Bikin Sein Hazard :)

Gimana memanfaatkan sein sebagai hazard, seperti pada mobil?

Yang blom tau, hazard adalah tanda bahaya/darurat, kalo di kendaraan bermotor, umumnya roda empat, tanda hazard berupa keempat sein menyala berbarengan.

Cara Pertama

Simpel & vulgar 😀
Kebanyakan user rela memodifikasi fungsi sein ke hazard dengan men”jumper” kedua jalur sein kiri & kanan. Tentu aja fungsi sein nggak ada lagi, karena meski saklar sein di-klik ke kanan/kiri, tetap keempat lampu sein nyala berbarengan. Dulunya saya pakai trik ini 😀 Kendalanya, cukup repot kalo mau berbelok arah karena pengendara lain nggak tau ke mana kita mau berbelok. Dan tentu cara ini menyalahi peraturan lalin. Jadi, lupakan! 😀

Cara Kedua

Masih tergolong simpel …
Mirip seperti cara pertama tapi kali ini menggunakan saklar tambahan yang dikhusus tuk menyalakan hazard. Saklar yang digunakan bertipe DPST (dual-pole single-throw) … saklar ini punya 4 terminal.

Sein+Hazard sederhana

Dengan cara di atas, fungsi sein masih bisa digunakan. Kendalanya, kalo hazard sedang aktif, fungsi sein nggak bisa digunakan. Jadi kalo mau berbelok arah, hazard harus dimatikan dahulu (dengan meng-klik sakelar hazard), kemudian klik sakelar sein untuk menyalakan sein … persis kayak di mobil … Kadang ribet juga kalo lupa 😀

Cara Ketiga

Dengan menggunakan modul (rangkaian elektronik) khusus untuk mengendalikan fungsi sein dan hazard. Modalnya nggak banyak … cuma perlu:

2 buah relay DPDT (Dual-Pole Dual-Throw) 8-kaki …
Catatan: Perhatikan spek relay! Sesuaikan spek relay sesuai kebutuhan … terutama voltase & amperenya. Misalkan untuk sein standar dengan bohlam 10W (karena 4 butir, total 40W), paling nggak butuh arus 3.3A tuk menyalakan hazard (4 bohlam sein menyala bersamaan), belum termasuk bohlam indikator sein di speedometer. Jadi paling nggak perlu relay dengan spek 4A atau lebih. Contoh relay di bawah bertuliskan “1A/24VDC” menunjukkan kontak relay mampu menghandle arus 1A dengan voltase maksimum 24V DC.

Relay DPDT 8-pin

Pinout & skematik relay DPDT

… 2 butir resistor 82~100 ohm 1/4 watt …

Resistor 82 ohm

… 2 butir diode rectifier 1A …

Diode rectifier 1A

… 1 buah saklar SPST (single-pole single-throw) …

Sakelar SPST (OFF-ON)

… plus beberapa potong kabel (kalo bisa warnanya sama seperti warna kabel-kabel di motor).

Modul Sein+Hazrd ala Novaera

Modul Sein+Hazrd ala Novaera

Nah, dengan modul ini, ketika hazard sedang menyala, trus saklar sein dinyalakan, hazard akan OFF sementara, dan kemudian otomatis menyala kembali ketika sein dimatikan. Jadi nggak harus mematikan hazard terlebih dahulu untuk menyalakan sein 😀

290 thoughts on “Bikin Sein Hazard :)

  1. kalo di pasang di Kawasaki sm ga bos instalasi nya???
    kalo di kawasaki kan lampu indikator di dashbord cuma satu,kanan kiri ok…apa mesti di pasang dioda sebelum masuk ke indikator???
    O i ya bos…gambar PCB dah ga bs di link,…dah ga ada bos,Thanx

  2. bro, klo ide saya bikin hazard yg sementara aja, pke saklar engkel, jadi mirip lampu pass beam, pas mau lurus tgl diteken klo mau belok tgl dilepas engkelnya. utk jalur sma kayak cara yg pertama dijumper langsung dr flasher terus dihub. ke jalur sein kanan & kiri biar gak error, saya mau pasang 2 buah diode 1N4002 di jalur kanan & kiri sein. Menurut bro Novaera gimana ide saya ? maklum saya masih awam dgn elektronika 😀

    • hmm … bisa jg … tp kalo simpangannya gede pegel jg pencetnya 😀 😀
      11-12 ama skema yg ane tulis di artikel … tinggal ganti switch ON/OFF hazard ama model “push-to-on” 🙂

      • ah nggak pegel bro, malah mencetnya enteng bgt, jgn pula dipake buat konvoi ya pasti pegel 😀
        tapi mesti diakalin dikit masangnya teliti jgn smpe soketnya nyenggol besi stang, saya psg kemaren korslet 😀 harus dilapisin lagi isolator

    • gak jg sih 😀
      yg namanya konslet itu kalo “positif” langsung ketemu “ground” … selama aer gak bikin jd begitu, gak bakal konslet 😀

      caranya sih gampang aja …. rangkaian/sirkuit yg udah jadi dikemas dlm boks … pernah liat kan boks2 kecil warna hitam? Nah, sebelum ditutup, banjiri dulu pake sealant atau lem bakar ampe semua sirkuit tertutup … baru tutup deh boksnya 😀

      kabel2nya jg pake skun/terminal tuk sambungan antar-kabel, dan dikasih pelindung, khususnya jalur2 positif … kayak terminal2 kabel motor, ada tutup plastiknya …

  3. mas bro, kenapa koq pke dioda rectifier dan resistor??
    bisa jelasin gak cara kerja rangkaiannya ????mulai dari masuknya arus sampai keluarnya arus pada rangkaian.

