Part-1: Modifikasi Alternator Fullwave
Modifikasi kelistrikan fullwave pada Honda Beat gampang-gampang susah. Gampang sebenarnya sih, tapi susah jika nggak punya peralatan yang memadai untuk bongkar pasang. Sistem kelistrikan fullwave mengharuskan untuk memisah ground AC dan ground DC, dan mem-floating ground AC. Sementara ground AC sendiri diletakkan di bodi stator. Stator sendiri berada di balik flywheel magnet. Jadi mau nggak mau harus bongkar stator dulu π
Alternator Honda Beat terletak di sebelah kanan, di sisi knalpot … tepatnya di balik kipas pendingin mesin.
Setelah membuka cover kipas dan kipasnya, lanjutkan dengan membongkar flywheel magnet. Untuk yang satu ini musti punya alat khusus, yaitu flywheel puller atau dikenal sebagai treker magnet.
Selanjutnya tinggal membongkar stator …
Posisi ground stator di kawat tembaga yang tersolder di tab yang ada kabel hijaunya …
Nah, lepaskan kawat tersebut dari tab ground … bisa pake solder, bisa dipotong π Sementara kabel hijau biarin aja … itu adalah jalur ground untuk pulser.
Kemudian tambahkan kabel ektra … usahakan agak panjang (di sini saya pakai kabel warna cokelat), ukuran paling tidak sama dengan kabel spul, dan yang penting tahan panas π
Sambungkan ujung kabel ekstra ini dengan ujung kawat yang telah dicabut tadi … Jangan lupa tutup/isolasi sambungan tersebut dengan heat-shrink atau selang bakar agar tidak konslet dengan yang lainnya.
Rapikan kembali supaya nggak tersambar flywheel magnet yang bakal berputar kencang …
Sekarang perhatikan soket kabel yang menuju stator … di situ ada 3 jalur kabel: putih (spul pengisian/charging), kuning (spul lampu), dan biru-kuning (jalur pulser, untuk sinyal timing pengapian). Spul lampu nggak digunakan lagi, jadi lepaskan kabel kuning dari soket kabel tadi, lalu isolasi agar nggak konslet ke mana-mana.
Jika sudah, pasang kembali stator ke tempatnya semula.
Sekarang kita lakukan tes sedikit tuk meyakinkan modifikasi sudah benar atau belum π
Ambil multimeter (saya pakai yang digital), set ke range “continuity” … multimeter bakal berbunyi beep kalau kedua probe/tester merah & hitam saling disentuhkan. Artinya, ada kontinyuitas (hubungan) antara titik-titik yang di ukur.
Dari soket stator, pasang masing-masing probe multimeter pada jalur kabel putih dan kabel ekstra. Multimeter HARUS berbunyi. Jika tidak, pertanda ada salah satu jalur yang putus, atau kemungkinan terburuk, kawat spul yang putus!
Lanjut antara kabel putih dan ground … multimeter harus TIDAK berbunyi. Begitu juga antara kabel ekstra dengan ground/rangka. Jika berbunyi, kawat spul masih terhubung dengan ground, berarti modifikasi fullwave belum berhasil.
Nah, setelah lulus uji, stator tersebut siap menjadi stator fullwave — alias, nggak ada sedikit pun kawat kumparan yang terhubung dengan ground/rangka …
Langkah berikutnya adalah instalasi regulator fullwave …
Om ,, kalo di fullwave ,, semuanya jadi full dc gt ??
trus ,, utk kelistrikan sistem kabelnya gmna ??
tq
fullwave itu “pola” gelombang AC yg bakal diubah kiprok menjadi DC … karena 1 siklus gelombang AC ada 1 gelombang positif (di atas nol) & 1 gelombang negatif (di bawah nol) … kalo di sistem halfwave, cuma gelombang positif yg “diambil” dan diubah ke DC … tp kalo di sistem fullwave, keduanya “diambil” dan diubah ke DC.
