. cara nyambung kabel tebal yang baru ke socket lampu gimana?
Banyak cara …
Potong & sambung atau pake soket …
Gan itu kalo buat masalah saklar tambahan yang hangus bisa jadi solusi ga yah lo pake relay?
Trmksh
Om novaera nanya dong..
Jika menggunakan lampu HID+Projie skemanya sama gak yah?
Bukannya di Kabelsetnya HID ke Ballast sudah ada Relay Lo/Hi/Grnd nya?
Nah trus dari relay Lo/Hi ini kan disambung ke soket bawaan saklar lampu motor..
ini skema yang saya pakai sekarang..
nah kalau mau pakai relay skemanya gimana yah?
apa harus dua juga?
atau cukup satu aja?
Mohon bantuannya gan..
ane pakai motor scoopy dengan ballast 35watt dan bohlam CNLight 8000..
Thanks sebelumnya š
untuk HID/proji + kabel set gak perlu bikin skema di atas …
kabel set HID/proji udah me-relay jalur power HID/proji ke aki š
om nova mau tanya
motor jupi ane udah FW , ane mau satuin klakson (masih standar) sama lampu HI (standar juga) jd klo pencet klakson lampu jauh ikut nyala , gimana caranya supaya pas pencet klakson lampu LO nya mati?
makasih om, semoga ga ngrepotin
Berhubung ane ga nemu tempat khusus buat bertanya2 ane tanya disini aja dah,,,
Motor ane shogun sp 07, masih standar semua cuman ganti cdi brt hyperband sama busi tdr balistic. dop lampu ane ganti dengan osram 2x35watt. nah pertanyaannya…
1. setelah ane ganti dop lampu osram 2x35watt switch on/off dan switch hi/low jadi hangat, terus kadang switch kadang mati/nyala. pdahal sebelumnya normal2 aja, tapi pas ane cek kabelnya sama sekali ga ada yg putus. kenapa ya…?
2. setelah baca tulisan ente diatas, ane jadi pengen coba pasang relay sebelum switch on/off dan switch hi/low mungkin bisa ngeredam arus listrik sebelum masuk switch jadi saklar ga seberapa panas. kira2 bisa ga ya, kalo bisa mohon petunjuknya…thanks.
klw dipasang ke motor mio gt bisa gak brother ??
Mlm gan. Permisi nih. Ane mo ikutan tanya.
Kebetulan ane ada masalah sama kabel yg slalu panas dan melelehkan sikring.
Ane pasang froglamp dgn daya 100 watt melibihi daya stndar pabrik dgn 1 relay kaki 4. Lalu kabel ke sakelar di join ke kabel saklar tail. Al hasil kabel ke sikring tail panas dan leleh tpi sikring gak putus.??? Mohon pencerahan ya gan. Terima kasih
Nb. Bisa gak pake 1 relay kaki 4
gan saya baru beli lampu halogen H4 55/60watt sama dengan ukuran watt standartnya mobil avanza. rencana mau dipasang ke mobil avanza. yg mau saya tanyakan..aman gak klo saya tambahin relay? yg saya dengar klo pake relay kita harus menggunakan watt lampu yg gede seperti 100watt. apa lebih baik gak usah ditambah relay?
Cara pasang relay headlamp mobil ssT120 gmn om,,,mksh,,,
hloo om, klo relay itu sndri ada ukuran ya egaya, mtr sya vixion brpa ukuranya relay ya, mks…
Mlm gan. Permisi nih. Ane mo ikutan tanya.
Kebetulan ane ada masalah sama kabel yg slalu panas dan melelehkan sikring.
Ane pasang foglamp dgn daya 100w melibihi daya stndar pabrik ane pakai 1 relay kaki 4. Lalu kabel ke sakelar di join ke kabel saklar tail lamp. Al hasil kabel ke sikring tail lamp panas dan leleh tpi sikring gak putus.??? Mohon pencerahan ya gan. Terima kasih
Nb. Bisa gak pake 1 relay saja kaki 4.
bang bro saya masih bingung nih kalo saklar masuk saklar boleh ngga bang soalnya itu yg 30 sama 87 kan saklar juga bang mohon bantuanya bang š
thx u for share
seharian ane nyoba masang.. ngikutin semua alur n it works bray..
empat jempol dah buat ente..
permisi min saya masih belom ngerti tentang penjelasan GND.. masih gagal mlulu masang GNDnya..
itu yang GND dari lampu menuju kemana..?
itu ground masbro, bisa diambil dr kabel ground saklarnya atau masa bodi atau negatif aki jg sama bae
numpang nanya om..setelah work pke relay kaya diagram diatas tp kog aki berasa cpet ngedrop ya?(pemakaian standar),,dan pada saat motor tdk digunakan pun relay terasa hangat..apakah memang spt itu ya om?
Kalok motor satria ane kan AC
Klok langsung pkek cara di atas bisa kan?
Kalau buat verza yang udah AHO (ndak pakai saklar) itu gimana ya gan? Soalnya ini mau pakai lampu LED biar reflektor ndak kebakar (pake lampu orinya panas) lha itu harus pasang relay ndak ya? Arusnya ini sudah DC.
Terima kasih
Mas mau nanya.. kok relay hid ane anget ya.. padahal posisi kontak off… mana aki nya ngedrop pula.. pdahal relay nya relay baru…
itu bisa diterapkan di jupiter z 2011 yah gan..dg rumus diatas…dan bisa juga dg 1 relay yg pnya kaki 87A