    • D1 & D2 buat protektor feedback elektromagnet dari relay … gak pake jg gpp 🙂
      D3 & D4 buat misahin jalur kiri ama kanan … karena keduanya ketemu di jalur “hazard”
      R1 & R2 buat nurunin arus yang nge-ground …

      cara kerjanya sederhana …
      waktu sein kiri/kanan diaktipkan normal, relay kiri/kanan aktip, kontaktornya switching ke “NO”, arus dari “FLS_OUT” ngalir ke jalur sein … sein nyala …
      waktu hazard aktip, relay gak aktip … cuma karena arus dari “FLS_OUT” posisinya di “NC” dan cuma “dipisah” ama sakelar HZD, kedua jalur kiri & kanan tersambung, arus dari FLS_OUT ngalir ke kedua jalur ….
      pada saat hazard dlm kondisi aktip & kemudian sein dinyalain, relay aktip, fungsi hazard terputus, fungsi sein nyala … hingga sakelar sein di-off-kan, hazard kembali nyala … ampe tombol hazard di-off-kan …

  4. Bro.. Aku dpet relay 8 pin. Tpi posisi kakinya laen dgn yg dibahas di atas. Bentuknya persegi, warna putih transparan, letak kakinya masing-masing 2 di bagian kiri – kanan dan masing – masing 2 dibagian atas dan bawah. Bisa ga di pake dgn gambar pcb yg bro buat di atas ?
    Takutnya penempatan kakinya salah karena beda posisi kaki2 nya…

    • bisa aja … coba search “relay di google … cari relay mana yg mirip & cari info gmn susunan kaki2 relaynya …
      kalo layout pcb itu udah diset tuk relay dgn tipe di atas …

      cuma biasanya relay bening ukuran gede lho … bingung nyimpennya 😀

  5. gan, ane coba praktek tadi dengan cara menambah kan saklar DPST… 😮

    tapi, ane pake saklar SPST trus ane paralelkan, karena ane tanya di toko toko elektronik saklar DPST mereka pada gak tau gans. biasanya apa ya namanya gt?

    nah, tapi ane sempat berhasil meng-hazard-kan seinnya, ke-4 lampunya redup bgt. apa karena flashernya gak kuat?

    kalo ganti flasher elektronik thu cara ngukurnya gimana gan biar optimal nyalanya??

    • wah, kalo istilah toko ane gak tau gan 😀
      biasanya dipake buat ON/OFF power suplai amplifier …

      masa’ sih redup?
      mungkin emang flashernya yg gak kuat … biasanya di bodi flasher ada spek-nya … misal “10Wx2 +3.4W” berarti emang cuma bisa ngangkat 2 bohlam 10W & 1 bohlam 3.4W … total 23.4W …
      coba cari flasher laen yg bisa angkat minim 4 x 10W bohlam sein, atau gak ganti pake LED 🙂

  6. gan… mau tanya …
    apa flasher hazard bisa di setel/diatur frekuensi nyala lampunya..sebab flasher ane terlalu cepat kedipnya
    thank.. infonya…

    • Sama aja masbro 🙂
      Skema dasar sein di motor2 manapun sama kok … paling beda di indikator sein di speedo doang .. ada yg tunggal ada yg dua …

      Tinggal cari2 tau aja di Jupi MX mana jalur sein kiri, mana yg kanan, mana yg ke belakang, mana sebelum flasher, mana yg sesudah flasher (menuju sakelar) 🙂

      Jgn terlalu terpaku warna kabel yg masbro 🙂 malah ribet nantinya 🙂

  7. Gan, ane maw masang yang cara kedua aja.. kayaknya lbih gampang.
    cm mau nanya, nama flasher yang di cara kedua itu apa y?
    tegangan? kakinya? trus masang kaki2nya ke kabel gmn??
    sory y banyak nanya, ane masih nubie gan..

  8. Gan ane perhatiin dari PCB yg agan berikan, untuk penempatan relay masih bingung arahnya, yg ane tau relay kan ada untuk arus keluar & masuk, penempatan arus masuk yang mana gan..?

    ane perhatiin ada 2 jalur relay yg gak kepake,…
    mohon pencerahan gan….
    lama gak otak atik elekronik…. hhehehe….

    • Kalo ente perhatiin PCBnya, ada tulisan “LEFT_IN” & “RIGHT_IN”, itu jalur input … outputnya ke ground via resistor R1 & R2.
      Relay karakternya no-polar, jd gak ada plus & minus 🙂

      Sedangkan “LEFT_OUT” & “RIGHT_OUT” itu jalur output positif ke lampu sein …
      “FLS_OUT” itu dari jalur output flasher …

  9. wah keren nih model yah..ane dah pasang hazard tpi fungsi sein yah gak otomatis hidup sblum hazard dimatiin jdi agak ribet jg cie *suka lupa soalyah* hehehehe….

    ane pesen dunk bwtin gan…bs gak secara ane bkn orang elektronika jdi gak ngerti….heheheh

  10. Ane dah pake cara yg kedua tuh.. Simple cuman perlu kabel ga nyampe 3cm buat nyambung ke saklar tambahan. Soalnya nyimpen saklar dekat saklar sein. Tapi ane pake saklar yang model ‘semi beam’ jd asal keteken ajah uda nyala. Hehe

  11. salam kenal masbroo, ane nyoba pake cara kedua kok malah lampunya nyala gak terang ya broo terus ada suara kaya konslet (jriit jritt jriiiit jriiit) gitu broo…motor ane xeon masbroo, ane ambil langsung jalur dr socket saklar lampu sein broo…!!! apa ada yg kurang yaa broo…trus ane nyoba sambung langsung ke kabel fleser sama aja broo tak pindahin ke satunya malah terang tp gk kedip2 gitu…!!! minta solusinya ya brooo…..tanks

    • kalo kurang terang berarti flasher bawaan xeon gak kuat angkat 4 bohlam sein bro.
      spek standarnya 2x10W … kalo hazard, berarti 4x10W …
      solusinya bisa pake flasher sein mobil … atau ganti bohlam sein ke LED.