Output kiprok tetep DC, karena salah satu fungsinya emang mengubah AC ke DC, gak peduli itu halfwave atau fullwave.
ogh ,, jadi klo beat ga perlu diapa2in lagi ya Om ^_^
tinggaL dirubah kiprok dan socket ke kiproknya pake yg sama buat Tigi gt ??
plus cabut kawat spul yg nyantol di ground/bodi/rangka π
Bro,
Maaf nanya, walaupun ada kabel yang nempel ke ground (bukan dibuang di ground) kan hasil setrumnya tetep AC alias fullwave naik-turun; ada gelombang diatas Nol dan dibawah Nol.
Nah soal halfwave atau fullwave rectifier itu tergantung RECTIFIER-nya (Kiprok)
Halfwave rectifier – pakai 1 dioda (ada gelombang yang dibuang tidak disearahkan jadi DC)
Fullwave rectifier – pakai 4 dioda (semua gelombang AC naik turun disearahkan jadi DC)
Kalau kesimpulan saya melepas ground tidak merubah halfwave menjadi fullwave (karena memang output stator memang selalu fullwave) tapi menaikkan daya keluaran karena lilitan charging dan lighting coil digabung, kemudian pakai rectifier Tiger yang mampu mengelola daya yang naik ini (saya nggak tahu rectifier Tiger sudah Fullwave rectifier atau masih Halfwave rectifier).
Terimakasih, info yang menarik dan membuat saya kembali membuka buku teori dasar kelistrikan.
Salam,
bengkelsepedamotor
Maaf, yg ini keliwatan π
@ om BengkelSepedaMotor
Betul sekali om … cuma ngelepas kawat spul yg nyantol ke ground tidak serta merta berubah jd fullwave … harus dibarengi dgn mengganti regulator/kiproknya yg punya tugas me-rectify arus AC ke DC …
yg ane maksud “cabut” di sini bukan sekedar dicabut … tp kawat yg dicabut td dijadikan input ke regulator/kiprok fullwave …. kalo ini gak dilakukan, meski pake regulator/kiprok fullwave, tetep cuma 1/2 pulse aja yg ter-rectify ke DC … alias tetep halfwave …
dan gak bisa cuma sekedar ganti regulator fullwave tok, sementara spul dlm kondisi grounding π paling gak musti dipisah ground AC & ground DC …
Misi gan, boleh mnta pin bb ya atau no tlfn ya???, motor beat syaada mslh dgn listrik ya, kalau belok ke kanan lampu utama mati.
Tolong gan,,,ini pin sya 761C75F3.
Kalo rx king gimana om cara ngerubahnya? Mohon penjelasannya..semoga jadi ilmu yg bermanfaat..
Kalo rx king gimana om cara ngerubahnya? Mohon penjelasannya..semoga jadi ilmu yg bermanfaat..
Salam kenal Om sebelum sy trm kasih atas ilmunya, dan saya juga udah berhasil menerapkan fullwave di supra x 125 saya, Cuma ada 1 lagi knp indicator lampu jauh speedometer tdk nyala?pdhal lampu utamanya berfungsi hi/low ktka memainkan switcnya?
gak ada hubungannya ama modip fullwave om …
btw, NSX125 speedo digital bukan?
misi mas bro…
tanya lagi donk….
bisa gak kabel tambahannya gak di pake, tp di ganti pke kabel/jalur spul lampu (kabel warna kuning pada stator) , jadi supaya gak ada kabel yg gak ke pake gtu dan supaya gak banyak kabel….????????????
bisa … tp kabel ini bercabang ke arah saklar lampu … jd harus dipisah — alias ente harus rela potong di cabangannya π
kalo ente lupa pisah, arus AC dari spul ketemu arus DC dari lampu, bakal terbakar spul ente π
om novaera, itu “Sambungkan ujung kabel ekstra ini dengan ujung kawat yang telah dicabut tadi (kawat ground spul)”, nah, ane masih binggung, trus ujung kabel ekstra satu lagi di sambung kemana?
sekalian nanya lg deh om, kabel ekstra sama ujung kawat spulnya disambung gmna? dililit aja atau pake solder? itu kabel ekstra pake kabel awg18 bisa kan?