      • kalau pake flasher mobil apa gak ngaruh keakinya masbroo…? padahal ane udh ganti flasher GL PRO yg speknya 2x10w AP gitu, tp ane gak ngerti tuch AP apa…!!! emang sih agak terang dikit sekali dr yg sebelumnya. trus kalau bunyi kaya konslet gitu kenapa ya brooo….apa gara2 gak ngangkat flashernya atau salah sambung ane yaaa? tanks ya broo share ilmunya…!!!

      • gak masalah bro 🙂
        asal flasher buat mobil dgn aki 12V … jgn punya truk, karena 24V 🙂

        tetep aja, spek flasher GL mampunya cuma 2x10W … jd liat lagi bohlamnya pake brp watt per biji. cukup, atau kelebihan?

  12. bos kalau hazard yg 7 mode itu bisa dinyalain gak kalau kontaknya dicabut (saat parkir) gitu….itukan ada kabel sensornya gitu…kalau saya cabut kabel sensornya dari relaynya n d sambung ke +nya aki lngsung itu bisa nyala bos…tp kndalanya kalau sennya nyala dia gak mau mati gitu…n kalau saya gabungkan kabel sensornya masuk kerelay aslinya dicabang ke(+)nya aki bisa gak ya broo…apa akan konslet atau gimana broo jadinya kalau saya lakukan hal tersebut…hehehhehehee. mohon share ilmunya ya bos…!!! tanks

      • bos request dong…
        saya punya honda new blade 2012, yang tentunya lampu utamanya misah ada di atas. saya rencana mau ganti kalau lampu sein mau sy buat lampu utama dan lampu senja mau buat lampu sein…trs lampu utanya mau saya matiin. apakah akan ngaruh kereflectornya om…? dan apakah cahanya bisa fokus kejalan selayaknya lampu utama pada umumnya…? atau apakah om novaera punya ide lain OM yang intinya lampu utama yg ada dibatok mati. sekalian buatin skema saklarnya lampu utama OM. sebelumnya terimakasih.

      • reflektor headlamp & sein konstruksinya beda, jd gak segampang itu bikin sein jd headlamp. lemparan sinarnya jg ngaco (terlalu nyebar), gak terfokus kayak headlamp aslinya 🙂
        selain itu, reflektor sein jg cuma dirancang tuk bohlam 10W … lebih dari itu, resiko cacat reflektor …

      • trs gimana bos solusinya buat headlamp dibawah…atau kalau tidak saya tambah reflectornya lampu downlight yg biasa buat interior/lemari gitu bos…kan ada tuch yg pake helogen 25w 35w s/d 50w…bisa gak ya bos?

      • watt halogen rumah ama motor, meski sama, keluaran panasnya beda … lebih panas punya motor krn arusnya tinggi.

        kalo mau, facelift pake blade lama … atau bawa ke tukang fiber tuk retrofit lampu 🙂

      • ternyata ud dipost ya… sori suhu ga kebaca

        kliatannya perlu waktu ni buat bikinnya soalnya cuma tau nyolder aj.

        tapi saya bingung, untuk yang toggle klakson lampu, kalo ga usah pake toggle swicth – maksudnya pass beamnya langsung pake switch sendiri, gmana caranya? apa berarti cuma pake 1 relay trus toggle dan lednya diilangin? :nohope:

      • @ Acing Ae
        yup …
        jalur output kontak —> saklar dim —-> relay 4-kaki #85
        ground —> relay 4-kaki #86
        +aki —> relay 4-kaki #30
        +lampu jauh —> relay 4-kaki #87

        apapun, pasti butuh waktu, buat belajar 😀
        yg penting jgn gampang nyerah … pasti bisa … meski musti salah 100x pun 🙂
        ayo … semangat!!! 😀

  13. Bos ini kan rangkaian lampu hazzard yang pake bohlam pijar biasa kan (original) kalo lampunya diganti sama lampu led bisa gak bos?? saya mau coba bikin, masalahnya kalo lampunya pake led, apakah rangkaian lampu ini bisa digunakan?? Apakah tidak perlu ada perubahan di skemanya?? mohon pencerahannya bos… Thanks sebelumnya…

  14. Satu lagi gan…. Bisa buat Capasitor Bank gak?? Kalo bisa minta skemanya buat di motor soalnya motor saya dah pake lampu strobo sama klakson gede kalo pada nyala lampu utama ssuka meredup gitu, palagi kalo sein dinyalain lampu besar meredupnya keliatan….

  15. mas sy masih pake flasher bawaan motor, saya akalin 2lampu x 10watt dan 2 x 3watt… efeknya hazard kedipnya cepat, tp fungsi sein jd gak kedip…. saya coba lampunya 4 x 3watt tp tetep sein gk kedip dan hazard gk kedip pula, spek flasher 2x10watt + 3,4watt ….memang klo pake flasher moobil speknya apa ? dan punya mobil apa ?

    • yup, karena flasher “menganggap” ada bulb yg koit (gak sesuai rating watt-nya). makanya kedipnya cepet atau gak kedip sama sekali … dgn maksud agar si pengemudi bisa tau kalo seinnya “gak beres” 🙂

      mobil apa aja … biasanya dia punya 3 kaki … 1 input, 1 output, 1 ground.

  16. pak aku udah pakai rangkaian hazard lampu sein led udah sukses tp ada masalah waktu hazard aktif trus nyalain sein kiri lampu led sein kiri ikut nyala tp redup begitu jg sebaliknya.gimana solusinya?

  17. bos
    ane uda cba pke cra yg k2
    tp yg jd kndala
    lampu ga ngedip bos , mgkin flasher.a kudu d ganti , mtor ana satria f
    klo pke flasher mobil ntar saat d pake sbgai sein apa ga ngaruh tuh , ga tmbh cpet ngedip.a ,,

  18. numpang tny jg ni masbro…ane mo cb pk rangkaian yg ketiga ni tp langsung sambung sama kabel rem{jd g pk saklar hazzard lg} bs g y…ideny pas ngerem hazzard lsng nyala…thx sblmny..

  19. maaf gan, saya udah pake flasher punya mobil trus pake saklar 6 kaki udah bisa buat lampu hazard bedanya waktu lampu hazard dan sein on, sein nggak berfungsi sebelum hazard di off-kan, emang gak otomatis tapi itu udah cukup buat saya…

  20. maaf bos kalu bolh taya itu alat apa namaya but sen menyala bersaman dan ada alatnya yg siap pake tampa merakit dahulu jelsanya yg sudah sip pake di motor,,,,karan saya pngn sekali pasang lapu sen yg bisa hidup bersama an

    • Saya masih pakai kok … Mulai awal blog ini ditulis ampe hari ini 😀 Bisa diliat demonya di akhir artikel.
      Btw gak mungkin saya tulis artikelnya kalo gak berfungsi … Ya kan? 😀

      ¥ùdi¥án “Novaera” @ Blackberry

      • gan punya pin bb gak?

        ane dah ikutin tutorial diatas ane aktifin switch hazard, nyala 4 lampu n berkedip, tp pas ane aktifin sein relai aktif tp lampunya gk nyala, kira2 itu knapa yah ?

  21. hampir sama kyak yg diatas gan,. hazard udah bisa aktif tp giliran sein kiri/kanan dinyalain gak ada reaksi apa-apa,.?? alias tetep hazard aja, malah ketika saklar hazard dimatiin sein gak fungsi sama skali,. mohon pencerahannya mastah,. 🙂

  22. @ om herik & Ek4zoneEk4zone
    coba nyalain sein tanpa aktipin hazard, bisa gak?
    kemungkinan posisi diode D1 & D2 terbalik anoda & katodanya …
    kemungkinan lain, bisa jd R1 & R2 minta >82 ohm atau >100ohm ..

      • Kasusnya sama kya ane, udah bikin sama persis tapi gak normal seperti yang di katakan
        untuk lampu hazard sudah kedip normal
        untuk sein juga udah normal
        tapi kalo hazard di on kan lalu ambil contoh sein kiri di hidupkan tetep nyala hazard nya soalnya relai untuk sein kanan masih posisi hazard on ga mungkin hazard bisa off karena relai sein kanan gak di aktifkan untuk memutus hazard sementara
        jadi kesimpulannya kalo mau ngesein kanan atau kiri tetep matiin saklar hazard dulu
        ane udah seneng banget semangat bikinnya soalnya tampa matiin saklar hazard bisa langsung pake sein,
        eh ternyata urut punya urut kalo salah satu sein di aktifkan tetep nyala dua2nya jadi gak semangat lagi nerusin kerjaanya
        coba sambil di lihat skemanya posisi saklar hazard on betul nyala ke 22 nya sein kanan dan kiri
        tapi ketika salah satu sein di aktifkan otomatis relai tersebut aktif tapi lihat relai yang satunya kan ga aktif dan masih posisi hazard……

  23. Mas bro, brarti lampu hazardnya nyala terus tu klok lmpu sein nya ngk di pakek, trus klok mau mati’in lmpu hazardnya gmana, trus klok mau gunainnya lg gmana, tlng jwbnya mas bro, tngks..??

  24. Om, mohon pencerahannya. Setelah saya pasang ada trouble.
    – ketika hazard on lampu sen kiri nyala
    – ketika sen nyala hazard on
    kira2 knp ya om?

    Kalo diliat dari skema wiringnya kabel abu2 dari flasher ke out flasher. Trus jalur kabel abu ori yg asal ga dipake om?

    • kalo sein nyala tp malah hazard, berarti jalur sein & hazard blm terpisah om … alias masih terhubung/short 🙂

      kabel abu2, aslinya kan dari output flasher ke saklar kontak 🙂
      ini dipindah, output flasher ke modul sein-hazard 🙂

      ——-

      ralat:
      kabel abu2 maksudnya dari “out” flasher menuju saklar sein 🙂

      • Jadi apanya yang salah yak oms :bingungs
        – diodanya ada tulisan IN 540 MIC 3A
        – resistos 100 ohm ane lupa dikasih brp watt gak nanya 😀

        pencerahannya lg yak om

        *quote*
        kabel abu2, aslinya kan dari output
        flasher ke saklar kontak
        ini dipindah, output flasher ke modul
        sein-hazard

        kabel item sama abu2 kan om? Orinya 22nya ke flasher, brarti yg ditusb*lin cuma kabel item bukan? Socket flasher yg 1 sambungin ke flash out om?
        Cmiiw

        pcb rangkaiannya gini bener gak om?
        tuspics.net/98m3zp4sy93e

      • Berarti benul om, kan dulu ane pake flasher yg 2 mode jg bunyi klik2. Pas ane pake yg modul ini cuma 1 relay yg bunyi, berarti relay yg 1 koit :hammer. Oia om, sebaiknya ambil groundnya kemana yak om? Ane coba lg dari awal ntar ane laporkan lg om 😀

      • Om minta pencerahan lg om, ane coba beli relay yg baru trus rakit ulang. Kendalanya begitu switch hazard on yg nyala cuma sen kiri aja. Buat sen kanan/kiri gk berfungsi :hammer. Solusinya bijimana yak om :bingungs + masih penasaran om :ngakak

    • maaf om,
      maksud saya kabel abu2 dari flasher ke saklar SEIN … bukan saklar kontak 🙂
      udah saya ralat ya 🙂

      coba dicek ulang om, apakah jalur2 seputaran relay udah bener …. secara kronologis fungsinya jadi terbalik ya? sein jadi hazard & hazard jd sein? betul begitu?