jd yg barang2 yg dibutuhin buat fullwave, kiprok dc, heat-shrink, sama kabel tambahan yah?
aduh maap ya borongan nih π
kawat kumparan yg udah dilepas dari massa disambung langsung ke input kiprok fullwave … kan gak nyampe, makanya nambah kabel ekstra π
skema dasar fullwave Beat, input ke kiprok msuti langsung dari kedua ujung kumparan spul (ujung yg satu yg nyambung ama kabel putih spul, ujung yg satu lg disambung pake kabel ekstra biar nyampe kiprok) … dan semua jalur yg terhubung ama kumparan tsb gak boleh nyambung ke lain2 kecuali ke input kiprok fullwave.
iya om, ane ud baca part2 nya. kabel ekstranya disambung ke kiprok. lg ngumpulin informasi + bahan2nya nih buat fullwave kawasaki blitz r ane. sekalian nunggu liburan kuliah biar fokus. jd ga sabar nih. hehe
Hehe … info kayaknya udah lengkap…kap…kap π
iya om, uda lengkap sih informasinya. tinggal beli kiprok, heat shrink, kabel tambahan, sama soket kaki6-baring. terus praktek deh, hehe. abis selesai ujian tgl 21, mw lgsung di praktekin. makasih banyak ya om
om nova, itu yg namanya alat “treker magnet” beli dmna ya?
apa tiap motor beda2 treker magnetnya?
bs ga pake alat lain yg beda tp bs berfungsi sama? hehe
beli di toko2 mekanikal/perkakas … kisaran 120~150rb kalo gak salah inget π
gak semua motor pake treker sama …
kalo punya beat, bisa dipake di berbagai macam honda & suzuki shogun/satria … trekernya model drat luar.
om, kabel tambahin ini kl pk kabel awg ukuran brp? 18 cocok gak?
btw, ane kok cari kabel awg di toko listrik, malah ditnya “kabel apa tu awg?” jd bInggung deh
bebas pantas aja π
minim kayak kabel2 standar motor lah …………
om, cara lepas kabel dari soketnya gmana? keras bener
mau cabut kabel kuning yg lampu itu lho.
sama mw cabut kabel2 dari soket kiprok yg lama.
thanks
pake peniti om … ada kunci/klip/takik di skun kabelnya …
coba di-senter2 dikit π
mo minta cara bikin fullwave buat absolute revo dong. yang di bagian spullnya…
11-12 bro π
ente cuma perlu cari kawat spul yg mana yg terhubung ama massa/bodi spul …
itu yg ente lepas nantinya … trus ujung kawat yg dilepas td jd input buat ke kiprok jg spt yg di bahas di atas ….
kalo buka spull di revo harus keluarin oli mesin dulu gak?
ada kekurangannya ga kalo revo diubah jadi fullwave
Maaf mas kemaren sy baru coba di absolut revo….kabel dr spul ad 5; 2 pulser n groundny dan 3 pengisian,lampu n ground (termasuk ground luar spul) nah ketika sy potong kok gag bs hidup pdhal ground udah ambil langsung dari aki paralel dg ground lainnya,terima kasih
Yang di potong kawat spul ato kabel yg di potong mz broo qk motor smpe gk bisa nyala Widhi commented: “Maaf mas kemaren sy baru coba di absolut revo….kabel dr spul ad 5; 2 pulser n groundny dan 3 pengisian,lampu n ground (termasuk ground luar spul) nah ketika sy potong kok gag bs hidup pdhal ground udah ambil langsung dari aki paralel dg ground lainnya,t”
Pak, saya tertarik pengaplikasian regulator fullwave pada motor saya.
Apa kelebihan sistem tsb dr pada umumnya?
Saya menggunakan motor CB dengan magnet dan spul Jupiter MX, kira2 langkah khusus apa yg harus diperhatikan?
Terima kasih banyak sebelumnya.
output fullwave lebih gede dibanding halfwavenya …
kalo pake spul Jupi MX, bisa liat artikel modip fullwave yamaha di blog ini jg π
Om tanya om, saya ada kirpok 3 phase kalau saya pakai buat nganti itu kiprok tiger bisa nggak om?. saya mau nyoba tapi bingung 3 atenator itu cuman kepakai 2 apakah nggak apa.
Tolong masukannya om
mas bisakah full wave diaplikasikan ke supra x 125 pgm-fi.
bisa gak tolong bantu tunjukin cara merubah spullnya menjadi full wave?
dan juga nanti berpengaruh gak pada ECM nya.
terimakasih banyak atas bantuannya.
kalo “cara dasarnya” sama aja bro π
ente tinggal cari mana kawat spul yg terhubung ke bodi spul … itu yg ente disconnect … trus kawat yg dicopot td dijadikan input ke regulator/kiprok … persis kayak langkah2 di atas π
share lagi mas, maaf saya masih pemula..
itu untuk output spull ada 4 warna hijau, putih, biru-kuning, dan putih-kuning.
itu tidak ada warna kuning yang langsung ke lampu, saya masih bingung?
tolong tunjukin caranya ya?? ( maklum masih belajar )
yang saya liat kabel warna biru-kuning dan putih-kuning itu mengarah ke ECM.
mohon bantuannya gimana langkah2 merubahnya!!!
terima kasih atas jawabannya.
Supra X125 sama kayak karisma … gak punya spul lampu … jadi ente gak bakal nemu kabel kuning di sono π
so, caranya mirip fullwaving Karisma …
ane gak apal yg mana2 … musti bongkar & cek langsung mana ujung kawat spul yg ke ground, mana ujung kawat spul yg ke kabel putih … yg jelas kedua ujung kawat spul tsb musti jd input ke regulator/kiprok fullwave, tanpa nyentuh ground sama sekali.
om klo groundxa tidak disambung ke kiprok ad pengaruh ke CDI g yach coz kmren sy masang dibengkel ground dicopot doank n skrg mtr sy klo distater kdang mw idup kdang g, klo diselah sech normal.
maksudnya gmn ya?
kalo gak ada ground listrik gak bisa ngalir bro …
gan.. motor ane vario, tutor FW beat diatas 11-12 ga ama vario?
klo ada beda, dimananya? yg jelas sih, sbelah kanan vario kan ada radiator.. jd ane kudu bongkar radiator ya? π¦
mohon petunjuknya juragan.. thx in advance.
wew, trnyata ada tutor vario jg.. kirain.. thx gan!
hehehe …
prinsip2nya sama aja kok gan π
beda bongkaran aja …. kalo mo mau tau step2 & gmn bongkarnya, bisa buka buku part katalognya … keliatan kok “belah2″nya π
kalo cara ngecek kondisi kiprok tiger gmna mas..
hmmm … enaknya musti kondisi terpasang …
setiap kenaikan rpm, harus ada kenaikan voltase, tp gak boleh melebihi 14.5~15.0V …
bro tanya tu soal SPX 125 Fi, denger2 dari berita di internet klo spul karisma itu beda kaya karisma
karisma itu punya 2 ground yang menempel.
nahhh..
gimana rangkaiannya itu, apakah main gabung gtu aj??
tolong ya bos..)
2 ground, 1 punya spul, 1 punya pulser …
yg punya spul berupa kawat, yg punya pulser berupa kabel (hijau) …
cabut yg kawat aja, kabelnya gak …
ok bro..
nah untuk rangkai kiproknya gmana?
soalnya rangkaian asli kiproknya tu ada enam sokket, warna merah, hijau, putih, merah-kuning itu 2, dan kuning
yang mana aja harus di jumper dan disambungin ke kiprok FW
mohon bantuannya bro…
merah-kuning gak dipake …
merah ==> aki+ aki- & gnd <=== reg. tiger #3
putih <== spul & 1 kabel baru dari spul yg nyambung ke ujung kawat yg dicopot td … reg. tiger #2, plus ente tarik kabel baru jg dari jalur kontak (cari aja kabel warna hitam) …
*posisi kaki2 tiger, 3 di atas, 2 di bawah …
menarik sekali nih gan,,
tapi saya masih blm jelas..