      • maaf om, ga berhasil jg :hammer 😦
        saya coba bikin baru lg rangkaiannya.
        Btw itu layout diliat dari atas kan om? Jadi tinggal pasang relay, dioda, sama resistor?
        *pencerahan lg om*
        (mudah2an ga bosen yak om)
        kabel abu2 kalo dari diagramnya ke flasher out kan om?
        Cmiiw
        mungkin jalur sen asli dipotong oleh rangkaian, benul begitu om?

        Kalo rangkaian saya yg lama dikhawatirkan relaynya rusak 1 om. Cuma sen kiri aja yg nyala wktu di coba lg :hammer

      • yup, abu2 dari output flasher 🙂
        aslinya output flasher ini ke saklar sein … cut & pindahkan ke modul (poin +FLS) …
        yup, rangkaian dilihat dari sisi komponen (atas).

        DPDT Relay (8-kaki)

        relay 8-kaki yg biasa dipakai tuk modul ini punya diagram spt di atas …
        koil pd kaki 1 & 16 …
        kalo koil tdk ter-energized (teraliri listrik), maka posisi kontak COM akan terhubung dgn NC.
        tp kalo koil ter-energized, maka posisi kontak COM akan terhubung dgn NO.
        kalo mau tes relay bagus apa kagak, energize relaynya … kalo kedengaran nge”klik”, berarti relay berfungsi … cek “continuity” atau “ohm” relay dgn multimeter digital 🙂

  25. Gan, mau tanya nih. Prinsip kerjanya gimana yang nomor 3 pake cara bikin modul ?
    Kalo misalkan hazard lagi on, terus sein juga on berarti hazard mati kan. Sein yang kedap kedip. Kalo sein di off berarti hazard yang nyala kedap kedip.
    Jadi ganti gantian gitu kan
    Bener ga begitu ?
    😀
    Nah ane bingung nih itu kalo mau nyalain hazard gimana caranya ? Berarti harus teken switch lampu sein dulu dong baru teken switch hazard nya.
    Soalnya kalo ane liat dari diagram pemasangan, hazard bisa aktif kalo switch lampu sein di on (entah kanan atau kiri) & switch hazard juga on.
    Kalo switch sein off, berarti hazard ga bakalan bisa nyala biar di on posisinya.
    Jadi kayak punya 2 saklar gitu yaa.

    Ngerti ga gan maksudnya ane ?
    Maaf pertanyaan berbeli belit, maklum newbie banget & penasaran 😀

    • hazard pake saklar “tambahan” …. jd kalo mo nyalain, ya tinggal diklik aja saklar tambahan itu, gak musti klik saklar sein dulu … malah kalo begitu seinnya yg aktip, karena hazard prioritasnya di bawah sein — fungsi hazard bakal “off” selama saklar sein aktip, meski saklar hazard posisi “on” 🙂

  26. Oohhh begituu tooh….. 😀
    Ane kirain mesti saklar sein on terus baru hazard juga on .
    Waaaah kereen juga yaa, jadi ga bentrok sein sama hazard nya
    Mantaaaaabb nih, patut di coba. Apa lagi ane sering jalan jalan ke daerah. 😀
    Ngomong ngomong relay nya itu harusnya yang sama ya kayak di gambar ?

    • gak musti sama … yg penting tipe DPDT (dual pole dual throw, silakan search di gugel macem2 tipe relay) … cuma kebetulan yg di gbr itu relay analog tercilik tuk tipe DPDT 🙂
      spek jg macem2 … terutama perhatiin nilai voltase & ampere yg ada di cover relay … sesuaikan dgn total beban lampu sein yg dipakai … misal lampu sein pake bohlam standar 4 x 10W … itu kira2 butuh 3.3A blom termasuk bohlam indikator sein di speedometer … jd kira2 butuh relay dgn spek 4A atau lebih …

  27. Hahahahaha maklum ane gatau detail tentang elektronik jadi gini neh 😀
    Oiyaa , sama ane juga masih bingung sama kabel kabelnya. Kalo left/right out itu buat yang ke jalur lampu yaa. Terus kalo left/right In itu buat dari saklar sein kanan/kiri kan yang tadinya saklar ke lampu, tapi di pindah jadi ke modul dulu baru ke lampu. Gituu bukaan ???
    Nah kalo yang flasher out yang output flasher ya jadi kabel yang keluar dari flasher.
    Bener bukan ???
    Ane bingung padahal udah liat gambar skema pemasangan nya 😀

  28. Om minta pencerahan lg om, ane coba beli relay yg baru trus rakit ulang. Kendalanya begitu switch hazard on yg nyala cuma sen kiri aja. Buat sen kanan/kiri gk berfungsi :hammer. Solusinya bijimana yak om :bingungs + masih penasaran om :ngakak

    • motornya apa om?

      cek indikator sein di speedo, tunggal atau independed (kiri sendiri, kanan sendiri)? kalo tunggal, ente musti modip indikatornya …. baca artikel “ganti sein LED malah error?” ..

      cek lampu sein, pakai bohlam atau LED?
      kalo pakai LED, ente musti ganti flasher dgn yg elektronik (non-relay) karena flasher relay gak bisa fungsi karena beban LED tlalu kecil.

      cek lagi jalur2 sirkuit modul … pastikan itu identik 100% dgn yg di artikel … karena yg di artikel ini gak ada kendala sama sekali … tested & proved 🙂

  29. Gan, ane dah dapet relay nya..
    Ane bingung nih kaki relay yang nomor 1 & 16 itu yang di D1 & D2 (diode) deket left in & right in bukaan ???
    Ane bingung posisi si relay , hehehehe 😀

  30. Satu lagi gan, ane mau tanya nih 😀
    Flasher ane kan udah ganti yang electronik bukan mekanik, kira kira mampu ga nge’handle 4bohlam sein sekaligus ???
    Ane pake bohlam standar lampu sein, bukan LED.. 😀

    • baca aja brp watt bohlam sein’nya … kalikan ama jumlahnya .. itu bebannya 😀
      misal, di bohlamnya ada tulisan 12V 10W, berarti 10 watt per bohlam seinnya … karena pake 4 butir (2 kiri & 2 kanan) berarti 40W … plus yg di indikator speedo … sekitar 1.7W ..
      jd total ada 41.7W kalo semuanya nyala bareng (hazard) …

    • yg di’rename’ itu extensionnya …
      “.doc” menjadi “.cdr” …
      di windows (se7en), buka “folder option” >> tab “view” >> ilangin centang “hide extensions for unknown file type”

    • kalo beli PCB, bilang ke sellernya “PCB tuk IC” … PCB ini punya jarak lubang 2.5mm vertikal & horizontal …
      kalo beli relay, bilang ke sellernya “relay tipe PCB”, jarak kaki2 relaynya sesuai tuk PCB model IC …

      kalo udah keburu beli, ya mau gak mau musti re-desain PCB sesuai jarak kaki2 relay 🙂

  31. maaf mas bro kamaren dh berhasil trus ada masah nich.
    ketika sein kanan bagus,,,,,
    trus ketika sein kiri ko jadi hazard ya??
    dan mau hazard di on ga nyala2 mas bro tolong pencerahanya.minta cp mas bro,,,,
    indikator di spedo 1 lampu z.

  32. bro mau tanya nih rencananya ane mau aplikasiin di mobil bisa ga bro??

    kira2 apa aja yg harus di ganti ya??
    ada no kontak ga biar gampang nanya2 nya hehhhe

  33. bro bisa juga tapi harus rubah jalur klisrikannya.saya juga udh coba di motor harus ngerubah tapi mantebbbbbb,,,,skalian flasher juga harus 2 di jumper.

  34. gan bisa gk ane minta gambar yg udah jadinya. please yah gan sama gambar pemasangannya… soalnya punya ane gk jadi2
    udah mentok neh gan….
    hehehe…

    • pake cara nomor 2 ja simpel,
      aq pake cara nomor 2, cuma flasher nya ga kuat, jadi aku ganti flasher,

      @novaera: apa ga cepet habizin strum aki kalo hazard dipakai konvoi?
      soalnya temen aq hazard di on jarak tempuh kurang lebih 100 km kinerja aki jadi menurun, alias ga bisa nyalain electrict starter,
      mohon pencerahannya

  35. kaya nya ini bikin tekor aki mas bro.. meding make hazard make led!! tapi led susah cari yg warna kuning. tapi bikin aki awet dan gak gampang abis kelistrikannya

    • lebih susah cari warna pink om 😀
      kalo kuning/orange, banyak kok di FJB kaskus … mulai dari LED tabung, superflux, 5050, luxeon 1~3 watt, dll (kalo mau bikin sendiri) … yg udah jadi komplit soket T10 jg ada …

  36. klo untuk honda cari aja switch saklar riting..nah disitu ada kabel berwarna abu2 . orange dan biru langit ? jumper aja pake kabel ke tiga nya sambungin dengan 3 kabel trus sambung ke saklar dspt . sudah jadi deh ?

  37. jadi kaki 1 itu + atau – trus kaki 8 itu – atau + klo di ic 555 kaki 1 ground kaki 8 power . soalnya saya kurang paham polarity relay . karena pertama kali make ?? klo kira2 kasarannya gimana mas ? ada contoh yang lebih lengkap nya ?

    sebentar kasaranya saya buat dari circuit wizard . mungkin sebentar lagi saya upload gambarnya ??

    • mungkin masbro perlu browsing dulu apa itu relay & apa fungsi kaki2 relay … di wikipedia ada kok 🙂

      info singkat aja:
      relay punya (1) koil magnet dan (2) kontak sebagai saklar.

      koil magnet relay jika dialiri listrik (energized) bakal menimbulkan medan magnet … nah magnet inilah yg bakal narik lengan2 kontak relay sehingga terkonek ke terminal/kaki relay yg lain … sama seperti saklar … kondisi OFF, kedua terminal saklar gak saling terhubung. tp pada kondisi ON, kedua terminal saklar saling terhubung. Begitu jg relay. Bedanya, kalo saklar di-OFF/ON-kan secara manual pake tangan/jari, sedangkan “kontak” relay di-OFF/ON-kan secara elektrik. makanya dia disebut jg “saklar elektrik”.

      kontak relay terdiri dari lengan logam yg bisa bergerak oleh daya tarik magnet. biasanya ini terhubung ke kaki “C” atau “COM” alias “common” … sedangkan kontak relay lainnya dinamai “NO” atau “normally open” karena pd saat relay gak aktif, kontak NO tidak terhubung dgn kontak “COM”. Begitu relay aktip (koil dialiri listrik), lengan kontak “COM” bergerak & terhubung ke kontak “NO”.

      Sementara ada jg kontak “NC” atau “normally close” dimana kontak ini terhubung dgn kontak “COM” jika relay dlm kondisi gak aktip. begitu koil relay dialiri listrik, lengan kontak “COM” berpindah dari “NC” ke “NO” …

  38. saya sudah mempraktekannya dibreadboard. saya praktekkan seperti yang mas buat .. tapi resistor 100R keduanya kok angus ya ? untuk make flasher pake flasher elektronik atau flasher bawaan . maklum nih mas motor saya full led dari riting sampe brake stop. sampe Ae di headlamp. jadi make flasher elektronik .

  39. iya strobo mas . yg versi lawas bagus buat trigger nya bisa di atur lewat potentiometer.. klo pake 4017 trigger nya cmn 2x di pin 3 dan 4. klo pake ic 555 2x trigger nya dari ic ke 2 dan ic ke 1 untuk astable nya?

    jadi klo pake relay 12v ngangkat nga ya di commonnya .. atau make relay 5v?