mohon di urutin kabel dari spul+kabel ekstra untuk nyambung ke kiprok tiger nya..
itu kan banyak kabel..
nah kemana aja kabelnya..
mohon di jelasin satu persatu..
kalo perlu bikinin diagram..
ntar ane kasih cendol deh.. π
thanks gan..
baca di part-2 …
om..
mau tanya,,
honda BeAT sam Scoopy sama ga tuh caranya??
bsk saya mau pasang HID di scoopy,,
makasih om..
1001% sama π
beat & scoopy cuma beda cover tok π
kok aku buka beat tmn gua isinya gak ada kabel hijau bro.. jadi cuman 2 kabel aja gitu..
itu gimana yah? please minta no hpnya donk
aku ninggalin no hp gua jg.. 08194230973
ngapain jg nyari kabel ijo om? π
cari kawat spul yg join ke ground …
btw, maca’ cih gak ada kabel ijo nempel ke spul?
versi mana lagi tuh?
permisi om, saya mau tanya nech. Vario ane dah di rubah menjadi FW sesuai dngan panduan di atas, skrg telah dipasanag lampu HID 2 buah dan aki telah diganti menjadi 7A. yg ingin saya tanyakan:
1. Setelah dipakai jalan selama 2 jam full knp aki menjadi drop ( tekor, dipakai buat stater gak kuat) dan fuse yang 10A selalu meleleh???
mohon pencerahan nya ya om.
gulung spul biar jadi 12 ampere,vario ane digulu sepul baru, ampere naik 30% jadi 12 ampere,
sorry om mau tanya neeh…ane dah ubah spul n kiprok beat ane…tapi kok HID ane nyalanya masih kedap kedip yee…tu kenapa om..??
ukur brp volt output kiprok mulai kondisi langsam ampe rpm 5000 …
cek jg kabel set HID, relaynya, ballastnya, bulbnya …
mas nova kira kira gimana cara cek relay,ballast, bulbnyabulbnya
soalnya kasusnya sama
om, kalo fw in beat, akinya tetep standart atao musti ganti (jenis kering juga) kan pengisian reg. tiger lebih besar, aki beat cuma 3.5 a. mohon infonya dong….
standar boleh, ganti jg boleh …
Kalo buat New Beat FI gimana om? trus jalur kabelnya gimana? soalnya udah AHO, takut salah sambung.
https://kotsk.wordpress.com/2013/01/24/fw-beat-fi/
Agan2 sekalian, bisa ada yang jelasin cara fullwaving Beat injeksi gak? Kiproknya ada 5 pin, trus warna kabelnya beda dengan beat karbu. Trus cara menggantikan kiprok tiger gimana?
https://kotsk.wordpress.com/2013/01/24/fw-beat-fi/
om nova,,klo bwt beat injeksi gmn caranya..??
skalian om,,klo psang hid input tgngan ballast lgs dr aki.?truz jlur sklar lmpu bwaan prlu drbah g.?gmbarin donk skemanya yg k sklar..tlg om ane gi bngung
https://kotsk.wordpress.com/2013/01/24/fw-beat-fi/
tentang saklar, musti nambah sendiri π
tinggal “cut” aja kabel kuning yg ada di soket kiprok, sambung lg dgn saklar ….
sekedar menambahkan kalo ingin rapi beli holder lamp beat konvensional/yang masi menggunakan karburator vacum 2011-2012
saya setuju ^_^
Gan saya mao tanya.
Kenapa saat saya melakukan rombakan tersebut terjadi konseting terus.
Pd hal saya ud ikuti skema nya dgn seksama.
Oh iya gan tlng jawab y gan.
Apakah beda spul beat dgn scoopy gan. Dan satu G gan tlng kasih skma buat scoopy y gan.