  40. layout yg saya pake pake circuit wizard . livewire dan pcb wizard?? tapi sayangnya banyak kekurangannya soalnya library nya kurang . dan untuk wiringnya juga terbatas . jadi nga bisa mbentuk arc atau bulat dsbnya ? klo eagle puyeng make nya librarynya harus di search 1-1

    • kalo expresspcb, ente bisa bikin library sendiri 😀
      modalnya cuma donlot datasheet komponen yg diperlukan, biasanya ada dimensinya … tinggal ikuti …
      tp untuk sirkuit model circle emang gak ada yg simpel 😀
      satu2nya cara (simpel saat ini) musti pake aplikasi gambar yg bisa vector … kyk coreldraw, cad, adobe illustrator, dkk ….

  41. Mas, aku dah cb pasang tapi ketika hazard on koq yg nyala sein dpn aja ya mas. Sementara sein blk gk kedip kanan kirinya. Waktu aku aktifkan sein kiri lsg fungsi tuh sein nya tp anehnya sein dpn tetep jd hazard sementara sein blk nyala berdasarkan pilihan switch sein scr normal. Apanya yah yg salah?

    • iya saya kemaren pasang di motor temen. rangkaian dan skema di atas udah bener. tapi setelah ane coba nga bisa …!! terpaksa make cara lama ya itu jumper 3 kabel ke soket riting motor tmn ane ??? trus ganti flasher yang masih make seng.. ternyata bisa ??

      jadi saya bongkar lagi relay nya dari pcb.. udah lanjur jadi tapi nga bisa di pake!! terpaksa bongkar pake solder ?

  42. wiiiiih, muantab nih rangkaian yg ke tiga..
    bener2 ber-skil tinggi..
    dgn rangkaian yg sesederhana itu namun bisa sekaligus bersensor otomatis..
    ijin ngambil ilmunya ya gan..
    T O P buat agan satu ini..

  43. mas bro, ane udah bikin modulnya, dan alhamdulillah udah jadi, tapi pas ane pasang modulnya, seinnya jadi gak berfungsi blas, hazard udah bisa nyala, tapi sein gak bisa hidup blas…..

    apa mungkin kalo relay beda merk juga beda diagram kakinya …?
    ane pake relay merk HKE..
    mohon pencerahannya mas nova…

  44. Pingback: Bikin Lampu Hazard di Ninja 250 FI | hendrik suwitra
  45. Pingback: Memasang Lampu Hazard di Ninja 250 FI | KLUB MOTOR
  46. Sory gan mao nanya Κ̲̅‎​ã̬̩̊‎​L̲̅‎​o̲̅‎ output flaser nya masuk ke modul berarti dari saklar kontak langsung ke saklar sein dong…

    Terus masi bingung juga cara baca modulnya ўª♌ƍ ϑî maksud dri atas yg gimana??? posisi kaki relay ϑî atas ato ўª♌ƍ ada tulisan spec nya yng ϑî atas

    Maf soalnya bingung….

  47. Gan , ane mau tanya nih penting .
    Motor ane HSX 125 udah fullwave semuanya lancar gada kendala apa apa. Nah rencana nya ane mau pasang HID Projie 55watt . Kira kira kuat ngangkat ga tuh ????????
    Spull masih standar bawaan motor gan, aki juga standar 3Ah.
    Beban berat cuma klakson aja, lampu kecil depan belakang & rem LED,lampu sein standar.
    Gimana kira kira tuh kalo ane mau pasang HID projie 55watt kuat ga ???

    Sebelum terimakasih nih gan, maaf pertanyaan beribet gini
    Hehehe

  48. maaf bos…
    sedikit komentar dari saya…
    “tu rangkain yang menggunakan relay, mnurut analisa saya jikalau flasher ϑi letakkan seblum saklar sein maka flasher ήЧª bakalan berfungsi terus..
    bahkan klu flasher berfungsi maka Αϑα mnghasilkan bunyi denyutan..
    bahkan bsa2 umur flsher Ъќ bsa bertahan lma”

  49. Gan klo riley yg ada tulisan IEC255. 5A250VAC. 5A28VDC gmn tu??? Apa gk bisa di pakai?? Soalnya daerah tempat tinggal saya susah dapetin riley yg seperti itu. Mohon penjelasanya gan.

    • terima kasih atas pencerahanya mas. Belum nyoba sih, tp klo liat/baca skemanya, wkt saklar hazard on dan sein dinyalakan, maka kedua lampu tetap akan nyala. Krn wkt saklar sein diaktifkan/on, relay akan memutus arus yg lewat saklar hazard, tetapi juga menghubungkan arus yg lgs dr flasher, jd lampu akan tetap nyala.
      Klo posisi/jalurnya dibalik spt yg anda sebutkan, maka ketika saklar sein “on” ke kiri, relay akan memutus arus “hazard” yg kanan, dan “menambah” arus lampu kiri lgs dr flasher. Begitu sebaliknya
      CMIIW

  50. maaf neh gan.. ane pingin nyoba skema agan, tp msh ragu sama cara kerjanya. Agan bilang ketika hazard “on” tinggal tekan switch sein,maka akan jd fungsi sein,tp gmna dgn kontak “NC” direlay sebelahnya lagi,bukannya masih mndapt arus dari switch hazard.. gmna bisa mati???

    • Hallo Bro,.
      Rangkaian udah saya coba, tinggal modif dikit yaitu NC dari Relay1 ke Sein Kanan dan NC Relay2 ke Sein Kiri.
      Kalau pakai 1 Flasher kedipnya akan cepat karena handle 4 lampu.
      Selamat Mencoba.