Makasih.
berarti emang ada yg short/konslet …
cek pake multimeter jalur2 mana yg short dgn ground/rangka/massa …
spul beat dan skupi identik … gak da bedanya …. bahkan dgn spul beat FI pun gak beda π
Sory gan…. Mau tanya kalo mau buka spul absolute revo caranya gimana ya…. Trus… Olinya harus dikosongin dulu nggak…. Thanx sebelumnya…. π
tinggal buka bak mesin sisi pedal persneling …
basah atau gak bisa intip dari lubang TMA om … biasanya di bagian atas bak mesin ada tutup bundar, buka aja … kalo magnetnya keliatan basah, berarti spulnya basah / terendam oli … musti kuras … kalo kering, ya nguras π
gmana kalo kabel kuning itu lgsung di sambung ke aki?jadi g perlu ngebomgkar STATOR…??
akinya tekor ketambahan beban lampu utama π
sementara chargingnya tetap, gak berubah …
Mau nanya ney gan. Kalau yg ntk tinggal pasang. Ada ga. Biar tdk merusak yg bwaan mtor. Kira budgetnya brapaan gan. Komplik
gak ada yg plug-n-play gan π
tp agan bisa kreatif sedemikian rupa biar mengurangi “imbas merusak” karena modifikasi … misal, bikin kabel set adapter.
gan ane minta pencerahan nih. setelah sekitar 8 bulan mengadopsi sistem fullwave yg agan posting ini, baru kemaren tiba2 lampu HID ane mati dan diikiuti lampu di dasboard mati trus mesin mati.
motor ane abs revo, trus ane cek pengisian di rpm idle hasilnya 12,4v dan digas sedikit naik jadi 12,7v trus ane tambahin gas lagi voltase malah turun jadi 12,4 lagi alias nggak ngisi alhasil aki ane tekor :(.
ane cek kondisi kabel oke semua. yg belom ane cek kiprok tigernya.
saat mesin idle ane ukur tegangan kabel merah yg di kiprok sm grond cm ngebaca 3v.
mohon pencerahannya suhu,,,,
thanks
https://kotsk.wordpress.com/2013/02/03/fw-checkup/
om, kalo gulungan spul nge-ground itu harus gulung ulang spul nggak?
indikatornya harus gulung ulang spul selain hambatannya besar apa lagi om?
kayaknya motor ane udah ketauan kalo spulnya ngeground.. hehehe
kalo spul grounding secara kabel, misal kabel antara spul ke kiprok yg bikin grounding, ya tinggal benahin kabelnya aja lagi …
tp kalo grounding di kawat/kumparan spul, apalagi di tengah2 gulungan, mau gak mau musti gulung ulang π
permisi om, saya mau tanya nech. Vario ane dah di rubah menjadi FW sesuai dngan panduan di atas, skrg telah dipasanag lampu HID 2 buah! tapi kenapa kuq kalo mesin di hidupin kiproknya panas banget!? tolong pencerahanya!?
kiprok panas setelah atau sebelum install HID?
Gan kalau beli treker magnet beat dimana??
di toko peralatan teknik om …
di forum jual beli kaskus jg ada …
malam mas novaera, lokasi dimana nih? kalau dekat2 ane mau langsung otw aja ke lokasi, ana punya beat aki tekor dan mau jadiin beat ane jd fullwave. terimakasih
kaltim om π
bontang ^_^
Gan treker magnet beat kan susah nyarinya…
Persamaanya sama treker magnetnya motor apa???
yamaha f1z series …
berarti pakai punya f1z bisa ya???
bisa … kebetulan saya pake itu π
oke, terima kasih infonya gan… π
Ass,..
om mw nanya nih honda beat ane sdh ane fullwave, smua sdh ane praktekin persis sperti yg om ajarkan. dan yg mw ane tanyakan suplay yg msuk ke accu max brapa om? cz di honda beat ane suplay mpe 50V. bhkan smkin membsar stiap gas ane poresss.. accu panaz abiz ommmm tolongggg
saya gak ngajarin voltase 50V tuk charging aki 12V π
yakin udah bener prakteknya? soalnya kalo bener, hasilnya pasti seperti yg diharapkan π
cek kabel yg di kaki tengah kiprok (kalo pake kiprok tiger), yakin ke jalur kontak?