  51. Mo nanya gan utk cara yg ke3 itu pke flaser bawaan motor
    Ǎ̜̣̍ρ̩̩̩̩̥@̤̥̣̈̊̇ bisa ato hruz gnti pke yg eliktrik ato mlah hrus pke flaser mobil biar kedipan bisa normal

    Truz buat bro cholis setiawan
    Boleh ga bagi ilmunya klo pke 2 flasher , gimana ngerangkainya???. . .
    . . . alternatif yg bagus jga klo2 harus ganti flaser mobil,
    Dri pd bli flaser mobil mending tmbah 1buah ,lebih ngirit…

    Thankzz..

  52. Gan punya ane gk berfungsi? Knpa ya gan? Ane dah coba sesuai petunjuk. Tp gk berhasil. Lampu hazard bisa menyala hanya saja sein kanan dan kirinya tidak berfungsi. Saat hazard di matikan tetap masing masing seinnya tidak berfungsi jg. Apa ampere riley nya terlalu kecil ya? Ane pake riley 1 a 12 v sesuai petunjuk 2 buah riley.

  53. salah itu rangkaiannya mas novaera . coba kalau switch sein di aliri arus positif . tetapi flasher ikut common . kalau kedua common di pautkan otomatis kedua bohlam menyala . tetapi kalau hazard on trus posisi kita sein kiri otomatis common menuju normaly open. kalau begini ceritanya hazard tetap nyala kalau kita sein kiri atau kanan.

    apakah rangkaian ini sudah disempurnakan atau sudah di coba sebelumnya

  54. Klu melihat skema gbr,apabila hazard ON n switch seind jga di ON ,mka lampu hazard tetap menyala LH ataupun RH,hanya fungsi sw hazard digantikan oleh sw seind,relay 1 NO yg terhubiung,relay 2 NC yg terhubung lampu hazard LH RH menyala semua tidak ada yg berfungsi sbg lampu seind,apakah ada koreksi desaind gbr lagi Om Novera

  55. Gan, mau tanya nih …
    Kalau pakai cara kedua terus nau nambah lampu indikator sendiri, misalnya LED 3 mm + resistor, terus pakai saklar DPST (4 kaki) ….
    Kol LED
    nya nyala pas saklarnya off, terus mati pas saklarnya on (kebalik) ?

  56. Bro.. Tanya dong,kalo di byson ko cm 2 lampu sein ya yg nyala waktu hazard on ?? Dan waktu hazard on,sein on,satu lampunya kaya induksi jd nyala redup gt

  57. Gan..mau tanya donk.. Saya menggunakan motor Suzuki SHOGUN 125. Saya sudah coba mengikuti petunjuk yang seperti diatas,mulai dari part nya hingga cara merakitnya dan memasang nya pada motor saya. Tapi kenapa ketika dipasang dan dinyalakan switch hazard nya malah kedua lampu sein nya nyala redup dan tidak berkedip dan flasher nya berbunyi. Ketika salah satu kabel yang disambungkan ke lampu sein dicabut,lampu sein (hazard) nya mau berkedip,tetapi ketika switch saklar sein nya dinyalakan ke arah sebelah nya malah sein yang sebelah nyala redup tidak berkedip. Contoh: Kabel yang dicabut sein kiri,kemudian dinyalakan switch hazard,lampu sein kanan (sein/hazard) mau berkedip,ketika menyalakan sein kiri malah nyala lampu sein kiri redup tidak berkedip dan flasher berbunyi. Begitu pula kalau saya coba kebalikan nya. Mohon dibantu untuk solusi nya

  58. Sebenernya skema bikinan sendiri apa dari tempat lain om nova, soalnya banyak yang kasusnya sama kayak ane
    pake 2 relai, hazard on trus di sein mosok masih nyala wae hazardnya

  59. Maaf gan mau tanya kalo vario pake flasher ori kok gak bisa…..ada solusi tanpa harus ganti flasher bawaan motor gak gan……atau gimana cara modif flasher bawaan motor bisa buat hazard…..thanks

  60. mau ngasih masukan ya gan…..

    itu kan rangkaiannya jika kita nyalakan lampu sein, pasti relaynya on dan hazardnya off kan?
    nah masalahnya relay yg on itu hanya satu jadi walaupun mode hazardnya otomatis off tapi yg off itu hanya 1 relay saja. jadi mungkin nanti rangkaiannya diperbaiki saja gan, output dari saklar sein dibikin 1 jalur saja dan diberi dioda agar tidak ada arus feedback….

    jadi kesimpulannya untuk skematik rangkaian hazard diatas adalah:
    1. hazard berfungsi lancar jaya
    2. mode otomatis off tidak berfungsi

    mohon maaf jika saya salah, mungkin suhu suhu elektronika yang lainnya bisa ngasih masukan :D:D:D

  61. om mohon pencerahan itu rangkaiannya sudah di mirror apa blm ? kalau boleh saya minta kontak yg bisa di hubungin, mau coba coba, barang kali bisa sharing, komponennya sudah ada semua

  62. Mo tanya nih Gan.
    Klo menurut skema diatas, berarti posisi flasher dirubah ya Gan.
    Klo wirring standar sen kan jalur keluaran flasher masuk ke saklar sen.
    ini malah masuk ke coil relay, dan saklar hazard dari output flasher.
    Emang posisi flasher harus dirubah ya Gan.?
    Klo ga dirubah gmn ya reaksinya…?
    Mohon penjelasannya…..trims..

  63. Gan…setelah saya cermati rangkaiannya, kayanya kurang sempurna Ga.
    Begini ya ga :
    Saklar hazard dalam keadaan ON,
    Trus nyalakan sen kanan.seharusnya hazard mati/OF.
    Ini lampu hazard masih nyala di bagian kiri.
    Soalnya relay di kiri keadaan OF dan flasher masih tersambung ke bohlam kiri lewat saklar hazard.
    Begitulah kiranya..
    Apa saya yg kurang teliti ya..

  64. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn extra cash every
    month. You can use the best adsense alternative for any type of website
    (they approve all websites), for more details simply search in gooogle: boorfe’s tips
    monetize your website

Leave a reply to denitandenay Cancel reply