kalo prakteknya untuk motor spacy karbu ane sama ga kaya beat ??
mohon pencerahannya
sama
gan mau tanya nie… spul honda beat lama sama yang baru beda yah? nanya di ahass mau beli spul baru buat praktek ini nah ditawarin yang kode’a 31120-KVY-962 (DS) nah ane liat di katalog 31120-KVY-961, tp ane liat beat ane di pulser’a cuma 1 kabel, tp liat di postingan ente spul beat’a kok ada 2 yah kabel di pulser’a? apakah ada permasalahan klo ane pasang spul tersebut?
gak masalah … pulsernya udah grounding via bodi …
2 kabel di pulser: 1) signal & 2) ground …
kalo yg lama groundnya masih via kabel, konek ke ground spul …
Berarti mau beat lama mau beat baru tdak pengaruh ya gan masalah spul’a mau pake 2 kabel atau 1 kabel di pulser? Tapi itu ga mengganggu sistem/timing pengapian kan gan?
gak masalah …
Bro tinggalnya dimana ?? Beat Ane pengen rubah fullwave nih
om kl buat honda vario 125 fi sama beat kontruksi kabelnya yg dr sepul sama gk???
Gan kalo cara fullwave CBR 150r thailand gimana?? Kasi tauu donk gan!!
Gan klo fullwave cbr thailand gmnaa??? Mohon bantuan nya
Gan kalo fullwave cbr thailand gmna? Kasi tauu donk??
CBR thai gak beda ama motor honda lainnya om … bisa ikti cara beat, karisma, dkk …
Om mau nanya kalo treker magnet punya grand bisa gk buat beat, dri pd beli lagi
Gan kalo fullwave cr gmnaa
Om, tanpa tracker magnet buka spul gmn? Adanya kunci segitiga doang sm obeng… Trus buka kearah kiri kan ya?
Bos treker magnetnya ukuran berps 2 3 atau 4 ..mau beli tkut salah
KABEL EKSTRA TD UJUNG SATU DI PASANG KE KAWAT,,,NAH UJUNG SATUNYA DI PASANG KE MANA?
mas saya pya beat f1 cuman ijeksi nya saya ganti pake karbu…
nah saya ingin merubah pengapian nya kaya beat lama gimana tuh om cara nya…
sms in yh om ke
0895331777795
facebook .nasrulruswandi@yahoo.co.id
Gan.. Magnet puller nya beat yg ukuran berapa?
yang punya Blog y masih ada gak, mo minta tolong rubah AC-DC Beat karbu ni. alamat bengkel y dong
Gan gua kan punya beat karbu tahun 2010 .. gua baru aja ganti spull .. cuman spull bawaan beat saya sama yang baru beda bgt jadi d pulsernya yang lama ada 2 kabel positif.. nah saya pasang tuh yang baru .. dan ternyata gak idup .. lalu saya tambahin masanya pake sambungan kabel .. curi dari daerah ground .. pertama emang idup .. pas kedua kalinya mati lagi … tuh gmana yah nyeleseinnya .. idup mati idup mati mulu mas bro
Om ini untuk beat karbu ya.?
Misi om nanya dong?saya punya Beat pop 2015 udah BoreUp 125…tapi sensor panas nya di tutup sama montir saya,terus kalo motor panas mati,tunggu dingin baru bisa hidup itu juga ga bakalan jauh paling 500meter mati lagi,yg berakibat aki tekor”….lama kelamaan stelah di bongkar,karna mati total…akhirnya cek spull,ada beberapa gulungan yg putus tapi blom saya ganti?bukan di solder sama montir saya untuk memastikan hidup ja,malah di copot beberapa gulungan.dan sampai sekarang pengapian nya tidak ada sama sekali.mohon petunjuknya Om.makasih banyak